cover
Contact Name
Muhammad Bagas F
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6282161984112
Journal Mail Official
research.yana@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja Nomor 171, Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara, 20552
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains
ISSN : 2807663X     EISSN : 2807629X     DOI : https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS" : 10 Documents clear
PENERAPAN PPKM LEVEL 4 KOTA MEDAN DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI EPISTEMOLOGI, ONTOLOGI DAN AKSIOLOGI Mhd Ricky Murtadha; Al Fajri Bahri; Mohamad Aji Prasetia
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama pandemi covid-19, pemerintah tentunya membuat berbagai kebijakan dalam menanggulangi, mencegah dan mengurangi jumlah kasus covid-19. Di kota Medan sendiri, Pemerintah Kota (Pemko) Medan ketika dalam kondisi zona merah yaitu menerapkan kebijakan PPKM Level 4. Pada jurnal ini penulis menjelaskan permasalahan penerapan PPKM Level 4 yang terjadi di kota Medan dan diulas oleh kajian filsafat epistemologi, ontologi dan juga aksiologi. Hal ini semata-mata untuk mengetahui penerapan yang dilakukan Pemko Medan sudah memang berdasarkan kajian atau belum, sudah ada bukti konkret manfaatnya atau tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, penulis mencoba menguraikan kebijakan Pemko Medan dalam pandangan filsfafat. Dikarenakan selama pandemi covid-19 terjadi banyak permasalahan pada masyarakat atas kebijakan penerpan PPKM Level 4 tersebut. Kemudian pada jurnal ini akan dijelaskan pokok-pokok masalah, pengertian epistemologi, ontologi dan aksiologi, menjelaskan PPKM Level 4 kota Medan serta tinjauan epistemologi, ontologi dan aksiologi. Kata Kunci : PPKM Level 4, Covid-19, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi.   ABSTRACT         During the COVID-19 pandemic, the government of course made various policies in tackling, preventing and reducing the number of COVID-19 cases. In the city of Medan itself, the Medan City Government (Pemko) when it was in a red zone condition was implementing a Level 4 PPKM policy. This is simply to find out if the implementation carried out by the Medan City Government is indeed based on studies or not, there is concrete evidence of its benefits or none at all. Therefore, the author tries to describe the policy of the Medan City Government in a philosophical perspective. Due to the COVID-19 pandemic, there were many problems with the community regarding the policy for implementing the Level 4 PPKM. Then this journal will explain the main issues, understanding epistemology, ontology and axiology, explaining PPKM Level 4 Medan city and reviewing epistemology, ontology and axiology. Keywords: PPKM Level 4, Covid-19, Epistemology, Ontology, Axiology.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM MIS MUSHROOM DI DESA MARIHAT DOLOK Lia Pratiwi; Syahrul Abidin; Nabila Yasmin
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Budidaya Jamur Tiram Mis Mushroom Di Desa Marihat Dolok Kecamatan Bintang Bayu”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan Mis Mushroom dalam upaya memasarkan Jamur Tiram dan hambatan yang dihadapi. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC). Objek dari penelitian ini adalah budidaya Jamur Tiram Mis Mushroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan paradigma deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran budidaya Jamur Tiram Mis Mushroom ini, tentunya tidak selalu berjalan dengan lancar meski sedikit banyaknya sudah menerapkan teori komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC) dan juga hambatan yang dihadapi diantaranya masih kurangnya pemanfaatan media sosial dan kurang efektifnya strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Mis Mushroom. Kata kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran; IMC/Integrated Marketing Communication; Jamur Tiram. ABSTRACT      This research is entitled "Marketing Communication Strategy for Oyster Mushroom Cultivation Mis Mushroom in Marihat Dolok Village, Bintang Bayu District". The purpose of this study was to find out how the strategies used by Mis Mushroom in an effort to market Oyster Mushrooms and the obstacles they faced. The theory used is the theory of Integrated Marketing Communication (IMC). The object of this research is the cultivation of the Mis Mushroom Oyster Mushroom. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive paradigm. The results show that in carrying out the marketing communication strategy for the cultivation of Oyster Mushroom Mis Mushroom, of course it does not always run smoothly even though more or less have applied the theory of integrated marketing communication (IMC) and also the obstacles faced include the lack of use of social media and the ineffectiveness of the marketing communication strategy carried out by Mis Mushroom. Keywords: Marketing Communication Strategy; IMC/Integrated Marketing Communication; Oyster mushroom.
PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA ANAK REMAJA Devi Junita Sari; Muhammad Husni Ritonga; Khoirul Jamil
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Riset ini membahas tentang bagaimana perilaku komunikasi Intrepersonal dalam penggunaan media sosial Youtube pada anak remaja di kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan  Medan Timur  khususnya lingkungan  XI. Tujuan  penelitian  ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku komunikasi interpersonal dalam penggunaan  media sosial YouTube pada anak remaja berusia 13-17 tahun salah  satunya  pelajar SMA dan dampak perilaku yang  mempengaruhi pada anak remaja dalam pengguna media sosial Youtube tersebut. Metode penelitian ini yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus deskriptif sebagai proses penelitian untuk menghasilkan data deskriptif yang berupa tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati berupa observasi dan wawancara adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini. Dengan mewawancarai key informan dari pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara, Kepala Lurah Pulo Brayan Darat I, pelajar SMA dan juga orang tua terdiri dari 7 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku komunikasi interpersonal dalam penggunaan media sosial youtube. Dan dampak dari anak remaja dalam penggunaan media sosial YouTube dapat menimbulkan kecanduan penggunaan media sosial tersebut. Sehingga, anak remaja menjadi berperilaku yang menyimpang.  Kata Kunci : Perilaku; Komunikasi Interpersonal; YouTube; Remaja   ABSTRACT      This research discusses how Intrepersonal communication behavior in the use of Youtube social media among teenagers in the Pulo Brayan Darat I village, East Medan District, especially the XI environment. The purpose of this study was to find out how interpersonal communication behavior in the use of YouTube social media among teenagers aged 13-17 years, one of them is high school students and the impact of behavior that affects teenagers on Youtube social media users. The research method used is a qualitative method with a case study approach. Descriptive case studies as a research process to produce descriptive data in the form of written and oral from people and observed behavior in the form of observations and interviews are data collection techniques carried out in this study. By interviewing key informants from the Department of Communication and Information of North Sumatra, the Head of Pulo Brayan Darat I Village, high school students and also their parents consisting of 7 people. The results of this study indicate that interpersonal communication behavior in the use of social media youtube. And the impact of teenagers in using YouTube social media can lead to addiction to the use of social media. So, teenagers become deviant behavior. Keywords: Behavior; Interpersonal Communication; YouTube; Teenager
ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN INSTAGRAM @ZEROWASTE.ID_OFFICIAL DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN Raden Tasya Athiyyah Goesda; Hasan Sazali; Abdul Rasyid
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melalui media Instagram ini, Zero Waste Indonesia sebagai komunitas berbasis online membagikan pesan-pesan pelestarian lingkungan. Dari hal tersebut penulis tertarik untuk meneliti adanya komunikasi persuasif dalam pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh Zero Waste Indonesia. Dalam skripsi ini penulis menyajikan pembahasan meliputi: pertama, Bagaimana isi postingan Instagram @zerowaste.id_official di Bulan September-Oktober Tahun 2020. Kedua, Bagaimana penerapan metode Komunikasi Persuasif pada postingan Instagram @zerowaste.id_official di Bulan September-Oktober Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan teknis penggalian data menggunakan dokumentasi. Teknis pengolahan data dengan analisis isi. Dari hasil analisa data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama, isi postingan instagram @zerowaste.id_official di Bulan September-Oktober Tahun 2020 antara lain berisi tentang gaya hidup minim sampah, bisnis ramah lingkungan, kampanye habiskan makananmu, DIY, Perubahan iklim, fenomena kelaparan, dan kampanye tukar baju. Kedua, Metode komunikasi persuasif yang digunakan oleh Zero Waste meliputi metode partisipasi, metode asosiasi, metode icing device, metide payy-off idea, dan metode fear arrousing. Namun, kebanyakan dari metode yang digunakan adalah teknik icing device. Dari situ menunjukan adanya pendekatan emosional dari caption juga foto. Kata Kunci: Analisis Isi, Komunikasi Persuasif, Zero Waste Indonesia, Instagram.   