cover
Contact Name
Rahardian Tanjung Purnomo
Contact Email
trigonometrijurnal@gmail.com
Phone
+6281233876232
Journal Mail Official
trigonometrijurnal@gmail.com
Editorial Address
Perum. Griya Kencana Blok 2i No.68 Mojosarirejo Driyorejo Gresik Jawa Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Published by CV SWA Anugrah
ISSN : -     EISSN : 30308496     DOI : -
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah jurnal yang mempublish berbagai rumpun ilmu alam diataranya Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh SWA Anugrah penerbit beranggota IKAPI. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun. Jurnal ini mengundang para akademisi dan praktisi untuk berperan serta mengisi jurnal ini agar dapat berkelanjutan kedepannya. jurnal ini direview oleh ahli berpengalaman di bidang nya agar dapat menghasilkan kualitas tulisan yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Articles 13 Documents
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS HTML5 DALAM MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 Dyah Ulin Naja; Nanang Nabhar Fakhri Auliya
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.800

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan siswa mengenai kurangnya minat terhadap pembelajaran matematika yang berpotensi mempengaruhi pemahaman siswa pada konsep matematika. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis HTML5 dalam materi matematika bangun ruang sisi datar menggunanakan Articulate Storyline 3 serta mengetahui tingkat kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, meliputi Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Penerapan), dan Evaluate (Evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar pengujian ahli dan lembar respon pengguna. Terdapat 34 siswa kelas 8 MTsN 4 Demak terlibat dalam penelitian ini sebagai subjek uji coba media. Hasil dari penelitian ini mendapatkan persentase kelayakan sebesar 90% dengan kriteria “sangat layak” dari ahli materi dan 91% dari ahli media dengan "kriteria “sangat layak”. Dalam uji coba terbatas dilakukan dua tahap yaitu pada kelompok kecil dan kelompok besar dengan perolehan persentase kelayakan masing-masing sebesar 85% dan 94% dengan kriteria yang sama yaitu “sangat layak”. Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis HTML5 dalam materi bangun ruang sisi datar menggunakan Articulate Storyline 3 dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TRADISI BALON SYAWALAN DI PEKALONGAN Nabilah Nada Asyifa; Khafriza Faiqotuz Zahro; Burhanul Khaq; Ahmad Faridh Ricky Fahmy
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.1014

Abstract

Artikel ini melakukan eksplorasi EtnoMatematika pada tradisi Balon Syawalan di Pekalongan. Tradisi Balon Syawalan merupakan bagian tak terpisahkan dari perayaan Idul Fitri di Pekalongan. Namun, yang mungkin belum banyak diketahui adalah bahwa tradisi ini juga dapat dilihat dari perspektif matematika. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi etnomatematika pada tradisi balon syawal di pekalongan. Melalui tinjauan literatur, wawancara dan observasi, penelitian ini menggali konsep matematika dan pola yang terlibat dalam pembuatan dan dekorasi Balon Syawalan. Temuan penelitian mengungkap keberadaan pola geometri, simetri, proporsi, dan perhitungan matematika dalam proses tersebut. Eksplorasi ini memberikan pemahaman tentang pertemuan antara matematika dan tradisi budaya, menyoroti kekayaan dan signifikansi tradisi Balon Syawalan di Pekalongan.
IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH Elvinda Putri Syafa’ah; Arissona Dia Indah Sari²
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.1594

Abstract

Hakikat Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia mencakup studi terhadap berbagai karya sastra seperti puisi, prosa, cerita, novel, naskah, dan karya sastra lainnya yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Pendidikan Bahasa Indonesia juga fokus pada pengajaran keterampilan berbahasa Indonesia, termasuk menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan efektif. Ada banyak aspek yang melibatkan media pembelajaran, dengan berbagai teori dan penjelasan tentang pengajaran dalam bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menggambarkan fenomena penelitian dengan memberikan penjelasan secara rinci. Congklak, sebagai permainan tradisional yang populer di seluruh Indonesia, menjadi fokus penelitian ini. Congklak adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh dua orang dan dianggap sebagai media pembelajaran yang mencakup berbagai nilai seperti kerjasama, penghargaan terhadap sesama, kejujuran, dan kesabaran. Melalui permainan ini, peserta didik juga dilatih dalam berhitung, yang merupakan aspek kecerdasan, sehingga membantu membentuk karakter dan keterampilan anak secara holistik dalam pendidikan.
ETHNOMATEMATICS TRADITIONAL GAMES “ENGKLEK” IN LEARNING MATHEMATICS ELEMENTARY SCHOOL Ervinia Risti Waning Hiyum; Arissona Dia Indah Sari
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.1595

Abstract

Mathematics is a subject that must be taken by students. Mathematics has become a part of human culture inherent from the past to the present. Ethnomatematics is a term for mathematical values that exist in everyday life. Ethnomatematics is a learning mathematics related to certain cultures. In addition, ethnomatematics can be used to apply mathematics in the context of the current cultural system and the natural environment. Indonesia has a variety of cultural wealth, including in terms of traditional games. Although traditional games are very popular because they are in demand by all levels of society, as time goes by, slowly traditional games began to be forgotten because of the emergence of online games that are more easily accessible in various situations and conditions. Inspiring this, the writer feels interested in expressing mathematical values in the context of traditional games, especially the crank game. This research is a descriptive qualitative research with an ethnographic approach, considering this research is rooted in the phenomenon of Indonesian culture, namely traditional games. The purpose of this study is to identify hidden mathematical values in traditional games, with the hope of supporting the preservation of the traditional game. The results of this study include the description of the crank game which includes mathematical aspects such as geometry, comparison, and opportunities. In addition, research also shows that the game crank can be used as a container to teach multiplication material on integers.
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI PADA PEMBELAJARAN BERHITUNG SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR Fajrul Izza
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.1625

