cover
Contact Name
Muhammad Rifqi Nur Wachid Adi Pratama
Contact Email
emailku.rifqi@gmail.com
Phone
+6287819993212
Journal Mail Official
mediaakademikpublisher@gmail.com
Editorial Address
JL.Tanjung Dusun Sono Sidokerto RT.01 RW.04, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur (61252).
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Media Akademik (JMA)
ISSN : -     EISSN : 30315220     DOI : https://doi.org/10.62281/jma
Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Kewirausahaan, Keagamaan, Bisnis, Budaya, Ilmu Sosial Humaniora, Ilmu Komunikasi, Sastra, Bahasa, Pertanian, Kedokteran, Keperawatan, Peternakan, Perikanan, Politik, Pendidikan, Pengabdian Masyarakat, Ilmu Teknik, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Informatika, Desain Komunikasi Visual, dan Seni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 105 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari" : 105 Documents clear
ANALISIS KASUS PENYALAHGUNAAN NAPZA PADA PASIEN REHABILITASI BNN SUMATERA UTARA Risyidah Fadilah; Amelia Sri Muliani; Sri Puspita Della Aryadi; Wahdaniati Bancin
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/ndahnb92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) pada salah satu pasien di Lembaga Rehabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian satu orang pasien di lembaga rehabilitas yang ditentukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara yang didikung dengan kegiatan observasi. Hasil penelitain menunjukkan bahwa penyebab penyalahgunaan NAPZA pada salah satu pasien dilembaga rehabilitas tersebut adalah karena besarnya rasa ingin tahu serta untuk menambah tenaga ketika bekerja.
ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN CALON PRESIDEN 2024 DIMASA MENUJU KAMPANYE DALAM PEMILU 2024 PADA MEDIA JAWAPOS.COM DAN KOMPAS.COM PERIODE BULAN OKTOBER Salzafira Al Madinah M. F; Qoni’ah Nur Wijayanti, S.Ikom., M.Ikom
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/ttke7w19

Abstract

Studi ini menganalisis bagaimana media online, khususnya Jawapos.com dan Kompas.com, membingkai berita terkait pemilihan Presiden tahun 2024 di Indonesia. Penelitian menggunakan analisis framing model Robert N. Entman untuk mengidentifikasi empat elemen framing: definisi masalah, diagnosis penyebab, penilaian moral, dan rekomendasi penyelesaian. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua media tersebut menyoroti pernyataan pemimpin atau kandidat, memberikan penilaian moral positif pada beberapa aspek, dan mengidentifikasi isu-isu yang perlu diatasi. Namun, tidak semua berita memberikan informasi tentang penyebab masalah atau rekomendasi penyelesaian. Studi ini menyoroti peran penting media online dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap isu-isu politik dan calon presiden.
DAMPAK IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM DI SURABAYA Reginata Saharany Kustanti; Josephine Elliska Dinata; Irdha Agustin
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/mk098e33

Abstract

Perkembangan teknologi di zaman ini berkembang sangat pesat dalam bidang sosial hingga bidang ekonomi. Hal ini banyak dimanfaatkan masyarakat indonesia sebagai mata pencaharian terutama di kota Surabaya, salah satunya yaitu membangun usaha kecil yang mempunyai keberhasilan mulai dari kenaikan penjualan,  kenaikan  modal  usaha dan  kenaikan  laba  usaha. Usaha kecil yang dimaksud ialah Usaha Mikro Kecil Menengah dimana usaha ini bergerak dibidang ekonomi yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan anak perusahaan baik dimiliki secara langsung atau tidak langsung. Membangun usaha ini perlu mengimplementasikan sistem informasi akuntansi dengan tujuan meningkatkan kinerja penjualan dan laba. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pengetahuan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif pada kinerja UMKM.
PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN PARTISIPASI MANAJEMEN PADA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI Annisa Rahma Qur’aini; Via Wahyuningtyas; Irdha Agustin Kustiwi
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/5v77dj09

