cover
Contact Name
Mukhamad Khumaidi Usman
Contact Email
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Phone
+628919579264
Journal Mail Official
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Editorial Address
Tim Redaksi NOZZLE : Journal Mechanical Engineering Program Studi D3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Jl. Mataram No.9, Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah 52147 Email : jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Nozzle : Journal Mechanical Engineering
ISSN : 23016957     EISSN : 2776219X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Nozzle : Jurnal Teknik Mesin (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) menerbitkan artikel penelitian, artikel konseptual, laporan kajian lapangan, praktik terbaik dan kebijakan teknik mesin di kancah nasional dan internasional (Lihat Fokus dan Ruang Lingkup ). Artikel jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan sekali, yaitu pada bulan Januari dan Juli (2 edisi per tahun), dan diterbitkan oleh Politeknik Harapan Bersama Tegal. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan. Nozzle : Journal Mechanical Engineering (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of mechanical engineering on a national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this journal are published every six months, that is in January and July (2 issues per year), and published by the Politeknik Harapan Bersama Tegal. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format. The journal publishes original papers in the field of Mechine but not limited to, the following scope: Mechine: Electronic Materials, Materials Engineering, Energy Manufacturing, Machinery, Electronic Instrumentation, Automation, Control, Embedded Systems, Mechatronics, Eectric power, Technology, Energy Storage Systems, Transmission, Energy Distribution, New Renewable Energy, and other related topics.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2017): Nozzle : Journal Mechanical Engineering" : 7 Documents clear
PERANCANGAN RANGKA MOBIL LISTRIK POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL Firman Lukman Sanjaya
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 6, No 1 (2017): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v6i1.821

Abstract

AbstrakMobil listrik yaitu mobil yang digerakkan dengan motor listrik,menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai.Rangka terdiri atas tiga jenis yang pertama adalah jenis Ladder Frame adalah dua batangan panjang yang menyokong kendaraandan menyediakan dukungan yang kuat dari berat beban dan umumnya berdasarkan desain angkut. Dinamakan demikian karena kemiripannya dengan tangga Turbular Space Frame jenis ini memiliki kekuatan luluh yang sangat bagus di perlindungan kekakuan torsional, ketahanan beban berat, dan beban impak, rangka ini juga mudah untuk di desain dan cukup sulit dalam membangunnya berikutnya Monocoque jenis rangka ini merupakan satu kesatuan stuktur chassis dari bentuk kendaraannya sehingga rangka ini memiliki bentuk yang beragam yang menyesuaikan dengan bodi mobil metode penelitian ini diawali dengan membuat perancangan model rangka dan pemilihan bahan yang diinginkan disesuaikan dengan teoritis yang dapa tmemberikan kekuatan terbaik dalam menopang beban, kemudian melakukan pengujian bahan dengan mengujikan sample dari bahan yang dipilih untuk diberikan pembebanan yaitu dengan Uji tarik dan uji Tekan untuk mengetahui batas maksimal elastisitas dan kekuatan tekan terhadap beban / gaya yang dapat diterima dengan maksimal. Hasil pengujian tekan pada rangka mobil listrik menunjukan padabeban 31 kN rangka mengalami penurunan / pembengkokan sebesar 2 mm dan setelah tekananya lebih dari 31 kN sampai beban maksimal 75 , 95 N mengalami pembengkokan 18 mm atau sampai menyentuh titik akhir tekan mejauji. Kata Kunci : Rangka, Mobil Listrik, chassis, kN
PENGARUH JENIS PAHAT TERHADAP KEKERASAN PERMUKAAN SAAT PEMBUBUTAN BAJA ST 60 PADA MESIN BUBUT CNC Amin Nur Akhmadi; M.Taufik Qurohman
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 6, No 1 (2017): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v6i1.816

