cover
Contact Name
Agustinus Haryanto Pattiraja
Contact Email
gustiwre@gmail.com
Phone
+6281336578195
Journal Mail Official
sipilunwira@gmail.com
Editorial Address
Jl. San Juan 1, Penfui Timur, Kabupaten Kupang, NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
ETERNITAS
ISSN : 27215679     EISSN : 2722466X     DOI : https://doi.org/10.30822/eternitas
Eternitas merupakan Jurnal Teknik Sipil yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira di Kupang. Kata Eternitas yang digunakan sebagai judul Jurnal merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu dari Kata Eternity yang berarti Keabadian. Kata Eternity yang digunakan sendiri merupakan gabungan kependekan dari kalimat ENGINEERING AND TECHNOLOGY FOR HUMANITY yang memiliki arti Teknik dan Teknologi untuk Kemanusiaan dengan harapan setiap tulisan yang dipublikasikan dalam Jurnal ini memiliki dampak bagi kehidupan baik manusia maupun alam sekitarnya. Eternitas secara khusus bertujuan mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang terkait dengan bidang Ilmu Teknik Sipil yaitu : (1) Bidang Struktur Konstruksi (2) Bidang Lalulintas dan Transportasi (3) Bidang Manejemen Konstruksi (4) Bidang Sumber Daya Air (5) Bidang Geoteknik dan (6) Bidang Konstruksi Jalan. Serta Jurnal ini tidak tertutup kemungkinan topik terkait aspek ketekniksipilan lainnya.
Articles 29 Documents
PERENCANAAN EMBUNG BERDASARKAN KEBUTUHAN AIR BAKU DESA PASARENAN KABUPATEN SAMPANG TAHUN 2027 Faradlillah Saves; Hudhiyantoro; Amin Sugianto
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): ETERNITAS:Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 1 April 2020
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i1.544

Abstract

Kabupaten Sampang merupakan salah satu daerah yang berkembang sangat pesat, hal ini ditunjang dengan pembangunan jembatan Suramadu. Perkembangan suatu wilayah tentu harus diikuti dengan pengelolaan sumber daya air yang baik. Hal ini dimaksudkan agar sumber daya air yang ada dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Di Desa Pasarenan Kabupaten Sampang merupakan salah satu daerah yang memiliki air baku cukup di musim hujan, namun terkadang pada musim kemarau juga mengalami kekeringan. Oleh karena itu perlu adanya analisis terkait kebutuhan air baku dengan proyeksi pertumbuhan penduduk beberapa tahun kedepan, sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam perencanaan untuk meningkatkan ketersediaan air baku di Desa Pasarenan. Adapaun analisis yang akan dilakukan meliputi analisis debit andalan/ ketersediaan air baku menggunakan metode FJ Mock dan analisis kebutuhan air baku menggunakan metode analisis geometrik. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh debit andalan sebesar 0,0108 m3/dt, proyeksi jumlah penduduk pada tahun 2027 sebesar 7183 jiwa dan kebutuhan air total yang dibutuhkan sebesar 0,0110 m3/dt. Berdasarkan kebutuhan air baku pada tahun 2027 maka tubuh embung direncanakan berada pada elevasi dasar + 47,00 m sampai elevasi puncak + 49,50 m. Tinggi total tubuh embung adalah 2,50 m.
ANALISIS KETERSEDIAAN DAN KEBUTUHAN AIR BAKU KOTA BALIKPAPAN STUDI KASUS: WADUK MANGGAR, KOTA BALIKPAPAN Riyan Benny Sukmara; Jarot Jaya Pratama; Ariyaningsih
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): ETERNITAS:Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 1 April 2020
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i1.545

