cover
Contact Name
Rahardian Tanjung Purnomo
Contact Email
trigonometrijurnal@gmail.com
Phone
+6281233876232
Journal Mail Official
trigonometrijurnal@gmail.com
Editorial Address
Perum. Griya Kencana Blok 2i No.68 Mojosarirejo Driyorejo Gresik Jawa Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Published by CV SWA Anugrah
ISSN : -     EISSN : 30308496     DOI : -
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah jurnal yang mempublish berbagai rumpun ilmu alam diataranya Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh SWA Anugrah penerbit beranggota IKAPI. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun. Jurnal ini mengundang para akademisi dan praktisi untuk berperan serta mengisi jurnal ini agar dapat berkelanjutan kedepannya. jurnal ini direview oleh ahli berpengalaman di bidang nya agar dapat menghasilkan kualitas tulisan yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2024): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam" : 3 Documents clear
PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR SEBAGAI SARANA PENGUATAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Natasya Amelia Fanani; Arissona Dia Indah Sari
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2024): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i2.1825

Abstract

Kebudayaan dan tradisi di Indonesia sangat beraneka ragam, salah satunya yaitu permainan tradisional. Permainan tradisional gobag sodor merupakan permainan yang berasal dari Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terkandung dalam permainan tradisional melalui tinjauan dan hasil dari beberapa penelitian sebelumnya serta untuk menganalisis peran permainan tradisional terhadap penguatan karakter para peserta didik. Penguatan karakter peserta didik merupakan Upaya untuk membentuk karakter peserta didik di Indonesia agar menjadi orang yang baik, sehingga dapat berguna untuk dirinya dan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik dengan pertanyaan penelitian tertentu yang relevan. Dengan menggunakan Metode SLR dapat dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sistematis, yang setiap prosesnya mengikuti tahapan–tahapan yang telah ditetapkan.
IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ULAR TANGGA GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS Nurul Khakimah; Arissona Dia Indah Sari
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2024): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i2.1828

Abstract

Pembahasan fokus pada pengembangan ular tangga sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka yang mendukung argumen ini dengan data dari berbagai sumber. Penelitian menunjukkan efektivitas ular tangga dalam membuat pembelajaran menarik, interaktif, dan memudahkan pemahaman materi IPA. Ular tangga berdampak positif pada minat belajar, tapi guru perlu memandu agar pembelajaran tetap fokus pada tujuan pendidikan.
MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA PANJANG MENGENAL KONSEP BILANGAN Nurul Fitria; Arissona Dia Indahsari
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2024): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i2.1830

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan permainan tradisional ular naga panjang sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada mata pelajaran matematika di kelas 1 SD. Keterbatasan fasilitas dan infrastruktur di beberapa sekolah mendorong para guru untuk menjadi kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pembelajaran melalui permainan tradisional dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk menunjukkan minat pada mata pelajaran matematika, sambil memberikan manfaat positif untuk perkembangan fisik dan emosional. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan fokus pada pemahaman konsep bilangan melalui penerapan permainan ular naga panjang. Analisis data dilakukan secara teliti dan mendalam menggunakan sumber-sumber seperti buku, jurnal, artikel, situs internet, dan penelitian terkait lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 3