cover
Contact Name
Rojai Zhofir
Contact Email
rojaizho@gmail.com
Phone
+6285709037738
Journal Mail Official
j.pustakaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jaya Wijaya No.64, Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38224
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
JPI
ISSN : 27211592     EISSN : 27211592     DOI : https://doi.org/10.62159/jpi.vXXX
Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan Darussalam Bengkulu and the Association of Indonesian Language and Literature Lecturer (ADOBSI).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2023): Desember" : 5 Documents clear
Penggunaan Bahasa Mantra Dalam Ritual Pengobatan Tradisional Suku Jawa Belumai II Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Endang Sariani; Heny Friantary; Randi Randi
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i3.777

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua masalah utama yaitu (1) Apa saja bentuk mantra dan apa saja makna mantra pada bahasa mantra dalam ritual pengobatan suku Jawa Belumai II? Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode transkripsi. Metode analisis data adalah analisis bentuk, fungsi, dan makna. Cara penyajian data dalam penelitian ini adalah dengan menguraikan bentuk, fungsi, dan makna mantra pada proses pengobatan yang diperoleh dari informan. Pada aspek bentuk, mantra diklasifikasikan berdasar bentuk mantra. Sedangkan dalam makna mantra ditafsirkan dengan menggunakan teori hermeneutik yaitu Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan dalam penelitian ini membahas dua masalah, yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk bahasa mantra suku Jawa di Desa Belumai II Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. (2) Bagaimanakah makna bahasa mantra suku Jawa di Desa Belumai II Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa, Bentuk bahasa mantra suku Jawa Belumai II Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu yaitu berupa bentuk puisi dan bentuk pantun. Makna bahasa mantra suku Jawa di Desa Belumai II Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu yaitu berupa makna mantra pengasihan yang digunakan sebagai permohonan, doa, kepercayaan, keselamatan, dan sebagai makna berserah diri kepada Allah, agar selama proses pengobatan berlangsung diberi kemudahan, keringanan, kelancaran, dan dijauhkan dari hal-hal yang dapat mengurangi nilai dari setiap prosesi yang dilaksanakan serta memiliki makna sebagai pengobatan atau penyadaran atas orang-orang yang dirasuki oleh jin dan makhluk halus lainnya selama proses pengobatan berlangsung
Pengaruh Model Pembelajaran Eksplisit Instruction Terhadap Kemampuan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dalam Menulis Puisi di SMPN 19 Kota Bengkulu Era Pitriana; Heny Friantary; Feny Martina
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i3.778

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran Eksplisit Instruction terhadap Kemampuan Hasil Belajar siswa kelas VII dalam menulis puisi di SMPN 19 Kota Bengkulu.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menulis puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran EKsplisit Instruction di kelas VII SMP Negeri 19 Kota Bengkulu.Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Kota Bengkulu.Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu menggunakan angket dengan cara mengumpulkan data sebanyak 30 siswa. Variabel penelitian meliputi Explicit Instruction sebagai variabel bebas dan hasil belajar kemampuan menulis surat pribadi sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMPN 19 Kota Bengkulu.setelah menerapkan model pembelajaran Exsplisit Instruction di SMPN 19 kota Bengkulu hasil uji penelitian uji t post-test diketahui rata-rata hasil belajar kelas Eksperimen sebesar 82,92 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 71,88 sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas Eksperimen lebih 11,04lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol . dari table uji t post-test diketahui t hitung sebesar 5,043 dengan signifikasi 0,000 didapatkan t table pada taraf signifikasi 5% adalah 2,018jadi nilai t hitung >t table (5,043>2,018) dan nilai signifikasinya kurang dari 0,05(p=0,000<0,05). dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga menunjukan bahwa model Eksplisit Intrustion lebih memberikan sumbangan kemajuan terhadap kemampuan hasil menulis puisi dikelas VII SMPN 19 kota Bengkulu
PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH Sugeng Sejati
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i3.975

Abstract

Masa remaja seringkali dihubungkan dengan penyimpangan dan ketidakwajaran. Kenakalan remaja merupakan suatu tindakan atau bentuk gejala patologis sosial yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya para remaja mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang. Kenakalan remaja disebabkan oleh adanya perubahan pada pribadi remaja, hal tersebut menunjukkan adanya usaha remaja untuk meningkatkan kualitas kepribadiannya. Remaja yang melakukan perbuatan nakal memerlukan perhatian bukan cacian ditimpakan pada mereka. Guru BK mempunyai peran yang sangat penting untuk menangani masalah kenakalan remaja yang terjad di sekolah.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Card Group Pada Materi Mengagungkan Allah Swt Dengan Tunduk Pada Perintah-Nya Siswa Kls 7 A Di Smpn 20 Kota Bengkulu Yuliasmi
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i3.984

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar materi Mengagungkan Allah Swt Dengan Tunduk Pada Perintah-Nya Siswa a kelas 7 A SMPN 20 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan (action Research) terdiri dari 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran card group dapat meningkatkan hasil belajar materi mengagungkan allah swt dengan tunduk pada perintah-nya siswa kelas 7 A SMPN 20 Kota Bengkulu dilihat pada siklus I dengan rata-rata 76,08 dan presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebesar 80,78% dan siswa yang belum tuntas sebesar 19,23% kemudian siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 74,05 dan presentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 100% dan sehingga tidak ada siswa yang belum tuntas.
NILAI-NILAI PERILAKU PROSOSIAL DALAM MATERI PEMBELAJARAN PAI KELAS VII SEMESTER 2: Analisis Buku Paket PAI Kurikulum 2013 Terbitan Kemdikbud Nanang Eka Saputra
JPI : Jurnal Pustaka Indonesia Vol. 3 No. 3 (2023): Desember
Publisher : Yayasan Darussalam Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62159/jpi.v3i3.1003

Abstract

: Fakta sosial memperlihatkan bahwa sebagian generasi muda bangsa ini cenderung menjadi korban globalisasi, yang mengedepankan sikap egoisme dan individualisme. Sikap tersebut menyebabkan rendahnya disiplin diri, kurangnya semangat untuk kerja keras, kurangnya rasa saling menghormati, bahkan bergesernya nilai perilaku prososial. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui nilai-nilai perilaku prososial dalam materi pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VII semester II pada buku paket Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian, dan penelitian hanya pada koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan lapangan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk analisis digunakan analisis inti (content analysis). Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan tentang upaya analisis terhadap nilai-nilai perilaku prososial pada materi pembelajaran PAI kelas VII semester 2 yang nantinya mampu memperkaya dan menambah wawasan keilmuan dalam pendidikan agama Islam terkait dengan wawasan ilmu dan teori tentang nilai-nilai perilaku prososial.

Page 1 of 1 | Total Record : 5