cover
Contact Name
TARMIJI SIREGAR
Contact Email
tarmijisir@gmail.com
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
cvedutechjaya@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pengabdian No 395 Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Analysis : Journal of Education
Published by CV. Edu Tech jaya
ISSN : -     EISSN : 30312809     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Analysis is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including educational innovation, Studies in Social Education, Studies in Science Education, Education Management, Teaching & Learning, Educational Quality, Educational Leadership, Educational Technology, Language Education, Educational Philosophy, Education religion carried out by researchers, teachers, lecturers, and students. Detailed information for loading articles and article instructions are provided in each issue.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2023)" : 12 Documents clear
UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 013805 SUBUR Ria Sari Anggriani
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru PAI dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa era covid-19 di SD Negeri 013805 Subur. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guru PAI menerapkan strategi melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar sehingga kegiatan belajar daring maupun kegiatan belajar attap muka mampu didominasi oleh siswa. Bentuk melibatkan secara aktif dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, menanggapi, memaparkan materi dan menjawab pertanyaan dari temannya sehingga setiap siswa dituntut untuk terlibat secara langsung. Setiap kegiatan belajar mengajar selalu diisi dengan kegiatan diskusi kelompok sehingga partisipasi siswa tinggi. Guru memposisikan diri sebagai fasilitator dan meluruskan bila terjadi penyimpangan terhadap pembahasan materi. Siswa diminta mengumpulkan tugas secara langsung dan dilakukan tatap muka sehingga guru dapat kembali memberikan motivasi kepada siswa untuk semangat dan giat dalam belajar. Proses belajar PAI lebih ditekankan pada aplikasi langsung dan praktik sehingga tidak membosankan bagi siswa. Guru juga menunjukkan semangat dalam mendidik sehingga siswa juga memiliki semangat dalam menerima materi pelajaran yang diberikan khususnya materi pelajaran PAI.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN Netty Harlimawati Siregar
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode role playing pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Angkola Selatan. Metode role playing ini setidaknya menggunakan 2 (dua) siklus kepada 29 anak. Pemerolehan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada mata pelajaran PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa dinasti Umayyah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Selatan tahun ajaran 2022/2023. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil presentasi setiap siklusnya. Pada kegiatan pra-siklus, hasil persentase ketuntasannya yaitu 20,68. Hasil persentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus I, yaitu 75,86%. Kemudian pada siklus II, mencapai hasil persentase 93,13%. Pada siklus II ini dihentikan karena 100% siswa telah mengalami ketuntasan. Dengan demikian, penerapan metode tersebut dikategorikan berhasil dalam membantu peningkatan hasil belajar siswa
PROFESIONALISME GURU PAI DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 5 ANGKOLA SANGKUNUR Lindawati Sarumpaet
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalisme guru PAI dalam menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 5 Angkola Sangkunur. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan teknik analisis data melalui proses: pengumpulan data, reduksi data, selanjutnya disajikan yang dilanjutkan dengan penarikan simpulan data sesuai dengan permasalahan yang telah diteliti. Hasil penelitian yang didapatkan: (1) Konsep pola pembelajaran PAI dalam kurikulum merdeka belajar melalui refleksi pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas yang didapatkan melalui pekan bahtera dan ekstrakurikuler. (2) Profesionalisme guru dalam penerapan kurikulum belajara mata pelajaran PAI tentunya memenuhi standarisasi kriteria guru yang profesional yang didukung dengan pengalaman mengajar dan sertifikasi keguruan. (3) Upaya yang dilakukan sekolah dan guru sebagai fasilitator kurikulum merdeka belajar tentunya menciptakan karakter pada peserta didik yang didukung dengan fasilitas yang berkaitan denga konsep pembelajaran merdeka belajar.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 08 RANTAU SELATAN Rosmiati Tanjung
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan discovery learning pembelajaran IPS di SD Negeri 08 Rantau Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penggunaan straregi discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia di siswa kelas V SD Negeri 08 Rantau Selatan. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan perbaikan pembelajaran dapat dikemukakan bahwa pada pelaksanaan pra siklus diperoleh sebanyak 0 orang (00,00%) siswa yang mencapai mencapai KKM sebesar 75. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I terdapat 7 siswa (33,33%) yang telah mencapai target KKM, dan pada hasil evaluasi siklus II terdapat 21 siswa (100,00%) siswa yang telah mencapai nilai KKM.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SD/MI Junita
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan metode drill dalam pembelajaran matematika jenjang MI/SD. Kajian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku dan artikel ilmiah mengenai pembahasan terkait. Kemudian melakukan analisis deskriptif data yang dipaparkan secara rinci. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berpikir kreatif sebagai proses konstruksi ide yang menekankan pada aspek kelancaran, keluwesan, kebaruan dan keterincian. Dengan adanya aspek tersebut, peserta didik diharapkan mampu bersikap aktif dalam sistem belajar dan pembelajaran. Dalam berpikir kreatif, matematika peserta didik dituntut untuk bersifat fleksibilitas, merujuk pada kemauan untuk memodifikasi keyakinan berdasarkan informasi baru. Seseorang yang tidak berpikir fleksibel tidak mudah mengubah ide atau pandangan mereka meskipun ia mengetahui terdapat kontradiksi antara ide yang dimiliki dengan ide baru.Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Matematika, Metode Drill.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP IT BINA INSAN Andang Purwanto
