cover
Contact Name
Imelda Tamba
Contact Email
imelday36@gmail.com
Phone
+6281270701406
Journal Mail Official
imelday36@gmail.com
Editorial Address
Jl. Anggrek Blok II, Kel. Lubuk Baja Kota, Kec, Lubuk Baja, Kota Batam
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Tractare Jurnal Ekonomi-Manajemen
ISSN : 23018445     EISSN : 28294912     DOI : -
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen is a peer-reviewed journal. Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen invites academics and researchers who do original research in the fields of economics and management, including but not limited to: Economics Monetary Economics, Finance, and Banking International Economics Public Economics Economic Development Regional Economy Management Science Marketing Financial Management Human Resource Management International Business Entrepreneurship
Articles 51 Documents
Relevansi Perubahan Organisasi Dalam Dinamika Penciptaan Pengetahuan dan Manajemen Pengetahuan Menuju Keunggulan Kompetitif Junianto, Pilifus
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 1 (2022): TRACTARE : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i1.46

Abstract

Artikel ini membahas konsep interaksi manusia ketika masuk dalam organisasi untuk mencapai tujuan tertentu melalui dinamika penciptaan pengetahuan untuk unggul bersaing serta menghasilkan inovasi dan nilai bagi kemasyalakatan. Tulisan ini di awali dengan kerangka teori organisasi yang membahas pentingnya figur leader dan gaya kepemimpinannya. Kajian berikutnya tentang karakteristik sumber daya manusia yang handal bagi organisasi. Kedua hal tadi bersangkut paut dalam dinamika penciptaan pengetahuan untuk mengantar suatu kelompok ke competitive advantage. Akhirnya, semua unsur tersebut berkelindan guna mengikuti geliat perkembangan dan perubahan dari organisasi.
Dosen Adalah Penegak Masalah Etika Profesi Sanga, Laurensius Dihe
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 1 (2022): TRACTARE : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i1.47

Abstract

Pendidikan tinggi adalah suatu jenjang pendidikan paling tinggi yang mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tinggi yang bersifat akademik dan atau profesional sehingga dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam rangka pembangunan nasional dan meningkatkan kesejahteraan manusia. Sudah barang tentu bahwa pendidikan tinggi juga tidak terlepas dari penerapan masalah etika. Terlebih lagi fokus perhatian pada etika dosen. Dengan mengetahui dan menerapkan etika dosen yang pas, maka relasi dengan mahasiswa pun terjalin dengan sangat baik.
Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Notaris Debora Ekawati Lukman Dadali,SH Wau, Natalia Nobatinia; Tamba, Imelda
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 1 (2022): TRACTARE : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i1.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, lingkungan kerja dan budaya organisasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja karyawan kantor notaris Debora Ekawati Lukman Dadali,S.H. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 24 karyawan dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menemukan bahwa thitung sebesar 4,967>ttabel 1,717 dengan tingkat signifikansi 0.000<0.05 maka motivasi terdapat pengaruh positif dan signifikansi terhadap kinerja karyawan. thitung sebesar 2,846>ttabel 1,717 dengan tingkat signifikansi 0,010<0,05 maka lingkungan kerja terdapat pengaruh positif dan signifikansi terhadap kinerja karyawan. thitung sebesar 2,286>ttabel 1,717 dengan tingkat signifikansi 0,033<0,05 maka budaya organisasi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dari uji F diketahui bahwa motivasi, lingkungan kerja dan budaya organisasi memiliki hubungan yang searah terhadap kinerja karyawan kantor notaris debora Ekawati Lukman Dadali,S.H, artinya jika variabel-variabel bebas ditingkatkan maka kinerja karyawan juga meningkat.
Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Penjualan Toko Watermelon Trisnawati, Yohana; Tamba, Imelda
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 1 (2022): TRACTARE : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i1.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan loyalitas konsumen terhadap penjualan Toko Watermelon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden 70 responden. Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan kuesioner. Hasil penelitian dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa: (1) Varibel promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penjualan dengan nilai signifikansi 0,008 < 0,05 dan nilai thitung 2,714 > ttabel 1,668. (2) Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05 dan nilai thitung 2,402 > ttabel 1,668. (3) Variabel loyalitas konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penjualan dengan nilai signifikansi 0,000 < alpha 0,05 dan nilai thitung 4,770 > ttabel 1,668. Dan uji f mempunyai nilai 43.301 > 2,742 diketahui bahwa promosi, kualitas pelayanan, dan loyalitas konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan Toko Watermelon dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Karyawan Di PT Eastsun Batam Nuraeni, Brigida Endah; Harianja, Josepin; Nidi, Yasinta Anselma
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 1 (2022): TRACTARE : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i1.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Kepemimpinan, dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Karyawan di PT Eastsun Batam, penelitian ini berupa studi keputakaan dan penyebaran kuesioner dengan pendekatan kuantitatif. Data tersebut dioleh menggunakan ssps dengan jumlah populasi 83 karyawan. Metode sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode sampe jenuh. Hasil penelitian dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa: (1) Variabel motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan, hal ini terlihat dari nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung 13,296 > ttabel 1,990. (2) Variabel kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, hal ini terlihat dari nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung 2,531ttabel 1,990. (3) Variabel kedisiplinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan, hal ini terlihat dari nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung 4,671 > ttabel 1,990. (4) Variabel motivasi, kepemimpinan dan kedisiplinan secara bersama-sama mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 94,8% dan sisanya 5,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian yang digunakan, hal ini terlihat dari nilai Fhitung 480,978 > Ftabel 2,715 dengan signifikan 0,000 < 0,05.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Harapan Utama Di Batam Resi, Maria Elisabeth; Harianja, Josepin; Nuraeni, Brigida Endah
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 1 (2022): TRACTARE : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i1.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya kepemimpinan dan Budaya Organisasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap Kinerja guru Sekolah Harapan Utama di Batam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 50 Guru dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analis yang digunakan menggunakan uji t dan uji F. hasil penelitian ini membuktikan bahwa: variabel gaya kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap kinerja guru, hal ini dapat terlihat dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 t hitung sebesar 5,202 > t tabel 2,013. Variabel budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru, hal ini terlihat dari nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai t hitung 3,328 < t tabel 2,013. Dari uji F hitung 1014,259 > 3,200 dengan signifikansi 0,000 diketahui bahwa variabel gaya kepemimpinan dan budaya organisasi memiliki hubungan yang searah dan secara bersama-sama mempengaruhi kinerja guru sebesar 97,90%, sedangkan sisanya 2,10% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian yang digunakan.
Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pengembangan Karier Dan Komitmen Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Cu Jembatan Kasih Di Batam Sareng, Angelina Jane Dua; Dabur, Feliks
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 1 (2022): TRACTARE : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i1.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia, pengembangan karir dan komitmen karyawan terhadap kinerja karyawan CU Jembatan Kasih di Batam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden 39 orang dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menemukan bahwa thitung sebesar 2,228 dan ttabel sebesar 2,030 dengan tingkat signifikansi 0,032 < 0,05, maka kompetensi sumber daya manusia terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, thitung sebesar 2,430 dan ttabel sebesar 2,030 dengan tingkat signifikansi 0,020 < 0,05, maka pengembangan karir terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, thitung sebesar 6,588 dan ttabel sebesar 2,030 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka komitmen karyawan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dan didukung juga dengan uji Fhitung 39,279 > Ftabel sebesar 2,874 dengan tingkat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil uji penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kompetensi sumber daya manusia, pengembangan karir dan komitmen karyawan baik secara uji sendiri-sendiri maupun uji serempak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan CU Jembatan Kasih di Batam.
Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt Happy Dream Batam Center Hurek, Imelda Prada; Dabur, Feliks
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 1 (2022): TRACTARE : Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i1.54

