cover
Contact Name
SAYED MUHAMMAD ICHSAN
Contact Email
jurnalsathar@gmail.com
Phone
+6282160731647
Journal Mail Official
jurnalsathar@gmail.com
Editorial Address
JL EKA RASMI 1 NO U 4 MEDAN JOHOR MEDAN SUMATERA UTARA
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
SATHAR: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA ARAB
ISSN : -     EISSN : 29870909     DOI : https://doi.org/10.59548/jsv1i1
Core Subject : Education,
SATHAR: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA TERBIT SEBANYAK 2 KALI DALAM SETAHUN. PERIODE TERBITAN JURNAL PADA BULAN MEI DAN NOVEMBER SETIAP TAHUNNYA. JURNAL INI DIKELOLA OLEH YAYASAN HAIAH NUSRATUL ISLAM, INDONESIA. JURNAL INI BERFOKUS KEPADA KAJIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA ARAB
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Analisis Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Asrama Bahasa Arab Manhalun Nabighin Mandalika Mandalika
Jurnal Sathar Vol 1 No 1 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i1.38

Abstract

Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang sering dianggap sulit oleh setiap individu, di Indonesia bahasa arab jarang digunakan dalam bahasa sehari-hari danada beberapa problematika yang terjadi baik secara linguistik dan non-linguistik, yaitu dalam linguistik diantaranya hal morfologi dan sintaksis. Sedangkan pada non-linguistik diantaranya lingkungan belajar, motivasi belajar dan juga waktu belajar. Problematika tersebut dapat diatasi dengan adanya pembelajaran bahasa arab di sekolah-sekolah yang berbasis agama, beberapa ma’had dan juga kursus bahasa yang sudah tersebar luas di Indonesia. penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau Observasi.Metode ini merupakan sebuah metode penelitian yang mendeskripsikan secara benar dibentuk dengan kata-kata yang didasarkan teknik pengambilan dan analisis data yang releven dari situasi yang alamiah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasannya asrama bahasa Arab Manhalun Nabighin merupakan representasi bagi mereka yang ingin mempelajari serta mendalami bahasa Arab, namun salah satu kekurangan yang Peneliti dapatkan yaitu masa waktu belajar yang masih sangat kurang bagi mereka yang dikategorikan sebagai pemula Kata Kunci: Analisis Strategi, Bahasa Arab, Manhalun Nabighin
Menilik Aspek Kebahasaan Mistik Dalam Ajaran Manunggaling Kawula Gusti Syaikh Siti Jenar Nurul Jumadissaniyah Sitorus; Sayed Muhammad Ichsan
Jurnal Sathar Vol 1 No 1 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i1.39

Abstract

Syaikh Siti Jenar merupakan sosok yang kontroversial, terlihat dari corak kebertuhanan Jenar yang mengutamakan hakikat daripada syari’at. Manunggaling Kawula Gusti selaku puncak kebertuhanan Jenar ikut membagikan andil dalam kekontroversialan Jenar. Bagi orang Jawa ajaran Manunggaling Kawula Gusti ialah ilmu tingkatan tinggi buat mendapatkan derajat kesempurnaan hidup yang dapat dicapai dengan menjauhi amarah, lawamah, sufiah, serta memupuk nafsu muthmainnah. Dalam ajaran Siti Jenar mengarahkan supaya seorang bisa lebih mengutamakan prinsip ikhlas dalam beribadah. Metode dari riset ini merupakan Library Research, dimana Penulis mengumpulkan data-data terpaut yang hendak dibahas dalam penyusunan ini. Hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan diantaranya pertama, manusia, alam semesta serta Tuhan ialah perihal yang silih berkorelasi dalam pemikiran Jenar. Kedua, Jenar dalam ajarannya, sebetulnya bukan menjadikan dirinya selaku Tuhan, melainkan berbentuk wujud penghambaan makhluk yang setinggi-tingginya terhadap Tuhan. Ketiga, aspek kebahasaan dari sebutan Manunggaling bisa dimaknai dengan bersatunya seseorang hamba dengan Tuhan. Manusia yang bisa menggapai Manunggal dengan Tuhannya, hingga dia menggapai tingkatan Insan Kamil.
Keistimewaan Bahasa Arab sebagai Bahasa Al-Quran dan Ijtihadiyyah Ainun Salida; Zulpina Zulpina
Jurnal Sathar Vol 1 No 1 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i1.40

