cover
Contact Name
Tarmiji Siregar
Contact Email
tarmijisir@gmail.com
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
jitkjournal@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk/about/editorialTeam
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Published by CV. Edu Tech jaya
ISSN : -     EISSN : 30260094     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including educational innovation, Studies in Social Education, Studies in Science Education, Education Management, Teaching & Learning, Educational Quality, Educational Leadership, Educational Technology, Language Education, Educational Philosophy, Education religion carried out by researchers, teachers, lecturers, and students. Detailed information for loading articles and article instructions are provided in each issue.
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2024)" : 27 Documents clear
Kerja Sama Orang Tua Dengan Guru Bimbingan Konseling Membina Kemandirian Belajar Siswa di MAN 3 Langkat Yusuf Lubis, Fauziah Rizky; Suryani, Ira; Wahyuni, Sri
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: untuk mengetahui kemandirian belajar siswa, untuk mengetahui kerja sama orang tua dan guru bimbingan konseling dalam membina kemandirian belajar siswa, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi orangtua dan guru bimbingan dan konseling dalam membina kemandirian belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini merupakan suatu penelitian menyimpulkan secara deskriptif mengenai metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya dengan tujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek yang di teliti secara tepat. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis datanya yaitu redaksi data, penyajian data mengunakan trianggulasi sumber dan metode.Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1). Kerja sama orang tua dan guru bimbingan dan konseling sudah berjalan dengan baik membina kemandirian belajar siswa. dan tahap-tahap pelaksanaan memangil orang tua, guru bimbingan konseling, serta wali kelas turut hadir, tahap kedua mengidentifikasi masalah, tahap kerja/mengolah masalah dan tahap terakhir penyelesaian atau tindakan. 2).Kemandirian belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Langkat dapat dikategorikan ringan/biasa. Seperti kurangnya minat belajar, kurangnya percaya diri, memilik rasa tanggung jawab, berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri. 3).Kendala yang dihadapi orangtua dan guru bimbingan konseling yaitu misi komunikasi antara orang tua dengan guru bimbingan konseling, jarak rumah siswa ke sekolah tidak terlalu dekat atau bisa di katakan sebagian siswa ada yang jauh rumahnya.
Pengaruh Layanan Bimbingan Kolompok dengan Teknik Self Regulatd Learning pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Marbau Selatan Jannah, Lu'lu'ul
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-regulated learning terhadap kemandirian belajar siswa SMPN 3 Marbau Selatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi disekolah tersebut. Adapun fenomena yang terjadi pada sekolah tersebut tidak adanya kemandirian belajar pada sisswa SMPN 3 Marbau Selatan. Hal ini dapat dilihat dari masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas sekolah (PR) dan tidak memperhatikan guru pada saat guru menjelaskan pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen two group dengan desain pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Skor kelas control 693 sedangkan skor kelas eksperimen 1023. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini uji normalitas dengan nilai sig.0,2 > 0,05 yang berarti nilai residual berdistribusi normal. Uji t independent simpel t test dengan nilai sig. 0,001<0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-regulated learning terhadap kemandirian belajar siswa. Dan uji t paired simple t test dengan nilai sig. 0,001 dan nilai thitung 18.944, yang berarti adanya perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen.Kata Kunci: bimbingan kelompok (self regulated Learning siswa) kemandirian belajar.
Kualitas Keprofesionalan Guru Pembimbing Deliska Putri, Girna; Amara, Ratih; Afifah, Silvia; Lesmana, Gusman
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru pembimbing adalah penyelenggara kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah. Guru pembimbing harus memiliki empat kompetensi di antaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kompetensi profesional adalah kompetensi yang penting bagi seorang guru karena guru harus profesional di bidangnya. Profesional yang menandakan ia adalah orang yang ahli untuk melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling. Kualifikasi pendidikan guru pembimbing minimal yakni SI Bimbingan dan Konseling dari prodi terakreditasi. Seorang guru bimbingan dan konseling harus memberikan pelayanan profesional kepada siswanya di sekolah. Dengan pelayanan profesional diharapkan guru pembimbing memiliki image positif dari siswanya dan masyarakat luas lainnya. Adanya image ini tentu akan memiliki dampak terhadap penilaian bagaimana bimbingan dan konseling tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mendalami seberapa besar kualitas keprofesionalan guru pembimbing yang akan berdampak pada proses pendidikan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Library Research atau penelitian kepustakaan, dengan fokus pembahasan pada kualitas keprofesionalan guru pembimbing.
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Budisatrya Medan Fadhilah, Nuri; Syahputra, Irwan; Nurhayani, Nurhayani
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Budisatrya Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budisatrya Medan yang berlokasi di jalan Letda Sujono no. 166 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen desain pre-test dan post-test. Teknik pengambilan responden penelitian ini secara purposive sampling. Responden penelitian ini yaitu kelas XI dan diambil 8 siswa untuk menjadi kelompok kontrol dan 8 siswa menjadi kelompok eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket atau kuesioner. Berdasarkan hasil uji uji regresi sederhana untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh dari pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar siswa, dapat dilihat dari hasil uji regresi sederhana yaitu jika nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak, Artinya, bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.
Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Kematangan Siswa Dalam Menentukan Jurusan di SMA 1 Halongonan Sihombing, Nurkhofifah
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Kematangan Siswa Dalam Menentukan Jurusan di SMA 1 Halongonan dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang belum bisa menentukan jurusan yang sesuai dengan diri pribadi siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Prosedur dalam Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling ini dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu Rencana, Tindakan, Observasi (Analisis Hasil) dan Refleksi, Evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dari 2 siklus yang dilaksanakan pada penelitian ini yang bertujuan untuk mengidentiifikasi peningkatan kematangan siswa yaitu berhasil. Terlihat dari peningkatan di kedua siklus yaitu pada siklus I tingkat persentase adalah 44% yang meningkat di siklus II menjadi 82%. Hal tersebut menghasilkan hipotesis yang diajukan yakni, “Ada Pengaruh yang Signifikan Antara Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Kematangan Siswa Dalam Menentukan Jurusan di SMA 1 Halongonan” diterima.
Layanan Konseling Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Ardani, Nobri; Makmun Hasibuan, Uli; Handrian, Liza; Zahra Nasution, Intan
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi pentingnya disiplin belajar di kalangan siswa. Artikel ini mengidentifikasi beberapa masalah, termasuk kegagalan siswa untuk maju karena kurangnya disiplin, kurangnya perhatian orang tua terhadap disiplin belajar anak-anak mereka, dan perlunya bimbingan dalam disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan metode survei, mengumpulkan data dari responden melalui kuesioner yang menyelidiki kemampuan siswa dalam mengatur waktu belajar, ketekunan dan keteraturan dalam belajar, disiplin dalam bersikap, dan ketertiban di kelas. Artikel ini menyimpulkan bahwa disiplin belajar adalah suatu proses untuk melatih dan mendidik perilaku seseorang agar sesuai dengan aturan atau tata tertib yang berlaku, serta menekankan pada peran siswa, guru, dan orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.
Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah Susanti, Sani; Pulungan, Fadlin; Alwan Rezki, Muhammad; Pamungkas Purba, Marlon; Lumban Gaol, Ricky Alan Grey
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dampak penggunaan gadget pada konsentrasi belajar siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah. Penggunaan gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan siswa di era digital, namun sering kali menimbulkan kekhawatiran terkait pengaruh negatifnya terhadap konsentrasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang tidak terkontrol mempengaruhi konsentrasi belajar siswa di dalam kelas, terutama karena pengalihan perhatian oleh kegiatan non-edukatif seperti bermain game dan bersosial media. Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antara penggunaan gadget dan konsentrasi belajar mencakup durasi penggunaan, jenis konten yang diakses, manajemen waktu, dukungan orang tua dan sekolah, serta kesehatan mental dan fisik siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk menerapkan strategi pendidikan yang lebih baik dalam mengelola penggunaan gadget, termasuk edukasi kepada siswa dan guru, serta pengembangan kebijakan sekolah yang lebih terstruktur. Dengan demikian, diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan gadget sebagai alat pendukung pembelajaran yang efektif dan aman bagi siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah.
KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR PADA MATERI POKOK FARDU KIFAYAH Jamilah, Jamilah
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fasilitas diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat memudahkan dan melancarkan pelaksanaan suatu usaha. Usaha ini dapat berupa benda-benda ataupun uang. Jadi fasilitas dapat disamakan dengan sarana. Sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, khususnya proses belajar, agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif, dan efisien. prasarana pendidikan dapat diartikan sebagai perangkat yang menunjang keberlangsungan sebuah proses pendidikan, sedangkan definisi prasarana adalah “ semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pendidikan sekolah.
TATA CARA PENGELOLAAN KELAS YANG BAIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Lubis, Meliana
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai seorang pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar siswa. Itulah sebabnya guru harus mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya dalam mengelola kelas, guru yang kompeten akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan mampu mengelola kelas dengan baik. Dengan demikian dapat difahami bahwa kompetensi adalah sebagai penguasaan terhadap suatu tugas, keterampilan, sikap dan apresiasi yang diperlukan untuk menunjang kualitas guru yang sebenarnya yang ditunjukkan dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan perbuatan secara profesional dalam menjalankan fungsi sebagai guru. Dan kompetensi yang dimiliki oleh siswa akan menunjukkan kualitas siswa yang sebenarnya secara kreatif, cerdas dan sebagainya.
Keterampilan Belajar Yang Harus dimiliki Oleh Guru Untuk Mengajar di Abad 21 Siswoyo, Hadi
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (JITK) Vol 2 No 1 (2024)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dampak penggunaan gadget pada konsentrasi belajar siswa di SD IT Qurrota A’yun Al-Masri. Penggunaan gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan siswa di era digital, namun sering kali menimbulkan kekhawatiran terkait pengaruh negatifnya terhadap konsentrasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang tidak terkontrol mempengaruhi konsentrasi belajar siswa di dalam kelas, terutama karena pengalihan perhatian oleh kegiatan non-edukatif seperti bermain game dan bersosial media. Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antara penggunaan gadget dan konsentrasi belajar mencakup durasi penggunaan, jenis konten yang diakses, manajemen waktu, dukungan orang tua dan sekolah, serta kesehatan mental dan fisik siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk menerapkan strategi pendidikan yang lebih baik dalam mengelola penggunaan gadget, termasuk edukasi kepada siswa dan guru, serta pengembangan kebijakan sekolah yang lebih terstruktur. Dengan demikian, diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan gadget sebagai alat pendukung pembelajaran yang efektif dan aman bagi siswa di SD IT Qurrota A’yun Al-Masri.

Page 1 of 3 | Total Record : 27