cover
Contact Name
-
Contact Email
imsya.lp2m@gmail.com
Phone
+6281276962930
Journal Mail Official
imsya.lp2m@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Pengabdian kepada Masyakarat Publish by : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru Jl. Soekarno Hatta, Kec. Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau Email : imsyalp2m@gmail.com https://ojs.stai-imsya.ac.id/index.php/jpkmjournal
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28299248     DOI : https://doi.org/10.56184/jkupkmjournal.v1i1
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat merupakan jurnal yang memuat hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penerapan berbagai disiplin ilmu, diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian dosen. Diantaranya praktisi, dan ahli kepada masyarakat serta penelitian terapan lainnya. Jurnal pengabdian kepada masyarakat ini menerapkan kebijakan double blind review dan setiap tulisan masuk akan dikirimkan kepada mitra bestari yang terdaftar di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Perekrutan mitra bestari dilakukan secara terbuka berbasis kepada kebutuhan pada Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan pengabdian masyarakat, mencakup bidang keilmuan yang relevan, meliputi bidang Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Hadits, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Islam, dan Hukum Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 5 Documents clear
PENGUATAN AQIDAH PARA MUALLAF SUKU PEDALAMAN (SUKU AKIT) DUSUN BATANG BUAH DESA BATIN SUIR KECAMATAN TEBING TINGGI TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI PROVINSI RIAU Ali Musri Semjan Putra; Kardina Engelina Siregar; Agus Silahudin
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 3 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i3.270

Abstract

Tanggung jawab sebagai seorang Muslim kepada Muslim lainnya perlu diperhatikan, terlebih kepada saudara kita yang baru memeluk agama Islam (muallaf). Kegiatan Pengabdian kepada Masayarakat dalam bentuk pembinaan muallaf dengan tema Penguatan Aqidah Para Muallaf Suku Pedalaman (Suku Akit) Dusun Batang Buah Desa Batin Suir Kec. Tebing Tinggi Timur Kab. Kepulauan Meranti Riau adalah kegiatan perdana yang dilakukan. Kegiatan lebih difokuskan untuk menguatkan aqidah para muallaf, mengingat pemahaman mereka terkait aqidah masih sangat lemah. Masih banyak diantara para muallaf yang membutuhkan perhatian terhadap penguatan keimanan mereka, sebab tanggung jawab sebagai sesama muslim tidak hanya berhenti saat mereka selesai mengucapkan syahadat, tetapi juga membimbing dan menjaga keimanan mereka agar kuat dan tidak goyah / kembali keagama sebelumnya. Kegaitan PkM dilakukan dengan mengajarkan membaca al-Qur’an mulai dari awal dengan menggunakan buku Aisar dan praktek sholat sesuai dengan tuntunan Islam. Materi yang disampaikan mengenai tauhid dan pembagiannya, syirik dan pembatal syahadat, serta materi kajian Fiqh. Tentu saja ini menjadi langkah awal untuk lebih memaksimalkan dakwah dalam hal pembinaan para muallaf. Antusias para muallaf dalam mengikuti serangkaian kegiatan terlihat dari kehadiran dan keaktifannya. Kebutuhan ilmu agama bagi para muallaf dan kewajiban bagi para da’i dalam menyampaikan dakwah menjadikan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Namun demikian, faktor keterbatasan fasilitas seperti transportasi dan lain-lainnya masih menjadi kendala yang cukup menyulitkan dan menghambat jalannya kegiatan pembinaan. Hal ini dikarenakan lokasi para muallaf berada di lokasi pedalaman dan kepulauan.
PELATIHAN PENINGKATAN KREATIVITAS BAGI PARA GENERASI MILENIAL Delima Afriyanti; Naufal Anshory; Rahmad Hidayah; Faiq Faiq; Avinsyah Avinsyah; Ayyub Ayyub
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 3 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i3.281

