cover
Contact Name
Endah Retnowati
Contact Email
jurnal_pmat@uny.ac.id
Phone
+6288238794975
Journal Mail Official
jurnal_pmat@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pedagogi Matematika
ISSN : -     EISSN : 29874386     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, teknologi, siswa, guru dan tenaga kependidikan, evaluasi, penilaian, pengembangan, dan kebijakan yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika" : 10 Documents clear
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP KELAS VII Nita Lathifah Islamiyah , Sugiyono
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11187

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri, keefektifan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri, keefektifan antara model pembelajaran GI melalui pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain yang digunakan adalah pretest-posttest control groups design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Yayasan Pupuk Kaltim Bontang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan VII-D. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tes untuk mengukur prestasi belajar, angket untuk mengukur kepercayaan diri, dan observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan uji-t dengan nilai signifikansi 0,05 dan dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran GI dengan pendekatan kontekstual efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa SMP kelas VII, model pembelajaran ekspositori efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa SMP kelas VII, model pembelajaran GI dengan pendekatan kontekstual tidak lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP Kelas VII dan model pembelajaran GI dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari kepercayaan diri siswa SMP Kelas VII. Kata kunci: model pembelajaran, GI, kontekstual, ekspositori, prestasi belajar, kepercayaan diri AbstractThe purpose of this research was to find out effevtiveness of cooperative learning model type GI with contextual approach reviewed from learning achievement and self confidence, effectiveness of expository learning model reviewewd from learning achievement and self confidence, effectiveness between cooperative learning model type GI with contextual approach and expository learning model reviewed from learning achievement and self confidence students of Junior High School grade 7th. Type of this research was quasi experiments with the design used was pretest-posttest control groups design. The population of this research was all of YPK Junior High School students grade 7th. The sample of this research was students at VII-C and VII-D. In this research used  t-test with a significance value of 0.05 and with help of SPSS 21. Based on the prerequisite test, it was concluded that the samples were normally distributed, homogeneous, and had the same initial ability. The results of this research were (1) GI learning model with contextual approach was effective reviewed from learning achievement and self confidence students of JHS grade 7th , (2) expository learning model was effective reviewed from learning achievement and self confidence students of JHS grade 7th , (3) GI learning model with contextual approach was no more effective than the expository learning model reviewed from learning achievement students of JHS grade 7th, (4) GI learning model with contextual approach was more effective than the expository learning model reviewed from self confidence students of JHS grade 7th. Key words: learning model, GI, contextual, expository, learning achievement, self confidence
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP Aditya Raenda Ananta , Nur Hadi Waryanto
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11180

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual materi lingkaran kelas VIII SMP. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas media berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar penilaian ahli materi dan media untuk mengetahui kevalidan media, angket review guru, angket respon siswa dan lembar observasi keterlakasanaan uji coba media untuk mengetahui kepraktisan media, dan tes hasil belajar siswa untuk mengetahui keefektifan media. Hasil dari pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual materi lingkaran kelas VIII SMP memiliki kualitas valid, praktis dan efektif.Kata kunci:pengembangan media, multimedia interaktif, pendekatan kontekstual,   lingkaran DEVELOPING INTERACTIVE MULTIMEDIA MATERIAL ON THE CIRCRLE WITH CONTEXTUAL APPROACH FOR JUNIOR HIGH SCHOOL GRADE VIII AbstractThis research aims to develop interactiv multimedia material on the circle with contextual approach for junior high school grade VIII. This research also to know product quality based on aspect of validity, practicality and effectiveness. This research uses ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). This research uses instrument is the assessment sheet of material experts and media experts to know the validity of the media. Teacher review questionnaires, student response questionnaires and observation sheet of media implementation to know the practicality of the media. and outcomes from test student to know the effectiveness of media.  Outcome from this research product of interactive multimedia has a validity, practicality and effectiveness quality.Keywords: Media development, interactive multimedia, contextual approach, circle  
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI GARIS DAN SUDUT Erfiana Nur Laila , Fitriana Yuli S
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11188

