cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
jurnal.kenduri@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya, Dusun Besar Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
KENDURI
ISSN : 27769186     EISSN : 27769186     DOI : https://doi.org/10.62159/kenduri.XXXX
Core Subject : Humanities, Social,
The journal includes, but is not limited to the following fields: Teaching & Learning in Science Education Material Learning in Science Education Learning Media/Multimedia in Science Education Evaluation & Assessment in Science Education Higher Order Thinking Skills in Science Education Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Integrating Islamic Values with Science Education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2023): Desember" : 5 Documents clear
Implementasi Literasi Digital dalam Merancang Desain Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Canva Yashori Revola Revola
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i3.985

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menunjang dan mendukung proses belajar mengajar dalam sebuah pendidikan. Media merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh pendidik saat pembelajaran di kelas. Kreativitas pendidik dalam menciptakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan harus selalu ditingkatkan. Penyajian materi bahasa Inggris untuk jenjang S-1 Pendidikan Bahasa Inggris harus diberikan dalam berbagai bentuk penyajian yang tidak harus terikat hanya pada buku teks saja, khususnya materi bahasa Inggris. Di era sekarang ini, teknologi berkembang dengan pesat, setiap individu diharapkan dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendukung kegiatan sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu media teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk belajar meningkatkan penguasaan bahasa Inggris pada mahasiswa semester satu bahasa Inggris adalah Canva. Canva merupakan aplikasi desain berbasis online yang dapat digunakan dosen untuk mendesain materi pembelajaran melalui template, poster, video, infografis, bahkan media presentasi. Banyaknya desain yang menarik pada aplikasi Canva dapat memudahkan dosen dalam menyampaikan materi pembelajaran, mahasiswa tidak mudah bosan dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan lebih efektif. Penelitian ini difokuskan pada fungsi aplikasi Canva sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai fitur-fitur dalam aplikasi Canva yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran, dengan harapan dapat meningkatkan inovasi dalam mendesain media pembelajaran yang menarik, efektif dan interaktif sehingga target pembelajaran yang direncanakan tercapai. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui wawancara dan survei melalui kuesioner. Hasil yang diperoleh adalah sebanyak 51% sangat paham, 20% paham, dan 29% tidak paham. Dengan demikian, aplikasi Canva layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran baik secara offline maupun online untuk membantu mempermudah pemahaman dan meningkatkan kemampuan penguasaan materi pembelajaran.
Meningkatkan Literasi Al-Qur'an Anak-Anak di Lingkungan Masjid Al Masyithoh Lingkar Timur Melalui Kegiatan Magrib Mengaji Sinarman Jaya
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i3.1004

Abstract

Tujuan dari kegiatan Magrib Mengaji adalah untuk meningkatkan literasi Al-Qur'an di kalangan anak-anak di sekitar Masjid Al Masyithoh Lingkar Timur Kota Bengkulu. Kegiatan membaca Al-Qur'an dengan metode Ummi dilakukan setelah Shalat Magrib selama enam hari dalam seminggu dari Agustus 2023 hingga Desember 2023. 16 anak, 9 putra dan 7 putri, berpartisipasi dalam kegiatan ini, yang berusia antara 5 dan 12 tahun. Metode Ummi adalah pendekatan pembelajaran terstruktur dan menyenangkan yang memastikan pemahaman tahap demi tahap. Kegiatan dilakukan secara berkelanjutan untuk memotivasi anak-anak dan meningkatkan pembelajaran mereka. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam literasi Al-Qur'an para peserta. Anak-anak menunjukkan kemajuan dalam pengenalan huruf, pelafalan, dan kemampuan membaca Al-Qur'an. Diharapkan hasil ini akan berdampak positif pada penguasaan literasi keagamaan anak-anak karena durasi kegiatan yang intensif dan pendekatan yang terstruktur. Kegiatan Magrib Mengaji menjadi model efektif untuk meningkatkan literasi Al-Qur'an di lingkungan masjid. Implementasi metode Ummi dalam kegiatan membaca Al-Qur'an dapat diadopsi sebagai praktek baik dalam pengajaran membaca Al Qur’an bagi anak-anak sekolah dasar.
Pembinaan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) IPA dengan KIT IPA pada Sekolah Dasar Tri Aminingsih; Asep Saepulrohman; Putri Nabila Adinda Adriansyah; Leny Heliawati
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i3.1011