Abstract

AbstrakMesin bubut CNC dipergunakan untuk pembentukan benda kerja menjadi bentuk-bentuk tertentu dengan cara pengelupasan yang menghasilkan tatal atau serpihan. Alat potong atau alat sayatnya adalah pahat bubut, di mana pahat ini sangat diperlukan dalam fungsinya yaitu digunakan untuk penyayatan suatu benda kerja yang mana nantinya akan dikerjakan pada mesin bubut. Memulai proses pembubutan permukaan dilakukan pada tepi penampang atau gerak lurus pada sumbu benda kerja ST 60 dengan sayatan perlahan sebanyak 1 mm dan kelipatannya sehingga diperoleh permukaan yang halus dan rata serta maksimal dengan rpm 290, 455 dan 740. Mengasah  pahat yang akan digunakan yaitu pahat HSS Toki dengan menggunakan gerinda diperuntukkan untuk pembubutan rata, penyetingan mesin bubut CNC, Pemasangan benda kerja  pada chuck pada posisi yang tepat dan ketika mesin bubut dinyalakan, proses pembubutan permukaanyang dilakukan pada tepi penampang atau gerak lurus pada sumbu benda kerja ST 60 dengan sayatan perlahan sebanyak 1 mm dan kelipatannya sehingga diperoleh permukaan yang halus dan rata serta maksimal, yaitu rpm 290 dengan hasil diameter benda kerja 19,15 mm dan 18,35 mm, rpm 455 dengan hasil diameter benda kerja 14,40 mm dan 13 mm dan rpm 740 dengan hasil diameter benda kerja 12 mm dan 10,55 mm. Hasil pembubutan yang paling baik yaitu pada rpm 740. Kata kunci : Bubut  CNC,  Baja  ST 60
UJI TORSI MOTOR KELLY SEBAGAI TENAGA PENGGERAK MOBIL LISTRIKPOLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL Johan Firmansyah
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 6, No 1 (2017): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v6i1.822

Abstract

AbstrakPermasalahan energi merupakan isu yang sangat gencar diperbincangkan di seluruh Negara termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia telah menerbitkan Peraturan Pemerintah tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN), bertujuan untuk mengarahkan upaya-upaya dalam mewujudkan keamanan pasokan energi, khususnya melalui upaya konservasi energi dan diversifikasi energy, Menurut US National Climatic Data Center tahun 2001, temperatur bumi meningkat sekira 0,6-2,5 derajat celcius dalam lima tahun. Pada abad berikutnya, kenaikan berkisar antara 1,4 - 5,8 derajat Celsius, Sumber tenaga pada mobil listrik terletak pada motoran listrik yang digerakkan oleh aliran arus listrik yang dikontrol oleh Potensiometer dan Kontroler. Besarnya laju kecepatan mobil listrik ditentukan oleh besarnya induksi kemagnetan yang terjadi pada motoran listrik dan pengaturan pada sensor Kontroler. Efektifitas dari induksi harus dikendalikan sehingga dapat mengetahui efisiensi penggunaan mobil listrik. Metode  pada penelitian ini adalah dengan melakukan perancangan dan pengujian untuk mengetahui torsi yang dihasilkan oleh motor BLDC 500 Watt dan 1000 Watt dengan memperhatikan rpm yang dihasilkan pada tiap tahap pengujiannya, dihasilkan oleh motor BLDC 500 Watt dan 1000 W watt dengan memperhatikan rpm yang dihasilkan pada tiap tahap pengujiannya, dengan acuan putaran motor yang dihitung tiap detiknya yaitu pada daya 500 Watt sebesar 432, 00 rpm, 430, 87rpm, 433, 34rpm sedangkan pada daya 1000 Watt sebesar 768,00 rpm, 768,54rpm, 769,63rpm. Kata kunci : Motor Kelly, Mobil Listrik, sensor control, Watt
ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR SEBAGAI TENAGA PUTAR POMPA AIR Mukhamad Khumaidi Usman; Syaefani Arif Romadhon
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 6, No 1 (2017): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v6i1.818

