cover
Contact Name
Nur Hamzah
Contact Email
jurnalalbanna@gmail.com
Phone
+6281346478898
Journal Mail Official
jurnalalbanna@gmail.com
Editorial Address
Jl. Letjend. Soeprapto No.19, Pontianak-Kalimantan Barat, Indonesia
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 30249449     DOI : -
Core Subject : Education,
ALBANNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini aims to provide a platform for scholars to disseminate and discuss the results of research on the theme of early childhood Islamic education. Scope of ALBANNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini accepts unpublished, original manuscript in Indonesia or English or Arabic, based on research many methodologu related with early childhood education include: Early childhood in Islamic perspective Early childhood development Early childhood and parenting Early childhood teaching and learning Early childhood with special needs Early childhood community
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022)" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYYAH MELALUI MEDIA POP UP BERBENTUK BUKU PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD BINA ANAK SHOLIH KECAMATAN PONTIANAK SELATAN KOTA PONTIANAK TAHUN AJARAN 2018/2019 Harini Wati
AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24260/albanna.v2i2.2060

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Bina Anak Sholih Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dari penelitian ini adalah anak kelas B PAUD Bina Anak Sholih yang berjumlah 25 anak. Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi langsung, wawancara dan pengukuran. Alat pengumpulan data berupa lembaran observasi, pedoman wawancara dan tes lisan. Sedangkan tehnik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pop up berbentuk buku dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah anak usia 5-6 tahun kelas B di PAUD Bina Anak Sholih dari segi proses maupun hasil. Secara khusus penelitian menyimpulkan (1) kemampuan mengenal huruf hijaiyyah anak sebelum menggunakan media pop up berbentuk buku anak yang mencapai KKM hanya 6 anak dengan persentase 28% dan nilai rata-rata 54,4%. (2) Sesudah menggunakan media pop up berbentuk buku pada siklus I siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 15 anak dengan persentase 60% dengan nilai rata-rata 66,8%. Begitu juga dengan siklus II yang mencapai KKM meningkat lagi menjadi 24 anak dengan persentase 96%. Adapun persentase peningkatan anak yang mencapai KKM dari pratindakan 28% dan siklus I 60% selisih peningkatan 32%, sedangkan dari siklus I 60% ke siklus II dengan persentase 96% selisih peningkatan 36%.
PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA SISWA DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN AJARAN 2022-2023 Nabila Syarifainy; Yusdiana Yusdiana; Farninda Aditya
AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24260/albanna.v2i2.2061

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa secara keseluruhan pembelajaran anak usia dini pada TK Islamiyah Pontianak, belum sepenuhnya berjalan baik, dilihat dalam menstimulus perkembangan bahasa anak khususnya dalam berbicara serta menyimak, masih perlu variasi dan inovasi metode, media dan permainan. Hal tersebut terlihat pada proses pembelajaran berlangsung anak cenderung pasif, dan kurang optimal dalam mengungkapkan ide atau gagasannya. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan tindakan kelas (PTK). Sumber data primer dalam penelitian ini 2 orang guru yang merupakan guru kelas B3. Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah dokumen RPPH, lembar aktivitas belajar anak, penilaian hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik Analisis data mengadopsi model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, verifikasi atau penarikan simpulan dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian memaparkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas B TK Islamiyah , terhadap Tema Cerita Rakyat. Hal ini dapat diketahui dari pra siklus, siklusI, siklusII, persentase prasiklus 50% BB, 30% MB, 10% BSH dan pada siklus I 30% BB 20% MB, 30% BSH, 30% BSB, dan siklus II 0 % BB, 10% MB, 10% BSH,70% BSB.
MENINGKATKAN BERBAHASA AUD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BONEKA TANGAN DI TK ASIH SEJATI LAMPUNG Evi Susanti
AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24260/albanna.v2i2.2063

Abstract

Murid TK Asih Sejati Lampung cepat bosan di kelas karena kegiatan belajar yang tidak efektif.Untuk mengatasi hal ini, media pembelajaran harus dikembangkan sepanjang proses belajar mengajar. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membuat boneka tangan sebagai media pembelajaran dan menambahkan panggung boneka sebagai penunjuk latar tempat. Siswa kelas A TK Asih Sejati dapat menggunakan boneka tangan sebagai alat belajar untuk menyimak dan mendengarkan dongeng. Untuk mengetahui apakah siswa kelompok A TK Asih Sejati lebih baik dalam menggunakan boneka tangan dan lebih baik dalam berbicara. Kelompok A TK Asih Sejati Anak Usia Dini Tahun Pelajaran 2022/2023 terdiri dari 20 siswa, terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan.. Selain itu, tujuan penelitiannya adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui kegiatan mendongeng yang dilakukan dengan boneka tangan. Selama pelaksanaan tindakan, guru sebagai peneliti mengumpulkan data. Observasi, wawancara, catatan harian, angket, dan metode lainnya dapat digunakan untuk mengumpulkan data. Dalam karya ilmiah, observasi adalah salah satu teknik pengumpulan data yang sangat penting.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA Maria Ulfa
AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24260/albanna.v2i2.2064

Abstract

Saat ini banyak sekolah Taman Kanak-kanak menerapkan model pembelajaran sentra yang bertujuan mempermudah anak memahami apa yang disampaikan guru mengenai lingkungan di sekitarnya dan untuk meningkatkan daya berpikir kritis anak. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk melihat bagaimana implementasi sentra persiapan dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di TK Amal Insani Yogyakarta. Metode yang peneliti gunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai informan kunci adalah guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran sentra persiapan dalam mengembangkan aspek kognitif anak yaitu dengan melaksanakan konsep bermain sambal belajar, memberikan media-media yang menarik, menggunakan metode tanya jawab, sehingga memancing daya kritis anak. Selain itu, sentra persiapan juga menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk anak, sehingga aspek kogitifnya Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
PERILAKU TERHADAP GADGET DAN DAMPAK NEGATIFNYA PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DESA PADANG TIKAR DUA KECAMATAN BATU AMPAR KABUPATEN KUBU RAYA Sonia Dita Anggreani Febrianti; Sulaiman Sulaiman
AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2 No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24260/albanna.v2i2.2084

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan gadget pada anak usia dini yang telah menjadi fenomena umum dimasyarakat saat ini. Penggunaan yang berlebihan dan tidak dikontrol terhadap gadget pada anak telah memunculkan keprihatian karena memiliki dampak negatif, termasuk pada perkembangan sosial anak. Hal tersebut juga terjadi pada anak usia dini di Desa Padang Tikar Dua Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskribtif. Selanjutnya penelitian ini menyimpulkan: 1) Konten gadget yang diakses oleh anak adalah kartun karakter, vlog hiburan, video gaming, video eksperimen, mukbang di YouTube, dan game edukasi maupun bukan edukasi. 2) Durasi bermain gadget oleh anak antara 30 menit samapai 5 jam. 3. Dampak negatif penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini yaitu: kemampuan sosialisasi anak menurun, anak lebih tertarik untuk berinteraksi dengan gadget daripada berinteraksi dengan teman sebaya atau anggota keluarganya, anak cenderung menghabiskan lebih banyak untuk bermain dengan gadget dan terlibat dalam aktivitas sendiri, dan kesempatan untuk berinteraksi secara sosial dengan orang lain di luar rumah lebih sedikit.

Page 1 of 1 | Total Record : 5