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa tertua yang ada di dunia hingga saat ini masih di pergunakan dan juga di perhatikan oleh berbagai kalangan, bagi umat muslim itu sendiri bahasa ini merupakan bahasa yang sangat istimewa sebab Al-Qur’an diturunkan menggunakan bahasa Arab, penulis menghadirkan pemahaman lebih dalam penulisan ini bahwa bahasa Arab bukan hanya sekedar bahasa Al-Qur’an saja tetapi banyak keistimewaan jika seseorang dapat mengkajinya lebih dalam lagi sehingga dapat merasakan alasan mengapa Allah SWT menurunkan Al-Qur’an menggunakan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk dapat mendeskripsikan penelitian yang berdasarkan informasi mengenai suatu permasalahan yang sedang dibahas kemudian penulis membandingkannya dengan kenyataan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada banyak alasan yang menjelaskan tentang kelayakan Bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an serta ikut serta dalam menjelaskan hukum-hukum Islam yang masih bersifat global termasuk bentuk ijtihadiyyah, tentunya melalui beberapa proses dan kriteria untuk bisa ikut serta sebagai seorang mujtahid.
Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Nikmatus Sakdiah; Fahrurrozi Sihombing
Jurnal Sathar Vol 1 No 1 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i1.41

Abstract

Bahasa adalah alat berkomunikasi antara maanusia yang satu dengan manusia yang lainnya, dimana bahasa ini sangat penting dalam kehidupan manusia untuk mempermudah manusia berinterkasi dan berkomunikasi. Bahasa Arab memiliki kelebihan dari seluruh bahasa yang ada di dunia karena bahasa Arab ini merupakan bahasa al-Qur’an dan bahasa Arab ini juga merupakan bahasa umat Islam ketika berkomunikasi dengan Allah SWT yaitu ketika beribadah (shalat). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah studi pustaka (library research). Sebuah penelitian literatur dapat dilakukan dengan mengumpulkan referensi dari berbagai penelitian sebelumnya,yang kemudian disusun kembali untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran bahasa arab terdapat faktor utama yang menjadi penyebab para peserta didik mengalami keselitan dalam memahami bahasa Arab ini, adapun problematikanya yaitu problematika linguistik (kebahasaan) dan problematka non linguistik (non kebahasaan).
Analisis Filsafat Bahasa Pada Kesalahan Pemahaman Autistik Akibat Kelemahan Missleadingness Pada Bahasa Annisa Annisa; Zulfahmi Lubis
Jurnal Sathar Vol 1 No 1 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i1.42

Abstract

Bahasa pada hakikatnya merupakan sarana yang manusia gunakan untuk saling berinteraksi, berkomunikasi, menuangkan emosinya, serta sebagai sarana manusia menuangkan buah dari pemikirannya di dalam segala aspek kehidupannya sehari-hari, bagian yang paling penting dari bahasa bagi manusia adalah sarana mencari suatu kebenaran di dalam kehidupannya. Bahasa jika dikaji berdasarkan pandangan filsafat akan menunjukkan bahwa bahasa memiliki kelebihan dan kelemahan, salah satu kelemahan dari bahasa adalah adanya misleadingness atau menyesatkan. Metode yang digunakaan selama penelitian menggunakan pendekatan metode library research yang menghimpun data-data melalui kepustakaan seperti buku-buku, jurnal dan beberapa literatur yang ditemukan lainnya secara sistematis dan menggunakan prinsip-prinsip kemutakhiran (recency) serta prinsip relevansi (relevance). Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa dalam pemerolehan bahasa dikalangan masyarakat telah terjadi misleadingness atau menyesatkan dalam hal memaknai dan mendefenisikan beberapa atas dasar pemahaman yang ada di lingkungan sekitarnya. Istilah Autisik sering diperdebatkan dengan masalah memahaminya, berupa penyakit yang dapat menular bahkan juga menganggap sebagai orang yang mempunyai gangguan jiwa, jika sebenarnya ditelaah lebih lanjut akan ditemukan fakta yang berbeda.
SEJARAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BAHASA ARAB Layla Hasibuan; Tasya Hasibuan
Jurnal Sathar Vol 1 No 2 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i2.68

