cover
Contact Name
Nur Azizah
Contact Email
nurazizah@uinsaizu.ac.id
Phone
+6281902909788
Journal Mail Official
assertive@uinsaizu.ac.id
Editorial Address
Fakultas Dakwah UIN Saizu Purwkerto Jl. A. Yani No. 40-A Purwokerto Jawa Tengah - Indonesia
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Assertive : Islamic Counseling Journal
ISSN : 29887518     EISSN : 29862647     DOI : https://doi.org/10.24090/j.assertive
Core Subject : Education, Social,
Assertive: Islamic Counseling Journal a scientific journal in collaboration with PABKI, with a focus on the study of Islamic Guidance and Counseling, Guidance and Counseling, Cyber Counseling, Indigenous Counseling. Assertive: Islamic Counseling Journal is a journal published by Islamic guidance and counseling study program of Dakwah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Focus and Scope: Islamic Guidance and Counseling, Guidance and Counseling, Cyber Counseling, Indigenous Counseling.
Articles 24 Documents
Agama dan Patologi Sosial: Konseling untuk Kasus Pekerja Seks Komersial (PSK) Nurul Fitrian Eko Saputro
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Januari - Juni 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i1.6983

Abstract

Prostitusi merupakan praktek pelacuran yang didalamnya berisi aktivitas penawaran jasa oleh Pekerja Seks Komersial sebagai penyalur nafsu para pelanggannya. Kegiatan tersebut termasuk kedalam salah satu bentuk patologi sosial baik secara sosial maupun agama. Terdapat berbagai alasan seorang pekerja sosial memutuskan untuk terjun dalam dunia prostitusi seperti faktor ekonomi, pribadi, dan lain sebagainya. Seorang PSK kerap mendapatkan pengucilan oleh masyarakat karena dianggap menyimpang dari nilia, norma, dan aturan tertentu. Namun sebagai manusia, PSK juga membutuhkan pendampingan dalam rangka mengatasi masalah yang dialaminya, seperti halnya adanya keinginan untuk berhenti dari aktivitas pelacuran tersebut dalam hal ini peran konselor sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk Agama dan Patologi Sosial: Konseling untuk Kasus Pekerja Seks Komersial (PSK). Kajian ini dilakukan dengan literature review, dengan memakai sumber data dari berbagai literatur yang kemudian dianalisis. Hasilnya adalah Layanan konseling yang dapat diberikan kepada PSK antara lain konseling melalui pendekatan behavioral, konseling islam (teknik ta’limah dan muhasabah), pendekatan pengendalian sosial, serta pendekatan lintas budaya.
Bimbingan Klasikal: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Diah Ayu Harumbina; Dinda Rizki Khoirunnisa; Siti Maryam
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Januari - Juni 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i1.6984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya bimbingan klasikal terhadap peningkatan motivasi belajar siswa SD Negeri 2 Cidora, Lumbir, Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunkan desain penelitian one group pre-test & post-test dengan menggunakan uji analisis data Wilcoxon Sign Rank Test menggunakan batuan alat SPSS 26. Hasil yang diperoleh beradasarkan analisis data yang dilakukan adalah nilai Asymp. Sig (2-tailed) yaitu 0.002 lebih dari kecil dari 0.05, maka hasil hipotesis ha diterima dan ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil pre-test dan post-test yang signifikan. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan klasikal pada siswa kelas 6 SD Negeri 2 Cidora, Lumbir, Banyumas memiliki peningkatan dalam motivasi belajar.
Konseling dan Mindfulness Based Cognitive Theraphy (MBCT): Treatment bagi Pasien Kanker Adhitya Ridwan Budhi Prasetyo Nugroho; Umi Halwati
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Januari - Juni 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i1.6985

Abstract

Masalah psikologis pada pasien kanker seperti depresi dapat menyebabkan beban tambahan selama perawatann. berbagai faktor yang memainkan peran kunci dalam depresi selain faktor biologis, Faktor individu dan faktor interpersonal dan sosial, dan kurangnya dukungan sosial juga berdampak pada kondisi mental pasien tersebut. Teknik MBCT sebagai terapi kognitif berbasis mindfulness telah ditemukan untuk mengurangi depresi pada individu selama proses perawatan. Oleh karena itu, manajemen klinis depresi mencakup terapi kognitif berbasis kesadaran (MBCT) dikembangkan sebagai program pencegahan bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengalami depresi untuk mempelajari keterampilan agar tetap sehat dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  Konseling dan Mindfulness Based Cognitive Theraphy (MBCT) sebagai Treatment bagi Pasien Kanker. Metode dalam penelitian ini yaitu Kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka, yang kemudian datanya digunakan untuk analisis data. Teknik MBCT ini memungkinkan individu untuk menjauh dari respons negatif menuju pemahaman bahwa ada cara lain untuk merespons situasi. Dengan mengembangkan mindfulness, individu dapat menggunakan teknik kapan pun mereka ketika emosi negatif itu datang. Idealnya adalah ketika kesedihan terjadi dan mulai memunculkan semua asosiasi negatif yang dapat memicu depresi, MBCT akan membantu individu mengganti pola pikir negatif dengan yang positif. Teknik MBCT dalam praktiknya mengacu pada terapi kognitif yang mengajarkan individu untuk melepaskan diri dari pola maladaptif dari pemikiran negatif yang berkontribusi pada gejala depresi.
Konseling Traumatik: Pemahaman bagi Mahasiswa untuk Membantu Klien Krisis Nur Azizah; Amirotun Sholikhah
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Januari - Juni 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i1.6987

