cover
Contact Name
Marianus Hendrilensio Sanga
Contact Email
marianus.sanga@pnk.ac.id
Phone
+6285333078033
Journal Mail Official
marianus.sanga@pnk.ac.id
Editorial Address
Jln. Adisucipto, Kota Kupang, 85258, Indonesia
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Bisman : Jurnal Bisnis dan Manajemen
ISSN : 24772801     EISSN : 30476747     DOI : https://doi.org/10.32511/bisman.v8i1
Core Subject : Economy,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in management and science, especially in business administration (MBA). The journal welcomes original theoretical and empirical investigations about business and management. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. The major criteria in the review and the selection process concern the significance of the contribution to the area of business and management. 1) Finance & Accounting 2) Operations and Information management 3) Marketing Management 4) Strategic management/ Organizational 5) Human resource management 6) Entrepreneurship 7) Digital Business
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 02 (2019): Desember" : 5 Documents clear
Pengaruh Variabel Perencanaan Anggaran, Administrasi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Penyerapan Anggaran Ronald Enstein Renoat; David Samuel Latupeirissa
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 4 No 02 (2019): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penulisan antara lain yaitu untuk mengetahui gambaran, pengaruh secara parsial maupun simultan tentang perencanaan anggaran, administrasi, kompetensi sumber daya manusia dan penyerapan anggaran pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi NTT. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa variabel perencanaan (X1) sebesar 74,17 dikategorikan baik, variabel administrasi (X2) sebesar 80,32 dikategorikan baik, variabel kompetensi sumber daya manusia (X3) sebesar 77,98 dikategorikan baik, sedangkan variabel penyerapan anggaran (Y) sebesar 87,39 dikategorikan sangat baik. Hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial variabel X1 = 2.810 dengan nilai signifikan 0,006, variabel X2 = 4.933 dengan nilai signifikan 0,000 dan variabel X3 =2,481 dengan nilai signifikan 0,015, dari ketiga variabel tersebut, semuanya berpengaruh positif terhadap penyerapan anggaran (Y). Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Timur disarankan meningkatkan aspek Perencanaan, Administrasi dan kompetensi Sumber Daya Manusia dalam kaitannya dengan peningkatan penyerapan anggaran di kemudian hari.
The Analysis of Assets Usage in Measuring Profitability in Harmony Jaya Saving and Loan Cooperative Kupang Sindy Dethan; Janri Delastriani Manafe; Jeremias K Alang
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 4 No 02 (2019): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Asset Dalam Mengukur Profitabilitas Pada Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Harmoni Jaya Kupang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan asset dalam mengukur profitabilitas Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Harmoni Jaya Kupang tahun 2014-2018 yang dinilai dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Harmoni Jaya yang berupa laopran Neraca dan laporan SHU. Selanjutnya untuk mendapatkan data penelitian, peneliti menggunakan teknik Dokumentasi, Wawancara, dan Studi Kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis penelitian, disimpulkan bahwa (1) Analisis rasio aktivitas pada Koperasi Simpan Pinjam Harmoni Jaya Kupang Tahun 2014-2018 menunjukan bahwa rata-rata rasionya adalah sebesar 39,18 kali dengan kriteria cukup sehat, melalui hal ini Koperasi Simpan Pinjam Harmoni Jaya Kupang efektif dalam menggunakan aktiva atau kekayaan koperasi. (2) Analisis rasio profitabilitas pada Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Harmoni Jaya Kupang tahun 2014-2018 menunjukan bahwa rata-rata rasionya adalah sebesar 3,46% dengan kriteria tidak sehat. Melalui hal ini Koperasi Simpan Pinjam Harmoni Jaya Kupang tidak mampu dalam memperoleh laba atas kegiatannya.
Kata kunci: Kepuasan pelanggan, Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengguna Grab Motor di Kota Kupang Hosi paji dogi; Pieter Samadara; Anastasia Imelda Sayd
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 4 No 02 (2019): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengguna Grab Motor di Kota Kupang” Rumusan masalah yang dikemukakan adalah seberapa besar pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna Grab motor di Kota Kupang? Dan Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna Grab motor di Kota Kupang, penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu yakni dari tanggal 25 Agustus 2019 – 14 September 2019. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitiansurvey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok (Sugiyono,2005:7). Pada umumnya unit analisis dalam penelitian survey adalah individu. Oleh sebab itu unit analisis dalam penelitian ini adalah Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna Grab motor di Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan kuat dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas. Dari analisi data disimpulkan bahwa variabel kepuasan pelanggan memilik pengaruh sebesar 39,7% terhadap variabel loyalitas sedangkan sisinya 60,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Service Quality dan Buyer Promotion Dr. James D. Adam
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 4 No 02 (2019): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri sepeda motor sangat dibutuhkan banyak orang karena selain harganya terjangkau juga mudah perawatannya. Saat ini terdapat banyak merek sepeda motor dengan berbagai model dan desain yang dibuat agar mampu bersaing dan memberikan kualitas pelayanan yang baik. Surya Mahkota Kencana Kupang adalah objek yang diteliti dengan 70 orang responden yang adalah konsumen. Hasil menunjukan bahwa variabel kualitas layanan dan promosi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Analisa terhadap variabel kualitas layanan dan variabel promosi menunjukan bahwa variabel promosi memberikan pengaruh lebih besar terhadap keputusan konsumen. Besarnya pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan konsumen digambarkan dalam persamaan regresi linear sederhana: Y = 1,985 + 0,451X1. Sedangkan besarnya pengaruh promosi terhadap keputusan konsumen digambarkan dalam persamaan regresi linear sederhana: Y = 1,284 + 0,613X2
Kata Kunci : Peranan Pemimpin da PERANAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATAN KINERJA PEGAWAI PERUM BULOG DIVRE NUSA TENGGARA TIMUR Indri kotta; Krysler K Adoe; Enos Kabu
Bisman - Jurnal Bisnis & Manajemen Vol 4 No 02 (2019): Desember
Publisher : P3M- Politeknik Negeri Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peranan Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Penelitian dilakukan di Perum Bulog Divre Nusa Tenggara Timur. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kemudian data dianalisis menggunakan metode analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Perum Bulog Divre Nusa Tenggara Timur dan sampel yang diambil sebanyak 51 responden. Hasil perhitungan uji validitas dan uji reliabilitas diketahui bahwa seluruh item penyataan tersebut dinyatakan valid dan reliable. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai r square sebesar 0,927 artinya variabel peranan pemimpin sebesar 92,7%% dan sisanya 7,3% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti. Sehingga adanya pengaruh positif antara peranan pemimpin terhadap kinerja pegawai. Diperoleh nilai T hitung dari variabel bebas peranan pemimpin nilai signifikan variabel peranan pemimpin sebesar 0.000 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0.05 dan nilai T hitung 6.116 sedangkan nilai T tabel 2.00958 dengan demikian 6.116 > 2.00958. Berarti variabel independen (Peranan Pemimpi) berhubungan signifikan terhadap variabel dependen (Kinerja Pegawai) dengan kata lain makin tinggi tingkat peranan pemimimpin akan diikuti dengan tingkat kinerja pegawai itu sendiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 5