cover
Contact Name
Muhammad Arief budiman
Contact Email
ariefbudiman@upgris.ac.id
Phone
+628157648763
Journal Mail Official
absolutegreen@gmail.com
Editorial Address
Jl Sidodadi Timur no 24 , Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Elementary School
ISSN : 30308437     EISSN : 30257646     DOI : https://doi.org/10.26877/ijes.v3i2.12540
Core Subject : Education,
Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan bahasa indonesia di sekolah dasar, pendidikan bahasa inggris di sekolah dasar, pendidikan inklusi di sekolah dasar, pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar, Inovasi Pembelajaran, Pengembangan Media Pembelajaran, Model Pembelajaran, Instrumen Penilaian, dan kajian Kurikulum.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): IJES Vol.1 No.1, July 2021" : 5 Documents clear
PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (DITINJAU DARI PEMEROLEHAN SEMANTIK DAN FONETIK) DENGAN MENGGUNAKAN KEGIATAN BERCERITA JURNAL PAGI DAN CERITA SEHARI-HARI DI TK MUSLIMAT NU MASYITOH !9 “ANNISA” JENGGOT Afifah Afifah
Indonesian Journal of Elementary School Vol 1, No 1 (2021): IJES Vol.1 No.1, July 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v1i1.9298

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan perkembangan aspek bahasa pada anak usia 4-5 tahun, di TK Muslimat NU Masyitoh 19 “ANNISA” Jenggot Kota Pekalongan Melalui kegiatan bercerita dengan jurnal pagi dan bercerita sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian deskirptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripskan dan mengalanisa perkembangan bahasa melalui bercerita dengan jurnal pagi dan bercerita sehari-hari pada anak usia 4-5 tahun. hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak harus dilakukan secara berkesinambungan dan melalui pembiasaaan yang terus dilakukan. Selain dari pembiasaan perkembangan bahasa ini juga terkait dalam perkembangan kemampuan aspek perkembangan anak usia dini khususnya perkembangan bahasa. Dalam penelitain ini juga dibahas tentang aspek perkembangan bahasa semantik dan aspek perkembangan fonetik, dimana dari kegiatan jurnal pagi juga terlihat bahwa anak juga mampu kita ketahui perkembangan bahasa semantik dan perkembangan bahasa fonetiknya.Kata kunci: perkembangan bahasa, metode bercerita, fonetik dan semantik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS III B SD NEGERI 01 MEJASEM TAHUN AJARAN 2020/2021 Ratna - Lestari; Widya Kusumaningsih; Fransiska Suciana
Indonesian Journal of Elementary School Vol 1, No 1 (2021): IJES Vol.1 No.1, July 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v1i1.8898

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas III B SD Negeri 01 Mejasem. Nilai hasil belajar tema 7 Perkembangan Teknologi muatan Bahasa Indonesia kelas III B yang masih banyak siswa tidak memenuhi KKM yaitu dari 32 siswa hanya 15 siswa (47,87%) yang tuntas dan 17 siswa (53,13%) yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model  Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatan Hasil Belajar Tema 7 Perkembangan Teknologi muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III B di SD Negeri 01 Mejasem Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2020/2021. Prosedur penelitian menggunakan  penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III B SD Negeri 01 Mejasem. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus 2 pertemuan. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model   pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatan hasil belajar Tema 7 Perkembangan Teknologi muatan Bahasa Indonesia pada siswa kelas III B di SD Negeri 01 Mejasem. Saran dari penelitian ini adalah melalui model Discovery Learning ini semoga dapat memeberikan kontribusi yang lebih baik dalam perbaikan pembelajaran
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III TEMA 8 MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SDN KARANGSARI 01 Hanim Mukhtiyani Mahmudah; Widya Kusumaningsih; Fransiska Suciana
Indonesian Journal of Elementary School Vol 1, No 1 (2021): IJES Vol.1 No.1, July 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v1i1.8918

