cover
Contact Name
Kana Safrina Rouzi
Contact Email
ijeeti@almaata.ac.id
Phone
+6285328766419
Journal Mail Official
anisajnkiaa11@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Journal IJEETI (Indonesian Journal of Elemantary Education and Teaching Innovation) Jl. Brawijaya No.99, Tamantirto, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation
ISSN : -     EISSN : 28283538     DOI : 10.21927/ijeeti
Core Subject : Education,
Focus and Scope 1. Innovation of Curriculum, 2. Instructional Design, 3. Learning Styles, 4. Learning and Teaching, 5. Media Development, 6. Teaching Methods and Strategies, 7. Developing Teaching Materials, and 8. Developing Learning Evaluation Peer Review Process Review Policy of IJEETI Every articles will be reviewed by the reviewer. The review process using a double Blind Review, meaning that the reviewer does not know the identity of the author, and the author did not know the identity of the reviewer. In the process of review, the reviewer gave consideration related to the suitability of the title, abstract, introduction, research methods, results and discussion and conclusions. Addition reviewer also gave consideration associated with novelty, scientific impact, and references used.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2022)" : 5 Documents clear
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qira’ati pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah Eka Riany; Rubini Rubini
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(1).54-64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Insani yang berada di Jalan Dewi Sartika 5C Kowangan, Desa Ketosari RT 2 RW 1, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.Data diperoleh dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan subyek penelitian adalah guru yang mengajarkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, setelah data terkumpul, data tersebut direduksi atau dipilih data-data yang penting, kemudian data disajikan dan diambil kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah adalah dengan memberikan contoh cara membaca al-Qur’an dengan jelas dan tartil, menerapkan deres (membaca al-Qur’an) secara individu, menyimak bacaan siswa secara individu, memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan/ rajin membaca al-Qur’an, menggunakan sitem pra kitab, tidak monoton dalam pembelajaran dan melakukan pembinaan untuk para guru. 2) Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah adalah guru dekat dengan siswa, mengenal karakter siswa, dekat dengan wali murid, tersedianya sarana dan prasarana qira’ati serta adanya peran dari semua pihak. Sedangkan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah adalah siswa tidak mengulang kembali materi yang sudah diajarkan di sekolah dan berkurangnya pertemuan tatap muka. Kata Kunci: Upaya Guru, Membaca Al-Qur’an, Metode Qiro’ati. 
Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kelas IV di MI Yappi Gedad Playen Kabupaten Gunungkidul Makzum Ikrimah; Ni'mah Afifah; Ahmad Syamsul Arifin
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(1).26-38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas kompetensi pedagogoik guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 pada pembelajaran kelas IV di MI Yappy Gedad Playen kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,  observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data  dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa guru kelas empat MI Yappi Gedad 1 memiliki kualitas kompetensi yang sudah baik dalam mengelola pembelajarannya. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman guru terhadap peserta didik terkait kecerdasan, perkembangan kognitif, kondisi fisik dan lainnya, rancangan pembelajaran guru kelas tinggi yang sistematis dan memperhatikan kondisi pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan metode mendidik dan menyenangkan serta memanfaatkan media yang dengan baik, dan evaluasi pembelajaran yang berstandar proses dan hasil belajar serta mengembangankan untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik dalam berbagai kegiatan yang sesuai dengan potensinya. Dengan demikian, bahwa guru kelas IV, MI Yappi Gedad 1 memiliki kompetensi pedagogik yang baik sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik , Guru Kelas IV, Madrasah Ibtidaiyah Yappi Gedad
Nilai–Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Doraemon Serta Relevansinya dengan Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Eni Widi Astuti; Ni'mah Afifah; Kana Safrina Rouzi
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(1).9-25

