cover
Contact Name
Iksan
Contact Email
iksankamil.sahri@uinsa.ac.id
Phone
+6281329204299
Journal Mail Official
joies@uinsa.ac.id
Editorial Address
JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JOIES (Journal of Islamic Education Studies)
ISSN : 25408070     EISSN : 2541173X     DOI : https://doi.org/10.15642/joies.2022.7.2
Core Subject : Religion, Education,
The editors receive scientific articles in the form of conceptual scripts or unpublished research results or other scientific publications related to Islamic Education themes which cover Islamic Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2023): Desember" : 6 Documents clear
Fenomena Maraknya Rasa Ketergantungan Peserta Didik Terhadap Kecerdasan Buatan NUR INDAH KURNIAWATI
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 8 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2023.8.2.158-177

Abstract

Technology that is very developed at this time affects many aspects of life, including in the field of education. One of the rapidly developing technologies is artificial intelligence, which is inseparable from the teaching and learning process. There are various impacts arising from this very rapid technological development, namely the convenience obtained by humans from the existence of artificial intelligence. The researcher took the topic of the problem of whether students' dependence on artificial intelligence can make it difficult for students to solve their own problems. The topic was studied because the researcher wanted to find out whether students' dependence on artificial intelligence could affect students' decision making. The research method used in this study is a qualitative approach by collecting data through literature study. This article shows that the higher the sense of dependence on artificial intelligence, the more it makes learners lose confidence in their ability to solve problems. This thesis statement is the same as the opinion of Gumgum gumelar, Aji Cokro Dewanto, Pyndho Cevin Taraya, Aji Prasetya Wibawa and different from the opinion of Danny Manongga et al, Paulus Wisnu Yudoprakoso, Bambang Karyadi.
Upaya Peran Orang tua dalam Membentuk Perkembangan Emosional Pada Anak Pra-sekolah Nabila Aulia Az zahra
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 8 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2023.8.2.217-231

Abstract

Peran orang tua menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan dalam pengembangan emosi anak usia dini. Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang tua memahami pentingnya perkembangan emosi pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosi anak usia dini. Dampak penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan literatur study, yang meneliti tentang fenomena sosial. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Artikel ini menunjukkan bahwa semakin besar peran orang tua dalam membentuk kepribadian dan kesejahteraan anak, akan semakin kuat dan sehat perkembangan emosional Pra-sekolah. Thesis statement ini sama dengan hasil penelitian dari Anis Sahara dan Rahmat Hidaya yang sama-sama mendukung thesis statement tersebut. Berbeda dengan hasil penelitian dari Maria Rodriguez dan Juan Martinez mereka mengemukakan bahwa penelitian ini menolak pernyataan tentang peran orang tua tidak selalu mutlak dalam memengaruhi perkembangan emosional anak.
Upaya Guru Pendidikan Islam Dalam mengatasi Kesulitan membaca Al Qur’an Pada Siswa Mi NU Bahrul Ulum Dita Arfi Anatur Rohma
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 8 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2023.8.2.142-157

Abstract

Seringkali banyak ditemui dikalangan sekolah banyak siswa yang belum bisa membaca al qur’an dan belum mengetahui sama sekali huruf hijaiyah, pasalnya hal ini menjadi penting untuk segera diatasi, karena semakin banyak siswa yang tidak bisa membaca al qur’an, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di mi nu bahrul ulum dan mengetahui apa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di MI nu Bahrul ulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan wawancara dan obsrvasi, sehingga artikel ini berargumen bahwa Semakin kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya dalam pembelajaran al qur’an semakin tidak mampu membaca al qur’an. Thesis ini mendukung pendapat siti fadjryana fitrah(2018), slameto (2003). Dan tidak didukung Bimo Walgito(1995)
Analisis Media Pembelajaran PAI Kelas X dalam Meningkatkan Hasil Belajar di MAN 1 Surabaya M. Ishom Fahmi Ayatillah
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 8 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2023.8.2.198-216

Abstract

Dalam penelitian ini menjawab dari permasalahan tentang media pembelajaran dimana hal tersebut mempunyai dampak positif dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, Namun, temuan juga mengindikasikan bahwa masih diperlukan peningkatan dalam penggunaan media pembelajaran PAI untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data, melalui observasi, wawanvara, dan analisis dokumen. Artikel ini menunjukkan bahwa semakin kreatif guru menggunakan media pembelajaran PAI semakin mudah juga peserta didik dalam menerima pembelajaran. Thesis statement ini sama dengan Agus setiawan, Mokhsin kaliky dkk, Yolanda febrita dkk. Dan adapula thesis statement yang menolak M. Yusuf Amin Nugroho. Dengan adanya penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran PAI memfasilitasi pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep agama Islam dan memungkinkan pembelajaran yang lebih interaktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang berguna bagi guru dan sekolah dalam mengembangkan strategi penggunaan media pembelajaran PAI yang lebih efektif dalam konteks pendidikan di MAN 1 Surabaya.
Upaya Penanaman Penggunaan Media Sosial dalam Melindungi Anak-Anak dari Dampak Negatif Media Sosial Nisfa Lailatul 'Izza
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 8 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2023.8.2.232-254

Abstract

Kehadiran media sosial dalam kehidupan masyarakat sangat memberikan dampak positif yang signifikan. Namun, di sisi lain media sosial ini memberikan dampak negatif yang dapat merusak peradaban manusia dengan hadirnya berbagai konten-konten yang tidak sepatutnya. Permasalahan yang harus diantisipasi adalah bagaimana dengan anak usia dini yang sudah diajarkan menggunakan gadget yang didalamnya terdapat fitur-fitur yang merangsang stimulasi perkembangan anak. Oleh karena itu, tujuan penulisan artikel ini adalah memberikan wacana pengetahuan kepada pembaca, akademis, dan praktisi untuk memaparkan upaya penanganan dalam penggunaan media sosial untuk melindungi anak-anak dari dampak negatif media sosial. Artikel ini ditulis untuk menjawab bagaimana upaya penanaman penggunaan media dalam melindungi anak anak dari dampak negatif media sosial. Untuk menjawab pertanyaan penelitian diatas penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan literature study. Thesis statement artikel ini adalah semakin memiliki pemahaman yang kuat tentang penggunaan media sosial semakin bijak pula anak anak dalam mengonsumsi media sosial sehingga terlindungi dari dampak negatif media sosial. Thesis statement ini sama dengan Nur Ika Fatmawatidan (2019) , Tesa Gita Rinanda (2022), dan tidak sama dengan Ahmad Sudi Pratikno.
Fenomena Trend Out Fashion Muslimah Masa Kini Menjadi Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswi Dwi Mariatul Qibtia
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 8 No. 2 (2023): Desember
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2023.8.2.178-197

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis fenomena Trend Out Fashion Muslimah Masa Kini Menjadi Perilaku Konsumtif yang terjadi pada Mahasiswi. Pada Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode Studi Literatur . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semakin berkembangnya trend out fashion busana muslimah, menyebabakan timbulnya pola prilaku konsumtif dikalalngan mahasiswi. Tenis stetment ini sama halnya dengan Penelitian yang dilakukan oleh Maslatun Nisak bahwa “Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan”. Namun tesis stetment ini berbalik dengan penelitia yang dilakukan oleh Husainatul Jazilah bahwa “Online Shop dan Tren Gaya Hidup Shopaholic di Kalangan Mahasiswi

Page 1 of 1 | Total Record : 6