cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6282211345348
Journal Mail Official
jurnalcendekiailmiah@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
J-CEKI
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28285271     DOI : 10.56799
Core Subject : Humanities, Social,
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu Sosial: Ekonomi, Antropologi, Sosiologi, Psikologi, Geografi, Studi Budaya dan Etika, Studi Gender dan Seksualitas, Studi Area, Arkeologi, dan bidang terkait lainnya.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3: April 2022" : 15 Documents clear
Analisis Gaya Bahasa Dalam Novel 5 Cm Karya Donny Dhirgantoro Hakim Prasasti Lubis
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.145

Abstract

Novel merupakan salah satu wujud cerita rekaan yang mengisahkan salah satu bagian nyata dari kehidupan orang-orang dengan segala pergolakan jiwanya dan melahirkan suatu konflik yang pada akhirnya dapat mengalihkan jalan kehidupan mereka atau nasib hidup mereka. Nurgiyantoro (2007:22) menyatakan bahwa novel merupakan sebuah totalitas, suatu kemenyeluruhan yang bersifat artistik. Sebagai sebuah totalitas, novel mempunyai bagian-bagian dan unsur-unsur yang saling berkaitan satu dengan yang lain secara erat dan saling menggantungkan. Berdasarkan kajian teori, hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dapat di tarik simpulan sebagai berikut. Diksi yang terdapat dalam novel 5 cm meliputi pemakaian kata tutur tidak baku, pemakaian kata-kata atau istilah asing, dan perubahan makna metafora. Gaya bahasa yang paling dominan digunkan dalam novel 5 cm adalah gaya bahasa personifikasi.Novel 5 cm menggunakan gaya bahasa personifikasi, simile, hiperbola, dan eponim.
Partisipasi Masyarakat Sipil Dalam Gerakan Reformasi 1998 di Indonesia Abdul Rahman
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.211

Abstract

Dalam perjalanan sejarah Republik Indonesia kekuatan masyarakat sipil selalu memiliki peranan penting dalam mengawal proses demokrasi, termasuk pada gerakan reformasi 1998. Penelitin ini bertujuan untuk mengelaborasi mengenai keterlibatan masyarakat sipil dalam proses reformasi 1998 yang berhasil memberhentikan Soeharto sebagai Presiden Republik Indonesai yang memerintah sekitar 32 tahun. Metode yang digunakan ialah metode penelitian sejarah yang terdiri atas empat tahap yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses reformasi dimulai dari adanya kelompok-kelompok masyarakat sipil dalam hal ini mahasiswa, peneliti, dan dosen aktif melakukan diskusi-diskusi sebagai bentuk keprihatinan atas kondisi ekonomi pada tahun 1997. Aksi tersebut berujung pada gerakan massa berupa demonstrasi di berbagai wilayah Republik Indonesia yang pada akhirnya membuat Soeharto berhenti sebagai Presiden Republik Indonesia pada 21 Mei 1998. Hasil penelitian ini penting sebagai penguatan bahwa kekuatan masyarakat sipil memiliki peranan penting dalam mengawal demokratisasi di Indonesia, sekaligus menekankan bahwa pemerintahan yang ditopang oleh berbagai kekuatan politik tetapi korup dan tidak mampu mewujudkan kesejahteraan rakyat, maka dapat berakhir dengan kekuatan massa sipil.
Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pakaian Thrifting Di Toko Thriftshop Sidoarjo Iin Farah Fu’adayati Farah; Muhammad Aswad
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.218

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui dampak kualitas produk, harga, dan promosi pada volume penjualan thrifting di Toko Thriftshop Sidoarjo. Penelitian dengan menggunakan metodologi kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif dengan strategi pengujian uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis seperti uji simultan, uji parsial, dan determinasi (R2). Data diperoleh dari kuesioner dengan sampel 83 orang diuji  menggunakan SPSS adaptasi 17.0 sebagai alat pengujian. Dampak dari ulasan ini menunjukkan bahwa: X1 (kualitas barang) memiliki dampak positif dan signifikan terhadap volume penjualan di Toko Triftshop Sidoarjo. X2 (harga) memiliki dampak positif dan signifikan terhadap volume penjualan di Toko Triftshop Sidoarjo. X3 (promosi) berdampak positif dan signifikan terhadap volume penjualan di Toko Thriftshop Sidoarjo. Hasil dari penyelidikan koefisien determinan menunjukkan bahwa 81,8% perubahan volume penjualan di Toko Triftshop Sidoarjo dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, dan promosi. Sedangkan sisanya sebesar 18,2% dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terpisah dari ketiga faktor yang digunakan dalam tinjauan ini.
Adoption of Digital Marketing Strategies in Tourism Industry : A Case Study of Pakistan Arman Khan; Zahid Hussain; Iqrar Hussain Mari; Aftab Ali
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.219