Abstract

Mahasiswa sebagai calon konselor harus dapat membantu klien atau orang mengurangi masalah dan muncul dari krisis untuk memberikan konseling traumatik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konseling traumatik kepada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) dalam membantu klien krisis. Dalam penelitian dengan jenis kuantitatif eksperimen dengan menggunakan one group pre-test and post-test design, sampel penelitian berjumlah 120 mahasiswa BKI serta dianalisis dengan T-Test. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Mean: -8,133. Nilai Negatif: Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa BKI tentang konseling traumatic dengan rata-rata adalah 0,861%, sehingga berdasarkan hasil Paired Samples Test, mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) memiliki pemahaman materi konseling traumatik yang lebih baik.
Peta Konsep Keilmuwan Bimbingan dan Konseling Islam Azka Silma Awawina
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Januari - Juni 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i1.6988

Abstract

Kemajuan keilmuan modern membawa perkembangan bimbingan dan konseling Islam, untuk mendapat manfaat dari penggabungan prinsip-prinsip konseling Islam. Berbicara tentang peta konsep ilmiah dari bimbingan dan konseling Islam yang ideal, terutama yang berkaitan dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Al-Qur'an dan hadits memberikan petunjuk praktis dalam aplikasi bimbingan dan konseling Islam yang dapat dikembangkan dari aspek teologis dan empiris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peta Konsep Keilmuwan Bimbingan dan Konseling Islam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan library research dengan memakai sumber primer dari Buku Bimbingan & konseling Islami (teori dan praktik) karya Anwar Sutoyo, yang didukung dari sumber lainnya baik dari jurnal maupun penelitian, kemudian data yang didapat dilakukan analisis data. Hasil dari penelitian ini bahwa bimbingan dan konseling Islam secara keilmuan semakin berkembang mengikuti perkembangan keilmuan yang didukung banyaknya kajian-kajian ilmiah, karya ilmiah (termasuk kontribusi dari pemikiran Anwar Sutoyo) maupun dari berbagai dukungan program studi yang semakin banyak dalam bidang bimbingan dan konseling Islam tanpa meninggalkan esensi utamanya yang bersumber dari Al Qur’an dan hadits.
Pengaruh Media Sosial atau Lingkungan Pergaulan?: Mengungkap Determinan Utama Motivasi Berhijrah Rindha Widyaningsih
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 2 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Juli-Desember 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i2.7010

Abstract

The phenomenon of hijrah encountered its momentum because the leading enthusiasts for hijrah came from among young people. This study aims to examine the main determinants of motivation to hijrah. The two arguments tested in this study are the influence of social media and the influence of the social environment. The data collection method used in this study was a closed questionnaire consisting of questions related to the motivation to hijrah. A literature review supports the study results to strengthen the analysis results. The research respondents were Banyumas residents who were selected through purposive sampling. The questionnaire consists of 4 answer options, specifically Strongly Agree (SS) is given a score of 4, Agree (S) is given a score of 3, Disagree (TS) is given a score of 2, and Strongly Disagree is given a score of 1. The primary determinant of hijrah is determined through the index results by calculating a predetermined formula. The results showed that the social media influence factor index was higher than the social environment influence factor index. The social media influence index is 19.03, while the social environment influence factor is 12.43. Based on the index number, it can be concluded that the influence of social media is the primary determinant of a person's motivation to hijrah. The study's results stated that the primary determinant of motivation to hijrah was the influence of social media (Hypothesis accepted).
Layanan Bimbingan Karir: Strategi Penguatan Perencanaan Karir bagi Siswa Fadillah Nuraini
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Januari - Juni 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i1.7021

