cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalcendekia123@gmail.com
Phone
+6281917456446
Journal Mail Official
jp3tcendekia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Simpang 4 By Pass BIL Tandek, Labulia, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Prov. NTB
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T)
ISSN : 29874440     EISSN : 29874459     DOI : https://doi.org/10.61116/jp3t.v1i3.248
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEPEMIMPINAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD Suyani
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i1.47

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 02 Trans Batumarta VII. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya dengan hasil 57,14% pada siklus I, 71,43% pada siklus II dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 92,86%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan adanya peningkatan nilai rata- rata dari siklus I hingga siklus III dengan hasil 65,86 pada siklus I, 67,64 pada siklus II dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 74,64. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri 02 Trans Batumarta VII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Tematik.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA HIDUP RUKUN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Surtiwati
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i1.48

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: a.) untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. b.) untuk meningkatkan kinerja guru. c.) untuk meningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Tematik Tema Hidup Rukun dengan menggunakan Model Problem Based Learning di kelas II SD Negeri 13 Martapura. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Problem Based Learning mengalami peningkatan, yaitu dengan rincian pada siklus I mendapatkan nilai ketuntasan hasil belajar (47,05%) dengan nilai rata-rata 63,53 dan nilai tertinggi 80 dan terendah 40. Dan pada siklus ke II nilai ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi (94,11%) dengan nilai rata-rata 80,88 dan nilai tertinggi 95 dan terendah 55. Sehingga bisa disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Tematik Tema Hidup Rukun di kelas II SD Negeri 13 Martapura.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGIATANKU DI SD NEGERI 03 BATUMARTA VI Su’indiyah Nurdayanti
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i1.49

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kegiatan ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Sebagai subjek penelitian siswa Kelas I berjumlah 21 siswa. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini dari hasil tes siswa, hasil oservasi, kolaborasi dan dokumen nilai. Data di kumpulkan dengan menggunakan instrumen tes, lembar observasi, Sedangkan teknik kumpulan data di lakukan dengan pelaksanaan pengukuran hasil belajar siswa disetiap siklus dan hasil observasi yang dideskripsikan secara kualitatif komparatif. Data di validasikan dari hasil tes dan pengamatan untuk dijadikan data yang valid dengan verifikasi pada beberpa aspek. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang menggambarkan ketuntasan belajar siswa keberhasilan dan kegagalan pemebelajaran serta kelancaran dan kendali siswa dalam pembelajaran. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan siklus dan dilaksanakan mulai perencanaan, pelaksanaan, obsevasi dan refleksi. Kajian teori pada pembelajaran tematik dengan menggunakan metode demonstrasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 66,67% atau ada 14 siswa yang telah tuntas dengan nilai rata-rata 66,43, siklus II 71,43% atau ada 15 siswa yang telah tuntas dengan nilai rata-rata 69,67 dan siklus II 90,48% atau ada 19 siswa yang telah tuntas dengan nilai rata-rata 74,95. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas I SD Negeri 03 Batumarta VI.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONGKRIT Lismawati
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i1.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas, meningkatkan kinerja guru serta ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya penggunaan media benda konkretpada siswa kelas VII.E SMP Negeri 1 Madang Suku III. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroomaction research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII.E. Data yang diperoleh berupa hasil tes akhir siklus, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media benda konkret telah meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan olah data pada siklus I siswa yang tuntas dari sejumlah 28 siswa terdapat 13 siswa atau 46,30% yang baru mencapai ketuntasan belajar dengan skor standar kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan 15 siswa atau 53,57% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, yaitu sebesar 70. Sedangkan hasil nilai siklus terdapat nilai tertinggi adalah 85, nilai terendah 40, dengan rata-rata kelas sebesar 65,25. Pada siklus IIsiswa yang tuntas terdapat 20 siswa atau 71,43% yang baru mencapai ketuntasan. Sedangkan 8 siswa atau 28,57% belum mencapai kriteria ketuntasan. Sedangkan hasil nilai siklus terdapat nilai tertinggi adalah 88, nilai terendah 52, dengan rata-rata kelas sebesar 73,39. Pada siklus IIIsiswa yang tuntas terdapat 26 siswa atau 92,86% yang baru mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan 2 siswa atau 7,14% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan hasil nilai siklus terdapat nilai tertinggi adalah 95, nilai terendah 68, dengan rata-rata kelas sebesar 76,96. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.E SMP Negeri 1 Madang Suku III serta penggunaan media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL KONTEKSTUAL Abidin
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 1 (2023): Maret
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i1.52

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar belajar siswa setelah diterapkannya Pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Hasil belajar belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (55,00%) dengan rata-rata 63,95 pada siklus I diperoleh nilai tertinngi 80 sedangkan nilai terendah 50, siklus II (75,00%) dengan rata-rata 71,75 pada siklus II diperoleh nilai tertinngi 90 sedangkan nilai terendah 50 siklus III (90,00%) dengan 74,95 pada siklus III diperoleh nilai tertinngi 85 sedangkan nilai terendah 60. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan Pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri Pujorahayu serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif Pelajaran IPA.
UPAYA PENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 5 KOTA BENGKULU Rodhiah
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 2 (2023): Juni
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i2.83