Abstract

This study aims to investigate the use of ethnomathematics in the traditional game of jump rope in learning arithmetic for grade I students in elementary schools. The research method used is a qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews and documentation. Through the use of ethnomathematics, students are exposed to learning experiences that include cultural aspects and traditional values ​​in a mathematical context. The results of this research show that the use of ethnomathematics in the traditional game of rope jumping is very effective in increasing students' understanding of the concept of counting. Students are actively involved in this game, practicing their counting skills by observing jump patterns, counting the number of jumps, and comparing numbers. In doing so, they not only develop math skills, but also gain a deeper understanding of their culture and traditions.
SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Amirotul Bahiroh; Arissona Dia Indah Sari
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.1648

Abstract

Permainan ular tangga merupakan salah satu bentuk permainan tradisional yang memanfaatkan papan dengan petak bernomor. Media permainan ular tangga merupakan media yang menarik bagi siswa karena penyajiannya tidak seperti media biasanya yang mungkin hanya untuk dilihat dan didengar tetapi disajikan dalam bentuk permainan.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji literatur review terkait permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika disekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode SLR (Systematic Literatur Review). Pengumpulan data diperoleh dengan mendokumentasi artikel yang terkait pada penelitian serupa. Artikel yang didapat dan digunakan pada penelitian ini sebanyak 7 artikel jurnal nasional dapat diperoleh dari database google scholar dengan menggunakan aplikasi publish or perish.
KONSEP MATEMATIKA DALAM KEPEMIMPINAN YANG HUMANIS I Made Dharma Atmaja; I Komang Asmara Utama; Made Sita Paramita
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.1661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implikasi penerapan konsep matematika dalam kepemimpinan yang humanis. Konsep matematika melibatkan logika, pola, dan struktur yang dapat diterapkan dalam pengambilan keputusan, perencanaan, dan analisis. Dalam konteks kepemimpinan yang humanis, penerapan konsep matematika dapat membantu pemimpin dalam mengambil keputusan yang lebih terinformasi, merencanakan langkah-langkah yang efisien, dan mengelola sumber daya dengan lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka yang melibatkan analisis terhadap literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep matematika dalam kepemimpinan yang humanis memiliki implikasi yang signifikan. Konsep matematika dapat membantu pemimpin dalam mengoptimalkan alokasi sumber daya, menghindari pemborosan, dan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya yang ada. Selain itu, penerapan konsep matematika juga membantu pemimpin dalam mengelola kompleksitas dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara konsep matematika dan kepemimpinan yang humanis. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan teori dan praktik kepemimpinan yang lebih efektif dan berorientasi pada kemanusiaan. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan untuk menguji efektivitas penerapan konsep matematika dalam konteks kepemimpinan yang humanis secara empiris dan melakukan evaluasi dampak yang lebih mendalam.
A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR): IMPLEMENTASI MEDIA DAKON PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Salwa Farodisa; Arissona Dia Indah Sari
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.1699

Abstract

Salah satu kekurangan informasi yang perlu diperbaiki oleh peneliti yang ingin melanjutkan penelitian adalah fakta bahwa penelitian yang mempelajari literatur tentang penerapan media dakon dalam pembelajaran di sekolah dasar (Sari et al., 2023). Sebelum penelitian dimulai, penelitian pendahuluan sangat penting karena dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan media dakon dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian Sistematik Literatur Review (SLR) yang bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi media dakon pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan metode Systematic Literature Review (SLR), yang merujuk pada metodologi penelitian tertentu dan pengembangan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi penelitian yang terkait pada fokus topik tertentu. Salah satu manfaat penelitian dengan metode SLR adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan setiap penelitian yang tersedia dengan fokus topik pada fenomena tertentu yang menarik. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan peserta didik meningkat rata-rata, 2) membantu peserta didik memahami materi KPK dan FPB, 3) membantu peserta didik menyelesaikan masaah dalam soal pada pembelajaran matematika, 4) media dakon dapat membantu peserta didik memahami konsep dan aplikasi matematika, 5) Melalui permainan tradisional, peserta didik dapat belajar sambil bermain dan belajar tentang budaya. Permainan tradisional juga memberikan pendidikan yang lebih aplikatif bagi peserta didik.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB BERDASARKAN LANGKAH BORG AND GALL Ilma Syaiviana; Intan Yuninda Sari; Putri Adinda; Vany Budi Pratiwi; Windy Anggraini
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.1717

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika yaitu modul pembelajaran berbasis web pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 7 langkah sebagai tahapan untuk menghasilkan produk yang berpedoman pada model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari ahli media dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika berupa modul pembelajaran berbasis web layak untuk digunakan berdasarkan indikator penilaian ahli validasi yang mana indikator validasi oleh ahli media yaitu kualitas isi, ketepatan cakupan, kebahasaan dan kelayakan penyajian.
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BELAJAR SISWA MUATAN IPA DENGAN MODEL PROSES PADA SISWA KELAS V Umarsono Umarsono; Akhmad Riady Agusta
Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3483/trigonometri.v1i1.1726

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan berpikir kritis pada pembelajaran IPA. Hal tersebut disebabakan pembelajaran masih bersifat monoton, model pembelajaran tidak bervariasi dan tidak menarik, pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) serta siswa masih sulit memahami konsep materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model PROSES dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan menganalisis hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin yang berjumlah 30 orang siswa terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskripsi analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Page 1 of 2 | Total Record : 13