cover
Contact Name
M Zainul Hafizi
Contact Email
amakfizi@gmail.com
Phone
+6282111132092
Journal Mail Official
chatrabaru@gmail.com
Editorial Address
Editor in Chief/Ketua Dewan Editor M Zainul Hafizi, Universitas Tanjungpura Managing Editor Syarif Abdul Ghani- Yayasan Azzuhri Editorial Board/ Anggota Dewan Editor Muh. Bukhari, S.Pd., M.Si, STAI Al Aqidah, Jakarta Adi Artino, M.Si, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta. DKI Jakarta. Reyhan Ainun Yafi, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Supriaman, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat. Siska Perdina, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat Reviewer / Mitra Bestari M. Rikaz Prabowo, Universitas Tanjungpura (UNTAN), Pontianak, Kalimantan Barat. Haris Firmansyah-Universitas Tanjungpura (UNTAN), Pontianak, Kalmantan Barat, Indonesia Ratin Wahyu Juni Atma, - Sekolah Tinggi PALAPA Nusantara- Lombok Timur-Indonesia Nurul Fitriani, S.Pd., M,Si- Institut Agama Islam Hamzanwadi, Lombok Timur- NTB. Indonesia Rohyana Fitriani, M.Pd-Universitas Hamzanwadi (UNHAM), Lombok Timur, NTB, Indonesia Achmad Afandi, S. Pd, M. Pd, IKIP Budi Utomo, Malang, Jawa Timur. Indonesia Dr. Petrus Jacob Pattiasina, S.Pd.,M.Pd, Universitas Pattimura, Maluku, Indonesia Siti Hajar, S.Pd., M.Pd, Universitas Muhammadiyah, Kupang, NTT. Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Chatra; Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Chatra; Jurnal Pendidikan dan Pengajaran memiliki fokus utama pada penelitian, tinjauan teoritis, dan konsep-konsep konseptual yang berkaitan dengan berbagai aspek pendidikan di semua tingkat, termasuk sekolah dasar, menengah, dan pendidikan tinggi. Ruang lingkupnya mencakup analisis kurikulum, strategi pembelajaran, psikologi pendidikan, teknologi dalam pendidikan, manajemen pendidikan, kebijakan pendidikan, pendidikan inklusif, pendidikan multikultural, serta isu-isu relevan dalam bidang pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang berbagai elemen yang memengaruhi kualitas pendidikan dan pengajaran, serta memberikan panduan dan wawasan yang bermanfaat bagi praktisi pendidikan, peneliti, dan para pemangku kepentingan dalam meningkatkan efektivitas dan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Lebih detailnya dirincikan sebagai berikut: 1. Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran 2. Filsafat pendidikan dan pembelajaran 3. Teknologi pendidikan dan pembelajaran 4. Media pendidikan dan pembelajaran 5. Evaluasi Pendidikan 6. Manajemen Pendidikan 7. Inovasi pendidikan dan pembelajaran 8. Pendidikan untuk semua 9. Pendidikan formal 10. Pendidikan informal 11. Pendidikan non formal 12. pendidikan pedesaan 13. Pendidikan perkotaan 14. Kurikulum pendidikan dan pembelajaran 15. Pengembangan Pendidikan 16. Kebijakan pendidikan dan pembelajaran 17. Metode dan strategi pembelajaran 18. Penilaian pembelajaran
Articles 10 Documents
Meningkatkan Kreativitas Anak Di Masa Pandemi Covid 19 : Studi Kasus Kelompok B Di Paud Sun Flower Astikasari Astikasari
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i1.1

Abstract

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Banyak cara untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini, salah satunya yaitu dengan cara bermain karena bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak, dan sangat bermanfaat untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya secara menyeluruh. Bagi anak bermain adalah hidup dan hidup adalah bermain. Untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini dengan cara bermain khususnya di masa pandemi covid - 19 ini, orang tua / keluarga di rumah bisa melakukan permainan seperti bermain music bersama, karna dari music kita bisa menstimulus kecerdasan emosi pada anak. Kecerdasan emosi memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan karena itu perlu adanya stimulus yang tepat, salah satunya dengan menggunakan music, dimana music adalah unsur yang paling dekat dengan kehidupan manusia. Tujuannya untuk mengetahui apakah musik itu berpengaruh pada kecerdasan anak. Menggunakan desain penelitian kualitatif diskriptif dengan menggunaakan metode penggumpulan data dengan teknik observasi digunakan untuk mengetahu tingkat aspek kecerdasan anak, wawancara untuk mendukung data dari hasil observasi dan cekhlist mencatat hasil observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang cukup besar penggunaan musik sebagai stimulus kecerdasan emosi anak, karena dari hasil penilitian ini anak yang miliki aspek kecerdasan yang tinggi dalam kehidupanya terbiasa mendengarkan musik baik dari kebiasaan orang tua memutarkan musik dan juga guru yang sering menuggunakan musik dalam pembelajarannya.
Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smp Darussalam Koposari Cileungsi-Bogor Nur Habibah Hidayanti
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i1.2

