cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
jurnal.kenduri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya, Dusun Besar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
KENDURI
ISSN : 27769186     EISSN : 27769186     DOI : https://doi.org/10.62159/kenduri.XXXX
Core Subject : Humanities, Social,
The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Integrating Islamic Values with Science Education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus" : 5 Documents clear
Analisis Aspek Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kurnia Khoirunnisa; Esy Sapitri Nengseh; Peli Periska
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin menelusuri aspek apa saja yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VB di SDN 106 Kota Bengkulu. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara melakukan observasi dan wawancara kepada 1 orang Guru Wali kelas VB serta memberikan lembar kuesioner kepada 27 orang Siswa kelas VB secara langsung untuk mengumpulkan data penelitian yang diperlukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 2 aspek yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu aspek internal dan aspek eksternal. Aspek internal, yaitu aspek yang berasal dari dalam diri siswa tersebut, yaitu meliputi: intelegensi (kecerdasan), emosi, minat, bakat, dan sikap. Sedangkan aspek eksternal, yaitu aspek yang berasal dari luar diri siswa tersebut, yaitu meliputi: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, teman sebaya, Guru waki kelas, materi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan strategi pembelajaran yang digunakan guru pada saat proses pembelajaran IPA berlangsunh, serta sarana dan prasarana yang ada di sekolah.
Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Olin Yuanra; Fitria Dwi Cahyani; Atikah Mahdia Pratiwi
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin menganalisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPAS di SDN 79 Kota Bengkulu, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran IPAS ini diminati siswa atau tidak, jika tidak apa yang membuat siswa tidak minat terhadap pembelajaran IPAS. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini menggunakan metode pcenelitian kuantitatif deskriptif dengan cara melakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada siswa kelas 5C untuk mengumpulkan data penelitian. Indicator dalam penyusunan pedoman Wawacara untuk siswa:1) Apakah siswa menyukai pembelajaran IPAS;2) Apa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPAS;3) Bagaimana cara siswa menumbuhkan motivasi untuk belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 2 faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa tersebut, yaitu meliputi: 1. Faktor jasmani(tubuh), 2. Faktor psikologi (Intelegensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan, kesiapan), 3. Faktor kelelahan. Sedangkan faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa tersebut, yaitu meliputi: 1. Faktor Keluarga, 2. faktor sekolah, 3. faktor Masyarakat. Hasil dari penelitian ini juga dapat bermanfaat bagi pembaca, mahasiswa dan guru SD untuk menambah wawasan serta menjadi bahan pertimbangan sebelum mengajar.
Implementasi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipas Melalui Metode Eksperimen Berdasarkan Lingkungan Di SD Negeri 74 Kota Bengkulu Riska Mardiyanti; Zela Monika; Sherly Fransisca
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam pembangunan suatu bangsa karena dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing dalam dunia kerja. Salah satu mata pelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir adalah Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). IPAS merupakan salah satu pengembangan kurikulum yang memadukan materi IPA dan IPS menjadi satu tema dalam pembelajaran. Pembelajaran IPAS di sekolah dasar bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan tentang fakta, konsep, dan pemahaman ilmiah, serta keterampilan dalam menggunakan metode ilmiah dan pendekatan ilmiah dalam memecahkan masalah sehari-hari. Metode eksperimen merupakan metode yang sistematis dan logis untuk menjawab pertanyaan ilmiah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode eksperimen oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di kelas VB SDN 74 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode eksperimen berdasar lingkungan sekitar dalam pembelajaran IPAS di kelas VB sangat baik, meskipun guru menghadapi kendala terkait kurangnya media pembelajaran. Respon siswa terhadap metode eksperimen juga sangat baik. Penelitian ini relevan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar.
Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SD 77 Kota Bengkulu Kelas V Munisa Anggraini; Kalia Rahma; Lusiana Sasmita
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Discovery Learnig dalam meningkatkan hasil belajar IPA tentang meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran ipa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SDN) 77 Kota Bengkulu, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan mengguanakan model Discovery Learning yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes penguasaan hasil belajar IPA siswa khususnya materi perubahan wujud air. berupa hasil observasi pelaksanaan metode pembelajaran melalui metode discovery learnig dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, wawancara, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud air. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar IPA siswa tentang perubahan wujud air. pada siklus I adalah 55% sedang pada siklus II adalah 75,65% dengan peningkatan sebesar 34,04%. Kemudian, rata-rata peningkatan persentase aktivitas guru pada siklus I dan II yaitu dari 75,65% menjadi 92,34% dengan peningkatan 16,69% sedangkan rata-rata peningkatan persentase aktivitas siswa pada siklus I dan II yaitu dari 70,65% menjadi 85,38% dengan peningkatan sebesar 14,74%. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa 90% siswa berhasil meningkatkan hasil belajar IPA dengan hasil belajar yang baik sehingga penerapan model Discovery Laerning dalam penelitian ini terbukti dan dapat di terima dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 77 Kota Bengkulu.
Analisis Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V A di MIN 2 Kota Bengkulu Agustin Tiara Deka; Olva Distria; Septriana Putri
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriftif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pesesrta didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Bengkulu. Sampel yang peneliti ambil yaitu kelas V A yang berjumlah 20 orang peserta didik, wali kelas, serta observasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MIN 2 Kota Bengkulu sudah melakukan proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dan peserta didik kelas V A MIN 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 20 orang memiliki tingkatan motivasi belajar termasuk dalam kategori baik pada pembelajaran IPA dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5