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan partisipasi dalam manajemen tidak hanya memberikan dampak yang signifikan terhadap kegiatan masyarakat atau komersial tetapi juga memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia sistem informasi akuntansi. Perkembangan teknologi semakin memudahkan para akademisi khususnya pelajar untuk mengakses segala bentuk informasi tanpa batasan jarak, ruang dan waktu. Selain itu, para mahasiswa dapat memperoleh informasi yang akurat dan terkini dimana saja, kapan saja dan tanpa batasan apapun melalui internet. Masyarakat berlomba-lomba untuk dapat menciptakan hal-hal baru dan mempermudah pekerjaannya. Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data dengan berbagai cara dengan mengolah, mengambil, menyusun, menyimpan, dan mengolah data sehingga menghasilkan data yang berkualitas. Informasi referensi adalah informasi yang akurat, relevan, dan terkini yang digunakan untuk tujuan pribadi, komersial, dan administratif. Informasi tersebut mempunyai nilai strategis sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan
DINAMIKA POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENAVIGASI REMAJA TERHADAP PERGAULAN BEBAS DALAM LINGKUNGAN PERKOTAAN DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM Loebna Ladzidza Vidiananda; Qoni’ah Nur Wijayanti, S.Ikom., M.Ikom
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/h6kg7f40

Abstract

Pergaulan bebas di lingkungan perkotaan telah menjadi tanyangan besar bagi remaja, dewasa ini. Orang tua memegang peran utama dalam membimbing anak-anak mereka melalui masa remaja yang penuh dengan pengaruh eksternal. Penelitian ini mengeksplorasi dinamika pola komunikasi antara orang tua dan remaja serta membahas makna pergaulan bebas dari perspektif Agama Islam dan membahas faktor-faktor terjadinya pergaulan bebas dalam lingkungan perkotaan. Artikel ini membahas masalah tersebut dan memberi panduan tentang bagaimana membangun pola komunikasi orang tua yang efektif kepada remaja
PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENGATASI TOXIC PARENTS BAGI KESEHATAN MENTAL ANAK Ilza Catur Nikmatus; Qoni’ah Nur Wijayanti, S.Ikom., M.Ikom
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/838enf75

Abstract

Di dalam keluarga yang di hadirkan anugrah seorang anak biasanya disebut keluarga yang sempurna, namun faktanya berbalik. Masih banyak orang tua yang tidak bersyukur mempunyai keturunan, sehingga sering sekari terjadinya “Toxic Parents” yang mendidik dengan cara yang kasar, bahkan menjadikan anak sebagai pelampiasan nya ketika marah atau sedang tidak enak hati. Orang tua sering kali merasa ingin dimengerti oleh anak, tanpa mau ingin mengerti kembali keadaan anak nya tersebut. Orang tua juga sering menuntut anak dalam hal apapun. Parenting yang seperti ini jika diteruskan sangat tidak baik,menganggu mental anak. Itu yang sering terjadi pada kejadian akhir-akhir ini yang sempat viral. Seorang mahasiswa yang memilih mengakhiri hidupnya hanya karena tidak kuat oleh tuntutan orang tua. Di zaman sekarang harus nya para orang tua harus mempelajari parenting yang baik, agar menciptakan keluarga yang harmonis, dan tidak menjadi keluarga yang “Toxic”. Tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui seberapa bahayanya dampak yang terjadi akibat keluarga toxic parents. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan metode kualitatif.
ANALISIS PERAN KOMUNIKASI PADA KONTEN MEDIA SOSIAL BERBAU PORNOGRAFI MEMBAWA DAMPAK NEGATIF BAGI PARA REMAJA YANG ADA DI INDONESIA Lia Handayani; Qoni’ah Nur Wijayanti, S.Ikom., M.Ikom
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/hzrr6063

