cover
Contact Name
-
Contact Email
perpussttmandala@gmail.com
Phone
+628978654259
Journal Mail Official
imashdt@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seekarno-hatta No.597 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Isu Teknologi
ISSN : 19794819     EISSN : 25991930     DOI : -
Jurnal Isu Teknologi Merupakan jurnal yang membahas tentang isu - isu teknologi saat ini. terutama yang berkaitan dengan teknik informatika, teknik sipil,teknik elektro,dan teknik mesin.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN" : 4 Documents clear
ANALISIS PENELITIAN ALAT UJI PRESTASI MESIN MOTOR BAKAR DIESEL Hibban Khatibul Umam
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebutuhan akan alat uji prestasi mesin yang dapat dipergunakan untuk melakukan praktikum pengujian prestasi mesin di kampus sendiri menjadi suatu hal yang sangat menarik untuk dikaji. Dengan pengkajian yang lebih dalam, maka muncul suatu ide untuk memodifikasi dan melengkapi alat uji prestasi mesin karena belum bisa praktikum. Salah satu alat tersebut adalah alat uji prestasi mesin motor bakar Diesel. Perbaikan alat ini dimaksudkan agar bisa dipergunakan untuk praktikum segimana mestinya di Laboratorium Prestasi Mesin, sehingga mahasiswa STT MANDALA tidak lagi melakukan praktikum prestasi mesin di kampus lain, kecuali jika ada riset lebih lanjut. Data awal yang biasa ditentukan terlebih dahulu dalam memodifikasi dan melengkapi alat uji prestasi mesin Diesel yaitu bagaimana instalasi pengujian prestasi mesin motor bakar Diesel ini bisa dipakai untuk praktikum sebagaimana mestinya. Peralatan yang harus di perbaiki meliputi: gelas ukur bahan bakar, dynamometer, orifice, thermocouple, tachometer, tabung ukur untuk aliran air pendingin, digital temperature untuk mengetahui suhu baik di air pendingin masuk maupun keluar serta temperatur gas buang. Hasil analisis data dari pengujian prestasi mesin motor bakar Diesel “Yanmar Type TS 6 PK”, bahwa efesiensi thermal akan mengakibatkan terjadinya penurunan karena naiknya putaran motor yang disebabkan oleh beberapa kerugian, seperti gesekan, sekat kompresi yang tidak sempurna, adanya pendinginan, pembakaran yang tidak sempurna, dari gas buang. Maka dengan alat-alat uji prestasi mesin yang telah dimodifikasi ini, bisa dipakai praktikum untuk mendapatkan data pada saat pengujian dilakukan.
PENGARUH VARIASI UKURAN DIAMETER MAIN JET TERHADAP DAYA POROS MESIN ? STUDY KASUS SEPEDA MOTOR 135cc ? Dede Junaedi
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sepeda motor yang di gunakanmerupakanjenis motor Otto 4 langkah 135 cc, dilengkapidengankarburatormikunivm 22 x 1. Main jet adalah part yang ada di karburator untuk pencampuran bahan bakar dan udara.Seperti telah diketahui bahwa tenaga pada sepeda motor bensin dihasilkan dari pembakaran campuran bensin dan udara, karena itu main jet sangat berpengaruh terhadap daya kinerja mesin. Data hasil penelitian secara empirik bahwa torsi maksimum yang dihasilkan motor 135 CC ,dengan menggunakan main jet standar 105 mm sebesar 10.55 N.m pada putaran 4516 rpm . Sedangkan dengan menggunakan main jet berdiameter 100 mm di dapatkan hasil sebesar 10.65 N.m pada putaran 4050 rpm. Sedangkan secara perhitungan teoritik bahwa torsi maksimum dengan menggunakan main jet standar 105 mm sebesar 9.84 N.m pada putaran 5000 rpm sedangkan yang main jet berdiameter 100 mm sebesar 9.35 N.m pada putaran 4166 rpm. Hasil penelitian secara empiric bahwa daya motor maksimum yang dihasilkan motor 135 CC dengan menggunakan main jet standar 105 mm sebesar 8.2 HP pada putaran 6921rpm ,sedangkan dengan menggunakan main jet 100 mm 9.3 HP pada putaran 7130 rpm, sedangkan data hasil perhitungan secara teoritik daya motor maksimum dengan menggunakan main jet standar 105 mm sebesar 7.39 HP pada putaran 6100 rpm sedangkan dengan menggunakan main jet 100 mm , sebesar 6.8 HP pada putaran 6000 rpm .
