cover
Contact Name
Mukhamad Khumaidi Usman
Contact Email
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Phone
+628919579264
Journal Mail Official
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Editorial Address
Tim Redaksi NOZZLE : Journal Mechanical Engineering Program Studi D3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Jl. Mataram No.9, Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah 52147 Email : jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Nozzle : Journal Mechanical Engineering
ISSN : 23016957     EISSN : 2776219X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Nozzle : Jurnal Teknik Mesin (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) menerbitkan artikel penelitian, artikel konseptual, laporan kajian lapangan, praktik terbaik dan kebijakan teknik mesin di kancah nasional dan internasional (Lihat Fokus dan Ruang Lingkup ). Artikel jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan sekali, yaitu pada bulan Januari dan Juli (2 edisi per tahun), dan diterbitkan oleh Politeknik Harapan Bersama Tegal. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan. Nozzle : Journal Mechanical Engineering (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of mechanical engineering on a national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this journal are published every six months, that is in January and July (2 issues per year), and published by the Politeknik Harapan Bersama Tegal. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format. The journal publishes original papers in the field of Mechine but not limited to, the following scope: Mechine: Electronic Materials, Materials Engineering, Energy Manufacturing, Machinery, Electronic Instrumentation, Automation, Control, Embedded Systems, Mechatronics, Eectric power, Technology, Energy Storage Systems, Transmission, Energy Distribution, New Renewable Energy, and other related topics.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2018): Nozzle : Journal Mechanical Engineering" : 5 Documents clear
PENGARUH MODIFIKASI GEOMETRI PADA ROTOR TURBIN ANGIN SAVONIUS TERHADAP NILAI KOEFISIEN POWER (Cp) Dandun Mahesa Prabowoputra
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 7, No 1 (2018): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v7i1.1138

Abstract

AbstrakAngin merupakan sumber energi baru yang memiliki potensi besar sebagai pembangkit energi baru. Pengolahan energi angin cukup mudah dengan menggunakan turbin Savonius yang memiliki struktur sederhana. Banyak penelitian melakukan modifikasi terhadap geometri rotor savonius. Penelitan perububahan geometri tersebut antara lain modifikasi poros, bentuk sudu, jumlah stage dan sudut twist. Dari penelitian study literatur di simpulkan bahwa modifikasi geometri bentuk sudu memiliki peningkatan Cp terbaik.
PENGARUH FEEDING TERHADAP KEKERASAN PERMUKAAN PADA PEMBUBUTAN RATA DENGAN SPESIMEN BAJA St 37 Amin Nur Akhmadi
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 7, No 1 (2018): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v7i1.768

Abstract

AbstrakMesin bubut (turning machine) adalah suatu jenis mesin perkakas dalam proses kerjanya bergerak memutar benda kerja dan menggunakan mata potong pahat atau tools sebagai alat untuk menyayat benda kerja tersebut Mesin bubut dipergunakan untuk pembentukan benda kerja menjadi bentuk-bentuk tertentu dengan cara pengelupasan yang menghasilkan tatal atau serpihan, Kecepatan putar benda kerja diatur oleh mekanisme gerak utama, yang terletak didalam kepala tetap. Metode analisa data dilakukan dengan metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh feeding terhadap kekerasan permukaan pada pembubutan rata St 41 dengan putaran mesin 740 rpm, panjang feeding 20 mm dan sudut pahat 60º dengan pahat dan kedalaman feeding yang berbeda. Pada tahap pengujian pertama proses pembubutan dengan pahat HSS jerman diperoleh derajat kelancipan pahat sebesar 60º dengan ketinggiansisi b sebesar 8 mm, kemudianpengujiantahap kedua diperoleh derajat kelancipan pahat sebesar 60º dengan ketinggiansisi b sebesar7,5 mm dan pengujiantahap ketiga diperoleh derajat kelancipan pahat sebesar 60º dengan ketinggiansisi b sebesar7 mm. tahap pengujian pertama proses pembubutan dengan pahat HSS jerman diperoleh derajat kelancipan pahat sebesar 60º dengan ketinggiansisi b sebesar 8 mm, kemudianpengujiantahap kedua diperoleh derajat kelancipan pahat sebesar 60º dengan ketinggiansisi b sebesar7,95 mm dan pengujiantahap ketiga diperoleh derajat kelancipan pahat sebesar 60º dengan ketinggiansisi b sebesar7,9 mm.
PENGARUH VARIASI ARAH DAN MASSA SERAT TKKS TERHADAP KEKUATAN MATERIAL KOMPOSIT TERMOSET Rendy Pareo
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 7, No 1 (2018): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v7i1.2094

