cover
Contact Name
Agustinus Lambertus Suban
Contact Email
agustinus2304@gmail.com
Phone
+6285239123988
Journal Mail Official
agustinus2304@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kesehatan no. 03 Maumere- Flores - NTT
Location
Kab. sikka,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Increate
Published by Universitas Nusa Nipa
ISSN : 23389214     EISSN : 30465362     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal In Create - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Nipa. Jurnal ini memuat artikel-artikel hasil penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil karya ilmiah di bidang teknologi informasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dunia ilmu pengetahuan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini memiliki nomor ISSN 2338-9214 dan terindeks di Google Scholar. Jurnal ini juga memiliki situs web resmi yang dapat diakses di sini. Journal title : In Create (Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi) Abbreviation : Increate ISSN : 2338-9214 (print) Frequency : 2 issues/year (Jan, Juni)
Articles 50 Documents
PENERAPAN TEORI ANTRIAN UNTUK MENGANALISA PELAYANAN PADA PALANG PINTU MASUK KENDARAAN RODA DUA DI PASAR ALOK MAUMERE Agustinus Lambertus Suban; Kuirinus Sani Maran; Yosef Petrus Minggo
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 5 No. 1 (2018)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada umumnya antrian yang cukup panjang dapat menimbulkan ketidak nyamanan para indiviud yang dilayani. Banyak sekali antrian yang dapat dijumpai dalam keseharian, menunggu bagi sebagian besar orang adalah hal yang membosankan. Dalam kasus ini penulis mengambil contoh pada palang pintu masuk Pasar Alok Maumere. Dari hasil analisa ditemukan beberapa masalah seperti tingkat pelayanan yang kurang efektif sehingga menyebabkan timbulnya antrian. Untuk mengatasi hal ini, digunakan metode simulasi antrian. Di dalam penelitian ini akan diuraikan simulasi untuk mencari solusi efektifitas waktu pelayanan sehingga dapat mengurangi tingkat antrian. Dari hasil penelitian dan analisa data,panjang antrian rata-rata adalah 7,34 kendaraan, dengan rata-rata waktu tunggu kendaraan dalam sistem Ws = 1/ m(1- r) = 1/μ ( 1 – p ) = 1 / 240 ( 1 – 0,891 ) = 1 / 240(0,108) = 138,46 detik atau 138 detik =2 menit 3 detik. Dengan demikian maka pengelola palang pintu (operator) harus mengatur kecepatan kerja untuk meminimalisir antrian.
TATA KELOLA TI DALAM PEMANFAATAN SISTEM E-CAMPUZ BERBASIS CLOUD COMPUTING PADA UNIVERSITAS NUSA NIPA MAUMERE Margaretha P.N. Rozady
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 5 No. 1 (2018)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Universitas Nusa Nipa Maumere, sebagai salah satu Universitas yang sedang berkembang memanfaatkan kemajuan dari internet, salah satunya adalah penggunaan E-campuz yang merupakan sebuah sistem informasi yang berbasis Cloud Computing. Dengan adanya aplikasi ecampuz yang bebasis Cloud Computing sangat membantu dalam kegiatan proses belajar mengajar dan juga urusan akademik. Universitas Nusa Nipa belum memiliki suatu prosedur tata kelola TI yang mengatur kegiatan pengembangan dari ecampuz untuk dosen dan mahasiswa.Pengembangan aplikasi ecampuz memerlukan biaya sehingga perlu terdapat tata kelola TI yang baik supaya investasi yang telah dikeluarkan tidak terbuang secara sia-sia Tata kelola TI yang baik harus didukung dengan adanya suatu komite TI, untuk mencapai tata kelola TI yang baik diperlukan juga penyusunan perencanaan strategis TI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU KOMPUTER SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN PEMBUATAN JARINGAN DENGAN CLEAROS DI SMKN 3 MAUMERE Helena Yunita Monika Doren
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 5 No. 1 (2018)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan komputer, peran guru sangat penting dalam peningkatan kualitas siswa dalam belajar komputer dengan memperhatikan, memikirkan dan merencakan proses belajar mengajar yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, guru dapat memberikan motivasi atau dorongan maupun hal-hal baru dalam pembelajaran, terutama di kelas X yang hasil belajarnya masih rendah sehingga mengalami kesulitan memahami konsep pembuatan jaringan. Dengan adanya motivasi diharapkan siswa menyenangi komputer, sehingga prestasi ilmu komputer menjadi semakin meningkat. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode terbimbing dapat meningkatkan hasil belajr komputer pada pokok bahasan pembuatan jaringan dengan ClearOS dan untuk mengetahui apakah aktifitas siswa dalam belajar tentang pembuatan jaringan menggunakan ClearOS dengan metode terbimbing di kelas X-TKJ SMKN 3 Maumere dapat meningkatkan hasil belajar komputer.
