cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
jurnal.kenduri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya, Dusun Besar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
KENDURI
ISSN : 27769186     EISSN : 27769186     DOI : https://doi.org/10.62159/kenduri.XXXX
Core Subject : Humanities, Social,
The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Integrating Islamic Values with Science Education
Articles 45 Documents
Peran Karangtaruna Dalam Pendidikan Pada Masa Pandemik Covid 19 Di Desa Kalibening Kacamatan Tugumulyo Inda Puspita Sari; Agung Nugroho; M. Rusni Eka Putra
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Pengoptimalan peran Karangtaruna dalam Pendidikan pada Masa Pandemik Covid 19 di Desa Kalibening Kecamatan Tugumulyo. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan sosialisasi. PKM ini adalah kegiatan sosialisasi pentingnya pendidikan dimasyarakat pada karangtaruna Desa Kalibening Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Hal ini menjadi perhatian tim PKM karena di masa pandemik covid 19 pendidikan menjadi permasalahan yang rizkan. Kegiatan sosialisasi pentingnya pendidikan pada karangtaruna di Desa Kalibening akan memberikan dampak positif dalam hal pendidikan. Hasil dari kegiatan PKM (Pengabdian pada Masyarakat) pada karangtaruna Desa Kalibening, diantaranya: 1) Terlaksananya koordinasi tim PKM STKIP PGRI Lubuklinggau dengan ketua karangtaruna Desa Kalibening, sehingga kegiatan berlangsung aman dan lancar, 2) Terlaksananya sosialisasi pentingnya pendidikan dimasa pandemik covid 19, 3) Ketua dan anggota karangtaruna sangat antusias berkaitan dengan kegiatan sosialisasi, 4) Ketua karangtaruna berharap kegiatan tidak terbatas kegiatan sosialisasi akan tetapi lebih kepada pelatihan-pelatihan keterampilan khusus. Secara umum hasil PKM ini adalah terciptanya karangtaruna Desa Kalibening yang memahami dan peduli terhadap pendidikan di masa pandemik covid 19 saat ini.
Pemberdayaan Karangtaruna Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat Di Masa Pandemik Covid 19 Melalui Pelatihan Pembelajaran Daring Di Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara Agung Nugroho; Inda Puspita Sari; Ahmad Gawdy Pranosa
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Pemberdayaan Karangtaruna dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembelajaran Daring di Desa Mandi Angin kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi, pelatihan dan praktik. PKM ini adalah kegiatan pendampingan yang mengarahkan pada pelatihan pembelajaran Daring yang akan dikelola oleh Karangtaruna guna melaksanakan pembelajaran tambahan di desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir kabupaten Musi Rawas Utara. Hal ini menjadi perhatian tim PKM karena di desa Mandi Angin belum ada pelatihan khusus bagi karangtaruna mengenai pembelajaran Daring. Kegiatan pendampingan PKM ini akan meningkatnya SDM karangtaruna Desa Mandi Angin sehingga terciptanya tempat belajar berbasis Daring. Hasil dari kegiatan PKM (Pengabdian pada Masyarakat) di Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musirawas Utara, diantaranya: 1) Terlaksananya koordinasi tim PKM STKIP PGRI Lubuklinggau dengan pemerintah desa, sehingga kegiatan berlangsung aman dan lancar, 2) Terlaksananya sosialisasi pembentukan taman belajar berbasis Daring, 3) Perangkat dan karangtaruna Desa Mandi Angin antusias mendukung pembentukan taman belajar berbasis Daring, 4) Pemerintah desa dan Masyarakat meminta kegiatan PKM terlaksana dengan baik, tidak hanya sebatas pembentukan taman belajar Daring saja akan tetapi tetap terus didampingi sehingga kedepannya akan lebih baik. Secara umum hasil PKM ini adalah terbentuknya taman belajar berbasis Daring di Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara.
Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Di Man 1 Musi Banyuasin Houtman Houtman
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu upaya untuk menciptakan guru yang kreatif dan inovatif adalah dengan budaya menulis dan melakukan penelitian. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan menulis proposal PTK pada guru di MAN 1 Musi Banyuasin. Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi, diskusi dan praktik menulis proposal PTK pada guru di MAN 1 Musi Banyuasin. Hal ini menjadi perhatian tim PKM karena banyaknya guru di MAN 1 Musi Banyuasin belum mampu menulis proposal PTK. Kegiatan PKM ini sangat penting dalam menunjang kompetensi dan kinerja guru di MAN 1 Musi Banyuasin. Pelatihan ini berkonsentrasi pada penulisan proposal sampai dengan penyusunan hasil penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan penulisan proposal PTK temuan penulis diantaranya: 1) Munculnya motivasi dari guru dalam melakukan penelitian. 2) Peserta PKM memahami penulisan proposal PTK. 3) Peserta PKM memahami sistematika PTK. 4) Peserta PKM memahami bagaimana menulis laporan hasil kegiatan PTK. 5) Peserta PKM memahami penerapan PTK di sekolahnya. Secara umum peserta PKM meningkat dalam hal penulisan proposal dan laporan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas.