Abstract

Permasalahan ketersediaan air dikota Balikpapan menjadi isu yang belum terselesaikan. Dengan jumlah penduduk sebesar 736.807 jiwa (tahun 2015), waduk Manggar sebagai pemasok utama kebutuhan air penduduk hanya mampu mensuplai 73% dari total kebutuhan air di Balikpapan. Dengan tingkat pertumbuhan penduduk sebesar 4.3% dalam rentang waktu 2014-2015, maka masalah penyediaan air baku menjadi kekhawatiran yang sangat krusial dimasa mendatang. Oleh karena itu, maka perlu adanya sebuah kajian untuk melihat kemampuan waduk ini dalam pemenuhan kebutuhan air dimasa mendatang. Metode yang digunakan adalah menggunakan proyeksi 20 tahun kedepan dengan perkiraan jumlah penduduk ditahun 2035 sebesar 3.585.168 jiwa dengan kebutuhan air sebesar 319.464.28 m3. Hasil analisa diketahui bahwa Waduk Manggar masih mampu memenuhi 60,7% dari total kebutuhan air Kota Balikpapan pada tahun 2035.
PENILAIAN MITIGASI KEKERINGAN MENGGUNAKAN METODE BENEFIT COST RATIO (BCR) Cinthya Indradewi Dadimesa; Yulius P. K. Suni; Sebastianus B. Henong
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): ETERNITAS:Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 1 April 2020
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i1.546

Abstract

Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) adalah salah satu opsi mitigasi kekeringan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pertanyaan utamanya adalah apakah investasi untuk pembangunan sumur bor beserta jaringan irigasi setara dengan manfaat finansial yang diperoleh dari investasi tersebut. Penelitian ini mengkaji opsi mitigasi tersebut dengan metode analisa cost and benefit di Desa Kuanheun, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, NTT. Pada kajian ini pula dilakukan perhitungan alternatif irigasi optimum. Hasil analisa menunjukkan bahwa pola tanam dan pemberian air irigasi belum memberikan keuntungan finansial. Karena itu perlu dirancang alternatif irigasi yang berpotensi menguntungkan. Alternatif irigasi optimum yang dipilih adalah pemilihan jenis tanaman dan pola pemberian air sesuai kebutuhan tiap fase pertumbuhan tanaman. Alternatif pertama didapatkan, pola tanam yakni Padi – Padi – Jagung dengan nilai NPV Rp. 1.339.338.947,71, IRR sebesar 24% sudah menguntungkan dari segi ekonomi, dan BCR sebesar 1.95. Sedangkan alternative kedua, Padi – Padi – Kacang Tanah, diperoleh nilai NPV Rp. 2.056.045.301,17, IRR sebesar 30%, dan BCR sebesar 2.29. Kedua alternatif yang dipilih berpotensi menguntungkan dari segi finansial.
ANALISA PERBANDINGAN PENENTUAN DEBIT RENCANA MENGGUNAKAN METODE NAKAYASU DAN SIMULASI APLIKASI HEC-HMS DI DAS LOWO REA Yulianus Eka P. Nggarang; Agustinus H. Pattiraja; Sebastianus B. Henong
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): ETERNITAS:Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 1 April 2020
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i1.547

Abstract

Debit banjir rencana merupakan debit dengan periode ulang tertentu yang menjadi parameter perencanaan bangunan air. Perhitungan perbandingan debit rencana antara metode Nakayasu dan simulasi aplikasi HEC HMS dimaksudkan untuk membandingkan perhitungan debit yang paling sesuai terhadap karakteristik DAS Lowo Rea yang berada di Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende. Perhitungan debit rencana dilakukan tanpa kalibrasi terhadap data AWLR sebagai observed flow karena tidak tersedia data AWLR pada lokasi peneltian. Maka, digunakan HDRO (high direct run off) sebagai dasar pembanding. Hasil analisis perhitungan HDRO debit rencana metode Nakayasu dan simulasi aplikasi HEC HMS menyatakan bahwa metode Nakayasu lebih tepat digunakan untuk analisis debit banjir rancangan kala ulang atau periode ulang ≥ (lebih dari sama dengan) 100 tahun. Sedangkan analisis debit banjir rancangan menggunakan simulasi aplikasi HEC HMS lebih tepat digunakan untuk analisis debit banjir rancangan kala ulang atau periode ulang < (kurang dari) 100 tahun.
ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL (JL. VETERAN, JL. BELAKANG TAMAN NOSTALGIA DAN JL. DEPAN HOTEL NAKA KUPANG) Sri Santi L M F Seran; Rivendi Naikofi; Engelbertha Noviani Bria Seran
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): ETERNITAS:Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 1 April 2020
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i1.548