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui Model Problem Based Learning dalam pembelajaran Tema 8 kelas III SDN Karangsari 01 Tahun 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Karangsari 01, Kecamatan Cluwak berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan WhatsApp grup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.  Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Tes evaluasi dilakukan secara daring melalui google formulir. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah catatan lapangan. Penelitian melalui model Problem Based Learning dilakukan melalui Langkah-langkah: 1) Orientasi siswa pada masalah; 2) Mengorganisasi siswa; 3) Membimbing penyelidikan; 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; 5) analisis dan evaluasi penyelesaian masalah. Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata kelas 72 dengan ketuntasan klasikal 60.00%.  Hasil belajar kognitif pada siklus II mendapat rata-rata kelas 73,82 dengan ketuntasan klasikal 73.33% termasuk kategori baik  dan hasil belajar kognitif siklus III memperoleh rata-rata kelas 77,67 dengan rata-rata ketuntasan klasikal 80.00% termasuk Kategori Sangat Baik.
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL INQUIRY SECARA DARING TEMA 8 SISWA KELAS II SDIT PLUS MUTIARA UMAT PEKALONGAN Anisha Yuniar Pratiwi
Indonesian Journal of Elementary School Vol 1, No 1 (2021): IJES Vol.1 No.1, July 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v1i1.8881

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model Inquiry. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas II SDIT Plus Mutiara Umat Bojong Pekalongan berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes tertulis. Penelitian dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan data, refleksi. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pengamatan dari teman observer diperoleh data siswa yang aktif dalam proses pembelajaran, setelah dilakukan penelitian pada saat kondisi awal dari 23 siswa hanya 4 siswa dengan presentase 17% yang mampu tuntas sedangkan 19 siswa dengan presentase 83% belum tuntas. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model inquiry pada siklus I di dapatkan hasil 11 siswa dengan presentase 47% siswa mampu tuntas dalam pembelajaran dan sisanya 12 siswa belum tuntas dengan presentase 53%. Pada siklus II di dapatkan hasil bahwa 20 siswa mampu tuntas dengan presentase 86% dan sisanya 14% belum tuntas. Kemudian dilakukan refleksi dan pelaksanaan siklus III. Hasil dari pembelajaran di dapatkan hasil 23 anak mampu tuntas yaitu 100% dari keseluruhan siswa. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry efektif digunakan dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
PENGARUH PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD DI KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI Chilvia Faragus Cahyaningrum
Indonesian Journal of Elementary School Vol 1, No 1 (2021): IJES Vol.1 No.1, July 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ijes.v1i1.8798

Abstract

The problems in this research are: 1) is there any influence of Continuing Professional Development on the performance of elementary school teacher in Pucakwangi Sub-district of Pati Regency?; 2) is there any influence of teacher work motivation on performance of elementary school teacher in Pucakwangi Sub-district of Pati Regency?; 3) is there any influence of Continuing Professional Development (CPD) and teacher work motivation to the performance of elementary school teacher in Pucakwangi Sub-district of Pati Regency?.The purpose of this study is to determine the effect of: 1) the Continuing Professional Development; 2) teacher work motivation; 3) the Continuing Professional Development and teacher work motivation on the performance of elementary school teachers. The population in this study are all teachers and principals who teach at public elementary school in Pucakwangi Sub-district Pati Regency. Large population is 147 people. Determination of sample size using Slovin formula, population of 254 samples to be taken as many as 147 teachers. Sampling method used is Proportional Random Sampling. Data collection method in this research is questionnaire method. Data analysis used is test requirement and hypothesis test include liniarity test, autocorrelation test, simple regression analysis to know the effect of professional development on teacher performance, to know the influence of teacher work motivation on teacher performance and multiple regression analysis to know the effect of continuing professional development and work motivation Teachers on the performance of teachers together. To analyze the data used SPSS program facilities. From hypothesis test found: 1) positive influence of continuous profession development to teacher performance with correlation equal to 0,506 and contribution 25,6 %; 2) there is a positive influence of teacher work motivation on teacher performance with correlation of 0647 with contribution of 41,9%; 3) positive influence of continuous profession development and teacher work motivation together on teacher performance that is with correlation of 0,689 with contribution 47,5%.In relation to the still weak indicators of continuing professional development that is mentoring activities should the principal and the Office of Education and related institutions provide motivation to teachers to continuously improve the development of continuous profession through programs that have been held by the government such as mentoring activities in UKG (Teachers Competency Test).

Page 1 of 1 | Total Record : 5