Sistem Informasi Keuangan SMP Swasta Katolik Maria Kanisia paulina kristanti ekarista; patrisius megu hekin; conchita junita chandra
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi Keuangan SMP Swasta Katolik Maria Kanisia. SMP Swasta Katolik Maria Kanisia merupakan sekolah baru, dimana data administrasi sekolah masih diolah secara manual dengan mencatat pada buku berdasarkan urutan transaksi, selanjutnya dibuat laporan menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel apabila diminta oleh pimpinan (kepala sekolah/ketua yayasan). Penambahan jumlah siswa mengakibatkan pengolahan data semakin meningkat dan kompleks, sehingga muncul berbagai masalah terutama berhubungan dengan informasi keuangan (pembayaran uang sekolah siswa), sepertiproses pencarian data yang lambat, pembuatan laporan yang tidak efisien dan efektif, terdapat redundansi dan data tidak konsisten, terjadi kerusakan dan kehilangan data, pimpinan tidak dapat mengetahui data siswa-siswi yang masih menunggak secara cepat dan detail, serta orang tua/wali siswa yang kesulitan mengontrol dan mengetahui informasi uang sekolah anaknya dengan cepat. Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis web yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut di atas. Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem yang dibangun telah sesuai dengan kebutuhan, baik dari aspek functionality, reliability, usability, dan waktu respon.Kata Kunci:sistem informasi keuangan, uang komite, web
Penentuan Panjang Optimal Pipa Air Optimal Di Perumnas Maumere Menggunakan Algoritma Kruskal Albert Adi Sanjaya Ongkio Buol; Maria Florentina Rumba Rumba; Febriyanti Alwisye Wara Wara
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Algoritma Kruskal merupakan algoritma greedy untuk membentuk suatu pohon dengan cara mengurutkan sisi dari graf berdasarkan urutan bobot dari terkecil hingga terbesar, tetapi tidak membentuk sirkuit. Ini berarti menemukan subset dari tepi yang membentuk sebuah pohon yang mencakup setiap titik , di mana berat total dari semua tepi di atas pohon diminimalkan. Algoritma kruskal ini dapat diterapkan pada banyak hal terkait dengan perhitungan minimum suatu jalur. Jurnal ini adalah penelitian yang bersifat studi kasus dan merupakan suatu aplikasi graf dalam kehidupan sehari hari. Salah satu aplikasinya dalam perhitungan pipa air minimum di komplek perumnas maumere. Permasalahan yang akan dibahas, panjang pipa yang terpasang di perumnas maumere menurut data PDAM Maumere adalah 732 meter, sedangkan panjang pipa yang dihitung menggunakan algoritma kruskal adalah 536 meter. Dalam jurnal ini akan dititik beratkan pada perhitungan pengoptimalan panjang pipa menggunakan algoritma Kruskal, yang merupakan bagian dalam masalah pohon rentang minimum graf. Panjang pipa akan dipresentasikan sebagai sebuah graf yang saling terhubung, tak berarah, dan berbobot.