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery Learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP pada materi garis dan sudut, serta mengetahui apakah model pembelajaran penemuan terbimbing lebih efektif daripada model pembelajaran saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP pada materi garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari yang terdiri dari lima kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) model pembelajaran penemuan terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) model pembelajaran saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis; 3) model pembelajaran penemuan terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian, model pembelajaran penemuan terbimbing layak digunakan sebagai model pembelajaran ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, Penemuan TerbimbingAbstractThis study aims to determine the effectiveness of guided discovery learning model on the mathematical problem solving ability of the 7th grade jhs on line and angle materials, and to know whether the guided discovery learning model is more effective than the scientific learing model to the ability of mathematical problem solving of the 7th grade jhs in the line and angle material. The type of this research is quasi experiment with the population of the research is all 7th grade students  of jhs 4 Wonosari which consists of five classes. The results of this study showed that 1) the guided discovery learning model is effective in terms of mathematical problem solving ability; 2) the scientific learning model is effective in terms of mathematical problem solving ability; 3) the guided discovery learning model is more effective than the scientific learning model in terms of mathematical problem solving ability. Thus, the guided discovery learning model is appropriate to be used as a learning model in terms of mathematical problem solving abilities. Keywords: Problem Solving Ability, Guided discovery
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Eka Novi Setiawan , Prof. Dr. Rusgianto, H.S., M.Pd.
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11182

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS), berbasis pendekatan guided discovery learning yang valid, praktis, dan efektif untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap-tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, serta tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan, RPP dan LKS keduanya memenuhi kriteria valid dengan rata-rata perolehan skor 4,06 pada skala 5. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan, diperoleh skor angket respon siswa 3,26 pada skala 4 dan persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 89%. Berdasarkan penilaian keefektifan dari tes kemampuan pemecahan masalah, diperoleh nilai rata-rata ketercapaian kemampuan pemecahan masalah 83,44. Kata kunci: perangkat pembelajaran, guided discovery learning, kemampuan pemecahan masalah AbstractThe present research project aims to produce mathematics learning material that includes lesson plan and student worksheets based on guided discovery approach that valid, practical, and effectives to develop a good problem solving skill. Type of the research project was reseach and development with ADDIE model, consisting of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instruments used in the research project were validation sheets for measuring the validity for the learning material, student questionnaire and observation sheet of learning implementation for measuring the practicality, and problem solving skill test for measuring the effectiveness of the learning material. Based on the result of validation assessment, the lesson plan and assessment of student worksheets both is “valid” with a score of 4.06 on a scale 5. Based on the result of practicality, the learning material is “practical” with a score 3.26 on scale 4 and learning implementation percentage is 89%. Based on the effectiveness assessment using problem solving skill test, the average score of the class was 83.44.  Keywords:  leaning material, guided discovery learning, problem solving skill
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS 8 SMP Istiana Kindi Maycarena , Murdanu, M. Pd.
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11189

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas 8 SMP. Kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penilitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 4 Yogyakarta. Penilaian kevalidan dilakukan oleh guru matematika SMP Negeri 4 Yogyakarta. Hasil penilaian RPP dan LKS menunjukkan skor 4,82 dan 4,8 dengan kriteria valid. Hasil penilaian kepraktisan dari data angket respon guru diperoleh skor 4,92 dan angket respon siswa diperoleh skor 3,89 dengan kriteria praktis. Penilaian keefektifan menurut tes hasil belajar siswa diperoleh tingkat peningkatan sebesar 77,8% dengan kriteria peningkatan tinggi. Penilaian keefektifan berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor 83,33% dengan kriteria efektif. Kata Kunci: perangkat pembelajaran, Realistic Mathematics Education, kubus,
EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP Ari Dhamayanti , Dr. Ariyadi Wijaya
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11183

