cover
Contact Name
Teng Sutrisno
Contact Email
tengsutrisno@petra.ac.id
Phone
+6231-2983139
Journal Mail Official
tengsutrisno@petra.ac.id
Editorial Address
Gedung P lantai 5, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya, Jawa Timur 60236, Indonesia.
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknik Mesin
ISSN : 14109867     EISSN : 26563290     DOI : https://doi.org/10.9744/jtm
Jurnal Teknik Mesin (JTM) merupakan Jurnal Keilmuan dan Terapan Teknik Mesin yang dikelola oleh Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra. JTM terbit pertama pada April 1999. JTM telah mendapatkan akreditasi Jurnal Nasional oleh Dirjen Dikti Depdiknas dengan SK-Nomor: 02/Dikti/Kep/2002, SK-Nomor :43/DIKTI/Kep/2008. JTM diterbitkan setiap bulan April dan Oktober. Tujuan penerbitan jurnal ini antara lain adalah untuk: Menyebarluaskan pengetahuan, pengalaman/terapan dan temuan baru para ilmuwan atau praktisi di bidang teknik mesin. Meningkatkan motivasi para ilmuwan dan praktisi untuk melakukan penelitian dan pengembangan ilmu di bidang teknik mesin
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2004): APRIL 2004" : 5 Documents clear
Pengaruh Kecepatan Putar Pada Proses Pengecoran Aluminium Centrifugal Sugiharto Sugiharto; Soejono Tjitro
Jurnal Teknik Mesin Vol. 6 No. 1 (2004): APRIL 2004
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

One of the methods in casting process is centrifugal casting. Generally, it is used to make a product in the form of cylinder or symmetric on spin mold. Thus, it is necessary to discuss further about the influence of rotation velocity variation on the quality of Aluminum casting product that enwrap mechanical characteristic and micro structure. The velocity variations that chosen are 150 rpm, 180 rpm and 200 rpm. This experiment is executed by looking at micro structure that is produced on each rotation variation especially the part of cross section of casting product. Then, it can be done a discussion about micro structure relation towards the hardness number on each rotation variation. In the observation of micro structure, grain structure that is produced by centrifugal casting is generally equiaxed and columnar with the orientation of direction in accordance with the direction of machine velocity. From the result of Vickers hardness test, it can be seen that rotation variation on 200 rpm show higher hardness number rather than another rotation variation. Abstract in Bahasa Indonesia : Salah satu metode dalam proses pengecoran adalah pengecoran centrifugal yang pada umumnya digunakan untuk menghasilkan benda berbentuk silinder atau benda kerja yang simetris pada cetakan yang berputar. Oleh karena itu perlu dikaji lebih lanjut tentang pengaruh variasi kecepatan putar cetakan terhadap kualitas pengecoran alumunium yang meliputi sifat mekanik (kekerasan) dan struktur mikro. Variasi kecepatan yang dipilih sebesar 150 rpm, 180 rpm dan 200 rpm. Percobaan dilakukan dengan melihat hasil struktur mikro yang dihasilkan pada setiap variasi putaran terutama bagian penampang melintang produk cor. Selanjutnya dapat dilakukan pembahasan mengenai hubungan struktur mikro terhadap angka kekerasan setiap variasi putaran tersebut. Pada pengamatan struktur mikro, bentuk butir yang dihasilkan pengecoran centrifugal secara umum berbentuk equiaxed dan columnar dengan orientasi kemiringan sesuai dengan arah putaran mesin. Dari hasil uji kekerasan Vickers, terlihat bahwa variasi putaran 200 rpm menunjukkan angka kekerasan yang lebih besar dibandingkan dengan variasi putaran lainnya. Kata kunci: pengecoran centrifugal, aluminium, kekerasan, struktur mikro.
Pengaruh Ukuran Dan Jumlah Elemen Singular Terhadap Harga Faktor Intensitas Tegangan Untuk Kasus Retak Pojok Eliptik Dengan Metode Elemen Hingga Wajan Berata; Nurul Muhayat
Jurnal Teknik Mesin Vol. 6 No. 1 (2004): APRIL 2004
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stress intensity factor evaluation is needed to evaluate residual strength and crack growth. It developes some methods to evaluate stress intensity factor. In this research, the stress intensity factor is evaluated on the case of part through crack in finite solid with configuration of quarter elliptic corner crack. It is done by ANSYS software which based on finite element method. Crack tip element model is chosen a quarter point isoparametric 20 node three dimension. The result of ANSYS analysis gives the geometry factor (â) close enough to geometry factor (â) of BEASY software result, with maximum error of 7.99% for the 90o - angle. On the other side, comparation of the ANSYS result with the result of Newmann-Raju equation, the error maximum is 3.89% for the 0o -angle. From statistical test is known that the selection of singular element size and number, disposed doesn't seem to influence the result of stress intensity factor calculation.
