cover
Contact Name
-
Contact Email
imsya.lp2m@gmail.com
Phone
+6281276962930
Journal Mail Official
imsya.lp2m@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Pengabdian kepada Masyakarat Publish by : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru Jl. Soekarno Hatta, Kec. Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau Email : imsyalp2m@gmail.com https://ojs.stai-imsya.ac.id/index.php/jpkmjournal
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28299248     DOI : https://doi.org/10.56184/jkupkmjournal.v1i1
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat merupakan jurnal yang memuat hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penerapan berbagai disiplin ilmu, diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian dosen. Diantaranya praktisi, dan ahli kepada masyarakat serta penelitian terapan lainnya. Jurnal pengabdian kepada masyarakat ini menerapkan kebijakan double blind review dan setiap tulisan masuk akan dikirimkan kepada mitra bestari yang terdaftar di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Perekrutan mitra bestari dilakukan secara terbuka berbasis kepada kebutuhan pada Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan pengabdian masyarakat, mencakup bidang keilmuan yang relevan, meliputi bidang Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Hadits, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Islam, dan Hukum Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 5 Documents clear
ANALISIS KEBUTUHAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU RAUDHATUL ATHFAL DI PURWAKARTA Rivo Panji Yudha; Ella Nur Angela; Dede Suhermah; Husnawati Husnawati; Heni Apifah
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i1.224

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan dalam rangka menyongsong program Merdeka Belajar. Upaya yang dilakukan melalui Pengembangan Kurikulum Merdeka demi meningkatkan profesionalisme guru. Untuk itu diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai Kurikulum Merdeka dan penyusunan modul ajar, yang dapat diperoleh salah satunya melalui workshop yang diselenggarakan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bekasi. Tujuan kegiatan workshop ini sendiri adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman guru PAUD tentang Kurikulum Merdeka. Sasaran utamanya adalah Kepala Sekolah dan Guru Raudhatul Athfal di Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Metode pendekatan yang digunakan dalam workshop mencakup ceramah dan tanya jawab, pretest dan posttest, praktik langsung dan demonstrasi. Setelah dilakukan treatment berupa pengetahuan dan pemahaman materi tentang Kurikulum Merdeka, terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil persentase 35% pengetahuan peserta terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka pada pre test meningkat menjadi 80% pada post test. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kegiatan workshop dalam pengabdian kepada masyarakat sangat diperlukan dalam meningkatkan profesionalisme Guru Raudhatul Athfal di Purwakarta.
PENINGKATAN KEMANDIRIAN PANTI ASUHAN PUTRI AISYIYAH PEKANBARU MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN KREASI MAKANAN Delima Afriyanti
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i1.226

Abstract

Panti Asuhan Putri Aisyiyah Pekanbaru yang berlokasi di Perhentian Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru berdiri sejak tahun 2013 dan menampung 13 putri dan 2 pengurus. Keseharian anak-anak panti diisi dengan kegiatan belajar formal di sekolah umum serta beribadah. Dalam pemenuhan kebutuhan biaya operasional, Panti Asuhan Putri Aisyiyah (PDA Kota Pekanbaru) bersumber dari donasi para donatur. Metode pelaksanaan PkM menggunakan metode kaji tindak dengan waktu pelaksanaan selama 3 bulan. Permasalahan yang dihadapi panti asuhan Aisyiyah Pekanbaru adalah kurangnya dana untuk mencukupi biaya keperluan sekolah seperti seragam dan buku pelajaran, serta rendahnya motivasi yang dimiliki oleh anak-anak asuh dalam mengeksplor diri.. Untuk itu tim pelaksana PkM STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru melalui Program PkM bertujuan untuk menumbuhkan karakter kemandirian pada diri anak-anak asuh dalam hal keterampilan berwirausaha dan kreasi makanan. Dari pelaksanaan kegiatan, dihasilkan produk kreasi homemade dan kemandirian anak-anak panti asuhan yang semakin meningkat. Sehingga anak-anak asuh di Panti Asuhan Aisyiyah Pekanbaru menjadi mandiri dan terampil dalam berwirausaha dan berkarya. Berdasarkan hasil program-program yang dilaksanakan, maka melalui pendampingan didapati bahwasannya Panti Asuhan Putri Aisyiyah Pekanbaru sudah mulai membangun usaha dan menghasilkan karya berupa produk homemade yang memiliki harga jual dan siap bersaing dipasaran guna menambah pendapatan panti asuhan.
PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DAN VARIATIF DI SMAIT IMAM ASY SYAFII PEKANBARU Kardina Engelina Siregar
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i1.227

