cover
Contact Name
Frainskoy Rio Naibaho
Contact Email
frainskoy.rio.naibaho@gmail.com
Phone
+6281263676722
Journal Mail Official
talitakumpkaud@gmail.com
Editorial Address
Kampus II IAKN Tarutung: Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11, Silangkitang, Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
Location
Kab. tapanuli utara,
Sumatera utara
INDONESIA
Talitakum : Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 29857457     DOI : 10.69929
Jurnal TALITAKUM: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini. Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Jurnal ini berfokus pada bidang Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, Pengembangan dan Inovasi Perangkat Pembelajaran (Metode, Pendekatan, Model, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran), Isu-isu Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, Kesehatan, Keselamatan Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Sekolah Minggu, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini, Parenting. Nama Jurnal : TALITAKUM: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Frekuansi : diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juli dan Desember Publisher : Prodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, IAKN Tarutung Ruang lingkup jurnal ini meliputi dua bidang, yaitu sebagai berikut : 1. Pengembangan dan Inovasi Perangkat Pembelajaran 2. Metode, Pendekatan, Model, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran 3. Isu-isu Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 4. Kesehatan, Keselamatan Anak Usia Dini 5. Pendidikan Anak Sekolah Minggu 6. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini 7. Parenting
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): Talitakum: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENGENALKAN KONSEP SOCIAL STUDIES PADA ANAK USIA DINI Tuti Artika Tambunan; Winarti Agustina
JURNAL TALITAKUM: JURNAL PENDIDIKAN KRISTEN ANAK USIA DINI Vol 1 No 1 (2022): Talitakum: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : PRODI PKAUD, IAKN TARUTUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode bermain peran dapat mengenalkan konsep pengetahuan ilmu sosial pada AUD. Dengan metode bermain peran anak dituntun untuk mengenal konsep pengetahuan ilmu sosial. Dimana Ilmu Sosial (bahasa Inggris: social science) atau Ilmu Pengetahuan Sosial (Inggris: social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Dapat disimpulkan Dengan mempelajari ilmu sosial, anak belajar mengenal diri dan lingkungan sosialnya. Selain itu, dengan memahami diri dan lingkungan sosialnya, anak akan belajar menempatkan diri sesuai dengan situasi dan kondisi yang mereka hadapi. Dalam mengenalkan konsep ilmu sosial anak khususnya bagi Anak usia dini dapat menerapkan metode bermain peran yang adalah cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, tergantung pada apa yang diperankan. Dengan bermain peran maka anak dapat mengekspresikan serta memahami kondisi di sekitar lingkungannya. Maka dari itu seorang Guru harus mengetahui pengertian ilmu sosial dan mengetahui metode bermain peran dalam hal mengenalkan konsep ilmu pengetahuan sosial pada anak usia dini. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak usia dini.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MARGALA UNTUK MENGENALKAN MULTICULTURAL PADA ANAK USIA DINI winarti agustina
JURNAL TALITAKUM: JURNAL PENDIDIKAN KRISTEN ANAK USIA DINI Vol 1 No 1 (2022): Talitakum: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : PRODI PKAUD, IAKN TARUTUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The objectivity of this research is to develop technology-based learning media to introduce multiculturalism to early childhood. The research methodology used is Research & Development (R&D) with the Borg and Gall model. This media has conducted trials on three media experts who are competent in their fields. The media feasibility results obtained 87.13 with very feasible criteria. Keywords: Learning Media, Multicultural, Early Childhood
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MELALUI PERMAINAN JUAL BELI UNTUK MENGEMBANGKAN SOSIAL DALAM BERINTERAKSI: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MELALUI PERMAINAN JUAL BELI UNTUK MENGEMBANGKAN SOSIAL DALAM BERINTERAKSI Sonia Anjeli Sitanggang
JURNAL TALITAKUM: JURNAL PENDIDIKAN KRISTEN ANAK USIA DINI Vol 1 No 1 (2022): Talitakum: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : PRODI PKAUD, IAKN TARUTUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The purpose of this research is to find out how to develop children's abilities through buying and selling games for social skills in interaction. The results of the study are that through play children can develop their social skills, such as buying and selling games to build relationships with other children, adjust to peers, be able to understand their own behavior, and understand that every action has consequences. A balanced friendship relationship can be obtained if the child has self-confidence and can face various problems and find solutions. Social skills also make him easily accepted by other children because he is able to behave appropriately according to the expectations of his environment. Keywords: children's abilities, children's social, buying and selling games
PENGARUH METODE PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PENINGKATAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BINA KREATIF SIPOHOLON Susi Purba
JURNAL TALITAKUM: JURNAL PENDIDIKAN KRISTEN ANAK USIA DINI Vol 1 No 1 (2022): Talitakum: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : PRODI PKAUD, IAKN TARUTUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This study aims to determine how big the effect of increasing numeracy skills in children after doing the traditional engklek game method on children aged 5-6 years at TK Bina Kreatif Sipoholon, This study uses an experimental approach, with a population of all children in TK Bina Kreatif Sipoholon totaling 30 people with a sample of 30 people. Data were collected using a closed questionnaire of 30 items compiled by the author based on variable indicators according to expert theory. Questionnaire trials were conducted on 30 children aged 5-6 years outside the research sample, and their validity and reliability were tested. The results of data analysis showed that there was a positive and significant effect on increasing numeracy skills in children after using the traditional engklek game method for children aged 5-6 years at TK Bina Kreatif Sipoholon with a coefficient of determination (r2) = 17.90% and tested for the normality of the X variable. median 49.2 mean = 50.9 mode 49.251, and Y variable normality test mean = 40.2 mode = 31.5 median = 36. rcount > rtable 0.424 > 0.361 t-test > ttable 2.476 > 2.048, Y regression test = 11.56 + 0.562 Keywords: Game Method, Counting Skills, Engklek Game
PEMBELAJARAN KONSEP DIRI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI: PEMBELAJARAN KONSEP DIRI UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI Yuki Oktavia
JURNAL TALITAKUM: JURNAL PENDIDIKAN KRISTEN ANAK USIA DINI Vol 1 No 1 (2022): Talitakum: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : PRODI PKAUD, IAKN TARUTUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The purpose of this research is to find out how self-concept helps the development or social skills in early childhood. The method used in this research is literature review. After the data is collected from several sources, it is then processed and concluded. The results of the study are that self-concept is the result of the human learning process through relationships with other people and the environment has an important role in the process of knowing oneself, especially in the experience of relationships with other people and how other people treat themselves which will form social skills in children from an early age. Self-concept is the most important thing to establish a balanced relationship with peers. A balanced friendship relationship can be obtained if the child has self-confidence and can face various problems and find solutions. Social skills also make him easily accepted by other children because he is able to behave appropriately according to the expectations of his environment. Keyword: self-concept, social skills

Page 1 of 1 | Total Record : 5