ABSTRACT       Through this Instagram media, Zero Waste Indonesia as an online-based community shares messages on environmental conservation. From this, the author is interested in researching the existence of persuasive communication in environmental conservation carried out by Zero Waste Indonesia. In this thesis the author presents a discussion including: first, how the contents of @zerowaste.id_official Instagram posts in September-October 2020. Second, how to apply the Persuasive Communication method to @zerowaste.id_official Instagram posts in September-October 2020. This research is a qualitative research. While the technical data mining using documentation. Technical data processing with content analysis. From the results of data analysis and research results, it can be concluded that: first, the contents of @zerowaste.id_official's Instagram posts in September-October 2020 include, among other things, a minimal waste lifestyle, environmentally friendly business, spend your food campaign, DIY, climate change, phenomena famine, and a change of clothes campaign. Second, the persuasive communication method used by Zero Waste includes the participation method, the association method, the icing device method, the payy-off idea method, and the fear arousing method. However, most of the methods used are icing device techniques. From there, it shows an emotional approach from captions and photos. Keywords: Content Analysis, Persuasive Communication, Zero Waste Indonesia, Instagram.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM SOSIOLOGI Nelli Saragih
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang dirancang agar peserta didik mendapat pengetahuan penting, yang membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah dan memiliki model belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim sebagai inti pembelajaran. Siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, analisa informasi untuk menghasilkan suatu bentuk hasil belajar. Model pembelajaran ini menggunakan pendekatan yang sistemik untuk memecahkan masalah masalah social atau menghadapi tantangan yang nanti diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.  Melaui PBL, bekerja secara berkelompok, untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata.  peserta didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai sumber subjek materi. Dengan menerapkan PBL ini, diharapkan siswa mampu memahami dan menerapkan materi pembelajaran dengan kenyataan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari melalui penelitian social yang mereka lakukan.  Kata kunci : model pembelajaran ; sosiologi ; problem based learning ; penelitian sosial.   ABSTRACT       Problem-based learning or Problem Based Learning is a learning model designed to give students important knowledge, which makes them proficient in solving problems and having their own learning model and having the skills to participate in teams as the core of learning. Students explore, assess, interpret, analyze information to produce a form of learning outcomes. This learning model uses a systemic approach to solve social problems or face challenges that are later needed in everyday life. Through PBL, work in groups, to find solutions to real-world problems. learners in a collaborative project that integrates multiple sources of subject matter. By implementing PBL, it is hoped that students will be able to understand and apply learning materials to the realities of everyday people's lives through the social research they do. Keywords: learning model; sociology; problem based learning; social research.
