cover
Contact Name
Yanti Paulina
Contact Email
almaunumbengkulu@gmail.com
Phone
+6285380052444
Journal Mail Official
almaunumbengkulu@gmail.com
Editorial Address
Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UM Bengkulu Office : Jl. Bali , Kel. Kampung Bali Kec. Teluk Segara Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Al-Maun
ISSN : -     EISSN : 28299361     DOI : https://doi.org/10.36085/almaun.v1i1.3195
Jurnal Al-Maun merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masayarakat yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal ini merupakan media informasi, komunikasi dan sosialisasi hasil-hasil pengabdian masyarakat bagi Dosen dan Peneliti. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini berkaitan dengan hasil-hasil pegabdian kepada masyarakat, ide-ide bersifat interdisipliner atau ide-ide kreatif lainnya yang bersifat konstruktif. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun (April dan Nopember).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): April, 2022" : 5 Documents clear
EDUKASI SEMANGAT MEMBACA BAGI ANAK USIA DINI DI RA AL-HUDA RT/15 RW/003 PERUMNAS DIKNAS KELURAHAN SURABAYA KOTA BENGKULU Intan Sophia Resera; Eli Rustinar; Loliek Kania Atmaja; Rio Saputra
Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): April, 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/almaun.v1i1.3195

Abstract

Pengabdian masyarakat pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMB 2021 dengan program kerja edukasi bagi anak usia dini tentang semangat membaca. Karena pada usia dini merupakan periode emas dalam perkembangan otak manusia. Minat baca yang baik merupakan salah satu indikator kemajuan literasi sekaligus menjadi indikator kemajuan bangsa. Minat baca sebaiknya distimulus pada usia sedini mungkin. Kegiatan edukasi yang dilakukan melalui story tellling. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini menggunakan metode lapangan. Kegiatan edukasi bagi anak usia dini tentang semanagt membaca yaitu melalui kegiatan story tellling. Kegiatan ini dilakukan di lingkungan RT/15 RW/003 Perumnas Diknas Surabaya tepatnya di sekolah RA Al- Huda. Hasil pengabdian menunjukan bahwa pada anak usia dini memiliki minat baca yang sangat rendah sehingga untuk meningkat minat baca yang tinggi  maka dilakukan kegiatan story tellling ini. Kata kunci: anak usia dini, edukasi, membaca story tellling.
PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI ERA PENDEMI KELURAHAN BAJAK Isnaeni Rofiah; Yanti Paulina; Eli Rustinar; Hasmi Suyuthie
Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): April, 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/almaun.v1i1.3196

Abstract

Abstrak: Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting, dengan jumlah jam pelajaran yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Covid-19 juga menyebabkan dampak besar dalam kegiatan pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang mengadakan kegiatan KKN Mandiri dalam bentuk pendampingan belajar melalui kegiatan bimbingan belajar matematika di rumah tepatnya di RT 05 Kelurahan Bajak. Tujuan dari kegiatan ini untuk memperdalam materi yang belum maupun  sudah diberikan guru di sekolah sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam belajar serta meningkatkan semangat belajar siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemahaman materi dan semangat belajar siswa mengalami perkembangan yang baik. Kata Kunci : bimbingan belajar, matematika, pendampingan belajar
PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI ERA PANDEMI KELURAHAN BAJAK Atika Anggraini; Elyusra Elyusra; Syanurdin Syanurdin; Siti Aisyah
Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): April, 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/almaun.v1i1.3197

Abstract

Upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan memberlakukan pembatasan jam belajar di sekolah membuat pendidikan di Indonesia kurang optimal. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, salah satunya melalui program kerja bimbingan belajar pada KKN Mandiri Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun 2021. Bantuan belajar ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa dalam bidang Sains dan Bimbingan Belajar. Dalam hal ini metode yang digunakan adalah deskriptif naratif analisis informasi dan menggunakan teknik analisis data naratif deskriptif, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu orang tua yang tidak bisa mendampingi anaknya dalam pendidikan online dan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini berlangsung di RT-05 Desa Bajak dengan cara tatap muka dengan protokol kesehatan dan dibatasi jumlah siswa agar bisa menjaga jarak. Hasil kegiatan membuktikan bahwa orang tua merasa terbantu dengan adanya program bimbingan belajar dan anak menunjukkan perilaku yang antusias dan lebih termotivasi dalam belajar. Kata kunci: anak usia dini, edukasi, membaca story tellling.
PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA ANAK-ANAK RT 05 KELURAHAN BAJAK PADA MASA PANDEMI COVID 19 Endah Nur Hasanah; Reni Kusmiarti; Septina Lisdayanti; Jelita Zakaria
Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): April, 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/almaun.v1i1.3198

Abstract

Pendampingan belajar Matematika anak-anak RT 05 kelurahan Bajak dimasa pandemi covid 19 saat ini sangat penting. Masih banyak anak-anak kurang paham dan mengerti dengan materi pelajaran matematika, karena dampak adanya pandemi covid 19 yang masih berlanjut mengharuskan kegiatan belajar yang biasanya dilakukan di sekolah kini harus terpaksa dilakukan di rumah dengan menggunakan media online. Tujuan dari pendampingan belajar ini untuk memudahkan pemahaman anak-anak terhadap tugas yang diberikan guru. Pendampingan dilakukan secara luring mengajarkan anak-anak matematika dengan beberapa pertemuan. Hasil pendampingan ini, anak bisa memahami mater matematika dan dapat dengan mudah mengikuti pelajaran selama berkegiatan belajar di rumah pada masa covid 19 ini. Kata kunci: Anak-anak, Pendampingan belajar, Matematika
BIMBINGAN BELAJAR (SOLUSI DALAM MENGATASI PERMASALAHAN DI RT. 05 DALAM BIDANG PENDIDIKAN) Rani Rosadi; Hafiz Gunawan; Ajat Manjato; Man Hakim; Ira Yuniati
Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): April, 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/almaun.v1i1.3199

Abstract

Permasalahan  di RT 05 Kelurahan Pasar Bengkulu di bidang pendidikan yaitu terdapat beberapa anak belum bisa membaca dan mengalami kesulitan dalam mengerjakan PR. Diakibatkan oleh keterbatasan waktu belajar anak di sekolah karena pandemic covid-19. Kondisi ini mengharuskan orang tua untuk mengikutsertakan anaknya menempuh pendidikan non formal  melalui kegiatan bimbingan belajar diluar jam sekolah. Namun orang tua tidak mampu untuk mengikut sertakan anaknya mengikuti les/bimbel,karena keterbatasan  dalam keuangan. Penduduk  di  RT  05  ini kebanyakan hanya bekerja sebagai nelayan dan buruh harian. Metode yang digunakan dalam mengatasi permasalahan adalah dengan mengadakan bimbingan belajar. Adapun program yang saya rencanakan dan laksanakan selama sebulan ini yaitu : Bimbingan belajar membaca dan membimbing anak-anak mengerjakan PR. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Bidang Pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 5