Abstract

AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran, (2) keefektifan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (3) keefektifan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ditinjau dari kemampuan penalaran, (4) keefektifan pendekatan PMRI ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (5) perbedaan keefektifan pendekatan saintifik dan PMRI ditinjau dari kemampuan penalaran, dan (6) perbedaan keefektifan pendekatan saintifik dan PMRI ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wates, Kulon Progo. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan awal dan akhir kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah. uji statistik yang digunakan adalah one sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah: (1) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, (2) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan  masalah, (3) pendekatan PMRI efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, (4) pendekatan PMRI efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, (5) pendekatan PMRI tidak lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran, dan (6) pendekatan PMRI lebih efektif daripada pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Kata kunci: pendekatan PMRI, kemampuan penalaran, kemampuan pemecahan masalah AbstractThis research aimed to determine: (1) effectiveness scientific approach  in term of reasoning skill, (2) effectiveness scientific approach  in term of problem solving skill, (3) effectiveness Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) approach  in term of reasoning skill, (4) effectiveness PMRI  approach  in term of problem solving skill, (5) difference of effectiveness learning with scientific approach and PMRI  approach  in term of reasoning skill, and (6) difference of effectiveness learning with scientific approach and PMRI  approach  in term of problem solving skill. This research is quasi experiment. This research has been done at SMP N 1 Wates . The instruments of this research were  reasoning skill test, problem solving skill test and observation sheet of learning implementation. Statistical test used  One Sample t Test and Independent Sample t Test. The result of this research was: (1) scientific approach effective  in term of reasoning skill, (2) scientific approach effective in term of problem solving skill, (3) PMRI approach effective in term of reasoning skill, (4) PMRI  approach effective in term of problem solving skill, (5) learning with PMRI  approach more effective than scientific approach in term of reasoning skill, and (6) learning with PMRI  approach not more effective than scientific approach and or they have the same effectiveness  in term of problem solving skill Keywords: PMRI approach, reasoning skills, problem solving skills
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ALJABAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA KELAS XI Ika Agustina Fitriani , Dr. R. Rosnawati
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11190

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada topik aljabar kelas XI, dan (2) mendeskripsikan tingkat kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan, angket penilaian kepraktisan oleh guru dan oleh siswa untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan komunikasi matematika untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis jika memenuhi kriteria minimal valid dan praktis, sedangkan dikatakan efektif jika persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM lebih dari 75%. Hasil penilaian kevalidan, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor rata-rata RPP 4.18 pada skala 5 dan LKPD 4.19 pada skala 5. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria sangat praktis  dengan perolehan skor rata-rata angket kepraktisan guru 3.72 pada skala 4 dan angket kepraktisan siswa 3.22 pada skala 4. Berdasarkan penilaian keefektifan dari tes kemampuan komunikasi matematika, perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dengan persentase ketuntasan mencapai 75%. Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, kemampuan komunikasi matematika AbstractThis research aims: (1) to produce mathematics learning material that includes lesson plan and student worksheets using scientific approach to improve mathematics communication skill with algebra topic in grade XI, and (2) to know the quality of learning material in the aspects of validity, practicality, and effectiveness. The developing model was ADDIE’s model, consisting of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instruments used in this research were validation sheets for measuring the validity for the learning material, teachers’ questionnaire and students’ questionnaire for measuring the practicality, and mathematic communication skill test for measuring the effectiveness of the learning material. From the validation assessment, the lesson plan is “valid” with the score of 4.18 on a scale of 5 and student worksheets is “valid” with the score of 4.19 on a scale of 5. Based on the result of practicality assessment, teachers’ questionnaire obtain a score 3.72 on a scale of 4 with “very practical” and students’ questionnaire obtain a score 3.22 on a scale of 4 with “practical”. Based on the result of effectiveness assessment using mathematics communication skill test, the level of completeness was 75%. Keywords: learning material, scientific approach, mathematic communication skill
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA BERORIENTASI PADA PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VII Ika Nailatul Muna , Wahyu Setyaningrum
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11184

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE yang bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan multimedia pembelajaran berbasis website materi segiempat dan segitiga berorientasi pada prestasi dan kemandirian belajar siswa dengan subjek siswa kelas VII-F dan VII-G SMPN 1 Piyungan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian media, angket respon siswa dan guru, tes prestasi belajar dan angket kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) multimedia pembelajaran berbasis website memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata yaitu 3,50 dari skor maksimal 4,00, (2) multimedia pembelajaran berbasis website memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata respon siswa 2,84 dengan kriteria praktis dan skor rata-rata respon guru 3,10 dari skor maksimal 4,00, (3) multimedia pembelajaran berbasis website memenuhi kriteria efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan siswa yaitu 62% yang berarti ketuntasan belajar siswa baik dan memenuhi kriteria efektif ditinjau dari kemandirian belajar siswa dengan 67% siswa memiliki kemandirian belajar minimal tinggi. Kata kunci: Kemandirian Belajar, Multimedia Pembelajaran, Prestasi Belajar, Website. AbstractThis research aims to describe the validity, practicality, and effectivity of website-based multimedia learning quadrilateral and triangle material oriented to student achievement and independency with ADDIE model procedure. The subject of this research was VII-G and VII-F students of 1 Piyungan Junior High School. The data were collected using: 1) media validation sheet, 2) questionnaires of student’s and teacher’s responses, 3) test of learning achievement, and 4) questionnaire of student independency. The results of this research are (1) website-based multimedia learning meet the valid criteria with average score 3,50 from maximum score 4,00, (2) website-based multimedia learning meet the practical criteria with the score of student’s responses 2,84 and the score teacher’s responses 3,10 from maximum score 4,00, (3) website-based multimedia meet the effective criteria showed by mastery learning of student is 62% and meet the effective criteria showed by 67% of students have a good and very good learning independency. Keywords: Learning Achievement, Multimedia Learning, Student Independency, Website.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI SEGIEMPAT BERBASIS PENDEKATAN GUIDED INQUIRY YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP Kusuma Wardani D.S , Himmawati Puji Lestari M.Si
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11185

