cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
jurnal.kenduri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya, Dusun Besar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
KENDURI
ISSN : 27769186     EISSN : 27769186     DOI : https://doi.org/10.62159/kenduri.XXXX
Core Subject : Humanities, Social,
The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Integrating Islamic Values with Science Education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus" : 5 Documents clear
Pelatihan Strategi Bisnis UMKM Bengkulu Menggunakan Media Sosial Sheren Dwi Oktaria; Rima Yuni Saputri
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i2.970

Abstract

Di era digital saat ini media sosial dianggap menjadi platform yang tepat untuk menjual, mempromosikan produk para UMKM. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan strategi. Metode pengabdian masyarakat pada UMKM di Bengkulu dengan pelatihan yang menggunakan pendekatan diskusi dan sosialisasi. Pelatihan strategi bisnis dengan media sosial ini dapat membantu UMKM meningkatkan kinerja pemasaran UMKM dan mendorong pertumbuhan bisnis di era digital. Memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis menggunakan media sosial juga dapat menguntungkan usaha kecil dengan meningkatkan pendapatan, meningkatkan kesadaran brand, meningkatkan kemampuan jaringan, mengikuti tren industri, dan membuat keputusan berdasarkan informasi. Strategi bisnis dengan menggunakan media sosial ke dalam pelatihan kewirausahaan bisnis adalah keputusan strategis yang dapat memiliki banyak manfaat bagi usaha kecil. UMKM juga dapat mengembangkan pola pikir kewirausahaan yang berpusat pada peluang, di mana UMKM belajar mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang, berpikir kreatif, dan mengambil risiko yang diperhitungkan.
Strategi Pembelajaran Dengan Memadukan Teknologi Dan Media Linda Linda
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i2.973

Abstract

Strategi pembelajaran adalah perencanaan tentang rangkaian kegiatan yang didesain dalam upaya mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam hal ini, strategi pembelajaran menjadi kegiatan yang harus dikerjakan guru dan siswa. Pasalnya, strategi pembelajaran itu juga diartikan sebagai suatu set materi dan prosedur pembelajaran untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa. Bagian yang membentuk teknologi pembelajaran adalah televisi, film, OHP, komputer dan bagian perangkat keras maupun lunak lainnya. Hasil temuan ini mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Dari ketiga pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Strategi Pengabdian Masyarakat Melalui Kolaborasi Antar Mahasiswa (Studi Mahasiswa Penerima Beasiswa Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu) Anisa Gustriani; Tri Wulan Dari; Hengki Farizal; Ashadi Cahyadi
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i2.974

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menjelaskan, atau menceritakan kembali strategi yang di lakukan dalam kegiatan kolaborasi yang di lakukan oleh antar mahasiswa penerima beasiswa Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu). Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, dengan menceritakan kembali strategi yang di lakukan dalam kegiatan kolaborasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi pemberdayaan masyarakat melalui kolaborasi antar mahasiswa penerima beasiswa Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu) dengan ikut serta atau berkolaborasi dalam kegiatan yang telah di programkan Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menambah pengalaman baginya.
Pendampingan Pendidikan Disiplin Karakter Pada Pembiasaan Shalat Dhuha Di Sekolah Dasar Widi Widi
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i2.987

Abstract

Ibadah merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah memiliki dua fokus utama yaitu ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Dan salah satu ibadah mahdhah adalah shalat yang dalam bahasa arab disebut juga, "asshalatu" yang artinya doa. Solat juga bisa disebut dengan ahmad. Sholat ada dua yaitu sholat wajib dan sholat sunnah. Soalnya satu sholat sunnah yang biasa dilakukan oleh umat Islam merupakan shalat sunnah dhuha. Shalat sunnah dhuha memiliki keutamaan untuk memenuhi kebutuhan batin, keyakinan, norma, akhlak dan dapat pula menimbulkan kedisiplinan pada murid dalam beribadah. Dalam melaksanakan ibadah sholat dhuha, murid akan memiliki sikap tertib, bertanggung jawab, dan juga teratur baik itu dalam beribadah maupun di lingkungannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, metode kualitatif deskriptif, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan subjek kepala sekolah, guru dan murid SDIT ummi Kota Bengkulu, menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian yang diteliti, menerapkan shalat dhuha berjamaah di sekolah bagi murid. Sehingga murid terbiasa untuk melaksanakan sholat dhuha sesuai dengan yang dijadwalkan oleh sekolah. Dengan demikian sekolah mengharapkan anak menjadi disiplin taat dan juga bertanggung jawab agamanya, dan juga lingkungannya.
Program Pembelajaran Harian (RPPH) Berbasis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Di Lingkungan Guru Paud Kecamatan Nina Kurniah; Nesna Agustriana
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i2.1016

Abstract

Implementasi pengembangan kurikulum khususnya di PAUD terdiri dari program semester, program mingguan dan program harian yang disebut dengan (Rencana Pengembangan Pembelajaran Harian (RPPH). Tujuan kegiatan ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan RPPH berbasis HOTS. Kegiatan Pengabdian masyarakat dilaksanakan di PAUD Alfajar yang beralamat di Z. Arifin, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu dan dihadiri oleh 23 orang guru dari perwakilan 15 PAUD Gugus Singaran Pati. Metode kegiatan yang akan dilakukan adalah, 1) Guru-guru diberikan materi secara klasikal mengenai apa, mengapa dan bagaimana mengembangkan RPPH berbasis HOTS, 2) Diskusi pendalaman materi yang disajikan dengan cara mengadakan tanyajawab sehingga materi yang dibahas dipahami benar oleh peserta pelatihan, 3) Kerja kelompok untuk pembuatan dan membahas RPPH berbasis HOTS, 4) Memprersentasikan hasil karya, sekaligus mengevaluasi ketercapaian tujuan, 5) Merevisi hasil karya berdasarkan masukan yang diberikan dan pembahasan secara keseluruhan, dan 6) Menghasilkan dokumen final yaitu RPPH berbasis HOTS yang siap untuk dilaksanakan. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah guru dapat menyusun perangkat pembelajaran berupa RPPH tersebut. Hal ini akan berdampak pada keterampilan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pembelajaran Harian (RPPH) berbasis HOTS untuk kegiatan Belajar yang bermakna bagi siswa. Kegiatan Pengabdian ini terlaksana dengan baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. Peserta pelatihan menguasai dengan baik materi yang disampaikan sehingga mereka dapat menyusun perangkat pembelajaran berbasis HOTS.

Page 1 of 1 | Total Record : 5