Abstract

-
Tinjauan Analitis Studi Permintaan Pariwisata Periode Tahun 2000-2021 Zaim Mukaffi
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.263

Abstract

Artikel ini mengevaluasi dan menganalisis permintaan pariwisata selama periode 2000-2021 dengan membandingkan variabel dan metode yang berbeda di beberapa negara dan wilayah menggunakan berbagai jenis data. Tujuan: Tujuan dari tinjauan ini adalah Pertama, bertujuan untuk mengetahui variabel yang paling banyak digunakan terhadap permintaan pariwisata dari waktu ke waktu. Kedua, untuk mengidentifikasi daftar pendekatan baru yang paling bisa menjelaskan penggunaan fungsi permintaan pariwisata, teknik dan tujuan dari waktu ke waktu. Pendekatan: Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini meninjau dan menganalisis 40 jurnal artikel yang diterbitkan selama periode 2000 hingga 2021. Hasil: Hasil empiris menunjukkan bahwa penerapannya Teknik OLS mendominasi menjadi metode yang paling sering digunakan oleh peneliti. Sedangkan dari aspek variabel independe diketahui bahwa variabel nilai tukar dan income wisatawan mendominasi variabel yang sering digunakan oleh peneliti.
Environmental Governance Dan Kosmologi Lokal Masyarakat Melayu Jambi Terhadap Hutan Adat Desa Senamat Ulu : (Studi Di Desa Senamat Ulu Kabupaten Bungo Provinsi Jambi) Siti Mulyati
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.264

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejarah hutan adat senamat ulu dalam melestarikan mengelola hutan adat yang ada dan ingin mengetahui bagaimana pengetahuan masyarakat terhadap adanya hutan adat desa senamat ulu, dan bagaimana penerapan kosmologi local masyarakat senamat ulu terhadap hutan adat, dan bagaimana environmental masyarat hutan adat desa senamat ulu terhadap adaya hutan adat di desa senamat ulu, untuk mengetahui bagaimana kosmologi local masyarakat senamat ulu terhadap adanya hutan adat, dan bagaimana upaya pemerintah dalam memelihara hutan adat senamat ulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan bagaimana pengetahuan dan kepercayaan masyarakat terhadap adanya hutan adat. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui seberapa besar masyarakat senamat ulu mengetahui ap aitu hutan ada, dan bagaimana upaya pemerintah desa dalam mengelola hutan adat yang ada. Dalam sejarah adanya PT sawit yang masuk ke dalam Kawasan hutan adat membuat masyarakat terganggu karena penebangan pohon secara illegal, upaya yang dilakukan masyarakat adat dalam mengelola hutan adat secara musyawarah adat. Mereka yang merusak hhutan adat akan dikenakan sanksi secara adat, dalam mengelola hutan adat upaya yang dilakukan pemerintah membuat reboisasi dan system tebang tanam.
Rekonstruksi Nilai-Nilai Pernikahan Poligami: Analisa Sensitivitas Gender Miftahul Jannah
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.267