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan metode Role Playing bagi siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Teknik analisis data ini menggunakan analisis data dengan model interaktif, dan dalam kegiatan analisis serta kegiatan pengumpulan data menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022. Peningkatan prestasi belajar ini dapat dilihat dari prestasi belajar Bahasa Indonesia setelah melalui tahapan Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II, setelah dilakukan tindakan pada tahap Pra Siklus = 69,48, tahap Siklus I = 70,60, dan tahap Siklus II = 85,72, (2) penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022, hal ini bisa dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa sebagai berikut: pada tahap pra siklus = 32%, tahap siklus I = 36% dan pada tahap Siklus II = 92%, dan (3) metode Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar dan ketuntasan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 3 MATARAM R. Januar Widiatmoko
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 2 (2023): Juni
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i2.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas XII IPS 2 SMA Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan model action research tipe classroom action research. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-2 SMAN 3 Mataram semester gasal Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus meliputi tahap (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumenter atau kepustakaan. Data yang diperoleh melalui observasi dianalisis untuk melihat ketercapaian indikator tindakan, sedangkan data yang diperoleh melalui tes dianalisis untuk melihat ketercapaian indikator kompetensi pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS-2 SMAN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk komponen pengetahuan materi PDB, PDRB, PNB, PNN. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa secara klasikal yaitu dari 68,02 pada Prasiklus menjadi 78,21 (Siklus I), dan meningkat lagi menjadi 86,64 (Siklus II). Terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 25,00 % pada Prasiklus menjadi 63,89 % (Siklus I), dan 86,11% (Siklus II).
EFEKTIVITAS YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) Indriyati
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 2 (2023): Juni
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i2.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas youtube sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyumas Provinsi Jawa Tengah semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Peneliti merupakan kreator konten Youtube Channel BUNDA INDRI. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pengunjung Channel Youtube BUNDA INDRI. Subjek penelitian adalah siswa SMA/MA/SMK yang berkunjung ke Channel BUNDA INDRI. Waktu yang digunakan untuk penelitian yaitu satu bulan, pada bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2023. Tahap persiapan penelitian dilaksanakan dalam satu minggu, tahap pengumpulan dan pengolahan data dilaksanakan dalam dua minggu, dan tahap penulisan satu minggu. Langkah-langkah penelitian yaitu, kuesioner dibagikan melalui kolom deskripsi, responden menjawab kuesioner pada kolom komentar, langkah selanjutnya pengumpulan hasil jawaban responden, pengolahan dan análisis data, penyimpulan dan penulisan laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), media Youtube lebih menarik bagi siswa. Youtube membantu siswa dalam memahami materi pelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Waktu belajar siswa lebih rileks atau santai dengan menggunakan media Youtube. Beban belajar siswa juga menjadi lebih ringan dengan menggunakan media Youtube. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Youtube efektif sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dapat diterima.
UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM TERTIB ADMINISTRASI PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH Yadi Tembong Muayad
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 2 (2023): Juni
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i2.86

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam kedisiplinan tertib administrasi pembelajaran melalui supervise akademik kepala sekolah MTs Negeri 1 Bandung Barat tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini bermetodekan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dengan orientasi pembinaan bagi sekelompok guru di MTs Negeri 1 Bandung Barat tahun ajaran 2021/2022, melalui beberapa siklus, mengunakan sistem spiral refleksi model Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi. Strategi/Metode Kerja/Teknik Pembinaan yang digunakan pada siklus 1 adalah studi dokumentasi, angket, Observasi-Refleksi-Rekomendasi, dan Focused Group Discussion, sedangkan pada siklus 2 adalah workshop, observasi-refleksi-rekomendasi, dan FGD. Penelitian ini menghasilkan peningkatan keterampilan guru dalam membuat RPP, membuat LKS/Soal, menyusun kuesioner respon siswa, membuat pedoman observasi keaktifan siswa, membuat daftar check, menyusun format observasi keaktifan siswa, menyusun tata aturan observasi pelaksanaan model pembelajaran oleh guru dan siswa, serta membuat format diskusi feedback, menghasilkan kelonjakan dari Siklus I ke Siklus II. Siklus II mengakhiri pembinaan, dengan indikator aktivitas guru telah 80.00% ke atas dan skor nilai guru minimal 80.00 sudah diatas 85%, yaitu 100%..
THE PARTICIPATION OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS IN FORMING AN ATTITUDE OF INTER-RELIGIOUS TOLERANCE Nada Nazopah; Hamdani
Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T) Vol. 1 No. 2 (2023): Juni
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jp3t.v1i2.87

Abstract

This study aims to determine the role and responsibilities of a teacher towards students who not only transfer knowledge through learning materials in the classroom but also by providing education that impacts their attitudes and behavior. SMPN 1 Gunung Sari is a junior secondary education institution that facilitates students from various economic, social, and religious backgrounds, namely Islam, Hinduism, and Christianity. This research is qualitative descriptive research which is further carried out using a case study design, namely field research using observation, interview, and documentation methods. The results of research on the role of PAI teachers in forming inter-religious tolerance attitudes at SMP Negeri 1 Gunung Sari are carried out by maximizing the teacher's function as an educator, motivator, and evaluator. These forms of tolerance include respecting greetings, mutual love, a high sense of concern, cooperation, and mutual respect and respect. Supporters were forming this tolerance attitude, namely the existence of adequate worship facilities, the realization of Cooperation Factors among school members in religious activities, and a conducive school atmosphere.

Page 1 of 2 | Total Record : 13