Abstract

Pengaruh Konten Media Sosial Berbau Pornografi Membawa Dampak Negative Bagi Para Remaja Indonesia. Munculnya internet dan media sosial dapat memudahkan cara para distribusi untuk membuat konten yang berbau pornografi di seluruh akses internet dan media sosial. Dampak negatif dari konten pornografi belum bisa disimpulkan,pemerintah juga menetapkan peraturan yang berkaitan dengan pembuatan, penyebaran, dan kepemilikan konten pornografi, namun peraturan ini tidak berjalan dengan optimal. Bahkan penyebaran konten pornografi disebarluaskan secara bebas  melalui media sosial tanpa ada reaksi dari pihak yang berwenang. Penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami pengaruh konsumsi konten pornografi bagi para remaja Indonesia,khususnya generasi milenial saat ini serta memberikan pemahaman kepada para oknum-oknum yang mendistribusikan konten- konten pornografi agar lebih mematuhi peraturan yang sudah ditegakkan oleh pemerintahan.
STRATEGI KOMUNIKASI PASANGAN YANG USIANYA SELISIH 10 TAHUN DALAM MENJAGA KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA PALUR Laras Kuntiyasari; Qoni’ah Nur Wijayanti, S.Ikom., M.Ikom
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/av9sqv27

Abstract

Dasar dari semua hubungan manusia baik itu hubungan pribadi maupun sosial adalah komunikasi. Komunikasi efektif ini diperlukan dalam melakukan komunikasi apapun, salah satunya komunikasi dalam rumah tangga. Strategi komunikasi dalam rumah tangga bisa berubah seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbaiki dan menyesuaikan perubahan dalam hubungan dan kebutuhan pasangan. Strategi komunikasi yang baik dan efektif merupakan salah satu cara untuk membangun sebuah hubungan yang harmonis dan berkelanjutan. Menjaga keharmonisan rumah tangga merupakan sesuatu hal yang tidak mudah dilakukan. Apalagi dengan pasangan yang memiliki selisih umur 10 tahun. Pasangan yang memiliki usia selisih 10 tahun sering berasal dari generasi yang berbeda. Berdasarkan realita diperlukan strategi komunikasi untuk kehidupan rumah tangga yang usianya selisih 10 tahun agar mencapai keharmonisan. Hasil penelitian ini mereka menerapkan strategi komunikasi yaitu saling menerima perbedaan, jujur dan saling terbuka, mendorong kesetaraan gender, empati dan pengertian, keterlibatan dalam aktivitas bersama, memberikan dukungan emosional dan komitmen unrtuk tumbuh bersama.
PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMASARAN MODAL CHATTING SISWA SMA MATHLA’UL ANWAR BATUJAYA KARAWANG Dahlia Amanda Putri; Retno wulandari; Sartika Oprasia Adiasa; Tsamrotul Fuadah; Ririn Uke Saraswati, S.Kom., M.M; Sarmin
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/sdhtd613

