cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
j.pustakaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya No.64, Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38224
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
JPI
ISSN : 27211592     EISSN : 27211592     DOI : https://doi.org/10.62159/jpi.vXXX
Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan Darussalam Bengkulu and the Association of Indonesian Language and Literature Lecturer (ADOBSI).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus" : 5 Documents clear
Implementasi Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Struktur Teks Deskripsi Pada Bidang Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu Lisma Warni; Ali Akbarjono; Ixsir Eliya
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i2.773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode peer tutoring dalam pembelajaran struktur teks deskripsi pada bidang bahasa indonesia siswa kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu dan mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses implementasi pembelajaran struktur teks deskripsi menggunakan metode peer tutoring pada siswa kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terdiri atas tahap perencanaan, pengumpulan data, proses pelaksanaan, tahapan-tahapan, dan tahap evaluasi penerapan metode pemodelan. Subjek penelitianya yaitu guru dan siswa kelas kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data diperoleh melalui proses Triagulasi sumber data dan Triagulasi Teknik. Analisis data dilakukan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Struktur Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu dapat dikatakan terlaksana dengan baik, dan berjalan dengan semestinya. Hal ini dapat dilihat evaluasi hasil belajar siswa yang diatas rata-rata saat menentukan struktur teks deskripsi. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penugasan untuk menentukan struktur teks deskripsi, adapun aspek yang di evaluasi yaitu keteapatan siswa menentukan struktur dalam teks deskripsi. Adapun faktor penghambat dalam mengimplementasikan metode peer tutoring dalam pembelajaran struktur teks deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII MTS Darussalam Kota Bengkulu, yaitu sulitnya menentukan tutor dalam berdiskusi dan kegiatan pembelajaran yang kurang kondusif. Adapun faktor pendukungnya, yaitu adanya interaksi antara guru dan siswa dan semangat siswa.
Alih Kode dan Campur Kode postingan Maudy Ayunda di Instagram Putjah Aisyah Fadhillah; Ali Akbarjono; Meddyan Heriadi
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i2.774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode postingan Maudy Ayunda di instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian kualitatif untuk memahami fenomena-fenomena manusia atau sosial dengan menciptakan gambaran yang menyeluruh dan kompleks yang dapat disajikan dengan kata-kata, melaporkan pandangan terinci yang diperoleh dari sumber informan, serta dilakukan dalam latar setting yang alamiah. Metode penelitian deskriptif adalah penelitian dengan cara mengumpulkan data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka merupakan suatu jenis pengumpulan data kualitatif deskriptif. Semua data yang dikumpulkan tersebut merupakan kunci terhadap apa yang telah diteliti.Data dalam penelitian ini kalimat yang terdapat di postingan caption Maudy Ayunda di instagram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik observasi menghasilkan data yang berbeda-beda satu sama lainnya, peneliti dapat melakukan diskusi lebih lanjut kepada sumber data yang terkait hingga didapatkan kepastian dan kebenaran datanya dan teknik dokumentasi, dokumen bisa berbentuk tulisan,gambar, atau karya –karya monumental dari seseorang. Dokumen yang berbentuk tulisan berupa catatan harian, sejarah kehidupan ( life histories), ceritera, biografi, peraturan,kebijakan. Dokumen yang berbentuk gambar, misalnya foto, gambar hidup, sketsa dan lain-lain. Dokumen yang berbentuk karya misalnya karya seni, yang dapat berupa gambar, patung, film, dan lain-lain. Teknik keabsahan data (1)Triangulasi sumber Triangulasi sumber dapat dilakukan dengan cara melakukan pengecekan data yang telah diperoleh melalui berbagai sumber. (2)Triangulasi teknik dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan data kepada sumber yang sama, namun dengan teknik yang berbeda. (3)Triangulasi waktu dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan kembali terhadap data kepada sumber dan tetap menggunakan teknik yang sama, namun dengan waktu atau situasi yang berbeda. Penelitian ini Bertujuan mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode dalam caption instagram Maudy Ayunda bentuk alih kode dan campur kode ekstern. Bentuk campur kode yang digunakan di dalam caption instagram berupa penyisipan unsur yang berbentuk kata dan juga kalimat. Bentuk alih kode dan campur kode yang digunakan di dalam caption instagram Maudy Ayunda di akun instagram miliknya yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris maupun bahasa inggris dan bahasa indonesia
Analisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Lagu Dalam Album Pekal “Salam Sakapoh Iban” Karya Man Pekal Friandy Friandy; Kasmantoni Kasmantoni; Meddyan Heriadi
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i2.775

