cover
Contact Name
Puji Winar Cahyo
Contact Email
teknomatika.unjaya@gmail.com
Phone
+628562636509
Journal Mail Official
teknomatika.unjaya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Siliwangi, Ring Road Barat, Banyuraden, Gamping, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Teknomatika: Jurnal Informatika dan Komputer
ISSN : 19797656     EISSN : 30310865     DOI : 10.30989
Core Subject : Science,
Teknomatika: Jurnal Informatika dan Komputer ISSN: 3031-0865 (Online), 1979-7656 (Print) is a free and open-access journal published by Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Indonesia. Teknomatika publishes scientific articles from scholars and experts worldwide related to the computer science, informatics, computer systems and information systems. This journal accommodates articles covering: Mathematics and Statistics Algorithms and Programming Intelligent System Artificial Intelligence Software Engineering Computer Architecture Distributed System Cyber Security Electronics and Embedded Systems Data and Information Management Information Systems Enterprise System All published articles will have a Digital Object Identifier (DOI). The Journal publication frequency is twice a year (sixth monthly: Maret and September).
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2012): TEKNOMATIKA" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN RENCANA STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK DAN RAISE STKIP HAMZANWADI SELONG Jamaluddin; Ahmad Ashari; Abdul Kadir
Jurnal Teknomatika Vol 5 No 1 (2012): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

STKIP Hamzanwadi Selong merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Nusa Tenggara Barat yang sudah berdiri sejak tahun 1972. Saat ini mahasiswa aktif pada 11 program studi yang dimiliki adalah 8.621 mahasiswa dan didukung oleh sistem informasi (SI) dan perangkat teknologi informasi lainnya dalam mendukung proses bisnisnya. Sistem informasi yang ada saat ini membutuhkan konsep pengembangan yang tepat untuk ke depan. Perpaduan antara ZF dan RAISE akan menghasilkan sebuah rencana strategis SI yang terarah dan sesuai dengan manajemen pada perguruan tinggi. Pada awal pembuatan RENSTRA SI terlebih dahulu dimulai dengan mencari akar permasalahan dengan menggunakan analisis SWOT dan diakhiri dengan pembuatan portofolio aplikasi untuk menentukan strategi SI/TI. Dari hasil analisis yang sudah dilakukan diperoleh bahwa, pada pemetaan ZF dan RAISE pada executive perspektif dan business perspektif menunjukkan hasil yang masih bersifat umum, namun memiliki strategi, sasaran serta proses yang sudah terarah dengan menghasilkan 19 SI. Di dalamnya terdapat 14 SI yang baru dan 5 SI yang perlu diperbaharui. Dari 19 SI tersebut terdapat 10 SI yang strategis untuk dikembangkan, 2 SI yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan, 3 SI yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis lembaga, namun tidak harus dimiliki oleh lembaga dan 4 SI yang menopang operasi bisnis dan membantu menghindari segala kekurangan. Rencana implementasi sistem akan dilaksanakan dalam waktu 36 bulan terhitung sejak September 2012 hingga September 2015 dengan mengacu pada RENSTRA STKIP Hamzanwadi Selong periode 2011-2015.
IMPLEMENTASI FUZZY INFERENCE SYSTEM UNTUK PEMILIHAN JURUSAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Landung Sudarmana
Jurnal Teknomatika Vol 5 No 1 (2012): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah Menengah Atas mempunyai beberapa jurusan, dan siswa diharuskan memilih salah satu jurusan yang ada. Namun dalam perkembangan muncul sebuah kebingungan siswa dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kompetensi, serta yang cocok dengan dirinya. Selain itu kebanyakan siswa menganggap mata pelajaran IPA sebagai kendala yang besar. Implementasi fuzzy inference system dapat digunakan untuk mengklasifikasikan pemilihan penjurusan siswa, dalam proses pemilihan tersebut mempertimbangkan tiga aspek, yaitu nilai raport, nilai tes bakat, dan minat. Sistem ini dapat membantu siswa dalam memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat siswa, dan membantu wali kelas dalam mengatur kuota kelas penjurusan serta mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam penentuan bidang penjurusan.
IMPLEMENTASI COMPARATOR 8-BIT MENGGUNAKAN VHDL PADA PERANGKAT LUNAK XILINK ISE Adkhan Sholeh
Jurnal Teknomatika Vol 5 No 1 (2012): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desain rangkaian elektronika dengan memanfaatkan perangkat lunak telah mengalami kemajuan yang pesat. VHDL, yang pada awalnya digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik dan perilaku komponen elektronika (khususnya IC atau integrated circuit) berkembang menjadi alat untuk melakukan simulasi dan sintesa gerbang-gerbang logika dan komponen elektronik lainnya. Menggunakan VHDL, perancangan rangkaian elektronika dilakukan dengan mendeskripsikan entitas rangkaian dan arsitektur rangkaian. Dalam berbagai bidang pengolahan data/sinyal, hampir bisa dipastikan adanya penggunaan comparator untuk membandingkan 2 (dua) atau lebih sinyal/data. Pada makalah ini disajikan bagaimana sebuah comparator 8 bit dirancang menggunakan VHDL dan simulasi hasil implementasinya pada platform FPGA (field programmable gate array).