Abstract

AbstrakPompa air adalah harapan utama petani ketika masa penanaman dimusin kemarau sebelum perencanaan penanaman bawang merah. Perkembangannya petani masih banyak menggantungkan proses pengairan bawang merah miliknya kepada stasiun pompa air yang dikelola oleh perorangan/mandiri, Tingginya harga mesin pompa air dan operasional pompa air menjadi alasan yang melatar belakangi petani menunda kepemilikan mesin pompa air. Dengan memanfaatan sepeda motor sebagai sumber tenaga putar adalah sebuah terobosan, diharapkan membawa kegembiraan bagi petani untuk digunakan proses pengairan yang efektif dan efisien untuk menjaga volume air yang ada dilahan pertanian tersebut Modifikasi Pompa Air Berbahan Bakar Bensin Menjadi Berbahan Bakar Gas (Bbg), untuk Mengurangi Biaya Produksi Pada Penanaman Bawang Merah Di Kabupaten Brebes. Pompa air mampu diubah dengan menggunakan BBG untuk mengoperasikan pompa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui debit dari pompa air dan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Metode analisa data pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengujian untuk mengetahui efektifitas sepeda motor sebagai sumber alternatif tenaga putar pompa air. Dari hasil penelitian didapatkan debit air dan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan sepeda motor pada 3000 rpm debit air sebesar 14,4 m3/jam dan konsumsi bahan bakar sebesar 0.48 liter/jam , pada 4000 rpm sebesar 32,4 m3/jam dan konsumsi bahan bakar sebesar 0.56 liter/jam, pada 5000 rpm sebesar 46.8 m3/jam dan konsumsi bahan bakar sebesar 0.75 liter/jam. Kata kunci : Pompa air , Sepeda Motor
PENGUJIAN MODIFIKASI DIAMETER VENTURI TERHADAP PRESTASI MOTOR SUPRA X 125 Rusman Kosasih
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 6, No 1 (2017): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v6i1.823

Abstract

AbstrakSeiring dengan per kembangan didunia otomotif, kini semakin banyak kalangan masyarakat, yang memiliki hobi dan menyukai dunia otomotif khususnya modifikasi motor (engine) sepeda motor. Pembesaran ukuran diameter venturi mesti pakai aturan sehingga udara pada saat campuran bahan bakar dan udara tidak terlalu banyak yang dapat menyebabkan perbandingan bahan bakar dan udara kurang sempurna Tujuan pengujian yaitu untuk mengetahui daya efektif poros (Ne), torsi (T), dan pemakaian bahan bakar spesifik efektif (Be) dengan menggunakan diameter venture standar (18 mm) dan diameter venture modifikasi (20 mm). Metode yang dilakukan adalah dengan mencari debit pompa air dan konsumsi bahan bakar yang digunakan pada sepeda motor Vega 110 cc untuk tenaga putar pompa air pada putaran 3000 rpm, 4000 rpm dan 5000 rpm. Bahan untuk pengujian ini, diantara nyaengine Suzuki New Smash 110 cc, karburator dengan diameter venturi 18 mm dan 20 mm. Hasil analisis pengujian diperoleh daya efektif poros (Ne) maksimum = 4,56 PS dihasilkan dari engine yang menggunakan diameter venture modifikasi (20 mm) pada 7000 rpm. Torsi maksimum 0,55 kg. dihasilkan dari engine yang menggunakan diameter venture modifikasi (20 mm) pada 3000 rpm, pemakaian bahan bakar spesifik efektif (Be) = 1,03 kg / jam. PS dihasilkan dari engine yang menggunakan diameter venture modifikasi (20 mm) pada 7000 rpm. Kata kunci : Diameter Venturi, daya efektif poros (Ne), torsi (T), pemakaian bahan bakar spesifi kefektif (Be), rpm
PENGGUNAAN SISTEM AIR CYCLE SEBAGAI SISTEM AC MOBIL TOYOTAKIJANG INNOVA Agus Suprihadi; Syarifudin Syarifudin
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 6, No 1 (2017): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v6i1.819