PENGARUH CAMSHAFT RACING TERHADAP PERFORMANCE SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 CW TAHUN 2007 Yudi Suprapto
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mekanisme katup berfungsi untuk membuka dan menutupnya katup masuk dan katup buang sesuai dengan kebutuhan. mekanisme katupnya banyak menggunakan sistem SOHC (Single Over Head Camshaft). Begitu juga sepeda motor Honda Supra X 125 CW. Sistem mekanisme katup sepeda motor ini, memiliki kelemahan pada unit Camshaftnya yaitu pembukaan katup masuk dan buang durasinyas kurang lama, sehingga menyebabkan masuknya bahan bakar dan udara ke ruang bakar kurang maksimum. Dengan ini menghasilkan maximum power : 8.8 HP / 6.400 rpm dan maximum torque : 10.54 Nm / 5.665 rpm. Untuk mengatasi hal tersebut, yaitu mengganti Camshaft original dengan Camshaft racing (Kawahara K1). Setelah dilakukan pengujian pada Sportdyno V3.1 (Dynamometer SD325) dan dianalisa menghasilkan maximum power : 10.1 HP / 7.104 rpm dan maximum torque : 11.02 Nm / 5.418 rpm. Sesuai dengan metode deskriptif yaitu mengambarkan apa adanya. Maka dari hasil pengujian, Camshaft racing memberikan pengaruh terhadap performance sepeda motor Honda Supra X 125 CW Tahun 2007, ini diketahui dengan adanya perubahan daya dan torsi maksimum yang dihasilkan meningkat daripada yang dihasilkan Camshaft original.
PERANCANGAN SCRIBING ROBOTIC ARM 5 DOF BERBASIS MIKROKONTROLLER Galih Putu Hasbari
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dan pengembangan robot di industri terus dilakukan guna untuk memperbaharui efektifitas dan kinerja robot itu sendiri. Salah satu penelitian dan pengembangan yang masih belum sempurna adalah pembuatan lengan robot berbasis mikrokontroler yang mampu menerapkan perintah menulis dengan pergerakan yang smooth. Penelitian ini berisi tentang proses perancangan hingga pembuatan lengan robot 5 DoF yang dapat melakukan gerak scribing (menulis). Tujuan dari penelitian ini adalah merancang desain 3D dari mekanisme scribing robot, menyusun script program yang akan diterapkan pada mekanisme scribing robot dan membuat prototype scribing robot berbasis mikrokontroller. 3D model lengan robot didesain menggunakan software solidworks. Lengan robot digerakan oleh servo yang dikontrol oleh mikrokontroller ATmega328 yang tertanam pada papan Arduino. Jejak gerak end effector dihitung menggunakan metode inverse kinematics yang kemudian nilai – nilai sudutnya diinput ke mikrokontroller ATmega328. Lengan robot dimanufaktur dengan metode 3D Printing. Kekurangan scribing robotic arm ini adalah gerakan menulisnya terhitung lama. Selain itu, scribing robotic arm ini tidak dilengkapi User Interface. Kelebihan scribing robotic arm ini adalah biaya yang dikeluarkan cukup ekonomis untuk ukuran pembuatan robot arm yang dapat melakukan pergerakan konstan (menulis). Kemudian lengan robot ini dapat diprogram ulang sesuai pergerakan yang diinginkan. Selain itu kelebihan lengan robot pada umunya yaitu produktifitasnya tidak terbatas dan produktifitasnya stabil.

Page 1 of 1 | Total Record : 4