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai karakter dalam film kartun Doraemon dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai karakter dalam film kartun Doraemon terhadap psikologi perkembangan anak usia Sekolah Dasar.Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam dalam penelitian ini adalah dokumentasi meliputi data primer yakni isi film kartun Doraemon dan data sekunder yakni hasil tulisan yang membahas tentang film kartun Doraemon baik berupa buku maupun jurnal dan artikel. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi, yaitu analisis isi pesan dan metode pengolahan pesan, atau alat untuk mengamati dan menganalisis isi perilaku komunikasi terbuka komunikator yang dipilih. Berdasarkan hasil penelitian, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film Doraemon mengandung penerapan nilai-nilai pendidikan karakter yang digambarkan oleh hampir semua tokoh yang berada di film kartun doraemon. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada film kartun doraemon yaitu antara lain : 1) Nilai peduli sosial, nilai rasa ingin tahu, nilai peduli lingkungan, nilai kreatif, nilai tanggungjawab, dan nilai menghargai prestasi. 2) Nilai-nilai karakter dalam film kartun Doraemon relevan diterapkan dalam pendidikan di Sekolah Dasar  karena pengimplikasiannya dalam pendidikan sering dilakukan oleh guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar seperti halnya : meningkatkan kreatifitas di kelas, selalu ingin mempelajari tentang hal baru yang ditemui, mempertanggung jawabkan segala perbuatan dan keputusan yang telah diambil, tidak mudah bergantung dengan orang lain, mengajarkan kebersamaan dan kepedulian dalam diskusi/kerja kelompok, mengajarkan untuk saling menjaga lingkungan sekitar, menghormati dan menghargai orang lain.Kata kunci : Nilai-Nilai karakter, Film Doraemon, Anak Usia Sekolah Dasar
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Monster University Eva Maria Ulpah; Mufida Awalia Putri; Laelatul Badriah
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(1).39-53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang terdalam film monster university. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif  dengan  content analisis dan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi,  dan study pustaka. hasil penelitian, menunjukan terdapat banyak nilai-nilai pendidikan karakter, diantaranya: 1. Jujur, 2. Toleransi, 3. Disiplin, 4. Kerjakeras, 5. Kreatif, 6. Mandiri, 7. Demokrasi, 8. Rasa Ingin Tahu, 9. Menghargai prestasi, 10. Bersahabat dan komunikatif, 11. Cinta damai, 12.Gemarmembaca, 13. Peduli sosial, 14. Peduli Lingkungan,15. Tanggungjawab.Kata Kunci: Nilai-nilai pendidikan karakter, Film Monster University.
Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar Rinesti Witasari
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(1).1-8

Abstract

Dunia pendidikan saat ini tentu tidak terlepas dari pemikiran tokoh pendidikan yaitu Ki Hajar Dewantara. Tokoh yang memiliki peran besar dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Baginya pendidikan merupakan media untuk mencapai tujuan perjuangan yaitu mewujudkan manusia Indonesia yang merdeka lahir dan batin. Merdeka secara lahir artinya tidak dijajah secara fisik, politik, ekonomi dan lain-lain, sedangkan merdeka secara batiniah artinya mampu mengendalikan diri dan mandiri dengan tanpa melanggar kemerdekaan golongan ataupun orang lain. Seiring dengan kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan dan kemajuan masyarakat telah mempengaruhi perubahan kebijakan yang diterapkan. Perubahan kebijakan tentu selalu mengarah pada perbaikan sistem pendidikan. Pada saat ini salah satu perubahan kebijakan tersebut tertuang dalam program “Merdeka Belajar”. Kebijakan program “Merdeka Belajar” meliputi empat pokok kebijakan yaitu Penilaian USBN Komprehensif, UN diganti dengan assessment penilaian, RPP dipersingkat dan zonasi PPDB lebih fleksibel. Kesimpulannya bahwa kebijakan merdeka belajar sejatinya telah mengacu pada pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwa dalam kebijakan merdeka belajar guru harus memiliki jiwa merdeka untuk bisa memerdekakan siswanya.Kata Kunci: Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, dan Merdeka Belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5