Abstract

Perkembangan teknologi informasi terjadi memunculkan e-commerce yaitu proses pembelian dan penjualan produk,jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan jaringan komputer dan jaringan yang digunakan adalah jaringan internet. Revolusi digital telah mengubah cara konsumen berinteraksi dengan merek dan produk. Perkembangan teknologi seperti media sosial, e-commerce, dan analisis data memiliki dampak signifikan pada strategi pemasaran. Seminar ini akan membahas bagaimana siswa dapat memanfaatkan teknologi ini untuk mencapai hasil terbaik. Konsumen modern memiliki preferensi dan kebutuhan yang berubah-ubah. Memahami perilaku konsumen, preferensi, dan tren adalah penting untuk merancang strategi pemasaran yang efektif. Chatting adalah salah satu cara komunikasi yang digunakan untuk berbagi informasi, pikiran, dan pendapat, komunikasi ini dapat terjadi antara dua orang atau bahkan sekelompok orang.  Para siswa-siswi yang berinteraksi melalui jaringan media sosial mengembangkan minat untuk mengetahui seluk-beluk dari pemasaran modal chatting. Dengan memahami bagaimana pemasaran modal chatting berfungsi, siswa dapat meningkatkan pengetahuan dan mengaktifkan media sosial mereka untuk menerapkan keterampilan pemasaran, mengubah pikiran dan tindakan mereka. Jurnal ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan pemahaman pemasaran modal chatting di antara siswa SMA Mathla'ul Anwar Karawang serta menganalisis bagaimana mereka bisa menggunakan media sosial untuk menguasai keterampilan pemasaran. Metode yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berupa seminar. Seorang siswa-siswi harus mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif, pembelajaran yang efektif terlihat dari respon siswa-siswi dalam kegiatan seminar. Melalui kegiatan seminar ini, ada peningkatan kemampuan dan motivasi pada siswa-siswi di SMA Mathla’ul Anwar Batujaya dalam hal memaksimalkan tentang digitalisasi. Tempat pelaksanaan proyek pengabdian kepada masyarakat ini terletak di SMA Mathla’ul Anwar Batujaya yang beralamat di Jalan Raya Batujaya KM.2 Telukambulu, Batujaya Karawang 41354.
PENINGKATAN PEMAHAMAN STRATEGI PEMASARAN DI ERA DIGITAL UNTUK KAUM MILENIAL DI MAN 3 BEKASI Farhan Nawawi; Nurfadilah Parman; Putri Tunggal Dewi; Halimatussadiah; Ririn Uke Saraswati, S.Kom., M.M; Adi Suprayoga; Rinaldi Sri Herlambang
Jurnal Media Akademik (JMA) Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari
Publisher : PT. Media Akademik Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62281/ccext791

Abstract

Strategi Digital Marketing (SDM) Strategi pemasaran di era digital sudah menjadi pembahasan hangat saat ini, teknologi digital semakin pesat dan bukan hal yang asing lagi dikalangan masayarakat, teknologi internet berkembang dan menyatu dalam sebuah “Dunia” sebuah dunia atau tempat dimana orang dapat bertemu dan berkomunikasi serta melakukan transaksi tanpa tatap muka langsung, evolusi ini dikalangan masyarakat mendorong munculnya masyarakat baru yang dinamakan masyarakat informasi (information society) atau masyarakat berpengetahuan (Knowledge society), Di era perkembangan saat ini sudah banyak yang melakukan pemasaran secara digital  untuk menyediakan cara baru bagi pembisnis untuk berkomunikasi diseluruh siklus hidup pelanggan dengan memanfaatkan platform-platfrom digital, Perkembangan teknologi dan akses informasi yang tidak terbatas mengubah cara pandang juga memberikan kesempatan bagi para generasi Milenialls untuk bisa mengembangkan berbagai bisnis berbasis teknologi, sehingga mereka dituntut agar dapat menangkap peluang tersebut dengan memanfaaatkan berbagai platform yang sudah berkembang, Metode yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berupa Seminar  atau kuliah.. Tempat pelaksanaan Proyek pengabdian Masyarakat ini terletak di MAN 3 Bekasi Cabangbunin (JL. Komplek Tata Kota Lenggahjaya RT/RW 06/03 Cabangbungin Kab.Bekasi Kode poss 17720). Seminar ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman Strategi Pemasaran Di Era Digital Untuk kaum Milenial kepada para siswa MAN 3 Bekasi Cabangbungin agar dapat mencapai tujuan dan target yang diharapkan. Melalui seminar ini, para siswa memperoleh pemahaman tentang definisi dan strategi Digital marketing milenial perkembangan saat ini, serta contoh penerapannya dalam kehidupan nyata. Mereka antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan lebih mandalam mengenai strategi pemasaran di era digital milenial, selain itu seminar ini juga memainkan peran penting dalam melebarkan wawasan para siswa. Hal ini terbukti pada sesi Tanya jawab, dimana banyak pertanyaan diajukan, menunjukan bahwa para siswa telah memahami  definisi  dan konsep-konsep strategi pemasaran di era digital untuk kaum milenial.

Page 1 of 11 | Total Record : 105