cover
Contact Name
T Faizin
Contact Email
jurnalattabayyun@gmail.com
Phone
+6285277367635
Journal Mail Official
jurnalattabayyun@gmail.com
Editorial Address
https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/attabayyun/about/editorialTeam
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
AT-TABAYYUN: Journal Islamic Studies
ISSN : 24775614     EISSN : 30218659     DOI : https://doi.org/10.47766/atjis.v1i1
At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies (P-ISSN: 2477-5614; e-ISSN: 3021-8659) is a multi-disciplinary publication dedicated to the scholarly study of all aspects of Islam and of the Islamic world. Particular attention is paid to works dealing with history, geography, political science, economics, anthropology, sociology, law, literature, religion, philosophy, international relations, environmental and developmental issues, as well as ethical questions related to scientific research. The Journal seeks to place Islam and the Islamic tradition as its central focus of academic inquiry and to encourage comprehensive consideration of its many facets; to provide a forum for the study of Islam and Muslim societies in their global context; to encourage interdisciplinary studies of the Islamic world that are cross-national and comparative; to promote the diffusion, exchange, and discussion of research findings; and to encourage interaction among academics from various traditions of learning.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): AT-TABAYYUN - JOURNAL ISLAMIC STUDIES" : 5 Documents clear
KATA SAPAAN DALAM BAHASA GAYO SEBAGAI PENERAPAN ETIKA KOMUNIKASI ISLAM Fauzi
At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2020): AT-TABAYYUN - JOURNAL ISLAMIC STUDIES
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/atjis.v2i2.1740

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kata sapaan dalam bahasa Gayo sebagai penerapan etika komunikasi Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk-bentuk kata sapaan dalam bahasa Gayo, dan bagaimanakah penerapan etika komunikasi Islam pada kata sapaan dalam bahasa Gayo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik mengumpulkan data penelitian menggunakan simak bebas libat cakap, yaitu observasi (pengamatan) dan penyimakan dengan cara merekam percakapan-percakapan yang terjadi secara alamiah antara penutur dan petutur bahasa Gayo dalam konteksnya, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam komunikasi perlu diperhatikan kaidah-kaidah tuturan yang sesuai dengan budaya dalam masyarakat tertentu. Unsur terpenting dalam kegiatan betutur adalah kata sapaan. Bentuk kata sapaan dalam komunikasi pada tutur masyarakat Gayo berkaitan erat dengan bentuk keluarga atau sistem kekerabatan. Kata sapaan dalam tutur Gayo adalah bagian dari nilai budaya dan gambaran dari jiwa masyarakat Gayo. Terdapat 63 bentuk kata sapaan dalam tutur Gayo, yang terdiri dari jenis tutur kekerabatan atau kekeluargaan dan jenis tutur jabatan atau fungsi. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya tutur, diantaranya faktor hubungan darah atau kekerabatan, perkawinan, dan persoalan-persoalan sosial lainnya.
GAYA HIDUP KONSUMTIF DAN PEMBENTUKAN CITRA DIRI PADA MASYARAKAT MILLENNIAL DI KOTA LANGSA Kusmahyuni
At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2020): AT-TABAYYUN - JOURNAL ISLAMIC STUDIES
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/atjis.v2i2.1741

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis gaya hidup konsumtif pada masyarakat millennial di Kota Langsa serta menganalisis gaya hidup konsumtif dan pembentukan citra diri pada masyarakat millennial di Kota Langsa. Penelitian lapangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian tentang fenomena gaya hidup konsumtif dan pembentukan citra diri pada masyarakat millennial di Kota Langsa. Pengambilan sampel penelitian mengambil teknik sampel bertujuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ditemukan gaya hidup konsumtif pada masyarakat millennial di Kota Langsa serta gaya hidup konsumtif dan pembentukan citra diri yang saling mempengaruhi antara keduanya.
PERAN MEDIA MASSA DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT Yuliza
At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2020): AT-TABAYYUN - JOURNAL ISLAMIC STUDIES
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/atjis.v2i2.1742

Abstract

Media massa adalah salah satu faktor yang sangat berperan dalam perubahan sosial budaya masyarakat. Peran media massa dalam perubahan social budaya masyarakat selalu terkait dengan difusi inovasi, di mana perubahan didorong oleh penyebaran pengetahuan baru di masyarakat. Media massa memiliki peran dalam terjadinya perubahan sosial pada tiga aspek 1) Perubahan pola pikir masyarakat, 2) Perubahan sikap masyarakat dan 3) Perubahan budaya. media massa menjadi patokan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Dengan menggunakan kajian literature tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran media massa dan kontribusi terhadap seluruh inovasi yang berkembang di masyarakat. Peran media massa dalam pendidikan membuat perubahan dalam pola pikir dan mentalitas bangsa. Peran media massa bidang penyebaran informasi dapat merubah sikap masyarakat. Peran media massa dalam komunitas hiburan menghasilkan materi budaya. Dalam melakukan semua peran ini media massa memiliki dampak positif atau negatif sesuai dengan kesiapan orang untuk menerima sesuatu yang baru dan kebijakan massa pemilik media untuk menjalankan perannya dalam masyarakat.
POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP ANAK BERBASIS PARENTING QURANI Nur Sari Dewi Marpaung
At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2020): AT-TABAYYUN - JOURNAL ISLAMIC STUDIES
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/atjis.v2i2.1743

Abstract

Pola asuh merupakan perkara penting dalam mengasuh anak sebagai modal dasar sumber daya manusia bangsa. Tulisan ini secara spesifik bertujuan untuk mengungkap, mengkaji, dan menganalisa pola komunikasi orang tua berbasis Alquran (parenting qurani). Metode penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif menggunakan pendekatan fenomenologis. Dimana pola asuh dianggap sebagai fenomena ironi di lembaga pendidikan. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi orang tua terhadap anak dalam Alquran sebagai berikut: pertama, ya bunayya merupakan pola komunikasi satu arah yang digambarkan Alquran. Kedua, komunikasi dua arah, berupa dialog antara orang tua dengan anak dan melibatkan dalam keputusan keluarga.
UPAYA WILAYATUL HISBAH DALAM MENGOPTIMALISASI SYIAR ISLAM DI KOTA LHOKSEUMAWE Munadi Usman
At-Tabayyuun: Journal Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2020): AT-TABAYYUN - JOURNAL ISLAMIC STUDIES
Publisher : Pascasarjana IAIN Lhokseumawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47766/atjis.v2i2.1744

Abstract

Pelaksanaan syariat Islam di Aceh merupakan kewenangan khusus yang disetujui oleh pemerintah pusat dalam bentuk otonomi khusus daerah. Dalam hal ini masyarakat Aceh diizinkan untuk membuat peraturan dan pengamalan agama dan tata kehidupan sehari-hari yang mengacu kepada nilai-nilai Islam. Dalam pelaksanaan syariat Islam di Aceh telah dibentuk perangkat pelaksana dan teknis khusus yaitu Dinas Syariat Islam dan perangkat Wilayatul Hisbah. Tulisan ini ingin menyoroti upaya Wilayatul Hisbah Kota Lhokseumawe dalam mengoptimalisasi pelaksanaan syiar Islam. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wilayatul Hisbah telah melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalisasi pelaksanaan syiar Islam dalam masyarakat Kota Lhokseumawe melalui pola komunikasi dan langkah-langkah strategis seperti sosialisasi, pengawasan dan penindakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5