Manajemen Pembelajaran Dan Penanganan Cedera Pada Siswa Juwita Juwita; Rita Prima Bendriyanti; Citra Dewi; Desrio Windoro M.
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru atau pendidik khususnya guru penjas harus mempunyai inovasi yang dapat meningkatkan pembelajaran pada anak didiknya, oleh karenanya di butuhkan sekali pendidikan yang bermutu, berkarakter dan berdaya saing global dengan adanya pendidikan yang bermutu, berkarakter dan berdaya saing global tersebut, maka akan lahir bibit unggul yang tidak hanya cerdas namun berkarakter, mandiri dan memiliki daya saing dan dapat be-kerjasama dalam menghadapi kemajuan pendidikan ini.Untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa guru dituntut agar selalu memperbaiki manajemen pembelajaran disekolah. Manajemen pembelajaran mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Sementara hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. faktor intern, dari dalam diri siswa itu sendiri berupa kemampuan yang dimilikinya untuk belajar seperti, intelegensi, kesehatan, bakat, kete-kunan. Dan faktor ekstern seperti keluarga, guru, kualitas pengajaran menyangkut proses belajar mengajar atau manajemen pembelajaran, sarana prasarana, kedisiplinan, dan lingkungan tempat belajar. Keberhasilan suatu siswa dapat di tentukan dari tingkat pemahaman oleh pendidiknya dalam menerapkan manajemen pembelajaran tersebut.
Peran Psikologi Dalam Konseling Sambas Sugiarto; Prayitno Prayitno; Yeni Karneli
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran psikologi dalam konseling membantu individu yang bermasalah sehingga melegakan jiwanya danjuga membantu mengambil suatu keputusan atau perilaku sebagai proses penyelesaian masalahnya. Penelitian ini bertujuan, agar klien mampu mengambil keputusan dengan baik dan bijak serta bisa membuat jiwanya tenang dalam menghadapi masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kategori penelitian kepustakaan (library research).Pada keilmuan psikologi dimana menggabungkan antara jiwa dan perilaku manusia. Konseling dalam psikologi diharapkan mampu membantu individu yang bermasalah sehingga melegakan jiwanya dan juga membantu mengambil suatu keputusan atau perilaku sebagai proses penyelesaian dari masalahnya. Psikologi Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Psikologi Konseling pada hakikatnya membantu menyelesaikan masalah klien dan sebagai proses psikologis yang mana klien menghadapi suatu masalah dan konseling membantu memperbaiki keadaan klien menjadi kembali ke keadaan normal atau baik kembali sehingga didalam proses konseling klien akan mendapatkan suatu pengalaman baru.
Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Dengan Pelatihan Menulis Resensi Karya Fiksi Di SMK Giri Taruna 2 Bogor Dwi Septiani; Siti Maemunah; Awla A.I.; Varatisha A.A.
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) telah banyak dipelajari di berbagai bidang studi seperti bahasa Indonesia. Ada berbagai strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan HOTS di kalangan siswa SMK. Ada faktor demografi, motivasi, lingkungan kelas, karakteristik psikologis dan intelektual. Salah satu faktor yang berkontribusi adalah adanya pelatihan menulis karya fiksi untuk meningkatkan HOTS di tingkat SMA/SMK. Pelatihan ini diselenggarakan oleh salah satu tim PKM Prodi Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Pamulang (Unpam). Acara pelatihan dilaksanakan pada Senin, 8 Maret 2021 pukul 09.00—15.00 WIB melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan PKM ini berjalan sangat sukses karena partisipan yang mengikuti melebih batas kuota yang direncanakan sebelumnya, yakni 2 guru SMK, 32 siswa kelas XI SMK, dan 25 mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Unpam. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMK, khususnya materi Penulisan Resensi Karya Fiksi dapat meningkatkan tidak hanya kinerja siswa secara keseluruhan dalam menulis resensi dengan baik secara teoretis dan juga praktis. Namun, juga pelatihan PKM ini berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan siswa HOTS yang telah menjadi tujuan utama pendidikan kita di Indonesia. Oleh karena itu, akan terus ada kebutuhan dalam menyelenggarakan berbagai jenis pelatihan dan pengajaran Bahasa Indonesia lebih serius, khususnya di tingkat SMK, terkait hubungan HOTS dengan berbagai keterampilan berbahasa.
Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Pola Pikir Anak Muda Di Masa Pandemi Nur Indah Sari; Eka Septiani
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada guru pentingnya membaca dengan membaca dapat menambah wawasan serta meningkatkan pola pikir anak muda agar menjadi generasi yang lebih maju dengan memanfaatkan media sosial. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di SMA 1 Cawang Baru, penyuluhan dilaksanakan dengan cara webinar menggunakan zoom dengan peserta guru SMA 1 Cawang Baru. Dengan diberikannya penyuluhan ini (1) anak muda dapat memanfaatkan media sosial dengan bijak (2) meningkatkan kemampuan membaca (3) meningkatkan pola pikir anak muda untuk mencapai kesuksesan
Penggunaan Contexual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelaja-ran Menulis Teks Puisi Desi Karolina Saragih; Dwi Septiani; Rerin Maulinda; Aryani Aryani
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mewujudkan kegiatan proses mengajar di era globalisi, salah satu metode pembelajaran sastra yang cukup populer adalah Contextual Teacing and Learning, khususnya di dalam menulis teks puisi. Program Studi Sastra Indonesia melakukan kegiatan penyuluhan secara daring menggunakan media Google Meet dengan tema ”Penggunaan Contexulal Teaching dan Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi Kelas X SMK Nusantara 02 Kesehatan” sebagai wujud pengabdian dosen kepada masyarakat. Kegiatan ini lebih mengutamakan aktivitas nyata kepada siswa SMK yang dapat memberikan manfaat sebagai pengetahuan tentang pelatihan menulis teks puisi yang baik dan benar. Dengan adanya kegiatan kegiatan PKM ini, diharapkan dapat menjadi modal sebagai peran nyata pengamalan ilmu yang dimiliki guna memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, khususnya siswa SMK Nusantara 02 Kesehatan Ciputat. Untuk mengetahui respons peserta setelah mengikuti kegiatan ini, peneliti memberikan kuesioner. Adapun hasil dari kegiatan PKM ini adalah rata-rata penilaian tertinggi dari kuesioner yang diisi para siswa setelah kegiatan ini berakhir adalah sebagai berikut peserta dominan setuju (1) Meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia (4,81), (2) Mampu menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan (4.79), dan (3) Ingin lebih produktif dalam menulis, khususnya puisi (4,79)
Analisis Hubungan Pemeberantasan Sarang Nyamuk Dan Pelaksanaan 3M Plus Dengan Kejadian DBD Di Wilayah Kerja Puskesmas Beringin Raya Kota Bengkulu Yusran Fauzi; Fikitri Marya Sari
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi dengan salah satu tempat virus dengue. Pada tahun 2019 sebanyak 30 kasus kejadian demam berdarah dengue diwilayah kerja Puskesmas Beringin Raya Kota Bengkulu terdiri dari 17 kasus laki-laki dan 13 kasus perempuan dan tidak ada kasus kematian akibat penyakit demam berdarah dengue. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Pemeberantasan Sarang Nyamuk dan Pelaksanaan 3m Plus dengan Kejadian DBD di Wilayah Kerja Puskesmas Beringin Raya Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan desain case control. Sampel penelitian sebanyak 36 kasus dan 36 kontrol. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil analisis univariat menunjukkan responden yang melakukan PSN 3M Plus kurang sebanyak 31 orang (43,1%) dan baik sebanyak 41 orang (56,9%). Sedangkan hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan yang singnifikan antara PSN 3M Plus dengan kejadian DBD (p<0,05). Diharapkan kepada puskesmas agar dapat melakukan penyuluhan kesehatan tentang pentingnya melakukan PSN 3M Plus untuk menurunkan angka kejadian DBD.
Penguatan Literasi Melalui Cerpen Dan Dongeng Abdul Kharis; Ajie Permana; Evi Sensa Purba; Rara Yalien Fuadah; Sindi Sri Angraeni; Aryani Aryani
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat Indonesia memiliki tingkat literasi yang masih rendah jika dibandingkan dengan negara maju. Rendahnya indeks tersebut diduga disebabkan oleh rendahnya minat baca sehingga menyebabkan pemerolehan dan pengolahan informasi menjadi tidak maksimal. Tujuan kegiatan ini untuk menanamkan kegemaran membaca dan kemampuan menge-luarkan pendapat kepada anak-anak. Fokus sasaran program ini adalah anak-anak usia Sekolah Dasar, berupa penyampaian materi berupa dongeng. Metode pengajaran yang dilakukan adalah metode Discovery Learning, yaitu membimbing peserta untuk menemukan jawaban persioalan secara mandiri. Rangkaian kegiatan mengajar meliputi: 1) menyampaikan dongeng secara lisan, 2) membaca cerita dengan seksama, 3) memberikan kesempatan kepada anak-anak dalam mengeluarkan pendapat berdasarkan informasi berupa cerita yang mereka simak dan mereka baca. Pendapat-pendapat tersebut merupakan refleksi berupa pengalaman spiritual, pengalaman etis, pengalaman emosi, pengalaman sosial, dan pengalaman empati. Anak-anak mendapatkan pelatihan untuk kemampuan bernalar meli-puti kemampuan analisa, sintesa, dan kemampuan evaluasi informasi. Maka hasil yang dicapai dari PKM ini adalah peningkatan kemampuan literasi yang meliputi: membaca, menganalisa, mengolah informasi, dan mengeluarkan pendapat