Abstract

Generasi milenial tidak mengedepankan tentang pengaturan keuangan, akan tetapi lebih mengutamakan pengalaman dan kreativitas. Generasi milenial cenderung akan mengambil kesempatan pekerjaan yang bisa memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kreativitas bagi generasi milenial dalam pengolahan makanan menjadi produk bernilai jual. Mahasiswa prodi Ekonomi Syariah (ES) STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru bersama dosen pendamping melakukan kegiatan melalui beberapa tahapan meliputi; peninjauan lokasi kegiatan, pengajuan izin kegiatan, penyusunan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan pemantauan kegiatan. Peserta dari kegiatan ini adalah generasi milenial berjumlah 13 orang. Hasil kegiatan ini mampu meningkatkan kreativitas bagi generasi milenial di kota pekanbaru dengan inovasi baru dalam pengolahan buah mangga dan cokelat. Kegiatan ini selain meningkatkan keterampilan peserta, luaran juga mampu menghasilkan uang dari penjualan produk yang bermanfaat sebagai upaya penyatuan berbagai generasi pada saat ini.
PENGEMBANGAN PEMBUKUAN DIGITAL DALAM UPAYA PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM Faras Ahdi; Ayyub Ayyub; M. Rifki Fadillah; Heksha Pradiandy
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 3 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i3.296

Abstract

Tom’s Collection merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang jasa penjualan pakaian. Lokasi UMKM berada di Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru dan telah berjalan sejak tahun 2019. Tom’s Collection terus berkembang dan mengalami penambahan konsumen secara signifikan. Sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. Namun disamping itu, UMKM ini masih belum menerapkan proses penting dalam sebuah usaha, yaitu proses pembukuan keuangan digital. Oleh karena itu, penting adanya penerapan proses pembukuan keuangan. Agar lebih efisien dan selaras dengan perkembangan teknologi, maka pencatatan keuangan bisa dilakukan berbasis digital melalui aplikasi Buku Warung. Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan pelaku UMKM dalam mencatat laporan keuangan. Metode yang digunakan adalah Asset Based Community Development (ABCD). Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa pembukuan digital yang dilakukan telah berhasil dipraktekkan dan membantu pencatatan keuangan pada Toko Tom’s Collection.
SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH Ghina Rizki Zaidah; Khairunnisa Khairunnisa; Khairun Nikmah Almaqfiroh; Kinanti Tasya Putri; Maya Eka Rahma Sari
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 3 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i3.299

Abstract

Media sosial sangat berperan penting dalam mengembangkan usaha terutama pada UMKM yang dimiliki oleh ibu-ibu anggota koperasi yang berada di Pekanbaru Jl. Cipta Karya Gg. Limbad. Pelaku usaha mikro kecil menengah cenderung memasarkan Produk atau jasanya dalam rumah dan target pasar hanya masyarakat sekitar. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada ibu-ibu pelaku usaha mikro kecil menengah mengenai pentingnya peran media sosial dalam mengembangakn usaha. Kegiatan ini juga melibatkan Mahasiswi STIES Imam As-Syafi’i dan anggota koperasiyang berjumlah 10 orang. Kegiatan dilakukan di satu rumah anggota koperasi. Luaran dari kegiatan ini ialah ibu-ibu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah mengerti pentingnya peran media sosial dalam mengembangkan usaha dan dapat menghasilkan jurnal publikasi.
SOSIALISASI PENTINGNYA PENDEKATAN MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI KOTA PEKANBARU: STUDI KASUS PADA USAHA DAPUR MEMSYE Fikri Fadillah; Daffa Monza; Muhammad Syahdan Maulana; Muhammad Naufal Anshory
Journal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Vol 2 No 3 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : LP2M STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56184/jpkmjournal.v2i3.300

Abstract

Strategi pemasaran menjadi salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan usaha secara menyeluruh. Dipandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam usaha yaitu tantangan dan persaingan pada dunia usaha, untuk itu diperlukan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk dijadikan pedoman bagi segmen usaha dalam menjalankan kegiatannya. Penelitian ini memiliki tujuan penguatan akan pentingnya strategi bauran pemasaran (marketingmix) dalam meningkatkan pendapatan pada Usaha Dapur Memsye. Metode yang digunakan yaitu Participatory Action Research (PAR). Hasil dari sosialisasi ini menunjukkan bahwa sudah terjalankannya beberapa strategi bauran pemasaran (marketing mix) pada usaha Dapur Memsye dan tim melalui sosialisasi ini memberikan penguatan pada sisi promosi (promotion) yaitu pada penerapan promosi online dan peningkatan pendapatan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5