Abstract

Jumlah kendaraan di Kota Kupang semakin bertambah di tandai dengan meningkatnya angka kepemilikan kendaraan secara signifikan dari tahun ke tahun. Tercatat angka kepemilikan kendaraan bermotor dalam tiga tahun terakhir yaitu pada tahun 2016 sebanyak 19.272 unit, tahun 2017 sebanyak 20.440 unit dan tahun 2018 tercatat sebanyak 21.680 unit (NTT Dalam Angka 2019). Dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor maka akan berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan dan simpang. Bertambahnya kepemilikan kendaraan tidak disertai bertambahnya ruas jalan dan pemahaman akan perilaku berkendara yang baik oleh setiap pemilik kendaraan sehingga mengakibatkan terjadinya berbagai masalah dan konflik pada ruas jalan maupun simpangan. Simpangan tak bersinyal pada Pertigaan Jl. Veteran, Jl. Belakang Taman Nostalgia dan Jl. Depan Hotel Naka merupakan salah satu simpangan tak bersinyal yang letaknya cukup dekat dengan simpangan bersinyal pada Bundaran Patung Kirab dan merupakan jalan masuk dan keluar pada pusat – pusat kegiatan publik seperti Taman Nostalgia dan Sekolah Dian Harapan, Lippo Plasa, Ruko Oebobo dan Pasar Oebobo, Hotel Naka.Pada simpang ini sering terjadi konflik akibat kepadatan volume kendaraan dari dan yang akan menuju pada titik – titik tersebut. Jika tidak segera ditangani dengan baik maka akan menimbulkan gangguan lalu lintas pada simpangan ini.
GETARAN BEBAS PADA STRUKTUR MDOF BANGUNAN PENAHAN GESER Christiani Chandra Manubulu; Rani Hendrikus; Frederikus Ndouk
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 1 (2020): ETERNITAS:Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 1 April 2020
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i1.549

Abstract

Struktur MDOF tidak mengalami getaran bebas, namun pembahasan getaran bebas pada struktur derajat kebebasan dilakukan agar diperoleh beberapa karakter struktur yang penting dan sangat bermanfaat. Karakter-karakter itu adalah frekuensi sudut ω, periode getar T dan frekuensi alamistruktur. Pada penulisan, model struktur yang ditinjau adalah bangunan geser dengan derajat kebebasan dua dengan memperhatikan kondisi yang diterapkan pada bangunan penahan geser. Dari hasil analisa menggunakan perhitungan matematis dari eigen problemsyang dibandingkan dengan hasil dari perangkat lunak SAP 2000 menunjukkan perbedaan yang sangat kecil. Sehingga dalam melalukan idealisasi bangunan dengan prinsip shear mode memungkinkan penggunaan model matematis yang lebih sederhana.
ANALISA RANGKA BATANG 2D MENGGUNAKAN METODE MATRIKS KEKAKUAN STRUKTUR DAN SAP 2000 Christiani Chandra Manubulu; Merzy Mooy; Igidro Sampaio Soares Serra
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 2 (2022): ETERNITAS : Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 2 April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i2.1592

Abstract

understanding of stiffness is primarily done by using simple structural examples. The size of the structure in calculations is always represented by the large number of linkage and the element of the rod so that the use of the computer and the application of the accounting must correspond to the modeled structure model. One of the popular applications used in performing structural calculations is ms excel. The goal for the study is to create an alternative ms-oriented structural analysis aid and to make comparisons of calculation with other output applications already on the market. Excel - oriented stiffness calculation makes a tabbing of analysis of which the physical form of Numbers can be clearly displayed and that can be examined at a theoretical level of analysis. The transparent process of accounting increases trust in the results so that it can be used in education and as a comparison to the output of other applications. The calculating two-dimensional skeletal structure with alternative aid programs and the SAP 2000 application program, provides a very small difference so that it can be deduced that an alternative assistive program output can be used.
PENGGUNAAN BAHAN ADITIF SEBAGAI BAHAN STABILISASI TANAH UNTUK LAPISAN PONDASI JALAN Mauritius Ildo Rivendi Naikofi; Egidius Kalogo; Rikardus Sabon Doni; Engelbertha N.B. Seran
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 2 (2022): ETERNITAS : Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 2 April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i2.1594

