cover
Contact Name
Agustinus Lambertus Suban
Contact Email
agustinus2304@gmail.com
Phone
+6285239123988
Journal Mail Official
agustinus2304@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kesehatan no. 03 Maumere- Flores - NTT
Location
Kab. sikka,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Increate
Published by Universitas Nusa Nipa
ISSN : 23389214     EISSN : 30465362     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal In Create - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Nipa. Jurnal ini memuat artikel-artikel hasil penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil karya ilmiah di bidang teknologi informasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dunia ilmu pengetahuan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini memiliki nomor ISSN 2338-9214 dan terindeks di Google Scholar. Jurnal ini juga memiliki situs web resmi yang dapat diakses di sini. Journal title : In Create (Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi) Abbreviation : Increate ISSN : 2338-9214 (print) Frequency : 2 issues/year (Jan, Juni)
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2018)" : 4 Documents clear
PENERAPAN TEORI ANTRIAN UNTUK MENGANALISA PELAYANAN PADA PALANG PINTU MASUK KENDARAAN RODA DUA DI PASAR ALOK MAUMERE Agustinus Lambertus Suban; Kuirinus Sani Maran; Yosef Petrus Minggo
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 5 No. 1 (2018)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada umumnya antrian yang cukup panjang dapat menimbulkan ketidak nyamanan para indiviud yang dilayani. Banyak sekali antrian yang dapat dijumpai dalam keseharian, menunggu bagi sebagian besar orang adalah hal yang membosankan. Dalam kasus ini penulis mengambil contoh pada palang pintu masuk Pasar Alok Maumere. Dari hasil analisa ditemukan beberapa masalah seperti tingkat pelayanan yang kurang efektif sehingga menyebabkan timbulnya antrian. Untuk mengatasi hal ini, digunakan metode simulasi antrian. Di dalam penelitian ini akan diuraikan simulasi untuk mencari solusi efektifitas waktu pelayanan sehingga dapat mengurangi tingkat antrian. Dari hasil penelitian dan analisa data,panjang antrian rata-rata adalah 7,34 kendaraan, dengan rata-rata waktu tunggu kendaraan dalam sistem Ws = 1/ m(1- r) = 1/μ ( 1 – p ) = 1 / 240 ( 1 – 0,891 ) = 1 / 240(0,108) = 138,46 detik atau 138 detik =2 menit 3 detik. Dengan demikian maka pengelola palang pintu (operator) harus mengatur kecepatan kerja untuk meminimalisir antrian.
TATA KELOLA TI DALAM PEMANFAATAN SISTEM E-CAMPUZ BERBASIS CLOUD COMPUTING PADA UNIVERSITAS NUSA NIPA MAUMERE Margaretha P.N. Rozady
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 5 No. 1 (2018)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Universitas Nusa Nipa Maumere, sebagai salah satu Universitas yang sedang berkembang memanfaatkan kemajuan dari internet, salah satunya adalah penggunaan E-campuz yang merupakan sebuah sistem informasi yang berbasis Cloud Computing. Dengan adanya aplikasi ecampuz yang bebasis Cloud Computing sangat membantu dalam kegiatan proses belajar mengajar dan juga urusan akademik. Universitas Nusa Nipa belum memiliki suatu prosedur tata kelola TI yang mengatur kegiatan pengembangan dari ecampuz untuk dosen dan mahasiswa.Pengembangan aplikasi ecampuz memerlukan biaya sehingga perlu terdapat tata kelola TI yang baik supaya investasi yang telah dikeluarkan tidak terbuang secara sia-sia Tata kelola TI yang baik harus didukung dengan adanya suatu komite TI, untuk mencapai tata kelola TI yang baik diperlukan juga penyusunan perencanaan strategis TI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU KOMPUTER SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN PEMBUATAN JARINGAN DENGAN CLEAROS DI SMKN 3 MAUMERE Helena Yunita Monika Doren
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 5 No. 1 (2018)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan komputer, peran guru sangat penting dalam peningkatan kualitas siswa dalam belajar komputer dengan memperhatikan, memikirkan dan merencakan proses belajar mengajar yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, guru dapat memberikan motivasi atau dorongan maupun hal-hal baru dalam pembelajaran, terutama di kelas X yang hasil belajarnya masih rendah sehingga mengalami kesulitan memahami konsep pembuatan jaringan. Dengan adanya motivasi diharapkan siswa menyenangi komputer, sehingga prestasi ilmu komputer menjadi semakin meningkat. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode terbimbing dapat meningkatkan hasil belajr komputer pada pokok bahasan pembuatan jaringan dengan ClearOS dan untuk mengetahui apakah aktifitas siswa dalam belajar tentang pembuatan jaringan menggunakan ClearOS dengan metode terbimbing di kelas X-TKJ SMKN 3 Maumere dapat meningkatkan hasil belajar komputer.
APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD Febriyanti Alwisye Wara; Maria Florentina Rumba
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 5 No. 1 (2018)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran Teknologi dan Informasi saat ini telah merabah ke dunia pendidikan. Pendidikan yang menjadi tolok ukur kemajuan suatu bangsa saat ini sangat erat kaitannya dengan dunia Teknologi. Salah satu dari peran Teknologi pada dunia pendidikan adalah aplikasi Media pembelajaran yang terkomputerisasi. Media pembelajaran ini bersifat interaktif, maksudnya adalah adanya komunikasi antara user dan pengakat lunak (software). Para siswa merasa jenuh/bosan saat proses pembelajaran dari guru berlangsung, hal ini di sebabkan oleh berkurangnya peran visual computer yang interaktif dalam proses belajar mengajar. User yang adalah siswa – siswa sekolah dasar kelas 1, diharapkan memahami konsep aplikasi Media Pembelajaran yang interaktif dengan menambahkan Multimedia cerdas sebagai basis pembelajarannya. Dengan adanya Media Pembelajaran ini nilai para siswa yang pada awalnya menurun dapat ditingkatkan dan para guru termotivasi untuk meningkatkan proses belajar mengajarnnya agar para siswa tidak merasa bosan/jenuh.

Page 1 of 1 | Total Record : 4