OBSERVASI ALIRAN SUNGAI UNTUK PERINGATAN DINI BANJIR LAHAR DINGIN MEMANFAATKAN JARINGAN SENSOR NIRKABEL Agung Priyanto; Widyawan; Sujoko Sumaryono
Jurnal Teknomatika Vol 5 No 1 (2012): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banjir lahar dingin merupakan bencana yang biasanya menyertai letusan atau erupsi gunung berapi. Ini terjadi ketika material vulkanik hasil erupsi yang menumpuk di lereng dan kaki gunung berapi terbawa air hujan melewati sungai- sungai yang berhulu di gunung tersebut. Air yang bercampur dengan material vulkanik ini memiliki massa jenis yang besar sehingga gelombang suara yang dihasilkan ketika mengalir berbeda dengan aliran yang terdiri dari air saja. Parameter inilah yang akan diteliti perbedaanya melalui percobaan yang akan dilakukan. Sinyal suara aliran sungai diperoleh menggunakan serangkaian sensor suara yang disusun secara array Masing-masing sensor terhubung dengan sebuah node jaringan sensor nirkabel IQRF. Data yang diperoleh masing-masing node dikumpulkan dan dikirimkan ke pusat pengolah data berupa sebuah PC. Pengolahan data suara ini dilakukan menggunakan signal processing MATLAB untuk memperoleh informasi apakah aliran air sungai tercampur material vulkanik seperti abu dan pasir hasil erupsi. Informasi yang diperoleh dapat membantu untuk pengembangan sistem peringatan dini banjir lahar dingin.
SOFTWARE DESIGN PATTERN PADA SITUS-SITUS E-COMMERCE Ahmad Hanafi
Jurnal Teknomatika Vol 5 No 1 (2012): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Situs E-Commerce adalah situs yang paling produktif dibanding dengan situs-situs yang lain. Waktu merupakan elemen penting, semakin cepat sebuah situs online dan beroperasi semakin cepat keuntungan pemilik usaha. Untuk itu pengembangan situs e-Commerce diharapkan singkat. Namun waktu pengembangan yang singkat menghasilkan situs yang kurang optimal. Diperlukan sebuah metode yang cepat namun mampu menghasilkan rancangan e-commerce yang baik. Diperlukan sebuah pendekatan baru yang cepat namun mampu mengidentifikasi dengan tepat apa yang dibutuhkan oleh situs-situs e-commerce untuk kemudian dibangun juga dengan cepat. Menurut Yakoub (2003) metode software design pattern mampu menjawab hal tersebut. Design pattern yang spesifik teridentifikasi dalam web portal e- marketplace adalah (Hanafi, 2011): Product page, Carousel, Shopping cart, Product comparison, Rating an object, Page grids, Purchase process. Dengan teridentifikasinya design patten yang ada, maka proses pengembangan situs- situs e-commerce akan lebih cepat dengan memotong proses spesifikasi.
PERLUNYA MANAJEMEN PENGETAHUAN (KNOWLEDGE MANAGEMENT) PADA ON-LINE PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI Damar Widodo
Jurnal Teknomatika Vol 5 No 1 (2012): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet telah mengubah cara orang dalam menjalankan aktifitas kehidupannya. Dalam dunia pendidikan, Internet dipergunakan untuk menempatkan bahan-bahan pembelajaran (knowledge) secara on-line. Penempatan bahan-bahan pembelajaran secara on-line akan meningkatkan efektifitas transfer pengetahuan. Dalam implementasinya, penempatan bahan- bahan pembelajaran secara on-line akan melibatkan volume bahan-bahan pembelajaran yang besar. Bagaimana mengelola dan berbagi bahan-bahan pembelajaran tersebut adalah permasalahan yang penting. Knowledge Management (KM) dapat memberikan solusi yang sangat baik.untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam pengelolaan bahan- bahan pembelajaran dalam volume data yang besar.
FAKTOR SUKSES MEMBANGUN BISNIS E-COMMERCE Arif Himawan
Jurnal Teknomatika Vol 5 No 1 (2012): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet dan E-Commerce telah berkembang sedemikian pesatnya hal ini seiring dengan meningkatnya secara drastis penguna internet. Peningkatan secara drastis ini mendorong banyak orang maupun perusahaan berlomba- lomba untuk ambil bagian dan mencoba mengeruk keuntungan dari dunia E- Commerce. Dari sekian banyak yang mencoba, hanya sedikit saja orang atau perusahaan yang berhasil. Salah satu penyebab keberhasilannya adalah dengan membangun bisnis E-Commerce berdasarkan langkah-langkah strategis. Langkah yang tepat dibutuhkan karena website yang mereka buat akan bersaing dengan jutaan website lain yang sama-sama ingin menarik minat para pengguna internet untuk mengunjungi website mereka, melakukan transaksi dan kunjungan berulang. Seybold dalam Indrajit (2001) menuliskan 5 langkah yang harus dilakukan oleh orang atau perusahan yang ingin terjun ke dalam dunia E- Commerce. Kelima langkah tersebut adalah: Set Strategy, Focus on The End- Customer, Redesigning Customer Focus Business Process, Wire Company for Profit dan Foster Costomer Loyaty.

Page 1 of 1 | Total Record : 7