Abstract

Lirik lagu termasuk bagian dari karya sastra yang digolongkan kedalam puisi. Lirik-liriknya mengandung keindahan tersendiri bagi pencipta dan pendengarnya, unsur intrinsik (fisik dan batin) yang terkandung baik pada tiap-tiap larik ataupun pada baitnya menambah citarasa bagi para penikmatnya. Album “Salam Sakapoh Iban” karya Man Pekal termasuk album yang mengandung keindahan tersendiri bagi para penikmatnya dan juga mengadung pesan pada tiap-tiap lagunya. Unsur intrinsik pada lagu tidak serta merta tampak begitu saja, akan tetapi dilukiskan secara tersirat dan untuk itulah perlu dilakukannya analisis pada setiap lagunya. Unsur intrinsik sendiri terbagi atas dua unsur yaitu (fisik dan batin), unsur fisik terbagi lagi atas 5 unsur yaitu; (1) diksi, (2) imaji, (3) kata konkret, (4) gaya bahasa dan (5) rima, sedangkan unsur batin terbagi atas 4 unsur yaitu; (1) tema, (2) rasa, (3) nada dan (4) amanat. Unsur ekstrinsik nantinya juga akan menjadi penunjang tambahan untuk kesempurnaan dari sebuah karya sastra yang diciptakan, unsur ekstrinsik sendiri terbagi atas tiga unsur yaitu; (1) unsur biografi, (2) unsur nilai dan (3) unsur sosial. Analisis ini akan membahas kesepuluh lagu dalam album pekal “Salam Sakapoh Iban” karya Man Pekal, Data dalam penelititan ini berupa lirik lagu pada album pekal “Salam Sakapoh Iban” karya Man Pekal, sedangkan sumber data berupa lagu-lagu dalam album tersebut yang berbentuk kaset (DVD). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan simak catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, (1) transkripsi data, (2) penerjemahan atau konversi data, (3) analisis data, (4) klasifikasi data dan (5) penarikan kesimpulan. dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kumpulan lagu pada album tersebut ada yang bertemakan percintaan, sosial budaya, dan kisah masa lalu dari komponis. Dalam setiap lagu pada album tersebut juga terdapat nilai-nilai yaitu diantaranya; sosial, kepedulian, kepatuhan, ketuhanan dan sejarah (kisah masa lalu komponis)
Pengembangan Bahan Ajar Teks Fantasi Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu Dandy Arison Saputra; Heny Friantary; Vebbi Andra
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i2.776

Abstract

Pengembangan bahan ajar teks fantasi ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar, 2) mengembangkan bahan ajar, 3) mendeskripsikan hasil uji validasi, 4) mendeskripsikan hasil perbaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian (R&D).Hasil penelitian ini mengemukakan beberapa hal yakni: 1) hasil analisis kebutuhan guru terhadap bahan ajar teks fantasi yang memperoleh hasil penilain sebesar 92% dari guru pertama dan 72% dari guru kedua. 2) hasil uji validasi prototipe bahan ajar teks fantasi meliputi tiga aspek yaitu: (a) aspek materi memperoleh skor 87% dengan kriteria sangat baik, (b) aspek kebahasaan memperoleh skor 70% dengan kriteria baik, (c) aspek media memperoleh skor 75% dengan kriteria baik. 3) hasil perbaikan terhadap prototipe bahan ajar dengan menampilkan gambar produk yang sesudah dan sebelum perbaikan bahan ajar.Berdasarkan hasil penelitian di atas ada beberapa saran yaitu: 1) guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan bahan ajar teks fantasi. 2) siswa diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai moral dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 3) peneliti lain dapat mengembangkan bahan ajar lagi supaya mampu menghasilkan produk yang lebih sempurna dan melengkapi kekurangan bahan ajar dari peneliti ini
Kompetensi Dasar Menyimak Drama Melalui Model Pembelajaran Direct Listening Activity (Kegiatan Menyimak Langsung) Siswa Kelas XI Sri Suharyani
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i2.831

Abstract

Kurikulum 2013 mulai diterapkan di SMK pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang menyebabkan perubahan pada proses dan hasil belajar siswa,sehingga perlu dilakukan penelitian tentang proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas XI SMK kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan yang di alami siswa dalam pembelajaran Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik KelasXI TBSM 2 -SMK Negeri 2 Kota Bengkulu, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Model Pembelajaran Direct Listening Activity (Kegiatan Menyimak Langsung) akan dapat menyelesaikan masalah yang ada.Penelitian ini telah dilaksanakan pada peserta didik Kelas XI TBSM 2 sebanyak 31 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan 4 bulan, mulai akhir bulan Agustus sampai dengan tengah bulan November tahun 2020 dan dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan.Setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan yang penting yaitu : Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Pelaksanaan pada siklus I berupa pembelajaran menyimak drama melalui model pembelajaran Direct Listening Activity (Kegiatan Menyimak Langsung). Dari hasil observasi siklus I dapat direfleksi untuk merencanakan tindakan pada siklus II. Pelaksanaan pada siklus II berupa pembelajaranmenyimak drama melalui Model Pembelajaran Direct Listening Activity (Kegiatan Menyimak Langsung). Pelaksanaan tindakan pada setiap siklus melalui Model Pembelajaran Direct Listening Activity (Kegiatan Menyimak Langsung) dengan pengamatan tindakan siswa, pengamatan kinerja guru dan memotivasi peserta didik agar lebih berpartisipasi dengan Model Pembelajaran Direct Listening Activity (Kegiatan Menyimak Langsung).Dilihat dari hasil tes siklus I dan siklus II terjadi kenaikan rata-rata hasil belajar dengan nilai 7,81 poin , dengan ketuntasan belajar yang meningkat sebesar 2,77% begitu juga aktivitas siswa siklus I dan siklus II mengalami kenaikan sebesar 8,34%.Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa dengan Model Pembelajaran Direct Listening Activity (Kegiatan Menyimak Langsung) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dan memotivasi siswa untuk memiliki keberanian, berkerjasama serta menunjukkan kedinamisan peserta didikdalam menggali pembelajaran dari materi yang dihadapi dan pengembangan ide yang baik dan penguasaan dialog yang kuat yang dihasilkan dalam kelompok secara signifikan dan positif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5