DAMPAK KOREAN WAVE TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA (BUDAYA REMAJA DI KOTA MEDAN) Indah Sri Wahyuni; Abdul Rasyid; Sakti Ritonga
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Riset ini membahas mengenai bagaimana dampak dari Korean Wave terhadap gaya hidup remaja di Kota Medan serta peran dari media massa dalam penyebaran budaya Korea di Indonesia. Sehingga memberi hasil bahwa Korean Wave berdampak terhadap gaya hidup remaja di Kota Medan. Berikut memaparkan hasil dalam enam bagian yaitu: (1) Korean Wave berdampak terhadap gaya berbusana remaja, (2) Korean Wave berdampak terhadap selera kuliner remaja, (3) Korean Wave berdampak terhadap perilaku konsumtif remaja, (4) Korean Wave berdampak terhadap perubahan komunikasi remaja. (5) Drama, musik dan gaya hidup orang Korea menjadi daya tarik remaja, (6) Media elektronik dan media sosial menjadi media yang paling berpengaruh dalam penyampai budaya Korean Wave seperti TV, instagram, tik-tok, telegram, facebook, twitter, whatsapp dan internet. Dimana remaja terpengaruh baik dari gaya hidup orang Korea maupun kebudayaan yang mereka lihat dari media yang ada. Serta perilaku konsumtif yang terjadi pada remaja penggemar Korean Wave lebih banyak dari remaja pada umumnya dikarenakan pengaruh dari apa yang mereka sukai. Untuk penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara baik langsung maupun online. Hasil penelitian juga tidak hanya memberikan dampak positif namun juga dampak negatif kepada para remaja yang ada di Kota Medan. Kata Kunci : Korean Wave; Budaya; Gaya Hidup   ABSTRACT       This research discusses how the impact of the Korean Wave on the lifestyle of teenagers in the city of Medan and the role of the mass media in the spread of Korean culture in Indonesia. So it gives the result that the Korean Wave has an impact on the lifestyle of teenagers in the city of Medan. The following describes the results in six parts, namely: (1) Korean Wave has an impact on teenagers' fashion styles, (2) Korean Wave has an impact on teenagers' culinary tastes, (3) Korean Wave has an impact on adolescent consumptive behavior, (4) Korean Wave has an impact on changes in communication teenager. (5) Korean drama, music and lifestyle attract teenagers, (6) Electronic media and social media are the most influential media in transmitting Korean Wave culture such as TV, Instagram, tik-tok, telegram, facebook, twitter, whatsapp and the internet. Where teenagers are influenced by both the Korean lifestyle and the culture they see from the existing media. And consumptive behavior that occurs in Korean Wave fans is more than teenagers in general due to the influence of what they like. This research uses descriptive qualitative research methods with data collection techniques using both direct and online interviews. The results of the study also did not only have a positive impact but also a negative impact on teenagers in the city of Medan. Keywords: Korean Wave; Cultural; Lifestyle
STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEREALISASIKAN VAKSIN COVID-19 DI PUSKESMAS SENTOSA BARU (SEI KERA HILIR I) Romaito Hutasoit; Syahrul Abidin; Ismail
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Corona Virus Disease (Covid-19) merupakan penyakit menular dan berbahaya. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Corona Virus Disease (Covid-19) menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat baik nasional ataupun internasional yang harus memerlukan upaya pencegahan efektif. Sehingga Pemerintah terus melakukan upaya membangun kesadaran masyarakat melalui Vaksinasi Covid-19. Pentingnya Vaksin Covid-19 dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 dan pengendalian Corona yang menjadi masalah kesehatan dunia. Untuk itu, Pemerintah dengan gencar melakukan Vaksinasi massal. Provinsi Sumatra Utara mendapat presentase peningkatan yaitu 238%. Dari hasil tersebut menggambarkan bahwa pemilihan strategi komunikasi yang dilakukan berhasil dengan baik. Objek penelitian ini adalah Puskesmas Sentosa Baru dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan Puskesmas Sentosa Baru, serta untuk mengetahui bagaimana cara merealisasikan  vaksin Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengambil data melalui observasi langsung dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah Puskesmas Sentosa Baru menggunakan beberapa strategi komunikasi persuasif dalam merealisasikan Vaksin Covid-19, yaitu strategi komunikasi Pscyhodynamic, Sosiocultural, Meaning Construction. Faktor pendukung dalam Vaksinasi Covid-19 ini yaitu pertama, adanya dukungan dari Pemerintah provinsi kota Medan maupun daerah. Kedua, koordinasi dan kerjasama yang baik dengan mitra dan petugas kesehatan yang mendukung Vaksinasi Covid-19. Kemudian faktor penghambatnya yaitu, pertama munculnya isu penyakit mengenai vaksin dan kekhawatiran masyarakat atas resiko efek samping setelah melakukan vaksin.  Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Vaksin Covid-19   ABSTRACT       Corona Virus Disease (Covid-19) is an infectious and dangerous disease. Based on data from the Ministry of Health of the Republic of Indonesia, Corona Virus Disease (Covid-19) is one of the public health problems both nationally and internationally that must require effective prevention efforts. So that the Government continues to make public awareness efforts through the Covid-19 Vaccination. The importance of the Covid-19 vaccine is carried out for the spread of the Covid-19 virus and controlling Corona which is a world health problem. For this reason, the Government is aggressively conducting mass vaccinations. North Sumatra Province received a percentage increase of 238%. From these results illustrate that the selection of communication strategies that are carried out are successful. The object of this research is the Sentosa Baru Health Center and the purpose of this study is to find out how the persuasive communication strategy is carried out by the Sentosa Baru Health Center, and to find out how to realize the Covid-19 vaccine. This research uses descriptive qualitative method by taking data through direct observation and interviews. The result of this study is that the Sentosa Baru Health Center uses several persuasive communication strategies in realizing the Covid-19 Vaccine, namely the Pscyhodynamic, Sosiocultural, Meaning Construction communication strategy. The supporting factors in the Covid-19 vaccination are, first, the support from the Medan city and regional government. Second, good coordination and cooperation with partners and health workers who support Covid-19 vaccination. Then the inhibiting factor, namely, the first emergence of the disease regarding the vaccine and the public regarding the side risks after doing the vaccine. Keywords : Communication Strategy, Covid-19 Vaccine
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID-19 Regi Utami Nasution; Shalsa Sakila; Sindi; Yusril Mahendra
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada saat penelitian ini belangsung tujuan utama adalah untuk mengetahui belajar online yang terjadi di masa pandemic, dan penelitian ini dilakukan di SMP al- wasliyah No.42 Berastagi. Dalam penelitian ini metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif yang bersifat deskriptif yang artinya penelitia ini mengarah kepada teknik mengumpulkan data melalui sebuah kusioner, wawancara, dan menyebarkan sebuah angket. Jumlah informan yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 siswa dan siswi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini  meliputi : pengumpulan data, pengumpulan data yang kami lakukan dengan melakukan tahap penilaian skor jawaban dari hasil pertanyaan angket dan di lakukan uji statistik deskriptif. Berdasarkan hasil temuan penelitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan  sangat mempengaruhi minat belajar siswa dan juga  interaksi sosial antara guru dan siswa menjadi masalah yang hampir menyulitkan siswa untuk  melaksanakanya. Keluar diskusi dan masalah ekonomi sangat mempengaruhi pembelajaran online.   Kata Kunci : Pembelajaran daring, Minat Belajar ABSTRACT       This study aims to determine the effect of online learning during the COVID-19 pandemic at Al-Wasliyah Middle School No.42 Berastagi. The method used in this study is a descriptive quantitative method, which means this research refers to data collection techniques through questionnaires, interviews and questionnaires. The number of informants taken in this study were 25 students. Data analysis techniques used in this study include: data collection, data collection that we did by conducting the assessment stage of the answer scores from the results of the questionnaire questions and descriptive statistical tests were carried out. Based on the results of research findings in the field, it can be concluded that the learning process carried out greatly affects students' interest in learning and also social interaction between teachers and students becomes a problem that almost makes it difficult for students to implement it. Exit discussions and economic issues greatly affect online learning. Keyword : Online Learning, Interest to Learn.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 Alfin Agung Azhar; Bayu Prabowo; Muhammad Nasir; Yuli Anisyah Hasibuan; Muhammad Taufiq Azhari
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehadiran Virus Corona membuat segala aktivitas kita mengalami perubahan rutinitas, termasuk dalam hal pendidikan. Dulu pembelajaran disekolah dilaksanakan secara tatap muka, akan tetapi saat ini kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran secara daring dimasa pandemi covid 19 bagi siswa/siswi SMA Darussalam Kota Medan. Penelitian ini menggunakan model Kualitatif dengan metode survei dan kuisioner melalui googleform. Responden dari penelitian ini hanya berjumlah 24 siswa/siswi (1 kelas) dikarenakan sedang adanya pelaksanaan Ujian Akhir Semester. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 98% siswa/siswi menginginkan pembelajaran secara tatap muka, sedangkan hanya 2% saja Siswa yang menginginkan pembelajaran daring, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring secara terus menerus selama masa pandemi ini kurang efektif. Kata Kunci: Pembelajaran Daring; Covid-19; Siswa.   ABSTRACT       The presence of the Corona Virus has made all our activities experience changes in routine, including in terms of education. In the past, learning in schools was carried out face-to-face, but now learning activities must be carried out online. The purpose of this study was to find out how much effective online learning is during the covid 19 pandemic for Darussalam High School students, Medan City. This study uses a qualitative model with survey methods and questionnaires through google form. Respondents from this study only amounted to 24 students (1 class) due to the implementation of the Semester Final Examination. The results of this study indicate that 98% of students want face-to-face learning, while only 2% of students want online learning, so it can be concluded that continuous online learning during this pandemic is less effective.  Keywords: Online Learning; Covid-19; Students.