Abstract

East Nusa Tenggara (NTT) is an archipelagic area with various characteristics of rock layers, most of which are dominated by limestone/coral. The condition of the dominance of coral rocks and the very minimal availability of sea transportation facilities greatly affect the rate of development in the area. Access to materials is quite difficult which results in material scarcity and the lack of equipment availability is a common condition in several areas in NTT. In the construction of road infrastructure, the problem of supplying aggregate according to specifications has its own difficulties in providing it. The absence of natural quarries for material supply is possible in the NTT region, especially on small islands, so there is a need for new breakthroughs to utilize existing materials at construction sites as foundation layers for road pavement so that the subgrade stabilization method as a foundation layer has a positive impact, especially minimize the gap in infrastructure development between one inhabited island and another in the NTT region
ANALISIS PERBEDAAN ANALISA HARGA SATUAN ITEM PEKERJAAN PADA RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN PELAKSANAAN (Studi Kasus : Proyek Preservasi Jalan Lingkar Luar Kota Kupang) Alfonsa Maria Delsi; Laurensius Lulu; Christiani Chandra Manubulu; Gregorius Paus Usboko
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 2 (2022): ETERNITAS : Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 2 April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i2.1596

Abstract

This study deals with differences in unit price analysis of work items on the planned budget and implementation due to changes in the coefficient based on labor and equipment production in implementation. This observation was carried out for five (5) work items on the Kupang City Outer Ring Road Preservation Project. The purpose of this study is to determine the differences in the coefficient of labor and equipment and to know the difference in unit price analysis of work items in the budget plan and the implementation due to changes in the coefficient based on the production of labor and equipment in implementation. The data needed to complete this research is primary data obtained from direct observation in the field, namely the effective working time in the field, the number of workers and equipment, the workforce and tools during the time observed and secondary data obtained from PT. Alamindah Cendanalestari namely the unit price analysis of work items and the coefficient of labor and equipment. From the description of the results of the analysis and discussion it is known that, the coefficient of labor in the implementation and the coefficient of labor estimated in the RAB has differences. The difference that occurs in the coefficient also causes the difference in unit price analysis. The difference in unit price analysis between RAB and implementation causes a change in profits.
ANALISIS PENGARUH RASIO KENDARAAN BELOK KANAN TERHADAP KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL Christinna Odilla Saba; Don Gaspar Noesaku da Costa; Engelbertha N.B. Seran
Eternitas: Jurnal Teknik Sipil Vol 1 No 2 (2022): ETERNITAS : Jurnal Teknik Sipil, Vol 1, No 2 April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30822/eternitas.v1i2.1598

Abstract

The ratio of right-turning vehicles is very influential on delays and queuing opportunities at unsignalized intersections. This study will compare the effect of the right turn ratio on the performance of the intersection at two locations with different right turn ratio characteristics, namely at the Timor Raya - Nangka street intersection which has a high right turn volume and the Samratulangi Raya - Samratulangi I street intersection with a low right turn volume. The standard of intersection performance is according to the 1997 MKJI guidelines. At the intersection of Timor Raya - Nangka street, the results show that the ratio of right-turning vehicles affects the performance of unsignaled intersections, with a degree of saturation (DS) = 1.246 > 0.75, delay (D) = 57 ,80 sec/smp > 25 sec/smp and queue probability (QP)= 63,6 %-130,4 % > 50 %. The effect of the right turn ratio on the degree of saturation (DS) = 97.53%, delay (D) = 72.12% and queue probability (QP) = 96.15%-95.37% with level of service F (very bad). On Samratulangi Raya - Samratulangi I street intersiction, the results show that the right turn ratio has no effect on the performance of unsignalized intersections, with a degree of saturation (DS) = 0.586 < 0.75, delay (D) = 9.85 sec/smp < 25 sec/smp and queue probability (QP)= 14,5 %-30,9 % < 50 % with level of service B (good). The solution at the Timor Raya - Nangka road intersection is to eliminate side barriers, widen the road, install right-turning signs and regulate one-way traffic.

Page 1 of 3 | Total Record : 29