Abstract

SMAIT Imam Asy Syafii Kota Pekanbaru merupakan salah satu jenjang pendidikan yang dimiliki oleh Yayasan Imam Asy Syafii Cendikia Riau. SMAIT Imam Asy Syafii Pekanbaru beralamat di Jl. Soekarno Hatta, Kel. Maharatu, Kec. Marpoyan Damai, Arengka, Pekanbaru. Adapun visi sekolah ini adalah “Menjadi sekolah yang berkualitas islami, berprestasi tinggi dan mendunia”, dan misinya 1) Menumbuhkan dan mengembangkan potensi peserta didik untuk menguasai dasar-dasar ilmu Islam dan pengetahuan umum. 2) Menyiapkan kader muslim dan muslimah yang beraqidah Ahlussunnah dan berakhlakul karimah, dan mampu memberikan pengaruh kebaikan dimanapun berada. 3) Menyiapkan kader muslim dan muslimah yang semangat menghafal Al Qur’an dan Bahasa Arab. 4) Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas islami dan berstandar internasional. Sekolah ini memiliki motto “Melahirkan Generasi Islami, Rabbani dan Rahmatan Lil A’lamin, berlandaskan tuntunan Al-Qur’an, Sunnah Rasul dengan pemahaman Ahlusunnah Wal Jama’ah. Untuk mewujudkan visi misi ini, maka kami dari tim pelaksana PkM STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru menawarkan kerjasama dengan pimpinan SMAIT Imam Asy syafii Pekanbaru melakukan PkM melalui program pelatihan keterampilan metode mengajar guru dengan tema Optimalisasi Strategi Pembelajaran 4.0 Menuju Era Merdeka Belajar 2022. Program-program yang dilaksanakan yaitu pelatihan keterampilan metode mengajar guru yang variatif dan relevant sesuai dengan kurikulum merdeka belajar, pemberian motivasi kepada tenaga pendidik dalam meningkatkan kemajuan pendidikan, pengantar dalam pembuatan buku ajar. Dari pelaksanaan kegiatan, dihasilkanlah keterampilan metode mengajar guru yang variatif dan relevant, pembuatan buku ajar, pemberian motivasi dalam meningkatkan pendidikan.
AKTUALISASI TAFSIR, BAHASA ARAB DAN FIQH DALAM TADABBUR AL QURAN DALAM KEHIDUPAN PARA GURU AGAMA ISLAM Angga Frananda
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i1.240

Abstract

Dalam konteks dunia pendidikan seorang guru khususnya guru Agama Islam selain mampu mengajarkan mater pelajaran dan memiliki pengalaman juga harus memiliki kompetensi di bidang keilmuan Islam khususnya disiplin ilmu yang memiliki relevansi dalam studi Al-Qur'an ketika mengajarkan pelajaran yang berkaitan dengan ayat-ayat Al-Qur'an agar mereka tidak hanya mengajarkan teks dan arti setiap ayat yang diajarkan tetapi mampu menjelaskan dan mentadabburinya dengan pendekatan disimplin ilmu keislaman terkhusus ilmu Tafsir, Bahasa Arab dan Fiqih. Program PkM ini dilaksanakan berkelanjutan setiap semesternya dengan topik yang berbeda-beda dalam rumpun studi Tafsir, Bahasa Arab dan Fiqih. Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan pada PkM ini dibagi menjadi dua bagian, metode pertama penyuluhan langsung yaitu suatu cara penyampaian materi dengan sistem tatap muka, baik dalam bentuk ceramah, diskusi, dialog interaktif, tanya jawab dan lain sebagainya tahap selannutnya tim melakukan identifikasi untuk menemukan masalah maupun peluang. Kemudian langkah kedua menyusun rencana kegiatan untuk memecahkan solusi dan menangkap peluang dari hasil identifikasi, pelaksanaan rencana kegiatan dan evaluasi.
LITERASI DIGITAL DAN TRANSAKSI E-COMMERCE DI SMA IT SOEMAN HS PEKANBARU Bobby Ferly; Ahda Segati; Surya Tegar Widjiantoro; Muhajirin Muhajirin
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i1.259

Abstract

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Imam Asy Syafii (STIES IMSYA) Pekanbaru adalah salah satu sekolah tinggi swasta yang ada di Pekanbaru-Riau. Sekolah tinggi ini berkonsentrasi kepada kegiatan perkembangan teknologi dan perekonomian yang sesuai dengan syariat ajaran Islam. Terciptanya kegiatan pengabdian ini berdasarkan atas pedulinya STIES IMSYA atas perkembangan teknologi sekarang. Teknologi telah maju dengan cepat, mengarah pada literasi. Di era digital saat ini, digital menjadi semakin signifikan. Karena maraknya transaksi online, banyak konsumen yang memilih menjalankan bisnisnya hanya secara online. Akibat minimnya literasi digital, banyak konsumen yang masih takut melakukan transaksi online. Istilah “literasi digital” menggambarkan kapasitas seseorang dalam menggunakan, mengakses, menilai, dan menganalisis informasi yang disediakan oleh teknologi digital. Literasi digital mencakup kapasitas untuk menggunakan alat-alat teknologi, melakukan pencarian dan penemuan informasi, serta menilai dan menerapkan pengetahuan yang ditemukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5