cover
Contact Name
Tri Suyatno
Contact Email
Trisuyatno@radenwijaya.ac.id
Phone
+6282242558496
Journal Mail Official
Trisuyatno@radenwijaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Kantil, Bulusari, Bulusulur, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57615
Location
Kab. wonogiri,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Bahusacca
ISSN : -     EISSN : 27463397     DOI : -
Core Subject : Education,
BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan" : 6 Documents clear
Studi Eksperimen Penggunaan Media Interaktif Materi Hukum-Hukum Universal Terhadap Aktivitas Belajar Tri Suyatno
JURNAL BAHUSACCA Vol. 4 No. 2 (2023): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v4i2.913

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berpengaruh terhadap Aktifitas belajar pendidikan agama Buddha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen, jumlah sampel yang diambil sebanyak 12 siswa. Instrumen yang digunakan Analisis data dilakukan dengan analisis nonparametrik teknik t-test. Berdasarkan hasil persentase statistik uji t sampel berpasangan yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig lebih kecil dibandingkan dengan daftar pada taraf signifikan 5% yaitu 0,000 ≤ 0,05. Selanjutnya pencapaian Aktivitas belajar juga mempunyai nilai yang baik. Nilai rata-rata pree test atau sebelum perlakuan 66% dengan kategori CUKUP dan setelah diberi perlakuan atau post test meningkat sebesar 82%, Sehingga secara keseluruhan Aktivitas belajar siswa setelah penggunaan Media Pembelajaran Interaktif diperoleh rata-rata sebesar 82% dan termasuk dalam kategori TINGGI. Media Pembelajaran Interaktif diharapkan meningkatkan Aktivitas Belajar dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa meningkat dikarenakan penggunaan media yang menarik dan mampu memberikan rasa senang kepada siswa sehingga siswa mampu menerima pembelajaran dengan baik. Hal ini dikarenakan aktivitas belajar siswa yang tinggi juga akan membantu siswa dalam mewujudkan suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Sebaliknya, media pembelajaran yang tidak menarik akan membuat siswa merasa sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media Pembelajaran Interaktif diharapkan meningkatkan Aktivitas Belajar dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa meningkat dikarenakan penggunaan media yang menarik dan mampu memberikan rasa senang kepada siswa sehingga siswa mampu menerima pembelajaran dengan baik. Hal ini dikarenakan aktivitas belajar siswa yang tinggi juga akan membantu siswa dalam mewujudkan suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Sebaliknya, media pembelajaran yang tidak menarik akan membuat siswa merasa sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media Pembelajaran Interaktif diharapkan meningkatkan Aktivitas Belajar dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa meningkat dikarenakan penggunaan media yang menarik dan mampu memberikan rasa senang kepada siswa sehingga siswa mampu menerima pembelajaran dengan baik. Hal ini dikarenakan aktivitas belajar siswa yang tinggi juga akan membantu siswa dalam mewujudkan suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Sebaliknya, media pembelajaran yang tidak menarik akan membuat siswa merasa sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan aktivitas belajar siswa yang tinggi juga akan membantu siswa dalam mewujudkan suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Sebaliknya, media pembelajaran yang tidak menarik akan membuat siswa merasa sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan aktivitas belajar siswa yang tinggi juga akan membantu siswa dalam mewujudkan suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Sebaliknya, media pembelajaran yang tidak menarik akan membuat siswa merasa sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Analisis Problematika Pada Ketrampilan Menulis Dan Menggambar Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar Negeri 1 Wonogiri Ines Ayu Ardani
JURNAL BAHUSACCA Vol. 4 No. 2 (2023): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v4i2.931

Abstract

Early writing skills are a critical aspect in a child's language development. This article provides an overview of early writing skills and identifies several challenges often encountered in developing writing abilities among children. The importance of early writing skills as the foundation for language learning and communication is the main focus. This stage involves introducing letter forms, fine motor training, and the ability to connect simple letters into meaningful words. Proficient writing skills serve as the basis for more complex language abilities in the future. However, there are several challenges faced in developing early writing skills in children. One of them is the lack of attention from parents and educators regarding the importance of these writing skills. Insufficient support and appropriate stimulation during the initial learning stage can hinder a child's writing development. Additionally, another challenge is the difficulty experienced by some children in overcoming fine motor obstacles. Their untrained hand-eye coordination makes it challenging to form letters clearly and neatly koordinasi tangan dan mata yang belum terlatih membuat mereka kesulitan dalam membentuk huruf-huruf dengan jelas dan teratur.
Penggunaan Media Video Dan Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Wonoboyo Dhama Yoga Pratama
JURNAL BAHUSACCA Vol. 4 No. 2 (2023): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v4i2.1083

Abstract

Thematic learning is learning based on a theme that is used to associate several subject concepts. Video-based learning media is an effective tool in conveying information and concepts to students using a moving visual format. Crossword puzzle media is a creative and interactive tool that can be used in learning to teach and test students' understanding of various concepts, words, or specific topics. This study aims to provide information on the application of video media and crossword puzzles in thematic learning in grade III students of SD Negeri 3 Wonoboyo.
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas 5 Di SDN 6 Wonogiri Dimas Fendi Ardiansah
JURNAL BAHUSACCA Vol. 4 No. 2 (2023): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v4i2.1084

Abstract

This study aims to find out how the influence of learning motivation on student achievement in school. This research is focused on the teacher's role in fostering student learning motivation. This motivation is very important for improving student learning achievement. Because as is well known, student motivation in learning is lacking. This will affect its success in learning. For this reason, there is a need for efforts by teachers to increase interest in learning and motivate students to be more enthusiastic about achieving in school. The approach taken in this journal research is the approach (library research) which uses literature as its object. From the research of several literatures, the results of this study indicate that learning motivation has an influence on student learning activities, especially on student achievement. The higher the student's motivation, the better the learning achievement. Vice versa, the lower the motivation of student learning, it will be difficult for these students to achieve achievement in learning. The teacher also has a very important role and has an influence on student motivation in school.
Penerapan Kedisiplinan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Siswa SD Negeri 7 Wonogiri Anjar Setiawan
JURNAL BAHUSACCA Vol. 4 No. 2 (2023): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v4i2.1086

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendreskipsikan bagaimana penerapan kedisiplinan karakter melalui kegiatan pembiasaan siswa SDN 7 Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dimana dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Wonogiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan kedisiplinan karakter melalui kegiatan pembiasaan siswa SDN 7 wonogiri telah berjalan dengan baik, kegiatan ini dilakukan dengan adanya upacara bendera di hari senin, kegiatan pembiasaan pagi di setiap harinya, menyanyikan lagu daerah setelah kelas selesai, sholat dhuhur berjamaah di mushola sekolah, semua kegiatan tersebut dilakukan oleh pihak sekolah melalui metode pembiasaan.
Penggunaan Media Papan Berhitung Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II SDN 6 Wonogiri Bodhi Ratana
JURNAL BAHUSACCA Vol. 4 No. 2 (2023): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v4i2.1087

Abstract

Mathematics is a natural science that has an important role in the development of science and technology. Many learners in school view maths as the most difficult subject. In fact, until now there are still students who are less interested in mathematics and the results of learning mathematics have not shown optimal results. This type of research is Research and Development (R&D), which is research to produce new products or perfect existing products. that the counting board product is "Very Feasible" to use, so it can be concluded that the counting board media product is effectively used as a mathematics learning medium in grade II SD Negeri 6 Wonogiri

Page 1 of 1 | Total Record : 6