Pengaruh Arc On dan Arc Off Time Terhadap Kekasaran Permukaan dan Laju Pembuangan Geram Hasil Pemesinan Sinking EDM Suhardjono Suhardjono
Jurnal Teknik Mesin Vol. 6 No. 1 (2004): APRIL 2004
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sinking type electro discharge machine (EDM) is the nwst popular non conventional machining method in the current decade based on modern CNC controlled. Although the EDM process has been used for decades, it is still widely misunderstood by many in manufacturing. The EDM is used when the work piece material is too hard, or the shape or location of the detail cannot easily be conventionally machined e.g. high precision mold and die with high surface quality. The performance of this process can be indicated by productivity and quality of product to be machined. An experiment to study the effect of machining parameter on productivity and surface quality has been done by varying the most important parameter arc on and arc off time. For this experiment a Charme Pulse CD-50M type sinking EDM machine is used to perform the machining process of tool steel SKD 11 material (55- 65 HRC) with an copper electrode and esso lector 40 of dielectric fluid that having a density of 6.8 gr / cm3 and 1320C burning temperature for jet side flushing. The constant parameters are current 8 Ampere, voltage 40 volt and depth of machining 0.5 mm. The experimental data is analyzed by statistically program and the result are empirical formulas of the average roughness Ra = 0.624. A0.4. B-0.01 and the metal removal rate MRR = 0.2. A0.25.B0.53%2C where A is arc on time and B is arc off time. Abstract in Bahasa Indonesia : Electrical Discharge Machine (EDM) sinking merupakan salah satu proses permesinan non konvensional yang berbasis komputer sebagai pengendali utamanya. Dimana EDM shinking digunakan untuk membuat rongga cetakan yang memiliki kontur yang kompleks dan kepresisian yang tinggi. Salah satu produk yang sering dikerjakaan oleh mesin EDM adalah dies dan mould yang memiliki kekerasan yang tinggi. Peranan dies dan mould pada proses manufaktur seperti deep drawing, forging, pengecoran dan lain-lain sangatlah berpengaruh terutama pada kualitas ketepatan dimensi, kepresisian dan kekasaran permukaan dies. Untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil produk sesuai dengan yang diharapkan maka pengetahuan paramater selama proses permesinan EDM haruslah baik. Suatu eksperimen yang bertujuan untuk mempelajari pengaruh arc on time dan arc off time terhadap kekasaran permukaan produk dilakukan untuk mengetahui karakteristik mesin EDM sinking. Eksperimen akan dilakukan pada mesin EDM sinking jenis Charme Pulse CD-50M dan benda kerja plat baja SKD 11 dengan kekerasan 55 s/d 61 HRC yang sering digunakan sebagai bahan dies, elektrode yang digunakan tembaga dan fluida dielectric adalah esso lector 40 dengan density 6,8 gr/cm3 pada temperature burning 132oC. Dalam pengujian ini analisa statistiknya untuk variable bebas adalah arc on time, arc of time. Adapun varible terikat (repon) adalah kekasaran permukaan dan MRR (metal removal rate). Parameter pengujian yang konstan adalah arus listrik 8 ampere, voltase 40 volt, kedalaman pemotongan 0.5 mm, metode jet/side flushing dan untuk parameter pengujian yang tidak konstan adalah pulse on time, pulse of time dan waktu eksekusi tiap titik. Data yang diperoleh dianalisa statistik dengan software Minitab untuk mendapatkan persamaan empiris hubungan antara arc time dan arc off time terhadap kekasaran permukaan. Hasil dari pengujian ini didapatkan bahwa untuk off time konstan dan on time yang semakin naik didapatkan nilai kekasaran permukaan semakin besar dan nilai MRR semakin naik, untuk untuk on time yang konstan serta off time yang semakin naik didapatkan nilai kekasaran permukaan yang relatif konstan dan harga MRR semakin turun. Adapaun persamaan empiris yang didapatkan pada software minitab adalah: - Kekasaran Permukaan (Ra) = 0.624.A0.4.B-0.01 - Metal Removal Rate (MRR) = 0.2. A0.25.B-0.53 dimana A (arc on time), B (arc off time) Kata kunci : Arc on time, arc off time, kekasaran permukaan, metal removal rate (MRR), EDM Sinking.