Abstract

Tulisan ini akan membahas tentang peran pendidikan agama islam di sekolah dalam upaya pembentukan karakter peserta didik SMP Darussalam Koposari. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pembentukan karakter seseorang. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika dimulai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada peseta didik, oleh karena itu materi PAI disekolah menjadi salah satu penunjang pendidikan karakter. Melalui pembelajaran PAI peseta didik diajarkan Akidah sebagai dasar keagamaannya , diajarkan Al-Qur’an dan hadits sebagai pedoman hidupnya, diajarkan fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah islam sebagai sebuah keteladanan hidup, dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman perilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh sebab itu, tujuan utama dari pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian pada diri peseta didik yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari, selain itu pendidikan agama islam juga dapat menjauhkan seseorang untuk melakukan hal yang bathil. Dan keberhasilan pembelajaran PAI di sekolah salah satunya juga ditentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.
PERANAN MAHASISWA DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 Samsul Arifin
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui penerapan metode Gallery Of Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi Akhlak Tercela dan Akhlak Terpuji mata pelajaran PAI pada kelas vii MTS Al-Masykur 02 Kecamatan Klapanunggal Kabupaten bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. 2). Untuk mengetahui penerapan metode Gallery Of Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi Akhlak Tercela dan Akhlak Terpuji mata pelajaran PAI pada kelas VIII MTS Al Masykur 02 Kecamatan Klapanunggal Kabupaten bogor Tahun Pelajaran 2020/2021 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus yang dari tiap-tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan nilai pencapaian KKM yang ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, II dan III, diperoleh data rata-rata nilai seperti berikut: dari siklus I nilai rata-rata 68.33 Pada siklus II rata-rata nilai yaitu 72.38, artinya Naik 4,5 dari siklus I. Sedangkan pada siklus III mengalami kenaikan rata-rata 14,5 dari siklus II menjadi 86,42. Pada siklus III Sebanyak 21 siswa atau 100% dari total 21 siswa dapat mencapai KKM individual.
Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Smpi Qoryah Thoyyibah Al Mughni Siti Rohmah
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana aktivitas karakter siswa dalam melaksanakan pembelajaran Agama Islam di masa pandemi covid 19. Metode penelitian ini bertujuan memperoleh informasi secara objektif tentang aktivitas kegiatan pembelajaran Agama Islam siswa di SMPI Qoryah Thoyyibah Al Mughni di tengah pandemi covid 19 di Kampung Cijambe. Metode penelitian yang di pakai adalah metode Diskriptif Kualitatif dengan mengumpulkan data informasi, mengidentifikasi masalah, dan telaah dokumen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi untuk kebijakan siswa SMPI Qoryah Thoyyibah Al Mughni tentang aktivitas pembelajaran Agama Islam dalam meningkatkan karakter siswa. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa aktivitas siswa SMPI Qoryah Thoyyibah Al Mughni tentang aktivitas pembelajaran Agama Islam dalam meningkatkan karakter siswa di tengah Adaptasi Kebiasaan Baru (ABK) butuh kesadaran pribadi dalam menjalankan protokol kesehatan. Hal ini tidak bisa lepas dari tokoh guru-guru dan kepengurusan sekolah dalam mejalankan peraturan pemerintah untuk menghimbau para siswa agar tetap menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kesehatan.
Implementasi Pelajaran Bahasa Arab Dalam Pembiasaan Bacaan Al Qur’an Di Smp Darussalam Koposari Cileungsi Dede Solihat
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i1.5