Abstract

AbstrakKebutuhan akan kondisi udara yang nyaman pada saat ini nampaknya sudah merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, terutama pada kendaraan seperti pada mobil, bus, kereta, pesawat, dll. Upaya manusia untuk menciptakan kondisi yang nyaman diantaranya dengan menggunakan sistem Air Conditioning (AC). Definisi dari AC adalah suatu proses pengkondisian udara dimana udara itu didinginkan, dikeringkan, dibersihkan dan disirkulasikan yang selanjutnya jumlah dan kualitas dari udara yang dikondisikan tersebut di kontrol. Pengontrolan itu meliputi temperatur, kelembaban danvolume udara pada setiap kondisi yang diinginkan. Pemakaian sistem AC pada mobil bertujuan untuk mempertahankan temperatur udara di dalam mobil pada kondisi nyaman khususnya bagi pengemudi dan penumpang. Selain itu, pemasangan AC mobil juga dapat bermanfaat untuk menghindari terjadinya pengembunan pada kaca mobil ketika musim hujan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan sistem refrigerasi siklus udara (air cycle) sebagai sistem AC mobil pada kendaraan penumpangAnalisis komponen sistem bertujuan untuk menentukan spesifikasi dari komponen utama sistem yaitu kompresor, penukar kalor, turbin dan kipas penghisap dengan mempertimbangkan keterbatasan ruang dalam kendaraan penumpang. Kajian ini meliputi analisis jenis siklus yang sesuai beserta komponen-komponennya, beban pendinginan, serta konsumsi energi dari sistem yang digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh daya teoritis sistem sebesar 1821,6 W dan COP sebesar 2,44. Kata Kunci : Air Cycle, Kijang Inova
ANALISIS PENGARUH KETEBALAN SHIM TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN PENGABUTAN NOZZLE TIPE SATU LUBANG PADA ISUZU PANTHER C223 TURBO Andre Budhi Hendrawan
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 6, No 1 (2017): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v6i1.820

Abstract

Abstrak         Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Sebagai dampak dari pesatnya perkembangan tersebut, akan timbul berbagai macam desain teknologi khususnya dalam bidang mesin otomotif. Emisi gas buang kendaraan bermotor mengandung polutan yang berbahaya terhadap manusia dan lingkungan, polutan yang dihasilkan berupa karbonmonoksid, hidrokarbon, nitrogen oksid, timah hitam, sulfur serta partikulat lainnya, untuk itu perlu adanya upaya mengurangi pencemaran yang ditimbulkan oleh emisi gas buang melalui pembakaran yang optimal didalam ruang bakar. Penelitian ini bertujuan  adalah untuk mengetahui pengaruh ketebalan shim terhadap tekanan, penyetel terhadap penyemprotan solar pada sebuah injektor  yang berpengaruh terhadap proses pembakaran motor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan pembukaan yang memenuhi standart untuk nozel Type Bosch No. DN12SD12T adalah untuk 5 kali percobaan adalah Tebal shim 0,05 mm menghasilkan tekanan injeksi sebesar 5 bar,Tebal shim 0,10 mm menghasilkan tekanan injeksi sebesar 10 bar,Tebal shim 0,15 mm menghasilkan tekanan injeksi sebesar 15 bar,Tebal shim 0,20 mm menghasilkan tekanan injeksi sebesar 20 bar, Tebal shim 0,25 mm menghasilkan tekanan injeksi sebesar 25 bar, dari ketebalam shim yang dipilih 0,05 mm sampai dengan 0,25 mm dengan tekanan pengabutan sebesar 25 bar. Semakin tebal shim penyetel yang diberikan maka tekanan pembukaan nozel dan tekanan pengabutannya juga semakin besar. Semakin tebal shim  penyetel yang diberikan maka besarnya gaya yang diterima oleh pegas (spring) pada nozzle juga semakin besar. Kata Kunci: Shim, Nozzle,pegas,bar

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2017