cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
cendekiawanmuda@gmail.com
Phone
+6282341891541
Journal Mail Official
jippcendekia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Simpang 4 By Pass BIL Tandek, Labulia, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Prov. NTB
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)
ISSN : 2987579X     EISSN : 29875137     DOI : https://doi.org/10.61116/jipp.v1i4.245
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Ilmu Pendidikan dan psikologi.
Articles 19 Documents
UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 70 JAKARTA Nurkomaria
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i1.3

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023, yaitu pada bulan Oktober sampai November 2022. Penelitian berlangsung di SMP Negeri 70 Jakarta untuk mata pelajaran matematika, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX, dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Discovery learning melalui penelitian tindakan kelas dua siklus, data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi keterlaksanaan Discovery learning dan observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data telah terjadi peubahan tingkat prestasi peserta didik menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari perubahan hasil nilai rata-rata kelas dari 65,4 sebelum tindakan , namun setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 menjadi 73,5 dengan ketuntasan belajar 58,3% sedangkan pada siklus II jumlah ketuntasan belajarnya naik menjadi 86,1 % dengan rata-rata hasil belajar 82,4 . Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Discovery learning mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik terhadap materi Transformasi Geometri pada mata pelajaran Matematika di kelas IX SMP Negeri 70 semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ MATERI MENGENAL SIFAT WAJIB BAGI ALLAH Mutia Rahmawati
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas 2 MIN 7 Tapin. Hal ini disebabkan beberapa proses pembelajaran belum tercapai secara maksimal yang salah satunya tidak menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa belajar dengan semangat dan tertarik dengan materi yang disampaikan. Dalam hal ini penulis melakukan upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode crossword puzzle pada materi dan latihan soal Mengenal Sifat Wajib Bagi Allah swt.. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan jumlah siswa 25 orang di kelas 2B. Dari hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode crossword puzzle pada materi dan latihan soal Mengenal Sifat Wajib Bagi Allah swt.. Hal ini menunjukkan secara keseluruhan hasil belajar siswa rata-rata persentase siklus satu sebesar 68%, kemudian hasil siklus kedua mengalami peningkatan yaitu tercapai sebesar 85,76 % sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode crossword puzzle atau teka-teki silang nilai belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan menyelesaikan latihan soal dan belajar dengan metode yang menyenangkan dapat memotivasi siswa untuk menyelesaikan masalah baik secara individu maupun kerjasama dan dapat mengembangkan minat belajar siswa sehinggat tercapai hasil belajar yang maksimal serta dapat mengembangkan kreatifitas mereka berpikir secara aktif dan kritis.
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PROJECT BASED LEARNING (PjBL) Erma Fatmawati
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i1.6

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inovatif Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi bioteknologi pada peserta didik kelas IX C SMP Negeri 3 Batang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga proses yaitu pelaksanaan prapenelitian, pelaksanaan siklus I dan pelaksanaan siklus II. Dimulai dari prapenelitian untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar dengan metode ceramah dan diskusi, untuk selanjutnya dapat menentukan langkah pembelajaran yang akan dilakukan dalam pelaksanaan siklus I dan II kemudian diteliti apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran inovatif Project Based Learning (PjBL). Data hasil kerja peserta didik dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan tujuan mendapatkan kesimpulan akan keefektifan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik diperoleh hasil analisis data siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 3,42 dengan kategori cukup aktif dan aktivitas peserta didik pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 4,00 dengan kategori aktif. Hasil penelitian evaluasi belajar peserta didik siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,25 dan siklus II sebesar 90. Nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik dari siklus I sebanyak 25 peserta didik dengan persentase sebesar 78%, sedangkan hasil ketuntasan belajar peserta didik meningkat pada siklus II sebanyak 30 peserta didik dengan persentase sebesar 94%, sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 16%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inovatif Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi Bioteknologi.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG JARING-JARING BANGUN RUANG (KUBUS DAN BALOK) PADA SISWA SEKOLAH DASAR Musiyati
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i1.7

Abstract

Tujuan penelitian kelas ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dengan medai konkret, (2) meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun ruang (kubus dan balok) melalui penerapan pendekatan saintifik dengan benda konkret, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dalam peningkatan hasil belajar Matematika tentang bangun ruang (kubus dan balok) pada siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kembaran yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 14 siswa laki- laki dan 17 siswa perempuan. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan mediabenda konkret yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun ruang (kubus dan balok) pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran Tahun ajaran 2018/2019, yaitu pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 64,52% kemudian meningkat menjadi 87,10% pada siklus II. Simpulan peneliti ini adalah : (1) penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dilakukan melalui lima langkah, yaitu (a) mengamati dengan alat bantu media konkret, (b) menanya dengan alat bantu media konkret, (c) mencoba dengan alat bantu konkret, (d) menalar dengan alat bantu media konkret, dan (e) mengomunikasikan dengan alat bantu media konkret, (2) penerapan pendekatan saintifik dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika, dan (3) solusi yang diberikan pada penelitian ini yaitu: (a) guru mengajak dan mengarahkan siswa agar lebih memperhatikan media konkret dan penjelasan guru, (b) guru memberikan kesempatan yang banyak kepada siswa untuk bertanya, dan (c) guru perlu memperhatikan kembali alokasi waktu sesuai dengan RPP agar pembelajaran dapat selesai tepat waktu
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KASUS PELANGGARAN HAK DAN PENGINGKARAN KEWAJIBAN WARGA NEGARAMENGGUNAKAN TEKNIK CREATIVE PROBLEM SOLVING Rini Sumiarsih
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara kelas XII SMA Negeri 5 Magelang dengan menggunakan teknik Creative Problem Solving (CPS). Waktu penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 bulan Agustus sampai dengan November 2022 dengan mengambil lokasi di SMA N 5 Magelang. Subjek penelitiannya yaitu seluruh peserta didik kelas XII IPS 1 dengan jumlah 36 yang terdiri dari 20 laki-laki dan 16 perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilakukan sebanyak 2 kali dalam dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Tahapan tiap siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) penggunaan teknik Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA N 5 Magelang dari rata-rata kategori “Kurang” pada Prasiklus (80,56%) menjadi rata-rata kategori “Sedang” pada Siklus I (66,67%) dan meningkat lagi menjadi rata-rata kategori “Tinggi” (52,78%) pada Siklus II. (2) penggunaan teknik Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA N 5 Magelang dari rata-rata 57,92 pada Prasiklus (ketuntasan 16,67%) menjadi 68,75 (ketuntasan 52,78%) pada Siklus I dan menjadi 81,11 (ketuntasan 94,44%) pada Siklus II.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMPN 5 KABUPATEN TEBO Helvin Hudari
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i2.68