Abstract

Kita sebagai umat islam dituntut untuk selalu membaca dan mempelajari al-qur’an sesuai dengan SK yang telah dikeluarkan oleh mentri Agama RI yang mengharuskan setiap orang islam untuk selalu meningkatkan kemampuan dan minat yang tinggi dalam Membaca Al-Qur’annya. Untuk mencapai tujuan tersebut,maka pada saat ini banyak lembaga-lembaga pengkaji Al-Qur’an mencetus atau membuat metode yang bermacam-macam,salah satunya dengan mngaitkan pelajaran bacaan Bahasa Arab pada pembiasaan bacaan Al-Qur’an. Pembelajaran bahasa arab menjadi salah satu implementasi dalam Pembiasaan Bacaan Al-Qur’an. Dengan adanya pembiasaan bacaan al-qur’an melalui pelajaran bahasa Arab ini akan meningkatkan minat baca dan belajar memperbaiki bacaan al-qur’an,baik tajwid,makhorijul huruf,dan lain-lain. Tujuan penelitan ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang implementasi pelajaran bahasa Arab dalam pembiasaan bacaan al-qur’an di SMP Darussalam Koposari-Cileungsi, sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian deskriptif yang mampu menjelaskan pembahasan yang akan dikaji. Hasil dari penelitian ini bahasa arab menjadi salah satu bahasa yang memiliki peran penting dalam bacaan al-qur’an. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya anak yang kurang fokus dan kurang bersemangat dalam mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran membaca Al-qur’an serta kurang memperhatikan dan mengimplementasikan program pembiasaan dalam pembelajaran membaca Alquran baik di sekolah ataupun di rumah. Dengan demikian, dalam implementasinya pelajaran bahasa arab khususnya dalam pembacaan al-qur’an ini mampu meningkatkan minat baca,keterampilan dan fasohat siswa dalam bacaan al-qur’an baik pembiasaan di sekolah,rumah dan dalam kehidupan sehari-hari.
Menjadi Teladan Bagi Anggota Keluarga Melalui Gaya Kepemimpinan Demokratis Zihori Maulida
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i2.49

Abstract

Artikel ini membahas peran penting gaya kepemimpinan demokratis dalam membentuk anggota keluarga sebagai teladan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi dampak positif gaya kepemimpinan demokratis terhadap dinamika keluarga dan perilaku anggota keluarga. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keluarga yang menerapkan prinsip-prinsip demokratis dalam pengambilan keputusan dan komunikasi memiliki anggota keluarga yang lebih cenderung menjadi teladan, menunjukkan sikap partisipatif dan tanggung jawab. Hasil ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana kepemimpinan demokratis dapat menjadi landasan untuk membentuk karakter positif dalam lingkungan keluarga. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan demokratis dalam mendidik anak dan memperkuat hubungan keluarga. Studi ini juga mengidentifikasi keterbatasan penelitian dan menawarkan saran untuk penelitian lebih lanjut guna memperdalam pemahaman tentang dinamika keluarga melalui perspektif kepemimpinan demokratis.
Tradisi “Muncang Kuta” Sebagai Wujud Penghormatan Kepada Leluhur Di Dusun Iii Namorindang Desa Mbaruai Kec.Sebiru-Biru, Kab.Deli Serdang Aisah Amini
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i2.50

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai tradisi ritual yang terjadi pada penganut penghayat kepercayaan masyarakat suku karo di desa mbaruai . Tradisi muncang kuta merupakan tradisi yang diwariskan secara turun temurun untuk menunjukkan rasa penghormatan kepada masyarakat Karo terhadap alam sekitar dan leluhur mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk ritual muncang kuta yang dilakukan di desa mbaruai untuk membersihkan kampung dari pengaruh roh-roh jahat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,wawancara dan studi kepustakaan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat yang mempercayai roh leluhur yang dapat mengobati penyakit ,pengusir marah bahaya dan mengusir roh-roh yang dapat membahayakan kampung tersebut .Media dalam tradisi ini antara lain Gendang de Lima Sendalane yang meliputi beberapa pilihan musik penggiring ritual muncang dan tarian Ndikkari yang merupakan tarian masyarakat karo. Salah satu nilai-nilai yang terkandung dalam ritual muncang kuta salah satunya menggambarkan wujud kebersamaan sesama masyarakat ,selain itu dari sisi ekologis juga ada dampak positifnya.Dalam hal ini kegiatan muncang kuta juga biasanya digelar membersihkan sumber-sumber mata air yang ada di desa
Ritual Adat Jamu Laut Di Desa Regemuk Kec. Pantai Labu Kab. Deli Serdang Rika
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i2.51