Abstract

Semua siswa bisa memilikii hambatan secara akademis, sosial, dan profesional. Salah satu masalahnya adalah mengetahui kemampuan dirinya sendiri sehubungan dengan pekerjaan dan orientasi masa depan. Siswa dapat menghindari masalah dalam perencanaan karir dengan belajar tentang profesi yang relevan dengan bidang pilihannya. Tujuan penelitian ini untuk membahas layanan bimbingan karir sebagai strategi penguatan perencanaan karir bagi siswa. Untuk penelitian ini, menggunakan tinjauan literatur untuk mengumpulkan data primer dari literatur yang relevan dan didukung oleh sumber sekunder untuk digunakan dalam memenuhi prosedur dalam analisis data. Hasil penelitian ini, layanan bimbingan karir menjadi salah satu alternatif yang ditawarkan dalam bimbingan dan konseling untuk membantu mahasiswa dalam menentukan pilihan terbaik, khususnya pada tahap perencanaan karir, sehingga siswa bisa mereduksi kesalahan dalam pemilihan karir dan siswa memiliki kemantapan karir untuk masa depannya
Implementasi Tele Psychological First Aid (PFA) pada Layanan Konseling Zahratika Zalafi
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 2 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Juli-Desember 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i2.7054

Abstract

Psychological First Aid (PFA) or Initial Psychological Assistance assists individuals experiencing pressure or abnormal conditions such as trauma and disasters to feel calm and cope better with their situation. The Covid-19 pandemic is the latest crisis that underlies the importance of organizing PFA because the psychological impact it causes increases anxiety in the community. This study aims to reveal the application of PFA to telePFA in Counseling Services to deal with changing patterns in people's lives when the co-19 pandemic hit. The research was conducted in a qualitative descriptive manner. Research data was collected through the observation method of modules and the application of telePFA to the counseling service of Friends of Sehati UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Data collected and analyzed accompanied by triangulation. The study results show that through the six steps of look, listen, comfort, link, protect and hope, the telePFA service of Teman Sehati UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto helps clients overcome anxiety, frustration, and even post-traumatic depression or in abnormal mental health conditions
Penguatan Layanan Cybercounseling pada Pasca Pandemi Covid-19 Vici Prihmaningrum AM
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 2 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Juli-Desember 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i2.7084

Abstract

Cyber counseling services occur when the counselee and counselee communicate remotely via a device connected to the internet network. This service provided significant results in the effectiveness of guidance and counseling assistance during the Covid-19 pandemic. In the post-covid-19 pandemic, cybercounseling services are still a choice for counseling services. The needs of each individual adapt to new normal conditions with technological sophistication capital. Strengthening cybercounseling services is needed so that it can more optimally achieve the goals of the counseling program. This study aims to explain the Strengthening of Cybercounseling Services in the Post-Covid-19 Pandemic. For this study, a literature review was used to collect primary data from literature relevant to the subject and supported by secondary sources to fulfill the procedures in data analysis. The results of this study show several strategies for strengthening cybercounseling services that can be carried out, including (1) Understanding and implementing ethics; (2) Mastery and skill of cybercounseling service media; and (3) Monitoring and evaluation.
Body Shaming pada Remaja Putri: Solusi Perundungan (Bullying) Berbasis Nilai-Nilai Islam Arif Widodo; Nurul Hakiki
Assertive: Islamic Counseling Journal Vol. 1 No. 2 (2022): Assertive: Islamic Counseling Journal | Juli-Desember 2022
Publisher : Da'wah Faculty of UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24090/j.assertive.v1i2.7095

Abstract

Body shaming is a type of bullying often carried out unconsciously by the community, starting from close friends, teachers, and even parents. Body shaming by making fun of someone's physical condition can harm victims and perpetrators. Therefore, this behavior needs to be addressed by implementing Islamic values. This research aims to find out the impact of body-shaming bullying on young girls and how Islamic values can overcome it. The method used is a literature review, which involved collecting 15 articles published in the last five years. The results were: 1. Body shaming is a form of bullying; structures of body shaming exist, such as fat shaming, thin shaming, hairy bodies, and skin color. An example is ridiculing and denouncing body shapes such as crooked, chubby, fat, short, black, and so on. 2. The impact of body shaming on young women affects them physically and psychologically. Victims of body shaming will feel ashamed and insecure, limit themselves, isolate themselves, have anorexia and body dysmorphic disorder, and can experience increased stress, resulting in suicide. 3. Body shaming is seen as disgraceful behavior from an Islamic perspective. This behavior is included in despicable morals (madmunah). 4. Implementing Islamic values can prevent and overcome body-shaming behavior for perpetrators and victims. Applying Islamic values requires cooperation from various parties, such as family, educators, the community, and the environment

Page 1 of 3 | Total Record : 24