PERAN GADGET PADA PEMBELAJARAN SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 Ayu Lestari; Arini Lestari; Al Tasya Fitrah; Indah Ussania; Lintang Dwiyana; Muhammad Taufiq Azhari
Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains Vol 2 No 2 (2022): ALGEBRA : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN SAINS
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini dunia sedang dilanda pandemi virus corona yang membawa mempengaruhi semua sektor. Dunia pendidikan adalah bagian darinya. Meskipun ada banyak kemungkinan serangan orang tua, tetapi virus ini dapat menginfeksi siapa saja, termasuk anak-anak. Dampak terhadap dunia pendidikan akibat  virus corona datang, memunculkan strategi baru untuk terus mendukung pembelajaran  dilaksanakan di sekolah-sekolah. Pemerintah sedang memperkenalkan e-learning untuk dilakukan secara online. Dalam kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa tidak bertemu secara tatap muka, melainkan hanya menggunakan internet di smartphone atau gadget. Menggunakan gadget di masa pandemi  saat ini, orang tua harus lebih mengawasi karena proses belajar mengajar dilakukan secara online, mengharuskan orang tua untuk bertindak sebagai guru dan juga sebagai mentor bagi anak-anak saya. Jika anak-anak ini tidak diawasi, mereka akan menggunakan gadget yang tidak dimaksudkan untuk digunakan menyelesaikan proses pembelajaran, tetapi mereka akan menggunakannya untuk bermain game atau konten lainnya. Banyak kegiatan anak-anak di masa pandemi seperti hari ini yang akan  dilakukan Di rumah mereka akan mengisi waktu dengan bermain di smartphone dibandingkan dengan belajar. Efek pada anak-anak saat bermain dengan mainan Terlalu banyak akan mempengaruhi perkembangan kepribadian sosial dan perilaku anak, anak akan berperilaku tidak baik, apalagi jika tidak ada diawasi oleh orang tuanya. Kata Kunci: Gadget; Pembelajaran Daring; Covid-19.   ABSTRACT        Currently the world is being hit by a corona virus pandemic that has affected all sectors.  The world of education is a part of it.  Although there are many possibilities for parental attacks, this virus can infect anyone, including children.  The impact on the world of education due to the corona virus came, giving rise to new strategies to continue to support learning carried out in schools.  The government is introducing e-learning to be done online.  In learning activities between teachers and students do not meet face to face, but only use the internet on smartphones or gadgets.  Using gadgets during the current pandemic, parents have to supervise more because the teaching and learning process is done online, requiring parents to act as teachers and also as mentors for my children.  If these children are not supervised, they will use gadgets that are not intended to be used to complete the learning process, but they will use them to play games or other content.  Many children's activities during a pandemic like today will be done. At home, they will fill their time by playing on their smartphone instead of studying.  Effects on children when playing with toys Too much will affect the development of social personality and behavior of children, children will behave badly, especially if there is no supervision by their parents. Keywords: Gadgets;Online Learning; Covid-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 10