Abstract

Pelaksanaan ritual adat “jamu laut” mengkaji tentang pola tindakan, pengetahuan dan kepercayaan yang ada di masyarakat nelayan khususnya masyarakat melayu di Desa Regemuk Kec. Pantai Labu Kab. Deli Serdang yang berinteraksi dengan lingkungan alam yang menjadi tempat tinggal sekaligus sumber mata pencarian masyarakat untuk membentuk kebiasaan yang dilakukan dalam bentuk ritual adat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejarah tradisi ritual adat “jamu laut”, makna dan tujuan dilaksanakannya ritual adat “jamu laut”, waktu dan tempat pelaksanaan, perlengkapan yang harus disediakan, serta pantangan dan larangan ritual adat “jamu laut” yang ada di desa Regemuk Kec. Pantai Labu Kab. Deli Serdang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode etnografi. Karena penelitian ini membahas mengenai masalah kebudayaan yang ada di masyarakat melayu desa Regemuk Kec. Pantai Labu Kab. Deli Serdang. Hasil penelitian ritual adat “jamu laut” ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat melayu pesisir masih melakukan ritual adat “jamu laut” hingga saat ini salah satunya yaitu untuk meminta karunia rezeki dalam memenuhi kebutuhan masyarakat melayu pesisir khusunya nelayan.
Motivasi Belajar dan Kesejahteraan Psikologis Anak Dalam Lingkungan Keluarga Yang Harmonis Siti Dwi Hardiyanto Igo
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i2.52

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan yang kompleks antara motivasi belajar anak dan kesejahteraan psikologis mereka dalam konteks lingkungan keluarga yang harmonis. Melalui tinjauan literatur yang mendalam, artikel ini mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar anak, termasuk dukungan keluarga, kualitas pendidikan, dan penghargaan yang diberikan. Selain itu, artikel ini menguraikan konsep kesejahteraan psikologis anak, mencakup aspek-emosional, sosial, dan mental. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa lingkungan keluarga yang harmonis dapat menjadi landasan penting bagi motivasi belajar yang tinggi dan kesejahteraan psikologis anak. Faktor-faktor seperti komunikasi yang baik, dukungan orang tua, dan kestabilan lingkungan keluarga mendorong perkembangan positif anak. Melalui analisis studi kasus dan data empiris, artikel ini juga memberikan contoh konkret tentang bagaimana motivasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis anak dalam keluarga yang harmonis. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi orang tua untuk menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis dan strategi untuk meningkatkan motivasi belajar anak mereka, dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan psikologis anak.
Penerapan Model Pembelajaran Personal Dalam Mendukung Diferensiasi Pengajaran Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Anatasia Anatasia
CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2023): CHATRA: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : Yayasan Azzuhri Lengkok Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i2.53

Abstract

Penelitian ini mengangkat topik penerapan model pembelajaran personal untuk mendukung diferensiasi pengajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Pendekatan metodologi yang diadopsi dalam penelitian ini adalah melalui analisis studi kepustakaan yang telah ada. Pendekatan studi kepustakaan memfokuskan penelitian pada tinjauan literatur yang telah dilakukan sebelumnya dalam konteks penerapan model pembelajaran personal untuk mendukung diferensiasi pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Penerapan model pembelajaran personal ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk menggali potensi mereka secara optimal. Melalui pendekatan ini, siswa berkebutuhan khusus dapat merasa dihargai, terlibat, dan mencapai kesuksesan dalam proses pendidikan mereka. Dalam keseluruhan, pendekatan ini memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan inklusif. Model ini mendasarkan pada prinsip bahwa setiap siswa adalah individu unik dengan perbedaan dalam kemampuan, minat, gaya belajar, dan tingkat pemahaman. Dalam model ini, peran guru adalah sebagai fasilitator dan pembimbing, yang memberikan dukungan yang sesuai bagi siswa, sambil memberikan mereka kesempatan untuk mengambil peran aktif dalam pengalaman belajar mereka. Salah satu aspek kunci dari model pembelajaran personal dan diferensiasi adalah kemampuan siswa untuk memilih materi pembelajaran yang sesuai dengan minat mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 10