cover
Contact Name
H.B.A Jayawardana
Contact Email
hepta2011@gmail.com
Phone
+6281336101853
Journal Mail Official
jurnaljecie@gmail.com
Editorial Address
Prodi PG PAUD, Universitas PGRI Argopuro Jember, Jl. Jawa No. 10 Jember, Jawa Timur
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
ISSN : 26144387     EISSN : 25992759     DOI : https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1
Core Subject : Education,
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in the field of Early Childhood Education (PAUD). The JECIE is published twice a year in July and December. The field of study in the JECIE covers the field of education and teaching in Early Childhood Education (PAUD), including the study of physical motor development, socio emotional development, cognitive development, language development, development of moral and religious values, art development, childrens inclusive education, and various other fields related to Early Childhood Education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2018): Juli" : 5 Documents clear
Pengaruh Permainan Lempar dan Tangkap Bola Terhadap Motorik Kasar AUD Kelompok B di TK Al – Ihsan Karangrejo Sumbersari Kabupaten Jember Elok Faiqotul Fitria; Hisbiyatul Hasanah
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 2 (2018): Juli
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i2.453

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan motorik kasar anak-anak di TK Al - Ihsan Karangrejo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember melalui permainan lempar tangkap bola. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam peningkatan kemampuan motorik kasar di kelas B TK Al – Ihsan Karangrejo Sumbersari Jember. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisa data diketahui r kerja = 0,560. Sedangkan bila dilihat r tabel nilai poduct moment dengan responden (N) = 39, dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 0,316. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja diterima yaitu ada pengaruh permainan lempar dan tangkap bola terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini Kelompok B di TK Al-Ihsan Karangrejo, Sumbersari, Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Gesang Kabupaten Lumajang Asma’ul Husnah; Basuki Hadi Prayogo
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 2 (2018): Juli
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i2.454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Gesang, Tempeh, Lumajang. Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar adalah dengan kegiatan senam irama setiap pagi. Kegiatan senam irama akan memberikan pengalaman langsung kepada anak mengenai gerak dasar yang nantinya dapat menambah pengalaman gerak anak. Untuk menganalis data dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre experiment dengan menggunakan model eksperimen tidak murni yaitu one shot case study. Penentuan objek penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 25 anak. Analisis data menggunakan analisis Chi-kuadrat. Hasil analisis Chi-kuadrat menghasilkan X2 hitung = 6,5 lebih besar dari X2 tabel = 3,84 pada taraf signifikansi 5%. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh senam irama terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Gesang Tempeh Kabupaten Lumajang.
Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Kelompok Bermain As-Shobier Wonojati Jenggawah Kabupaten Jember Siti Habiba; Herini Kuswardani
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 2 (2018): Juli
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i2.455

Abstract

Bermain adalah kegiatan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Bermain harus dilakukan dengan rasa senang sehingga akan menghasilkan proses belajar pada anak. Melalui bermain anak dapat mengembangkan kemampuan sosialnya. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh bermain peran terhadap perkembangan sosial anak usia dini Kelompok A di Kelompok Bermain As-Shobier Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Untuk menganalisa data dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif. Penentuan objek penelitian menggunakan teknik population research dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data chi-kuadrat (X2) yang dilanjutkan dengan korelasi koefisien kontigensi. Hasil analisis chi-kuadrat menghasilkan X2 hitung = 6,28 lebih besar dari X2 tabel = 3,84 pada taraf signifikansi 5%. Harga koefisien kontigensi yang didapat sebesar 0,54 maka yang berarti menunjukkan korelasi sedang. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh bermain peran terhadap perkembangan sosial anak usia dini di kelompok bermain As-Shobier Jember.
Pengaruh Penerapan Disiplin Orang Tua Terhadap Disiplin Anak Usia Dini di RA Terpadu Bustanul Ulum Patrang Jember Yunita Anggi Susanti; Gunawan Gunawan
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 2 (2018): Juli
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i2.456

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era globalisasi, menjadi tantangan serius bagi dunia pendidikan yaitu fungsi membimbing, mengarahkan untuk membentuk perilaku bermoral anak terhadap pekembangan perilaku yang dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Pelanggaran-pelanggaran nilai moral yang dilakukan anak sekarang ini dipandang sebagai perwujudan rendahnya disiplin diri pada anak. Disinilah peran dan tanggung jawab orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan pendidikan disiplin dalam keluarga. Atas dasar latar belakang tersebut maka penelitian ini dilakukan. Lokasi penelitian dilakukan di RA Terpadu Bustanul Ulum, Patrang, Jember, Tahun Ajaran 2014/ 2015. Analis data menggunakan tekhnik analis statistic inferensial yaitu chi-kuadrat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai chi-kuadrat emperis 5,853 lebih besar dari pada nilai chi-kuadrat tabel dengan db 1 dan taraf signifikansi 5% yaitu 3,841. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak sedangkan hipotesis kerja diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan disiplin orang tua terhadap disiplin anak usia dini Kelompok A di RA Terpadu Bustanul Ulum, Patrang, Jember.
Pengaruh Permainan Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa Usia 4-6 Tahun di RA Ar-Ridlwan Ajung Jember Tahun Ajaran 2015/2016 Etik Ruwaida Zulfa; Fadil Djamali
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 2 (2018): Juli
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i2.457

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan orang tua dan sekolah dasar yang ingin anak atau siswanya untuk dapat membaca akan tetapi para pendidik dan orang tua masih banyak yang menggunakan cara atau metode yang memaksakan kepada anak sehingga anak tidak suka dengan pelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan membaca pada siswa usia 4-6 tahun di RA Ar-Ridlwan. Berdasarkan hasil analisis Chi-kuadrat menghasilkan X2 hitung = 5,85 lebih besar dari X2 tabel= 3,84 pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan flash card terhadap kemampuan membaca pada siswa usia 4-6 tahun di RA Ar-Ridlwan Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Dengan adanya penelitian ini diharapkan para pendidik dapat menerapkan permainan untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa. Pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan membuat suasana yang menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas agar siswa merasa antusias ketika mengikuti pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5