Abstract

Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) merupakan limbah padat industri, Tandan Kosong Kelapa Sawit yang dewasa ini hanya dibuang  atau dibakar sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Salah satu usaha dalam mengatasi hal tersebut adalah memanfaatkannya untuk pembuatan material baru. Pada penelitian ini Variasi arah serat yang digunakan yaitu 0 ,30 ,45  60  dan 90  dengan variasi massa serat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  5%, 10%  dan 15% serat Tandan Kosong Kelapa Sawit. Dari hasil pengolahan data material komposit serat TKKS Harga impak (HI) terbesar terdapat pada spesimen arah 0  dengan persentase serat TKKS 15% sebesar 0,330 J/mm2 dan Harga impak (HI) terkecil terdapat pada spesimen arah 90° dengan persentase serat TKKS 5% sebesar 0,075 J/mm2 dengan bentuk patahan Getas.
Penggunaan Sistem Air Cycle Sebagai Sistem AC Mobil Toyota Kijang Innova Agus Suprihadi; Syarifudin Syarifudin
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 7, No 1 (2018): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v7i1.1345

Abstract

             Kebutuhan akan kondisi udara yang nyaman pada saat ini nampaknya sudah merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, terutama pada kendaraan seperti pada mobil, bus, kereta, pesawat, dll. Upaya manusia untuk menciptakan kondisi yang nyaman diantaranya dengan menggunakan sistem Air Conditioning (AC). Definisi dari AC adalah suatu proses pengkondisian udara dimana udara itu didinginkan, dikeringkan, dibersihkan dan disirkulasikan yang selanjutnya jumlah dan kualitas dari udara yang dikondisikan tersebut di kontrol. Pengontrolan itu meliputi temperatur, kelembaban dan volume udara pada setiap kondisi yang diinginkan. Pemakaian sistem AC pada mobil bertujuan untuk mempertahankan temperatur udara di dalam mobil pada kondisi nyaman khususnya bagi pengemudi dan penumpang. Selain itu, pemasangan AC mobil juga dapat bermanfaat untuk menghindari terjadinya pengembunan pada kaca mobil ketika musim hujan . Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan sistem refrigerasi siklus udara (air cycle) sebagai sistem AC mobil pada kendaraan penumpang Analisis komponen sistem bertujuan untuk menentukan spesifikasi dari komponen utama sistem yaitu kompresor, penukar kalor, turbin dan kipas penghisap dengan mempertimbangkan keterbatasan ruang dalam kendaraan penumpang. Kajian ini meliputi analisis jenis siklus yang sesuai beserta komponen-komponennya, beban pendinginan, serta konsumsi energi dari sistem yang digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh daya teoritis sistem sebesar 1821,6 W dan COP sebesar 2,44.
RANCANG BANGUN STEERING SYSTEM PADA KENDARAAN PROTOTYPE RODA TIGA Fikri Firdaus; Andre Budi Hendrawan
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 7, No 1 (2018): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v7i1.780

Abstract

AbstrakPerkembangan teknologi yang semakin cepat mendorong manusia untuk mengembangkan produk teknologi yang lebih baik dari sebelumnya. Di Indonesia pun telah banyak usaha yang dilakukan dalam bidang hemat energy, mobil prototype terdapat banyak sistem yang bekerja. Sistem-sistem tersebut bekerja saling berkaitan antara satu dengan yang lain, dan salah satunya adalah sistem kemudi, Sistem kemudi yang digunakan mobil prototype adalah sistem kemudi manual dengan mengacu pada steering linkage type recirculating ball, untuk keamanan dan kenyamanan maka dilakukan perubahan seperlunya pada komponennya, Model mekanisme nantinya mempunyai tuntutan dapat mengetahui front wheel alignment pada roda depan kendaraan prototype roda tiga, eksperimen dengan front wheel alignment (toe) pada besar toe in 2° - 4° dan besar toe out 2° – 4°. Ekperimen dilakukan dengan beberapa kali agar mendapatkan hasil yang maksimal, melakukan tahap perhitungan, maka didapat hasil data berupa besar toe pada roda depan sehingga kendaraan nyaman untuk dikemudikan, mengenai model sistem kemudi dan bahan yang akan digunakan karena dalam perancangannya harus efektif dan efisien sehingga untuk model sistem kemudi menggunakan atau mengacu pada type recilculating ball hanya saja pada sistem kemudi kendaraan prototype ini tidak menggunakan gear, komponen akan dievaluasi  dengan ditinjau proses manufaktur atau proses permesinannya. Proses permesinan dilakukan pada bahan yaitu mengelas, membubut, memotong dan mengubah komponen agar tepat pada saat perakitannya. Kata kunci: Prototype, kemudi manual, rancang bangun, sudut toe

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018