cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
j.pustakaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya No.64, Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38224
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
JPI
ISSN : 27211592     EISSN : 27211592     DOI : https://doi.org/10.62159/jpi.vXXX
Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan Darussalam Bengkulu and the Association of Indonesian Language and Literature Lecturer (ADOBSI).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): April" : 5 Documents clear
Hubungan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas 9 MTs Ja-Alhaq Kota Bengkulu Elza Piro Karlena; Edi Ansyah; Randi Randi
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i1.743

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan atau pengaruh Penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis cerpen siswa Kelas IX MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi penelitian berjumlah 362 orang siswa dan Sampel penelitian berjumlah56 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penguasaan kosakata dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerpen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda untuk varibel X dan tes menulis untuk varibel Y. Untuk pengujian uji penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 16,0. Berdasarkan hasil analisis uji t yang diperoleh nilai sig. penguasaan kosakata (X) yaitu 0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,001 > 0,05) maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis (Ha) di terima dan (Ho) di tolak, artinya penguasaan kosakata berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis (Y) yang bermakna hubungan penguasaan kosakata bahasa Indonesia terhadap kemampuan menulis cerpen Kelas 9 MTs Jâ-Alhaq Kota Bengkulu.
Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Surat Pribadi dan Surat Dinas pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Kota Bengkulu Nur Baiti; Heny Friantary; Hengki Satrisno
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i1.760

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ada pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Hasil belajar Bahasa Indonesia materi surat pribadi dan surat dinas Pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 20 Kota Bengkulu dan sampel berjumlah 62 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Powerpoint dan Variabel terikat yaitu hasil belajar bahasa indonesia materi Surat Pribadi dan Surat Dinas pada siswa kelas VII SMPN 20 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Tes (Pre-Test dan Post-Test) untuk Varibabel Y. Analisis data (Validitas, Reliabelitas, Hasil Nilai dan uji Prasyarat) dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 24. Dari hasil analisis Wilcoxon Signed Rank Test diketahui pada kelas Eksperimen Asymp.Sig(2-tailed) bernilai .000 < 0,05 sedangkan pada kelas kontrol didapat Asymp.Sig(2-tailed) bernilai .000 < 0,05 karena nilai Asymp.Sig(2-tailed) < 0,05 maka ada perbedaan hasil belajar siswa Pretest dan posttest. Hasil analisi Mann Whitney didapat nilai Asymp.Sig(2tailed) adalah .000 < 0,05 Karena nilai Sig(2tailed) lebih kecil dari (<) 0,05 maka hipotesis penelitian (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Yang artinya “Ada pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi surat pribadi dan surat dinas Pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Kota Bengkulu (pada siswa kelas eksperimen)
Pesan Moral Dalam Naskah Drama “ Kapai-Kapai” dan “Pada Suatu Hari” Karya Arifin C. Noer Liza Oktapiani; Heny Friantary; Vebbi Andra
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i1.763

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini ialah bentuk pesan moral, dalam naskah drama “Kapai-Kapai” dan “Pada Suatu Hari” karya Arifin C. Noer. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bentuk pesan yang terdapat dalam naskah drama “Kapai-Kapai” dan “Pada Suatu Hari”. Metode menggunakan kualitatif dengan metode context analysis yang berbentuk kepustakaan. Data yang dikumpulkan data berupa teknik kepustakaan. Teknik keabsahan data dititikberatkan pada pengujian kepercayaan yang terdiri dari dua cara, yaitu meningkatkan ketekunan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk pesan moral dalam naskah drama “Kapai-Kapai” dan “Pada suatu Hari” karya Arifin C. Noer ada tiga, yang pertama hubungan antara manusia dengan diri sendiri terdiri jujur, sabar, pantang menyerah dan teguh pendirian, yang kedua hubungan manusia dengan manusia lain dan hubungan manusia dengan alam semesta terdiri, senang membantu, nasihat antar sesama, dan yang ketiga hubungan manusia dengan Tuhan terdiri berdoa kepada Tuhan, bersyukur dan beriman
Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas VII Mts Al-Quran Harsalakum Kota Bengkulu Liza Andriani; Heny Friantary; Vebbi Andra
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i1.765

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembanga bahan ajar (2) mengembangkan bahan ajar (3) mendeskripsikan hasil uji validasi (4) mendeskripsikan hasil perbaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D desain pengembangan ADDIE level/desain 1.hasil penelitian, yaitu siswa dan guru menginginkan bahan ajar berisi1 (1) materi teks cerita rakyat berbasis kearifan lokal (2) penyajian materi menggunakan teks cer4ita rakyat (3) contoh evaluasi, uraian (4) kelengkapan isi modul (5) mengunakan desain dan warna mencolok (6) bahan ajar ini terdiri dari tiga bab, yaitu “bab 1 Pendahuluan, bab 2 Materi, dan bab 3 Pentup”. Hasil uji vlidasi dari guru dan ahli yaitu, (1) aspek materi memproleh rata-rata sebesar 64% (2) aspek bahasa memperoleh rata-rata sebesar 61% (3) aspek media memperoleh rata-rata sebesar 62%. Perbaikn terhadap bahan ajar, yaitu (1) kesalahan penulisan (2) penambahan materi (3) perubahan pada warna buku
Implementasi Metode Pair Check pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kelas VII di MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2022/2023 Mifta Thoha; Kasmantoni Kasmantoni; Wenny Aulia Sari
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 1 (2023): April
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i1.768

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah Bagaimana implementasi metode pair check pada pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi metode pair check pada pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Pair Check. Subjek penelitian adalah guru pengampu dan siswa kelas VII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ada di MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengimplementasikan metode pair check dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu terbagi atas 3 fokus hasil penelitian, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Adapun faktor pendukung dalam mengimplementasikan metode pair check yaitu menciptakan saling kerja sama diantara siswa dan meningkatkan pemahaman atas konsep atau proses pembelajaran. Adapun faktor penhambatnya, yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama dan membutuhkan keterampilan siswa untuk menjadi pembimbing pasangannya

Page 1 of 1 | Total Record : 5