Attic Hatch Model Implementation Using the Bondgraph Zulkifli Hidayat; Hany Ferdinando
Jurnal Teknik Mesin Vol. 6 No. 1 (2004): APRIL 2004
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The Bondgraph had been used widely in building and simulating a model. This paper solves a problem in an attic hatch (planar mechanism problem) using Bondgraph approach. Planar mechanisms are idealized systems that can translate and rotate in one plane. In the same way as linear translation or uni-axial rotation, planar motions can be considered as a special case of spatial motions of mechanisms. In the attic hatch system, people have to push with lot of power to open it. Then came up an idea to add a mass-pulley mechanism in order to open and close it easily. Before implementing this idea, it needs to simulate it first, because it needs to adjust many parameter combinations. This will also prevent someone to make unnecessary hole while implementing this idea (such as trial and error). This paper only dealt with building and simulating this idea, not going further in the real implementation. The simulation result shows that several parameters should be chosen carefully in order to achieve the final goal, i.e. to open the hatch easily and fast. The 20-Sim simulation package is used to verify the model. Abstract in Bahasa Indonesia : Bondgraph sudah dipergunakan secara luas untuk mensimulasikan sebuah model dari plant. Makalah ini akan membahas permasalahan yang terjadi dalam membuat sebuah attic hatch (pintu ke atap yang biasanya terdapat di rumah-rumah Eropa) dengan menggunakan bondgraph. Attic hatch merupakan suatu permasalahan dalam planar mechanism. Planar mechanism ada system ideal yang dapat bertranslasi dan berotasi dalam satu bidang datar. Seperti pada translasi linier atau rotasi pada satu sumbu, gerakan planar dapat digolongkan sebaagai kasus khusus dalam mekanik. Pada attic hatch,orang harus mendorong pintu untuk membukanya. Sehingga muncul suatu ide untuk menambahkan katrol dan beban untuk memudahkan proses buka dan tutupnya. Untuk menambahkan katrol dan beban ini, perlu dilakukan suatu simulasi untuk menghindari pembuatan lobang yang tidak perlu. Makalah ini hanya membahas simulasi dari sistemnya tanpa memasukkan implementasi secara nyata. Dari hasil simulasi, didapatkan bahwa beberapa parameter harus dipilih secara hati-hati untuk dapat membuka dan menutup pintu dengan mudah. Dalam simulasi ini dipergunakan software 20-Sim. Bond graph, simulation, 20-Sim. Kata kunci: bondgraph, simulasi, 20-Sim
Pengembangan Sistem Transmisi Otomatis Pada Sepeda Motor Suzuki Joni Dewanto; Felix Pasila; Heri Susanto
Jurnal Teknik Mesin Vol. 6 No. 1 (2004): APRIL 2004
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The fast growing technology in automotive has made possible to replace convensional transmission system on motorcycle with automatic transmission system to ease the rider. The development of automatic transmission system on motorcycle is intended to replace the convensional transmission system (semi automatic) with automatic transmission system by using microcontroller as brain of the new system. The final project used ATMEL 89C51 microcontroller to recieve pulse from wheel rotation sensor as a reference to energise DC motor to change transmission gear. This system used first gear at speed 0-18 kh/h, second gear at speed 19-37 km/h, third gear at speed 38-60 km/h and fourth gear at speed above 60km/h. The result of the experiment shown that the respons of this automatic transmission system is slower than convensional system. The experiment had shown that to reach velocity from 0 to 60 km/h, the automatic transmission system need 14.73 seconds, meanwhile convenssional system need 13,59 seconds. Abstract in Bahasa Indonesia : Kemajuan teknologi dibidang otomotif memungkinkan sistem tranmisi konvensional pada kendaraan bermotor roda dua diganti dengan sistem transmisi otomatis agar mempermudah pengguna dan tidak mengabaikan kenyamanan dalam berkendara. Pengembangan Sstem Transmisi Otomatis pada sepeda motor ini bertujuan mengganti sistem transmisi konvensional (semi otomatis) menjadi otomatis, dengan menggunakan mikrokontroler sebagai otak utama sistem. Mikrokontroler ATMEL C51 menerima pu1sa dari sensor putaran roda sepeda motor sebagai acuan untuk menggerakkan motor DC sebagai pengubah gigi transmisi. Pada sistem ini sudah ditentukan untuk gigi 1 bekerja pada kecepatan 0-18 km/jam, gigi 2 bekerja pada kecepatan 19-37 km/jam, gigi 3 bekerja pada kecepatan 38-60 km/jam dan gigi 4 bekerja pada kecepatan 60 km/jam ke atas. Dari percobaan yang telah dilakukan di dapatkan bahwa respon dari sistem transmisi otomatis ini lebih lambat dibandingkan dengan sistem konvensional. Untuk kecepatan dari 0 hingga 60 km/jam pada kondisi jalan lurus, dengan sisten transmisi otomatis memerlUkan waktu 14,73 detik, sedang untuk sistem konvensional memerlukan waktu hanya 13,59 detik. Kata kunci : Automatic, Motorcycle, Transmission System.

Page 1 of 1 | Total Record : 5