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) di SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus pelaksanaan dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dalam dua siklus adalah sebagai berikut: hasil belajar sebelum dilakukan tindakan adalah 18,75 % siswa tuntas belajar dan 81,25% belum tuntas belajar. Setelah dilakukan tindakan I diperoleh hasil belajar 68,75% siswa tuntas belajar dan 31,25% belum tuntas belajar. Hasil belajar pada siklus kedua tindakan adalah 93,75% siswa tuntas belajar dan 6,25 % siswa tidak tuntas belajar. Artinya pemberian tindakan dengan penerapan metode STAD memberikan dampak pada hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh metode STAD pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 8 MALINAU Nurfitria
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i2.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar Sosiologi siswa dan (2) meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa terhadap implementasi model pembelajaran problem solving pada pembelajaran Sosiologi. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 8 Malinau pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 orang dengan laki-laki 10 orang dan perempuan 13 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus meliputi perencanaa, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data motivasi siswa dikumpulkan dengan metode kuisioner dan data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui pengisian lembar kerja siswa (LKS). Tugas, kuis dan tes akhir siklus. Data yang telah yang terkumpul tersebut selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terjadi peningkatakan rerata skokr aktivitasi belajar siswa pada siklus I sebesar 87,80 dan pada siklus II meninngkat menjadi 92,74. (2) terjadi peningkatan hasil belajar Sosiologi siswa pada siklus I sebesar 76,8 dengan kategori tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 80,7 dengan kategori tuntas.
PENERAPAN JIGSAW DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 3 MATARAM Halwiyah
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i2.70

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam pada materi saling menasehati dalam Islam dengan menggunakan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, aktivitas guru mendapat nilai rata-rata 3,64 dengan kategori sangat baik (A), aktivitas siswa mendapat nilai rata-rata 3,05 dengan kategori baik (B) dan hasil belajar siswa memperoleh nilai ketuntasan 77,78% dengan nilai tidak tuntas 22,22%. Kemudian siklus II, aktivitas guru dan siswa memperoleh nilai rata-rata 4,00 dengan kategori sangat baik (A) dan hasil belajar siswa memperoleh nilai ketuntasan 100%. Terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 63,89 % (Siklus I), dan 86,11% (Siklus II). Siswa dapat lebih aktif dan terampil dalam proses pembelajaran. Guru lebih terampil dalam mengajar dan juga menggunakan metode yang lebih variatif dalam proses belajar mengajar. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan siswa belajar dengan semangat sehingga menimbulkan hasil belajar yang baik.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMPN 5 KABUPATEN TEBO M. Ganda
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i2.71

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui cara menerapkan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar pada SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo khususnya kelas IX-1 sehingga melalui penggunaan metode belajar dapat berpengaruh dengan hasil belajar terhadap pelajaran Bahasa Inggris, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode diskusi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo semster ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tehnik persentasi daya serap individu dan ketuntasan klasikal yaitu: secara individu minimal 25% dan secara klasikal 100%. Serta dengan mengadakan observasi kepada guru tentang pelaksanaan pembelajaran melalui penggunaan metode diskusi serta observasi kepada siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IX-1 SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo hal ini dapat dilihat dari hasil observasi metode belajar pada saat diskusi oleh siswa tersebut diperoleh hasil dari siklus I dan siklus II yaitu: 59% dan 94% (2) Penerapam metode diskusi di kelas IX-1 SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo semster ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil hasil belajar siswa tersebut diperoleh hasil dari siklus I dan siklus II yaitu: 59% dan 94%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil yang dicapai dari kegiatan mengerjakan (menjawab) latihan-latihan tersebut dengan baik, berdasarkan data pengamatan peneliti, hasil pengisian instrumen hasil belajar pada pokok bahasan. Diperoleh dari 32 siswa maka 07 siswa tuntas sedangkan 25 siswa tidak tuntas pada siklus I dan disiklus II dari 32 siswa semuanya tuntas.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK SISWA SMPN 5 KABUPATEN TEBO Ratnawati
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jipp.v1i2.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran Problem-Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 ditinjau dari hasil belajar siswa, kemampuan guru mengelola kelas, aktifitas siswa, dan respon siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo Provinsi Jambi semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukan persentase ketuntasan siswa meningkat setiap siklus, pada pra siklus adalah 62,7%, untuk siklus I adalah 81,2% dan siklus II adalah 93,5%. Observasi aktivitas guru mengelola pembelajaran juga meningkat setiap siklus, pada siklus I adalah baik sedangkan pada siklus II sangat baik. Observasi terhadap aktivitas siswa mengikuti kegiatan pembelajaran pada siklus I tidak aktif, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa sudah aktif.

Page 1 of 2 | Total Record : 19