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materi segiempat berbasis pendekatan guided inquiry yang berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid ditunjukkan oleh skor rata-rata penilaian RPP yaitu 4,35 dari skor maksimal 5 termasuk dalam kriteria sangat baik dan skor rata-rata penilaian LKS yaitu 4,08 dari skor maksimal 5 termasuk dalam kriteria baik. Perangkat pembelajaran praktis ditunjukkan oleh skor rata-rata respon siswa terhadap penggunaan LKS yaitu 3,89 dari skor maksimal 5 termasuk dalam kriteria baik, skor rata-rata respon guru terhadap penggunaan RPP dan LKS berturut-turut yaitu 4 dan 4,21 dari skor maksimal 5 dengan keduanya memenuhi kriteria baik, serta keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 88,33%. Perangkat pembelajaran efektif ditunjukkan oleh ketuntasan hasil tes pemahaman konsep secara klasikal yang memperoleh persentase ≥ 75%yaitu sebesar 87,50%. AbstractThis study aims to produce learning set that includes Lesson Plan and Student Worksheet for the topic quadrilateral using guided inquiry approach to orientate on student’s conceptual understanding ability for junior high school of class VII which are valid, practical, and effective. This study also aims to describe the quality of learning set based on validity, practicality, and effectiveness. Type of the research was research and development with ADDIE model consisting of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The result of this research showed that the learning set was valid shown by the average score of Lesson Plan was 4,35 on scale 5 with “very good” criteria and the average score of Student Worksheet was 4,08 on scale 5 with “good” criteria. The learning set was practical shown by the average score of student responses to use Student Worksheet was 3,89 on scale 5 with “good” criteria, the average score of teacher responses to use Lesson Plan and Student Worksheet were 4 and 4,21 on scale 5 with both of them have “good” criteria, and the learning activities included in “good” criteria with a percentage of 88,33%. The learning set was effective shown by the classical completeness was a percentage greater than or equal to 75% of 87,50%. Keywords learning set, guided inquiry, conceptual understanding, quadrilateral
PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII Hana’ Aulia Dewi , Endang Listyani
Jurnal Pedagogi Matematika Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpm.v7i4.11179

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan problem posing dan pendekatan problem based learning ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII dalam pembelajaran matematika, serta mengetahui perbedaan keefektifan antara pendekatan problem posing dan problem based learning ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest and posttest experimental group design. Data dianalisis dengan cara: one sample t-test untuk menguji keefektifan pendekatan problem posing dan pendekatan problem based learning serta independent sample t-test untuk menguji perbandingan keefektifan pendekatan problem posing dan pendekatan problem based learning, dengan  = 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan problem posing dan pendekatan problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII, serta tidak ada perbedaan keefektifan antara pendekatan problem posing dan pendekatan problem based learning ditinjau dari kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII. Kata kunci: keefektifan, problem posing, problem based learning, kemampuan literasi matematis AbstractThis research aimed to find out the effectiveness of problem posing and problem based learning approaches in regards to mathematics literacy ability of students grade VIII junior high school; and  find out the differences in the effectiveness between problem posing and  problem based learning approach in regards to mathematics literacy ability of students grade VIII junior high school.The type of this research was quasi experimental with pretest and posttest group design. The data were analyzed by means of: one sample t-test which was used to test the effectiveness of problem posing approach and problem based learning approach and independent sample t-test which was used to test the differences in the effectiveness between problem posing and  problem based learning approach. The results showed that problem posing and problem based learning approaches is effective in regards to mathematics literacy ability of students grade VIII junior high school; and there is no difference in effectiveness between problem posing and  problem based learning approach in regards to mathematics literacy ability of students grade VIII junior high school. Keywords: effectiveness, problem posing, problem based learning, mathematics literacy ability

Page 1 of 1 | Total Record : 10