cover
Contact Name
Tri Suyatno
Contact Email
Trisuyatno@radenwijaya.ac.id
Phone
+6282242558496
Journal Mail Official
Trisuyatno@radenwijaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Kantil, Bulusari, Bulusulur, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57615
Location
Kab. wonogiri,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Bahusacca
ISSN : -     EISSN : 27463397     DOI : -
Core Subject : Education,
BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan" : 6 Documents clear
Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenali Huruf Abjad Menggunakan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas 1 Di SD Negeri 3 Wonoboyo Muhammad Saddam Hussein
JURNAL BAHUSACCA Vol. 3 No. 2 (2022): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v3i2.1075

Abstract

Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf pada isa kelas 1 SD Negeri 3 Wonoboyo melalui media kartu huruf. Subjek observasi ini adalah anak kelas 1 yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil observasi menunjukan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf pada siswa kelas SD Negeri 3 Wonoboyo setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf. Dengan demikian penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran mengenal huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada siswa kelas 1 SD Negeri 3 Wonoboyo. Kata kunci: siswa, kemampuan mengenal huruf, media kartu huruf
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Media Tiktok Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pokoh Kidul Wonogiri Ninda Vernita
JURNAL BAHUSACCA Vol. 3 No. 2 (2022): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v3i2.1077

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang disajikan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Penggunaan media tiktok pada siswa kelas V dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris . Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dari pra sikus sebesar 52 dengan perolehan nilai 70 ke atas sebanyak 8 siswa atau sebesar 29%. Ini berarti bahwa sekitar tiga perempatnya atau 12 siswa atau 71% siswa belum tuntas. Siklus 1 nilai rata-rata siswa masih rendah, 15 siswa atau sebesar 61% yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 5 siswa atau sebesar 39% belum memenuhi nilai rata-rata KKM yakni sebesar 70, sedangkan pada siklus rata-rata nilai siswa sebesar 65. Siklus 2 penguasaan terhadap materi pelajaran pada siklus II sudah mencapai hasil yang maksimal yakni memperoleh nilai rata-rata kelas mencapai 81, hanya terdapat 2 siswa atau sebesar 9% yang belum mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 18 siswa atau sebesar 91% sudah memenuhi nilai rata-rata KKM yakni sebesar 70.
Promatika Kesulitan Siswa Dalam Belajar Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Di SD Negeri 1 Wonogiri Noer Hayati
JURNAL BAHUSACCA Vol. 3 No. 2 (2022): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v3i2.1099

Abstract

Kesulitan belajar membaca permulaan merupakan kesulitan belajar membaca pada anak tingkat sekolah dasar kelas II akhrinya terjadi pada siswa tertentu, oleh karena itu kesulitan belajar membaca permulaan lebih diperhatikan oleh guru bahasa Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas II.C pada mata pelajaran bahasa Indonesisa, dan faktor-fakor kesulitan belajar membaca permulaan siswa di kelas II.C pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 1 WONOGIRI, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas II.C pada mata pelajaran bahasa Indonesisa dan untuk mengetahui faktorfaktor penyebab kesulitan membaca permulaan siswa kelas II.C pada mata pelajaran bahasa Indonesi SDN 1 WONOGIRI. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, informen penelitian ini adalah siswa kelas II.C. Ada pun alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini adalah pertama, analisis kesulitan belajar membaca permulaan yang dialami siswa kelas II.C pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah analisis kesulitan siswa mengeja huruf menjadi suku kata, analisis kesulitan siswa mengeja suku kata menjadi kata dan analisis kesulitan siswa membedakan huruf b-d, p-q. Dan faktor kedua yang menyulitkan siswa dalam belajar membaca pada awal kelas II.C adalah mata. Kursus bahasa Indonesia di SDN 1 WONOGIRI yaitu Faktor yang pertama adalah siswa itu sendiri, yaitu fisik, intelektual, minat, motivasi, faktor kedua adalah kurangnya guru dalam pengelolaan kelas efisiensi dan faktor ketiga dalam keluarga adalah kurangnya dukungan terhadap anak di rumah. Kata kunci: Kesulitan dalam belajar, mulai membaca
Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Di Lingkungan SD Kanisius Wonogiri Meliana Meliana
JURNAL BAHUSACCA Vol. 3 No. 2 (2022): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v3i2.1100

Abstract

Pendidikan karakter merupakan unsur penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan peserta didik menjadi individu yang berintegritas, bertanggung jawab, dan memiliki nilai moral yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan di SD Kanisius Wonogiri (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen terkait kegiatan kedisiplinan di SD Kanisius Wonogiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini telah mengambil langkah-langkah khusus dalam melaksanakan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan. SD Kanisius Wonogiri banyak menerapkan program dan kebijakan untuk membentuk kepribadian siswa seperti kebiasaan berjabat tangan dengan guru dan teman, kebiasaan mengantri masuk kelas, serta upacara dan ritual pagi. Guru dan staf sekolah berperan aktif dalam memastikan siswa memahami nilai-nilai seperti integritas, tanggung jawab, kerjasama dan menghormati orang lain. Kata kunci: pendidikan karakter, kedisiplinan.
Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah SD Negeri 7 Wonogiri Maryati Maryati
JURNAL BAHUSACCA Vol. 3 No. 2 (2022): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v3i2.1101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penerapan pembelajaran tematik kelas rendah serta upaya guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran tematik di SDN 7 Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Wonogiri. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga guru kelas rendah di SDN 7 Wnogiri. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dengan perangkat pembelajaran tematik. Setelah itu dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data ke dalam tabel dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran tematik Kendala yang dialami oleh guru saat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yakni guru kesulitan dalam memadukan mata pelajaran kompetensi dasar yang tidak berkaitan dengan kompetensi dasar lain. Upaya guru dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah guru tetap menerapkan pembelajaran tematik kepada peserta didik walaupun mata pelajarannya masih terlihat.
Membangun Karakter Pelajar Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Mari Mahalia
JURNAL BAHUSACCA Vol. 3 No. 2 (2022): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v3i2.1102

Abstract

Pembangunan karakteristik peserta didik tidak bisa dibentuk secara singkat, artinya pembentukan karakter ini harus dilakukan sedini mungkin oleh pihak-pihak yang ada di sekitar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami karakte dan cara pembentukan peserta didik melalui program-program yang dijalankan oleh pihak sekolah dan dijalankan oleh semua peserta didik di sekolah. Program-program yang dijalankan di sekolah bertujuan untuk mengembangkan bakat yang ada di dalam diri peserta didik, setiap peserta didik tentunya juga memiliki bakat yang berbeda-beda sehingga pendidik juga harus pintar-pintar dalam memahami karakteristik setiap anak didiknya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembanguan karakter bisa dikembangkan dengan cara pengadaan ekstrakulikuler, kegiatan sosial, dan pengadaan mata pelajaran tertentu yang berfungsi untuk pengembagan profil pelajar Pancasila dalam diri setiap siswa. Kata kunci: Karakteristik, bakat, dan pengembangan siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 6