cover
Contact Name
Muhammad Bagas F
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282161984112
Journal Mail Official
research.yana@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja Nomor 171, Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara, 20552
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains
ISSN : 2807663X     EISSN : 2807629X     DOI : https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains" : 8 Documents clear
PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENTDIVISION (STAD) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK : KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDEMPUAN TP. 2018/2019 Rizki Naimah Rambe
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematika siswa ditentukan oleh media pembelajaran yang menarik siswa terhadap pembelajaran matematika. Media pembelajaran siswa dapat dibentuk dengan baik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student team achievment division (STAD) dan tipe think pairs share (TPS) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 9 padangsidempuan T.P. 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidempuan Indonesia yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 46 siswa, sedangkan sampelnya 23 siswa kelas eksperimen I dan 23 siswa kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Adapun instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Dimana untuk mengetahui kemampuan awal siswa dilakukan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Analisis data terdiri dari dua bagian: analisis deskriptif dan analisis inferensial. Nilai rata-rata posttest di kelas hasil eksperimen I adalah 70,435 dan nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen II adalah 64,478 dan selisih nilai posttest antara kelas eksperimen I dan II adalah 5,174. Dari uji homogenitas data posttest kedua sampel homogen, di mana F hitung < F tabel adalah 1,4625 < 2,0478. Setelah pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan bahwa t hitung > t tabel adalah 2,5820 > 2,0154 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis maternatika siswa yang diajarkan oleh pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tipe Think Pair Share (TPS) dan pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 9 padangsidempuan T.P2018/2019. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division, Think Pairs Share, Kemampuan Berpikir Kritis.
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Dan Realistics Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa : SMA Negeri 11 Medan Nela Putriyani Siregar
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Realistics Mathematic Education (RME). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif degan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan tahun ajaran 2018 – 2019 yang berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan instrumen test. Data dianalisis secara deskriftif dan menggunakan teknik analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) tingkat kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik dari tingakat kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathenatic Education (RME) pada materi Turunan Fungsi; 2) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) tidak lebih baik dari tingakat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Turunan Fungsi; 3) secara keseluruhan tingkat kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik dari tingkat kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Turunan Fungsi; 4) model pembelajaran memiliki interaksi yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME)
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DAN PEMBELAJARAN BIASA (KONVENSIONAL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA : KELAS XI MA PONDOK PESANTREN MODREN DARUL HIKMAH TPI MEDAN T.A Nuraini Fatmawati Sitompul
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matemtis siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional di kelas XI MA. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MA Pondok Pesantren Modren Darul Hikmah TPI Medan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), hasil temuan ini menunjukkan : 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masakah lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 3) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, 4) terdapat interaksi antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematius siswa. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dari pada model pembelajaran konvensional.
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MIND MAPPING PADA MATERI POKOK PROGRAM LINIER : KELAS XI MAS BUSTAANUL ULUUM TELUK DALAM T.A 2019/2020 Nurhayany Simatupang
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Teams Games Tournament dan strategi pembelajaran Mind Mapping. (2) mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan strategi pembelajaran Mind Mapping. (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matemati siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan strategi pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Bustaanul Uluum Teluk Dalam yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 74 siswa, sampel pada penelitian ini diambil secara acak (Random Sampling) dengan jumlah sampel perkelas sebanyak 20 siswa kelas XI IPA-A (eksperimen I) 20 siswa kelas XI IPA-B (eksperimen II) Intrumen yang digunakan berbentuk tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians dan dilanjutkan dengan uji tuckey pada taraf signifikan 0,05. Hasil temuan ini menunjukan: 1)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Teams Games Tournament dengan strategi pembelajaran Mind Mapping. 2)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Teams Games Tournament dengan strategi pembelajaran Mind Mapping; 3)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Teams Games Tournament dengan strategi pembelajaran Mind Mapping. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih sesuai diajar dengan Strategi Pembelajaran Teams Games Tournament dari pada Strategi Pembelajaran Mind Mapping.
PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE : KELAS VIII MTS HIFZIL QUR’AN Nurul Aulia
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Promblem Based Learning dan kooperatif tipe Think Pair Share Di Kelas VIII MTs Hifzil Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan peneliti adalah kelas VIII-6 dan VIII-7 dengan jumlah sampel keseluruhan 35 siswa. Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi digunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dan kemudian dilanjut dengan uji Tukey. Temuan peneliti menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan kooperatif tipe TPS dengan Fhitung > Ftabel pada taraf (α= 0,05) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey diperoleh Qhitung > Qtabel; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL dan kooperatif tipe TPS dengan Fhitung > Ftabel pada taraf (α= 0,05) dan dilanjutkan dengan uji Tuckey diperoleh Qhitung < Qtabel; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yangn diajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan kooperatif tipe TPS dengan Fhitung> Ftabel pada taraf ????(0,05). Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Promblem Based Learning, Model Pembelajaran Koopertif Tipe Think Pair Share.
Perbedaan Strategi Pembelajaran Direct Instruction dan Snowball Drilling Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) : Kelas X MAS Proyek Univa Tahun Pelajaran 2019/2020 Rafida Tsani Nasution
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keaktifan siswa dengan menggunakan strategi Direct Instruction dan Snowball Drilling. (2) mengetahui perbedaan perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi Direct Instruction dan Snowball Drilling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIA MAS Proyek UNIVA Medan Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa, sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh. Pada teknik ini menjadikan semua populasi sebagai sampel. Jadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-MIA 1 dan kelas X-MIA 2 sebanyak 60 orang siswa. Kelas X-MIA 1 digunakan untuk kelompok strategi pembelajaran Direct Instruction sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-MIA 2 untuk kelompok strategi pembelajaran Snowball Drilling sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan berbentuk angket dan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians dan dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Hasil temuan ini menunjukan: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada Keaktifan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Instruction dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Drilling. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Instruction dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Drilling. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pembelajaran Direct Isntruction lebih banyak berkontribusi terhadap hasil belajar siswa dari pada strategi Snowball Drilling. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Direct Instruction, Model Pembelajaran Snowball Drilling, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa
PERBEDAAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUKAN GEOGEBRA BERBENTUK VIDEO DAN TANPA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI : KELAS XI MAS AL-IKHLAS BAHJAMBI Suci Santika
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan visualisasi spasial dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Geogebra berbentuk video pembelajaran dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Geogebra tanpa video pembelajaran di kelas XI MAS Al-Ikhlas Bah Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI MAS Al-Ikhlas Bah Jambi Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 50 siswa, yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan visualisasi spasial dan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Adapun simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan visualisasi spasial dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Problem Based Learning berbantukan Geogebra berbentuk video pembelajaran dan Pembelajaran Problem Based Learning berabntukan Geogebra tanpa video pembelajaran di kelas XI MAS Al-Ikhlas Bah Jambi.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESULITAN BELAJAR MAHASISWA BARU PADA MASA PEMBELAJARAN DARING Muhammad Bagas F; Kurniawan Sinaga; Amirudin
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 1 No 2 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh motivasi belajar terhadap kesulitan belajar pada Mahasiswa Baru. Sebanyak 93 Mahasiswa baru Angkatan 2020 Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Instrumen yang digunakan adalah skala kesulitan belajar dan skala motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi dan uji hipotesis. Hasilnya menunjukkan : 1) berdasarkan uji asumsi data penelitian terbukti secara normalitas, homogenitas dan linieritas; 2) terdapat hubungan positif dan ada pengaruh yang siginifikan Antara Motivasi Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Saat Pembelajaran Daring yaitu sebesar 51,4%. Kata Kunci : Motivasi Belajar; Kesulitan Belajar dan Mahasiswa Baru.

Page 1 of 1 | Total Record : 8