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT Happy Dream Batam Center. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa : studi kepustakaan, dan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian dengan taraf signifikan 5% menunjukan bahwa: (1) Variabel promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, hal ini terlihat dari nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung 4,010 > ttabel 1,995. (2) Variabel harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, hal ini terlihat dari nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung 30,543 > ttabel 1,995. (3) Variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, hal ini terlihat dari nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung 4,241 > ttabel 1,995. (4) Variabel promosi, harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 96% dan sisanya 4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian yang digunakan, hal ini terlihat dari nilai Fhitung 530,926 > Ftabel 2,737 dengan signifikansi 0,000.
Analisis Kinerja Pengurus Komunitas Basis Gerejawi Paroki Santo Fransiskus Asisi Di Kota Batam Sanga, Laurensius Dihe; Tamba, Imelda; Evy Puspitosari
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i2.60

Abstract

ABSTRAK The realitas give a some indication that motivation and empowerment become a important. So in this the church Katolik. For that i can analisis with the Cuantitative methode to see about the situasion in church Katolik St. Fransiskuas Asisi – Batam. This research aims to determine the influence of empowerment, motivation and leadership on the performance of the management of the Ecclesiastical Base Community (KBG) of St. Francis Asisi Parish in Batam City. There were 90 respondents, the data was processed using SPSS 26. From the results of data processing, it was obtained that the empowerment variable has a calculated tcount 2,828 > ttable 1,662 with a significance value of 0,006 < 0,05, so empowerment has a positive and significant influence on the performance of KBG management. The motivation variable has a calculated tcount 2,939 > ttable 1,662 with a significance level of 0,004 < 0,05, then motivation has a positive and significant influence on the performance of KBG management, and the leadership variable has a calculated tcount 2,795 > ttable 1,662 with a significance level of 0,006 < 0,05, then leadership has a positive and significant influence on the performance of KBG management. Based on the results of the coefficient of determination test, an Adjusted R Square value of 0,531 was obtained, meaning that the variables of empowerment, motivation and leadership influenced the performance of KBG management by 53.1%, and the remaining 46.9% was influenced by other variables outside this research.
Pengaruh Pelatihan, Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Departemen Quality Pt Pci Elektronik Internasional Di Kota Batam Nuraeni, Brigida Endah; Sitompul, Elpiani Togumarina; Harianja, Josepin
Tractare: Jurnal Ekonomi-Manajemen Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62820/trt.v5i2.61

Abstract

This study aims to determine the effect of training, compensation and motivation on the performance of employees of the Quality Department of PT PCI Elektronik Internasional in Batam City. This research was conducted using quantitative methods. Sampling used the Slovin formula with 89 respondents. The data collection technique uses a questionnaire and is distributed via the Google form. Data analysis using SPSS. The results of the study found that the training variable had a tcount of 4.921 > ttable of 1.662 with a significance value of 0.000 <0.05, then H0 was rejected and Ha was accepted, the compensation variable had a tcount of -2.316 <ttable 1.662 and a significance value of 0.023 <0.05, then H0 accepted and Ha rejected the motivational variable has a tcount of 4.514 > ttable of 1.662 and a significance value of 0.000 <0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. The three variables namely training, compensation and motivation together have an Fcount of 74.156 > Ftable of 2.71 and a significance value of 0.000 <0.05. This shows that simultaneously training, compensation and motivation have a positive and significant effect on the performance of PT PCI Quality Department employees. The relationship between variables can be written by the equation Y=13.048+0.381X1-0.290X2+0.472X3. The effect of the independent variable on the dependent variable is 72.4% while the remaining 27.6% is influenced by other factors not examined.