cover
Contact Name
Albet Maydiantoro
Contact Email
albet.maydiantoro@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282397107151
Journal Mail Official
jpppi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 2776303X     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/JPPPI
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia or the Indonesian Educator Professional Development Journal is a forum for information and publication of research results and literature reviews for lecturers, teachers, and students. This journal is published by the Teacher Professional Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, with e-ISSN: 2776-303X. This journal is an open-access journal. Focus and Scope: Education Learning Evaluation TPaCK School Curriculum 21st-century learning Class management Multicultural Education Learning Elementary School Learning Secondary School Learning High School Learning Education policy Learning methods Higher education learning Learning Media
Articles 25 Documents
Studi Literatur: Meningkatkan Self-Confidence Anak Slow Learner dengan Student Centered Play Therapy Sefti Rholanjiba; Muhammad Nurwahidin; Dwi Yulianti
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelemahan kognitif (cognitive impairment) diantarannya anak dengan keterlambatan belajar. Anak membutuhkan waktu belajar yang lebih lama dibandingkan dengan anak lainnya. Pada dasarnya Manusia memiliki rasa percaya diri, namun dengan tingkatan yang berbeda-beda. Rasa percaya diri diperlukan dalam segala aspek. Siswa sebagai si penerima pesan dari pembelajaran diharapkan dapat memperoleh kemampuan adaptasi terhadap perubahan-perubahan. Termasuk perubahan pada sistem belajar, materi ajar, situasi belajar dan lain sebagainya. Perubahan selalu terjadi dalam segala konteks kehidupan, sepanjang hayat hidup manusia. Penelitian ini memiliki misi yaitu meningkatkan kepercayaan diri anak slow learner dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan Student Centered Play Therapy. Desain penelitian ini menggunakan SLR dengan mencari artikel-artikel terkait dengan anak lamban belajar dan keterkaitan dengan konseling, Student Center Learning teori Rogers dan kepercayaan diri.  Didapatkan bahwa tumbuhnya rasa percaya diri anak slow learner dengan memanfaatkan dinamika dalam konseling kelompok menggunakan student centered play therapy.
EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU PADA PEMBELAJARAN Isna Oktadiani; Helmy Fitriawan; Muhammad Nurwahidin; Riswandi Riswandi; Herpratiwi Herpratiwi
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membawa perspektif baru pada tatanan kehidupan, terutama dunia pendidikan yang dituntut dapat mengikuti perubahan dan perkembangan tersebut. Kemampuan guru diharapkan dapat menyampaikan pembelajaran secara kolaboratif, dengan metode yang bervariatif dan mendapatkan hasil yang optimal pada peserta didik. salah satu komponen yang mendukung dalam penyampaian pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang baik dan efektif menjadi tantangan bagi guru. Metode penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) terkait efektivitas pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap keterampilan guru pada pembelajaran. Pendekatan pencarian informasi berupa artikel melalui laman Google Scholar atau Google Cendikia, dengan kata kunci “Efektivitas Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Keterampilan Guru Pada Pembelajaran”. Hasil literature review  bahwa dengan mengikuti pelatihan, keterampilan guru dalam mengembangkan media dapat mengikuti pesatnya perkembangan teknologi menjadi  lebih update, sehingga menarik minat serta semangat motivasi peserta didik dalam belajar, dan terciptanya pembelajaran interaktif, efektif, dan efisien. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pelatihan, Teknologi Informasi, Keterampilan Guru
Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Interaksi Sosial Melalui Metode Pengajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Mantup RUDY SUBIYANTORO
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pengajaran berbasis tugas proyek, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya metode pengajaran berbasis tugas proyek. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII.B SMP Negeri 2 Mantup. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan II. Dari hasil analis didapatkan bahwa siklus I (71,11%), siklus II (93,33%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran tugas/proyek dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VII.B SMP Negeri 2 Mantup serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.
IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Yayuk Satyowati; Muhammad Nurwahidin; Dwi Yulianti
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teori belajar akan sangat membantu pendidik dalam menyesuaikan model dan strategi pembelajaran yang akan diterapkan dalam setiap tahapan pemberian materi. Setiap manusia pasti mempunyai potensi yang terdapat pada dirinya dan dapat digunakan untuk  peningkatan diri masing-masing. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk memahami teori belajar humanistme secara lebih luas, dan implementasinya dalam proses pendidikan di sekolah dasar. Walaupun seorang guru memiliki teori belajar yang baik, namun seandainya tidak ditopang dengan metode yang baik pula, maka dimungkinkan hasil yang akan didapatkan tidak akan selaras dengan capaian yang telah ditetapkan. Teori belajar humanistic adalah aturan yang termasuk ke dalam bidang pendidikan dan digunakan  sebagai bahan untuk meningkatkan kecakapan siswa. Pembelajaran dipandang berhasil apabila siswa memahami lingkungan dan dirinya sendiri. Teori humanis sangat penting dari sudut pandang pembelajaran dan pendidikan pada umumnya, karena teori ini selalu memacu peningkatan kualitas yang menghargai kemungkinan-kemungkinan alam, dalam hal ini semua kemungkinan positif yang ada pada setiap orang.
STUDY LITERATURE : TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN Fharoza Yuliska Putri; Muhammad Nurwahidin; Dwi Yulianti
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan di sekolah sudah seharusnya menjadi acuan bagi perkembangan talenta bakat, pikiran serta karakter yang baiknya dimiliki peserta didik. Penggunaan metode yang variatif dan gaya belajar yang tidak monoton merupakan strategi pendidik memakai teknik yang sesuai dan disukai oleh murid. Teori behavioristik ini adalah teori yang berfokus kepada terjadinya perilaku yang berubah sebagai hasil belajar siswa. Pada penerapannya guru sangat berperan penting dalam memberikan stimulus agar menimbulkan respon dari siswa. Penelitian ini bertujuan menerangkan tentang implikasi teori behavioristik dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan jenis penelitian studi literatur.Temuan pada penelitian ini menggambarkan bahwa teori bevarioristik ini jelas menunjukkan implikasinya dalam pembelajaran bahkan dalam hampir semua lingkup bidang ilmu yang tersaji dalam data tabel. Tejadinya perubahan perilaku dengan pendekatan teori behavioristik ini menjadi tolak ukur efektifitas dari penerapan teori belajar ini.
Penggunaan Soal HOTS Ekonomi Berbasis CBT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu HERI SUPRANOTO
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil belajar  siswa kelas XII SMAN 2 Ulubelu mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilakukan   dalam   bentuk   penelitian tindakan   kelas   (Classroom   Action Research). Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan    kelas    ini    langsung dilaksanakan  oleh  guru  dalam  bentuk  pengajaran, dengan melakukan  tindakan-tindakan  tentu  agar  dapat  meningkatkan hasil belajar    siswa. Dalam    pelaksanaannya    penelitian dilakukan  sebanyak  2  siklus.  Berdasarkan analisa hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Soal HOTS  Ekonomi Berbasis CBT mengalami peningkatan. Data hasil belajar  Siklus I untuk nilai terendah sebesar 32, sedangkan pada Siklus II yaitu 68. Adapaun untuk nilai rata-rata untuk Siklus I sebesar 78,67 sedangkan pada Siklus II yaitu 88. sedangkan untuk nilai tertinggi untuk Siklus I dan untuk Siklus II sama-sama sebesar 100. Berarti dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Soal HOTS  Ekonomi Berbasis CBT  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu.
Literature Review : Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Pencegahan Kenakalan Remaja dalam Kacamata Filsafat Ilmu Hernadi Hernadi; Sudjarwo Sudjarwo; Muhammad Nurwahidin
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 2, No 2 (2022): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam mengelola kehidupan berumah tangga, kedua orang tua perlu memperhatikan segi keberadaan keluarga, bagaimana proses keluarga terbentuk, serta kebermanfaatan masing-masing individu dalam keluarga. Peran orang tua dalam tumbuh kembang anak usia remaja sanagt berpengaruh kepada perilaku anak di keseharian hidup. Perilaku menyimpang dapat muncul ketida perhatian yang diberikan orangtua kepada anak mereka kurang. Diperlukan perhatian yang lebih agar anak usia remaja bisa mengonrtol emosional terhdap perilaku menyimpang kenakalan remaja. Kenakalan remaja diberdakan menjadi beberapa macam, yaitu kenakalan biasa, kenakalan yang menjurus ke pelanggaran hukum, dan kenakalan khusus.penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif dimana peneliti mengguanakan kata-kata sendiri dalam menganalisis artikel yang digunakan. Lalu, metode penelitian ini menggunakan Studi Literatur Review dengan sumber yang berjumlah 13 yang diambil dalam rentan waktu 2016 sampai 2022.Tujuan dari penelitian yang dilakuka adalah untuk membahas bagaiamana orang tua dalam peranya kepada Terhadap Pencegahan perilaku yang menyimpang anak usia remaja.
PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21 Muhammad Fu'ad Hadiyastama; Muhammad Nurwahidin; Dwi Yulianti
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang paling utama dari kemajuan teknologi yaitu terletak pada kemampuan sumber daya manusia dalam mengaplikasikannya, terutama dalam proses pembelajaran. Pada hakikatnya manusia selama hidupnya tidak pernah putus dari kata belajar. Semakin berkembangnya revolusi industry 4.0 membawa dampak pada dunia pendidikan terutama dalam proses pelaksanaannya. Pembelajaran abad 21 lebih menekankan pada kemampuan stakeholder pendidikan menggunakan tekonologi seperti laptop, ponsel pintar, LCD dan masih banyak lagi media digital yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran abad 21 Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran abad 21, sangat dibutuhkan terutama dalam proses pembelajaran, guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran tentunya memiliki suatu metode pembelajaran seperti memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Penggunaan media pembelajaran pada  proses belajar mengajar berfungsi menumbuhkan keinginan dan minat yang baru untuk siswa, menumbuhkan motivasi belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Media teknologi pembelajaran membantu memantapkan pengetahuan pada benak para peserta didik serta menghidupkan pelajaran yang dapat mempermudah pemahaman peserta didik. Manfaat penggunaan media ini diharapkan mampu menarik perhatian peserta didik dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi.
PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME Cheri Saputra; Dian Surya Virgawati
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak  Ketahanan bangsa pasca reformasi belum menunjukkan perubahan positif yang diharapkan. Hal ini disebabkan konsep nasionalisme yang dimiliki oleh warganya sedang mengalami kemunduran dan bentuknya tidak jelas. Konsep nasionalisme yang inklusif dan berangkat dari kebutuhan yang dirasakan warga akan menjadi landasan penting bagi kemajuan bangsa menuju abad yang akan datang yaitu abad milenium dan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh materi Pemahaman Perjuangan Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Kemerdekaan Terhadap Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMKN 1 Seputih Agung Lampung Tengah Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional, sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Seputih Agung Lampung Tengah yang berjumlah 67 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket kemudian dilakukan analisis statistik pengolahan data dengan SPSS versi 17.00. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman materi perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan nasionalisme berpengaruh terhadap sikap siswa, Hal ini berdasarkan perhitungan koefisien jalur 0 diperoleh ρ1 = 0.477, hasil tingkat riil tersebut di atas = 0,05 dengan demikian variabel secara signifikan. Berdasarkan perhitungan koefisien jalur 0 diperoleh 2 = 0101, hasil tingkat nyata tersebut di atas = 0,05 dengan demikian signifikan,  Kata Kunci : Pengaruh, Materi Perjuangan Bangsa Indonesia, Nasionalisme 
PERAN BAHASA SEBAGAI SARANA BERFIKIR ILMIAH Ernaeni Ernaeni; Muhammad Sudjarwo; Sudjarwo Sudjarwo
Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Publisher : Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada hidup bermasyarakat, bahasa mempunyai fungsi menjadi alat untuk berinteraksi. Bahasa bisa di katakan mempunyai peranan yang sangat penting dalam berkomunkasi antar sesama anggota masyarakat, jika tidak ada bahasa, maka komunikasi tidak akan berjalan dengan baik. Manusia selalu membutuhkan bahasa untuk bisa berhubungan dengan manusia lain. Sesuai dengan kodrat nya yaitu manusia sebagai mahluk sosial. Tinjauan ini bertujuhan  guna menarasikan hal-hal yang bersangkutan pad bahasa sebagai sarana berfikir ilmiah. Metode yang dipakai pada tinjuan ini yakni kajian pustaka, sedangkan data –data yang di pergunakan adalah data-data yang bersumber dari database Google scholar sepuluh tahun terahir yang relevan dengan tinjauan ini. Hasil yang didapati dari tinjauan ini menjelaskan bahwa sangat berperan sebagai sarana berfikir ilmiah, Dengan adanya bahasa ilmu pengetahuan dapat berkembang dengan pesat  dan dapat di nikmati dan di manfaat kan oleh seluruh manusia di dunia.

Page 1 of 3 | Total Record : 25