Abstract

Pesatnya pendidikan Islam khususnya sekolah sunnah yang dibarengi biaya Pendidikan yang cukup tinggi membuat banyak siswa khususnya dengan ekonomi menengah ke bawah kesulitan mendapatkan Pendidikan yang berkualitas. Sekolah Dasar Bait Ta’limy Mutiara Umat diberikan KIT IPA berupa paket atau set alat dan bahan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap Ilmu Pengetahuan Alam yang bisa berupa penyediaan bahan dan alat praktikum, alat peraga, buku atau modul pembelajaran, atau bahkan program pelatihan bagi guru-guru IPA yang ada di sekolah tersebut. KIT IPA ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami prinsip-prinsip dasar ilmu pengetahuan alam, mengembangkan pemahaman siswa tentang fenomena alam, dan melatih keterampilan dalam berpikir ilmiah serta aplikasi ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat pengabdian, dilakukan pembinaan kepada mitra khususnya guru yang mengampuh mata Pelajaran IPA untuk meningkatkan pembelajaran IPA dengan menggunakan alat-alat KIT IPA.
SOSIALISASI DAN PELATIHAN DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DI LINGKUNGAN DOSEN DAN KARYAWAN UNIVERSITAS PAKUAN Nhadira Nhestricia; Sri Wardatun; Nina Herlina
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i3.1012

Abstract

Kanker payudara (KPD) merupakan keganasan pada jaringan payudara yang dapat berasal dari epitel duktus maupun lobulusnya. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker terbanyak di Indonesia. Lebih 80% kasus ditemukan berada pada stadium yang lanjut, dimana upaya pengobatan sulit dilakukan. Pemahaman masyarakat terutama yang berada di lingkungan dosen dan karyawan Universitas Pakuan yang menganggap dirinya sehat, seringkali melupakan bahwa kanker payudara sewaktu-waktu juga dapat menyerang dirinya. Hal ini yang menyebabkan tingkat kesadaran masyarakat untuk memeriksa payudara sendiri secara rutin juga rendah, sehingga jika segala sesuatunya sudah terjadi maka semuanya serba terlambat. Oleh karena itu perlu adanya upaya pencegahan, diagnosis dini, pengobatan kuratif maupun paliatif serta upaya rehabilitasi yang baik, agar pelayanan pada penderita dapat dilakukan secara optimal. Kegiatan pencegahan atau prevensi terdiri dari pencegahan primer dan sekunder. Pencegahan primer merupakan usaha agar tidak terkena kanker payudara dengan mengurangi atau meniadakan faktor-faktor risiko yang diduga sangat erat kaitannya dengan peningkatan insiden kanker payudara. Pencegahan primer atau supaya tidak terjadinya kanker secara sederhana adalah mengetahui faktor -faktor risiko kanker payudara, seperti yang telah disebutkan di atas, dan berusaha menghindarinya. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan deteksi dini di lingkungan Universitas Pakuan merupakan kegiatan pengabdian untuk mendeteksi secara dini terjadinya kanker payudara. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan dengan Yayasan Love pink. Love pink merupakan Organisasi nirlaba yang berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dengan cara SADARI (Periksa Payudara Sendiri), SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis), dan pendampingan bagi sesama perempuan dengan kanker payudara. Lovepink bergerak dengan basis komunitas survivors yang bekerja secara sukarela untuk mendukung visi dan misi organisasi. Diharapkan kegiatan ini dapat menurunkan resiko kejadian kanker payudara..
Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Jurnal pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Merangin Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Isra Miharti; sahara; Anwar Sanusi; Febbry Romundza
KENDURI : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/kenduri.v3i3.1017

Abstract

Jurnal ilmiah merupakan publikasi akademis yang berisikan artikel atau kajian ilmiah, yang digunakan untuk menyebarkan penemuan baru, teori dan hasil penelitian dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Untuk menghasilkan artikel ilmiah mahasiswa harus mampu untuk menulis, menulis ini sendiri merupakan kemampuan yang sangat penting dalam menuangkan ide dan gagasan ke dalam bentuk tulisan. Tujuan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk membantu mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menulis artikel ilmiah dan bagaiman cara untuk mempublikasinya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Merangin yang diikuti oleh 50 orang mahasiswa program studi kebidanan dan kesehatan masyarakat. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi tanya jawab. Hasil kegiatan, mahasiswa mulai pa- ham akan aturan serta tatacara dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiah. Setelah dilakukan kegiatan pengabdian, mahasiswa dapat memahami materi yang diberikan dengan lebih baik. Faktor pendukung lainnya dalam kegiatan ini adalah tingginya motivasi dari para peserta untuk mengikuti pelatihan menulis.

Page 1 of 1 | Total Record : 5