Identifikasi Jenis Bunga Menggunakan Ekstraksi Ciri Orde Satu ( Studi kasus di Seminari Tinggi Rita Piret) Maria Selfiana Kara; Febriyanti Alwisye Wara; Maria Florentina Rumba
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pengenalan jenis bunga berbasis komputer merupakan proses memasukkan informasi berupa citra jenis bunga ke dalam komputer. Selanjutnya ditampilkan citra RGB dan citra grayscale lalu dilakukan ekstraksi. Ekstraksi ciri citra merupakan tahapan mengekstrak ciri/informasi dari objek di dalam citra yang ingin dikenali/dibedakan dengan objek lainnya. Ciri yang telah diekstrak kemudian digunakan sebagai parameter/nilai masukan pada tahapan identifikasi/ klasifikasi.Salah satu contoh metode ekstraksi ciri citra adalah ekstraksi ciri orde satu atau disebut juga dengan ekstraksi ciri orde pertama. Ekstraksi ciri orde satu merupakan metode pengambilan ciri yang didasarkan pada karakteristik histogram citra. Citra yang digunakan terdiri dari lima jenis bunga yaitu bunga asoka kuning, bunga zinia, bunga canlendala, bunga pansy.Beberapa parameter ciri orde satu antara lain adalah mean, skewness, variance, kurtosis, dan entropy. Parameter ciri tersebut dapat digunakan sebagai masukan dalam algoritma identifikasi untuk mengenali objek dalam citra
Optimalisasi Pemahaman Materi Rangkaian Logika Menggunakan Metode Direct Instruction dan Perangkat Bantu Simulasi Circuit Wizard Agustinus Lambertus Suban; Imelda Dua Reja; Helena Yunita Monika Doren
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas tool bantu berupa circuit wizard dengan metode Direct instruction terhadap hasil belajar Materi Gerbang Loika Mata Kuliah Pemrogramana Bahasa Dasar. Uji coba dilakukan pada mahasiswa yang dikelompokan dalam dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dan masing-masing berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pretest dan posttest. Pada penelitian ini penulis memilih dua model uji coba yaitu Kolmogorov Smirnov dan uji coba Ryan-Joiner pada kelas eksperimen. Dari asil uji coba menggunakan uji Kolmogorv Sminorv terdapat KS: 0,149 dengan P-Value > 0,150 di mana lebih dari 0,05, maka variabel dinyatakan berdistribusi normal. Demikian juga Uji coba Ryan-joiner terlihat RJ: 0,992 dengan P-Value > 0,100 di mana lebih dari 0,05, maka variabel ini juga dinyatakan berdistribusi normal
SPASIAL MESSO PERMUKIMAN KAMPUNG PETILASAN WURING KOTA MAUMERE Ambrosius Alfonso Korasony Sevili Gobang
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 6 No. 1 (2019)
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tepi laut atau pesisir pantai merupakan ruang yang relatif dominan bagi permukiman perairan di Indonesia. Satu diantaranya adalah kawasan permukiman Suku Bajo di kampung Wuring, Kelurahan Wolomarang Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur. Permukiman kampung di Wuring memiliki kekhasan yaitu dibangun di atas air yang menyatu dengan daratan. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan dan menginterpretasi catatan budaya Suku Bajo, berupa dokumen historis, peta lokasi, maupun wujud fisik bangunan rumah masyarakat Suku Bajo dan objek lainnya yang ada di lapangan. Adapun pendekatan fenomenologi digunakan untuk melihat makna dalam masyarakatyang menjelaskan pengalaman orisinal dari situasi spesifik dan bertujuan menganalisis spasial messoyang terbentuk dan aspek-aspek yang melandasi terwujudnya spasial messopermukiman Suku Bajo pada kawasan kampung petilasan Wuring. Hasil penelitian memberikan gambaran tentang spasial messo permukiman masyarakat Suku Bajo di pesisir kampung petilasan Wuring Kota Maumere ini memiliki suatu pola spasial yang unik yaitu membentuk pola linier memanjang, karena rumah-rumah tinggal masyarakat selalu berorientasi ke jalan lingkungan dan ruang laut di belakangnya. Pola perkembangan kampung Wuring ini dimulai dari leko yaitu koral atau gugusan karang dalam laut dan dangkal. Di atas taka ini kemudian masyarakat Suku Bajo melakukan aktivitas menangkap ikan dengan memarkir sampan atau rumah perahu yang lama kelamaan masyarakat menanam tiang-tiang lalu membangun rumahnya dan perlahan-lahan menimbun taka tersebut menjadi daratan. Kecenderungan ini dapat menjelaskan keadaan kampung Wuring saat ini yaitu Wuring Tengah dan Wuring Laut yang sudah menjadi daratan itu awalnya adalah perairan dengan taka yang ditimbun oleh Suku Bajo karena sifat uniknya bermukim di atas laut. Pola spasial kawasan ini menunjukan adanya pengaruh ruang luar yaitu jalan dan lautan yang keduanya bemanfaat sebagai jalur aksesibilitas kawasan. Selain itu adanya suatu relasi yang cukup kuat antara hunian masyarakat dengan berbagai fasilitas penunjang aktivitas sosial ekonomi masyarakat
MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA , HURUF, BENTUK DAN WARNA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF Mega Oktavia; Febriyanti Alwisye Wara; Yanter Wilve Baly Woda
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia. Perkembangan teknologi komputer yang pesat telah membuat perangkat komputer mampu menampilkan informasi dalam bentuk multimedia. Multimedia dapat digunakan untuk membuat presentase belajar yaitu media pembelajaran yang lebih interaktif. Namun kurangnya media dalam bentuk alat peraga yang menarik dan multiguna pada Paud Sion dan dalam masa pandemik yang mengharuskan anak – anak belajar dari rumah membuat minat anak – anak dalam belajar menurun, untuk itu penulis tertarik untuk membuat Media Pembelajaran Mengenal Angka, Huruf, Bentuk Serta Warna berbasis Multimedia Interaktif yang bertujuan membantu anak – anak Paud Sion dalam belajar dan menjadi alat peraga tambahan bagi guru Paud Sion.Perancangan media pembelajaran dibuat semenarik mungkin, dengan memasukan unsur media seperti teks, suara, animasi, gambar, audio, video, dan penggunaan warna – warna cerah disetiap tampilannya, dan berdasarkan uji user yang telah dilakukan dari hasil presentase kuisioner, bayaknya guru dan anak – anak yang menjawab setuju pada setiap pertanyaan mencapai (100%), maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Mengenal Huruf, Angka, Bentuk dan Warna bisa digunakan dan dapat diterima di Paud Sion dengan harapan dapat menarik minat belajar anak untuk mengenal angka, huruf, bentuk serta warna. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran (Mengenal Angka, Huruf, Bentuk Serta Warna )
PEMERATAAN PENYEBARAN INFORMASI KESEHATAN PADA PUSKESMAS HABIBOLA MENGGUANAKAN APIK (APLIKASI PENGOLAHAN INFORMASI KESEHATAN) BERBASIS SMS-GATEWAY Yosafat Pati Koten; Margaretha PN Rozady; Faustin Roswita
Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal In Create : Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi
Publisher : Increate - Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu penekanan angka meningkatnya penyakit pada masyarakat adalah penyampaian informasi Kesehatan tentang penyakit tertentu sejak dini. Penyebaran informasi Kesehatan diharapkan merata kepada semua lapisan masyarakat agar semuanya memperoleh manfaat secara langsung. Topografi pemukiman masyarakat di desa khususnya desa-desa di kecamatan kloangpopot berbukit-bukit dan berjauhan jarak antar desa. Hal ini menjadi salah satu masalah bagi petugas puskesmas dalam menyebarkan informasi Kesehatan yang hanya terbatas pada pengumuman langsung melalui pengeras suara. Untuk mengatasi permasalahan ini maka kami mengembangkan sebuah aplikasi pengolahan informasi Kesehatan (APIK) berbasis sms gateway. Penyebaran informasi dapat dilakukan oleh operator kepada masyarakat melalui sms gateway pada server APIK dan juga masyarakat dapat melakukan konsultasi Kesehatan berkaitan dengan penyakit-penyakit umum kapan saja dan di mana saja. System APIK akan membalas sms warga secara otomatis (auto replay). Keluaran dari sistem APIK ini adalah operator dapat membuat pelaporan berupa laporan kosultasi warga, laporan data-data informasi Kesehatan dari masa ke masa, laporan data warga yang mendaftar untuk berobat, laporan data-data gejala-gejala penyakit, dan laporan informasi Kesehatan terbaru. Penyampaian informasi Kesehatan dengan system APIK mencapai hampir seluruh (85%) warga kecamatan kloangpopot per keluarga. Kata kunci : APIK (Aplikasi Pengolahan Informasi Kesehatan), SMS Gateway, Sistem Informasi, informasi Kesehatan.