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya meningkatkan hasil belajarsiswa melalui penerapan strategi Think Talk Write (TTW) pada pembelajaran akidah akhlak di SMP IT Bina Insan. Penelitian ini menggunakan jenis riset kualitatif dengan langsung field research. Melalui penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write efektif digunakan. Upaya peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran aqidah akhlak materi tentang adab shalat dan berdzikir di kelas VII SMP IT Bina Insan berhasil dilakukan dengan penerapan pembelajaran Think Talk Write sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Upaya yang dilakukan dengan melibatkan siswa secara aktif pada setiap kegiatan pembelajaran dan menggali potensi yang dimiliki siswa sehingga muncul kreativitas yang dimiliki siswa. Peningkatan kreativitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write diketahui melalui lembar aktivitas siswa yang telah dibuat dan menunjukkan adanya peningkatan yang baik melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Dengan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam belajar juga mempengaruhi hasil belajar siswa yang juga mengalami peningkatan. Dalam belajar siswa terlihat lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti materi pelajaran yang diberikan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 010243 BINJAI SERBANGAN Sanita
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 010243 Binjai Serbangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa dengan penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa materi Kepahlawanan dan Patriotisme pada siswa kelas IV SD Negeri 010243 Binjai Serbangan. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan perbaikan pembelajaran dapat dikemukakan bahwa pada pra siklus hanya 8 orang (28,57%) siswa yang mencapai mencapai target KKM sebesar 70. Setelah pelaksanaan tindakan siklus I terdapat 18 siswa (64,29%) yang telah mencapai target KKM, dan pada hasil evaluasi siklus II terdapat 28 siswa (100,00%) siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 AIR BATU Endang Susina
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran PAI dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial siswa di SMP Negeri 1 Air Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei lapangan, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 1 Air Batu dalam peningkatan sikap kepedulian sosial siswa di antaranya adalah dengan menggunakan metode pendekatan agama, sebab seperti yang diketahui bahwa siswa di SMP Negeri 1 Air Batu tersebut 90% tinggal di pondok pesantren. Sehingga dalam implementasi pembelajarannya di sekolah tersebut menggunakan pendekatan agama, dengan berdasarkan pada dua metode. Pertama, metode keteladanan artinya mencontohkan sikap atau perbuatan yang seharusnya dilakukan, jadi tidak hanya sebatas ceramah namun lebih pada memberikan contoh atau teladan kepada siswa. Kedua, metode targhib atau motivasi untuk senantiasa melakukan kebaikan. Kedua metode tersebut sudah terbiasa dilakukan dengan dasar pijakan Al-Qur’an, As-Sunnah ataupun perkataan para ulama.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI DTRA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DI MIN 2 KOTA SUBULUSSALAM Rini Eryani
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan keterampilan membaca cerpen (cerita pendek) pada siswa melalui penerapan strategi DTRA (Directed Reading Thinking Activity) di MIN 2 Kota Subulussalam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah siswa sebanyak 14 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan keterampilan pemahaman membaca cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di MIN 2 Kota Subulussalam. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat, di mana terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu terdapat 14 peserta didik tuntas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita pendek siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIN 2 Kota Subulussalam.
PENGARUH PENDEKATAN PUMPING STUDENT DALAM PEMBELAJARAN FIKIH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DI MTS TERPADU LANGSA Mawaddah
Analysis Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pumping student dalam pembelajaran Fikih terhadap peningkatan kompetensi siswa di MTs Terpadu Langsa. Metode yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil deskripsi data, uji persyaratan analisis, hasil penelitian, temuan penelitian dan keterbatasan penelitian maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa hasil perhitungan angket tentang penerapan pendekatan pumping student yang memiliki hasil rataan sebesar 58,6 median sebesar 55,5 modus sebesar 53,4 varians sebesar 87,37 dan simpangan baku sebesar 9, 35 dapat diterima dengan batas toleransi yang signifikan. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada pendekatan belajar pumping student dengan peningkatan kompetensi siswa dengan garis regresi Y=41,81 +0,44 X. Terdapat korelasi yang signifikan antara pendekatan pumping student dengan peningkatan kompetensi siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Terpadu Langsa setelah dilakukan uji regresi dengan rumus product moment dengan hasil hitung 0,769 dengan tingkat hubungan yang kuat atau tinggi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan diketahui bahwa penerapan pendekatan pumping student baik diterapkan dan mampu berkontribusi pada peningkatan kompetensi siswa pada pelajaran fikih siswa MTs Terpadu Langsa, untuk itu diharapkan bagi guru mampu menerapkan pendekatan tersebut dengan baik sehingga dampak kepada siswa dapat lebih berpengaruh positif.

Page 1 of 2 | Total Record : 12