Abstract

Arabic is one branch of the many Semitic languages ​​that developed tens or even thousands of years ago. Arabic is a language that has many speakers and this language also has its own characteristics that make it different from other languages ​​in general. The development of the Arabic language had such a big influence that it became a language and was established as an international language. Arabic has also experienced various phases starting from the growth phase, development until now. This article aims to describe and explain the history of the growth and development of the Arabic language from the beginning of its growth to its development until now.
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MEDAN Muhammad Fadlan Rawi Nasution; Mario Bagus Sanjaya; Abdurrahman Abdurrahman
Jurnal Sathar Vol 1 No 2 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i2.82

Abstract

To achieve successful learning, the role of the teacher is very necessary as the key to successful education. The learning strategies brought by the teacher greatly influence the achievement of the learning stage. This research was conducted with the aim of looking at Arabic language learning strategies and seeing how effective they are for students. The research method used in this research is a qualitative method that uses data collection techniques through interviews and observation. The results of this research are that the strategy used by teachers in learning Arabic at MAN 1 Medan is an expository strategy where the teacher focuses on delivering material in the first semester to groups of students as their introduction to the material. Meanwhile, the learning method applied is in the form of reading and writing Arabic.
KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 MEDAN Samsul Haq; Dini Febria Arifina; Nur Zakiah Harahap; L'Niana Aulia Zuhri
Jurnal Sathar Vol 1 No 2 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i2.83

Abstract

Learning is an interaction process that occurs between two parties whi need each other, namely the teacher and students and is connected by a third party, namely material or teching materials. The teacher is considerd a facilitator in the learning process an must be able to create a pleasant learning atmosphere so that studentas are not seen as watching. Teachers are required to always be innovative and creative, one of which is by using learning media with a variety of creativity. Learning media is not only used in several special subjects but can also be used in the field of languange. This research was conducted to find out how creativ arabic theacer in MTsN. 2 Medan are in using a qualitative research methode system of descriptive anlysis which is then reinforced by several expert theoris, so the results of the discussion that need ti be obtained are that Arabic languange teachers in MTsN. 2 Medan are quites creative in using learning media. This is because when using Arabic languange  learning media there are at least four things that teachers must pay attention.
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH HIFZHIL QUR’AN MEDAN Beby Khairani; Dita Andini Harahap; Rahma Aswani
Jurnal Sathar Vol 1 No 2 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i2.84

Abstract

Strategies and methods in learning Arabic are carried out so that students can learn and receive the material more effectively and efficiently. Teaching and learning strategies need to be designed and implemented when carrying out learning. Using good and appropriate learning strategies will produce maximum learning so that it can improve the quality of Arabic language learning. This research was conducted to look at the Arabic language learning strategies used at MTS Hifzhil Quran Medan. The research method used is a qualitative method, this method provides a focus point on the problem which is carried out by observation, interviews and other sample evidence. The results of the research show that the strategies used by teachers in learning Arabic at MTS Hifzhil Qur'an Medan are in learning Arabic vocabulary the teacher uses the strategy of playing games, in the Istima' Arabic learning strategy the teacher applies the strategy of listening to Arabic audio visuals, and in learning muhadastah Arabic teachers apply strategies for teaching the correct pronunciation of mukharijal letters.
UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) AL-BARKAH DESA CINTA RAKYAT, PERCUT SEI TUAN DELI SERDANG-SUMATERA UTARA Muti Husnul Khotimah; Mirsa Triandani Siregar; Bella Tiara Putri
Jurnal Sathar Vol 1 No 2 (2023): Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Publisher : Yayasan Haiah Nusratul Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59548/js.v1i2.85

Abstract

Learning Arabic is very important in the world of Islamic education. In order to increase interest in learning Arabic among students in MIS Al-Barkah Cinta Rakyat Village, the efforts of the Arabic language teacher are needed during the learning process. During childhood, when they are at the elementary level, students really need more intense guidance from a teacher. The main problem studied is the learning interest of students in MIS Al-Barkah Cinta Rakyat Village, where the school environment is said to be unfamiliar with learning Arabic, so students are less interested in learning Arabic. This method uses a descriptive method with a qualitative approach. The data collection technique in the research is in the form of interviews with teachers in the field of Arabic studies, MIS Al-Barkah, Cinta Rakyat Village, and to make the data more effective the researcher collects literature in the form of journals, articles, and so on so that the research can be carried out. said to be accurate. The results that have been studied are the efforts of Arabic teachers to increase interest in learning Arabic among Mis Al-Barkah students, namely by means of a two-way interaction pattern, using audio-visual media, singing and reward methods

Page 1 of 2 | Total Record : 14