cover
Contact Name
Roni Angger Aditama
Contact Email
ejournalmediaedutama@gmail.com
Phone
+6281290690178
Journal Mail Official
ejournalmediaedutama@gmail.com
Editorial Address
l. Yos Sudarso Perum Lawang Indah F7 Kec.Lawang, Kab.Malang Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (Jebisma)
ISSN : 30309743     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Welcome to JEBISMA (Journal of Economics, Business, Management, and Accounting). A scientific journal with open access using the Open Journal System (OJS) version 3 platform for students, researchers, academics and other parties who wish to publish their results, his research work. JEBISMA will publish periodically (3 times yearly) in April, August, and December. JEBISMA continues improving the quality of platform services providing journal publications by managing national and international indexes such as SINTA, GARUDA, Crossref, Google Scholar, DOAJ, Copernicus, Etc.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2023): Agustus 2023" : 5 Documents clear
PERANAN MODAL USAHA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MANDIRI BRINTIK CEMILAN MALANG Shafa Ananda Pudjianta; Roni Angger Aditama
Ensiklopedia: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (JIMI) Vol 1 No 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (JEBISMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Modal merupakan semua hal yang dimiliki perusahaan yang digunakan untuk memproduksi produk dengan tujuan dapat menambah kekayaan dan keuntungan. Modal sangat berpengaruh dalam penentuan strategi pemasaran pada pemilihan produk, penetapan harga, penetapan cara distribusi dan promosi. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui mengapa dan bagaimana modal dapat berperan dalam pengambilan keputusan strategi pemsaran.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi memakai cara wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini ialah pemilik sekaligus pendiri dari Brintik Cemilan yaitu Irma Khodiroh.Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal finansial, modal intelektual yang terdiri dari pengalaman, keterampilan dan kemauan dan modal sosial memiliki pengaruh penting terhadap pengambilan keputusan strategi pemasaran bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, dan promosi.
EFEKTIFITAS E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA MARTABAK GENYO MALANG Andik Sheptiyanto; Roni Angger Aditama
Ensiklopedia: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (JIMI) Vol 1 No 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (JEBISMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era kemajuan perkembangan teknologi saat ini. Semua segmen dituntut untukmengikuti perkembangan yang ada agar dapat tetap bersaing. Salah satunya munculnya Ecommerce yang menjadi media pemasaran digital dan membantu meningkatkan penjualanpara pelaku usaha khususnya UMKM. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatifdeskriptif. Dengan teknik penggumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancaradan dokumentasi. Yang mana metode dan teknik tersebut dilakukan sekaligus sebagai ujikeabsahan dalam penelitian. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwasanya e-commercesangat efektif dalam membantu meningkatkan penjualan pada pelaku UMKM. Dimanaecommerce dikatakan efektif bilamana memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhisebagaimana yang dijelasakan dalam penelitian ini. Dimana faktor tersebut adalah : RatingUlasan, Tampilan, Harga, Promosi, Lokasi, Teknologi, Waktu dan Populasi. Dalampenerapanya membantu meningkatkan omset penjualan. Di penelitian ini menyimpulkanbahwa e-commerce efektif dalam meningkatkan omset penjualan dengan memperhatikanfaktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk mempertahankan itu semua disarankan untukmemberikan label pada kemasan produk agar pelanggan mengingatnya. Serta menjagakualitas produknya dan tetap teliti dengan pergerakan kompetitor.
PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM MUTU MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, MANAJEMEN OPERASIONAL, MANAJEMEN KEUANGAN, DAN AKUNTANSI KEUANGAN PADA POTAS (POTONG AYAM BERKUALITAS) Achmad Effendy; Hendy Hermawan
Ensiklopedia: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (JIMI) Vol 1 No 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (JEBISMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem mutu manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen keuangan, dan akuntansi keuangan pada POTAS (Potong Ayam Berkualitas). Spesifikasi produk yang diharapkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Standard Operating Procedure/SOP yang memenuhi aspek efektifitas, efisiensi, kelengkapan dan keterbacaan.Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah di modifikasi. Dimulai dari wawancara, observasi lapangan, penyusunan, pengembangan produk hingga uji validasi ahli dan menjadi produk akhir. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, angket, dan observasi dilapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah berdasarkan pendapat Siregar.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka peneliti menemukan beberapahasil penelitian yang terkait dengan “Penelitian Dan Pengembangan Sistem Mutu Manajemen Sumber Daya Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Keuangan, dan Akuntansi Keuangan pada POTAS“ yaitu bahwa POTAS belum memiliki sistem mutu pengelolaan yang terstandar dan terdokumentasikan. Meskipun demikian, salah satu cara untuk memecahkan masalah tersebut adalah mengadakan pentingnya pembuatan sistem mutu pengelolaan dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP) Manajemen SDM, Operasional, Keuangan, dan Akuntansi Keuangan yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja demi menghadapi tantangan di masa yang akan datang.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PT. ULTRA JAYA MILK TBK PADA TAHUN 2018- 2020 Effendi Ahmad; Gusnar Mustapa
Ensiklopedia: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (JIMI) Vol 1 No 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (JEBISMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT. Ultra Jaya Milk Tbk tahun 2018, 2019, dan 2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder laporan keuangan yang telah diaudit yang bersumber pada Bursa Efek Indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio likuiditas (current ratio dan quick ratio), rasio solvabilitas (total debt to assets ratio dan total debt to equity rasio), dan rasio profitabilitas (Net Profit Margin, Return on Investment, Return On Equity). Hasil penelitian current ratio dan quick ratio tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 menunjukkan kondisi perusahaan cukup baik karena berada diatas rata-rata industri. Berdasarkan rasio solvabilitas, dilihat dari total debt ratio dan total debt to equity ratio tahun 2018 dan 2019 perusahaan dalam kondisi baik karena berada dibawah rata-rata industri. Sedangkan untuk tahun 2020 kondisi perusahaan dalam keadaan kurang baik karena berada diatas rata-rata industri. Berdasarkan rasio profitabilitas, dilihat dari net profit margin, Return on Investment, dan Return On Equity kondisi perusahaan dikatakan kurang baik karena dibawah rata rata industri.
SISTEM MUTU AKUNTANSI DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN PADA MARTABAK TOP RASA Andri Lestiono; Gusnar Mustapa
Ensiklopedia: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (JIMI) Vol 1 No 1 (2023): Agustus 2023
Publisher : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (JEBISMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem mutu akuntansi dalam penentuan Harga pokok penjualan pada Usaha Martabak Top rasa. Spesifikasi produk yang diharapkan dalam penelitian ini adalah produk sistem mutu akuntansi dalam penentuan harga pokok penjualan yang terdiri dari Visi, Misi, Tujuan, Struktur Organisasi, Jabaran Tugas, Kebijakan Mutu, dan Standart Operational Procedure (SOP) serta Intruksi Kerja yang efektif, efisien dan bisa dilaksanakan dengan mudah di usaha tersebut.Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Penelitian dan Pengembangan Kolaboratif (Collaborative Model )Purwiyanto (2018). Tahap penelitian adalah awal dimulai dari (1) Identifikasi masalah (2) Identifikasi tujuan (3) Pengembangan desain produk(4) Uji coba desain produk (5) Revisi produk (6) Komunikasi produk.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil skoring validasi adalah menggunakan teknik prosentase yang selanjutnya hasil perhitungan dideskripsikan dengan tabel tingkat kelayakan guna menunjukkan tingkat kelayakannya.Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa sistem mutu akuntansi Dalam penentuan harga pokok penjualan yang dikembangkan layak untuk diterapkan dalam Usaha Martabak Top Rasa.Uji coba produk dilakukan dalam skala kecil. Hal ini karena adanya keterbatasan waktu yang dimiliki oleh peneliti didalam penelitian dan pengembangan. Uji coba ini dilakukan hanya menggunakan beberapa sistem mutu saja yang diambil dari Instruksi Kerja yang terdiri dari SOP Pencatatan Pembelian Bahan Baku, IK jurnal Umum,IK Penyusunan Harga Pokok Penjualan,IK Penyusunan Laporan Laba/Rugi. Oleh sebab itu, pada peneltian berikutnya disarankan untuk mengujicobakan produk sistem mutu akuntansi dalam penentuan harga pokok penjualan (visi,misi,tujuan, struktur organisasi,paparan tugas, kebijakan mutu, SOP dan IK).

Page 1 of 1 | Total Record : 5