Abstract

Wacana poligami masih saja belum usai, mengingat perdebatan antara pro dan kontra tidak kunjung menemukan titik temu. Poligami dilegitimasi sebagai syariat Islam, yang kemudian secara fakta sosial menunjukkan adanya bentuk kekerasan terhadap perempuan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana praktik poligami Nabi Muhammad yang sering dijadikan dalil untuk melakukan poligami, apakah hal tersebut mengandung bias gender? Atau justru hal tersebut merupakan tindakan perlawanan terhadap bentuk dikriminasi terhadap perempuan?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Research atau studi kepustakaan, yang bersifat kualitatif, kemudian menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian artikel ini menunjukkan bahwa; (1) Nabi melakukan poligami tanpa unsur bias gender (2)Nabi melalukan poligami dalam rangka memperlihatkan kepada bangsa Arab bagaimana memperlakukan istri-istri dengan baik dan berkeadial (3) Nabi melalukan poligami terhadap para janda yang sudah tidak cantik dan tidak menarik seolah memperlihatkan bahwa tujuan poligami bukanlah semata-mata untuk persoalan pelampiasan hasrat seksual.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Secara Online Pada Masyarakat Kabupaten Kediri Leni Rofatul Iliah; Muhammad Aswad
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.291

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan adalah menganalisis faktor-faktor yang yang memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif secara online pada masyarakat kabupaten Kediri. Penulis berharap penelitian yang dilakukan dapat memberikan informasi bagi masyarakat kabupaten Kediri mengenai faktor apasaja yang dapat mempengaruhi pembelian impulsif secara online. Serta menjadi informasi bagi pemasar dan pemilik situs perbelanjaan terkait apasaja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang dengan karakteristik warga yang memiliki tempat tinggal di Kediri, memiliki usia 18-30 tahun dan pernah berbelanja secara online. Penelitian ini mengurai faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif secara online dengan metode yang digunakan adalah Analisis Faktor dan Analisis Regresi. Penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa faktor jenis kelamin, adiksi internet, sifat materialisme, motivasi belanja hedonis dan promosi berpengaruh terhadap pembelian impulsif secara online. Kemudian dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan hanya faktor sifat materialisme yang signifikan mempunyai pengaruh positif terhadap pembelian impulsif secara online.
Strategi Pemasaran UMKM Peternakan Ayam Petelur Kabupaten Tulungagung Dengan Pendekatan Analisis SWOT Lapisna Yesikasari; Muhammad Aswad
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.299

Abstract

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM peternakan ayam petelur untuk menghadapi persaingan di pasar sasaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pemanfaatan analisis SWOT ( Stregths, Weakness, Opportunity, Threats) sebagai analisis datanya. Dan didukung dengan penggunaan matriks IFAS (Internal Factor Analysis Strategy), matriks EFAS (Eksternal Factor Analysis Strategy), matriks SWOT dan diagram SWOT sebagai pengambilan keputusannya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui strategi pemasaran yang sesuai diterapkan pada UMKM peternakan ayam petelur Kabupaten Tulungagung sesuai lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang dimiliki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil matriks IFAS sebesar 0,43 dan hasil dari matriks EFAS sebesar 1,65. Sehingga pada diagram SWOT dapat menempati posisi kuadran 1, yang berarti UMKM peternakan ayam petetur Kabupaten Tulungagung berada pada posisi yang kuat dan banyak peluang. Sesuai hasil matriks SWOT, maka strategi yang cocok diterapkan adalah 1) memperkuat permodalan untuk meningkatkan kapasitas produksi, 2) perluasan kandang peternakan ayam petelur di lain tempat / wilayah, 3) mempertahankan kualitas telur yang dihasilkan, 4) menambah dan menjaga jaringan distribusi yang sudah ada, 5) meningkatkan tenaga kerja yang terampil, 6) menjaga dan meningkatkan hubungan baik antar peternak, masyarakat bahkan lembaga keuangan.
Kebijakan Fiskal Pada Masa Utsman Bin Affan Salman Zakki Syahriel Mubarok; Slamet Santoso
J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah Vol. 1 No. 3: April 2022
Publisher : CV. ULIL ALBAB CORP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jceki.v1i3.309

Abstract

This paper discusses Uthman bin Affan's fiscal policy descriptively. Caliph Uthman bin Affan was the third caliph after the Khulafaur Rashidun era. Fiscal policy is a policy carried out in managing state revenues and revenues. Uthman's concept of fiscal policy is a concept based on sharia principles that aims to benefit the people. Uthman bin Affan's fiscal policy was to regulate zakat, kharaj, jizyah and usyur. This third caliph has succeeded in implementing fiscal policy in running the economy and can be used as a reference by regulating the economy of our country

Page 1 of 2 | Total Record : 15