cover
Contact Name
Masfufatun
Contact Email
masfufatun@uwks.ac.id
Phone
+6281555465802
Journal Mail Official
masfufatun@uwks.ac.id
Editorial Address
Jl. Dukuh Kupang XXV no 54 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Calvaria Medical Journal
ISSN : -     EISSN : 3031092X     DOI : -
Calvaria Medical Journal (CMJ) is a peer reviewed periodically scientific publication that contains articles written in the English language . CMJ receives articles in the field of Biomedical Sciences, Medical Education, Public Health. CMJ is published by the Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya. JIKW published twice a year in Juni and Desember. CMJ only publishes manuscript that have never been published in other journals. Authors who wish to publish in JIKW need to follow the JIKW guidelines. The manuscript submission and peer review process are done online.
Articles 12 Documents
Studi Literatur Hubungan Paparan Kebisingan Dengan Kejadian Peningkatan Tekanan Darah Pada Pekerja Industri Ni Putu Ayu Tarissa Aprilia Ratri; Ayu Cahyani Noviana; Akmawarita Kadir
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i1.7

Abstract

Kebisingan merupakan suara yang tidak diinginkan yang dihasilkan oleh industri atau kegiatan tertentu, yang dapat membahayakan kesehatan seseorang dan lingkungan. Paparan kebisingan dapat menyebabkan emosi yang tidak menentu, yang dapat menciptakan stres, ketika stres berkepanjangan, tekanan darah akan meningkat dan hipertensi akan berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara paparan kebisingan dengan kejadian peningkatan tekanan darah pada pekerja industri. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review. Data dikumpulkan dari artikel jurnal yang telah diterbitkan di Google Scholar, Pubmed (PMC), dan Proquest dengan topik tersebut diatas. Jurnal artikel yang digunakan, diseleksi dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ada hubungan paparan kebisingan dengan terjadinya peningkatan tekanan darah pada pekerja industri yang dipengaruhi dengan beberapa faktor seperti Usia, Indeks Massa Tubuh, Massa Kerja, Intensitas Kebisingan, dan Lama Paparan Bising.
Perbandingan Nilai Indeks Prestasi Terhadap Studi Pembelajaran Daring dan Luring di Semester Awal Sebelum Sampai Pertengahan Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2019 Galuh Eka Puspita; Enny Willianti; Meivy Isnoviana
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i1.9

Abstract

Pandemi Covid 19 menuntut perubahan di segala bidang termasuk dalam dunia pendidikan Pembelajaran daring muncul sebagai bentuk pola dalam pembelajaran di era pandemi ini. Melalui pembelajaran daring penyebaran Covid-19 diharapkan dapat diminimalkan Tujuan penelitian ini mengetahui perbandingan nilai indeks prestasi antara studi pembelajaran during dan luring di semester awal sebelum sampai pertengahan pandemi Covid-19 pada mahasiswa angkatan 2019. Penelitian ini bersifat analitik dengan rancangan penelitian quasi experimental. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa angkatan 2019 Fakutas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dengan besar sampel 66 responden diambil secara simple random sampling. Variabel bebasnya yaitu studi pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya yaitu indeks prestasi. Analisis data menggunakan uji t independent dengan tingkat kemaknaan (α = 0,05).Hasil penelitian menunjukkan indeks prestasi semester I dengan studi pembelajaran luring didapatkan rata-rata 3,2533 dengan standard deviasi 0,39003. Indeks prestasi semester IV dengan studi pembelajaran daring didapatkan rata-rata 3,74188 dengan standard deviasi 0,24274. Hasil uji t independen menunjukkan ada perbandingan nilai indeks prestasi antara studi pembelajaran during dan luring di semester awal sebelum sampai pertengahan pandemi Covid 19 pada mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (sig = 0,000).Dapat disimpulkan studi pembelajaran daring lebih efektif dalam meningkatkan indeks prestasi dibanding studi pembelajaran luring. Diharapkan institusi pendidikan tinggi dalam melaksanakan perkuliahan yang efektif selama pandemi dapat melakukan pembelajaran daring dan luring secara bergantian namun memperhatikan prinsip protokol pencegahan COVID-19.
Pemberian Azithromycin Sebagai Bagian Tatalaksana Pasien Covid-19 Desak Putu Dayita Nareswari; Budhi Setiawan
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i1.10

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2). SARS-COV-2 menyebabkan wabah yang tidak biasa di Wuhan China pada bulan Desember 2019. Coronavirus masuk kedalam family Coronaviridae yang umumnya terdeteksi pada sebagian besar hewan, tetapi dapat bertransformasi menjadi bentuk baru dan menginfeksi manusia.Penelitian tentang “pemberian Azithromycin sebagai bagian tatalaksana pasien COVID 19” ini menggunakan metode kajian pustaka Literature Review. Semua data yang digunakan pada penelitian ini bukan berdasarkan dari pengamatan langsung (data primer), tetapi diperoleh dari hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu (data sekunder). Efektifitas Azithrhromycin sebagai bagian tatalaksana pasien COVID-19 disamping sebagai antibiotic, juga sebagai immunomodulator dan juga memiliki efek antiinflamasi. penggunaan Azithromycin menunjukan adanya pengaruh terhadap mortalitas pasien COVID-19, penggunaan Azithromycin menunjukan adanya pengaruh terhadap tingkat mordibitas pasien COVID-19 baik terhadap manifestasi klinis, maupun lamanya masa rawat inap di rumah sakit.
Hubungan Komorbid Hipertensi Terhadap Kematian Pasien Coronavirus Disease 2019 Melalui Review Literatur Tahun 2019-2022 Herlin Dianing; Ira Idawati; Elizabeth Haryanti
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i1.14

Abstract

Tahun 2019, virus mematikan bernama Coronavirus atau COVID-19 muncul. Virus ini menyebar dengan cepat pada individu dan Indikasi primernya adalah demam, pilek, batuk, sesak napas. Gejala yang ditunjukkan mirip dengan flu. COVID-19 mencapai tingkat pandemi dan mengakibatkan kematian di seluruh Dunia dan penularan dari manusia ke manusia. Penelitian terbaru melaporkan bahwa hipertensi merupakan salah satu komorbid paling umum pada pasien dengan COVID-19. Prevalensi komorbid hipertensi mencapai persentase antara 10% hingga 34%. Adapun dampak komorbid hipertensi pada kematian pasien dengan COVID-19 sangat berpengaruh karena secara tidak langsung pasien dengan komorbid hipertensi akan merusak sistem pembuluh darah secara perlahan. Metode yang dipilih dalam meyusun penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan literature review yang relevan dari berbagai sumber data dari jurnal nasional maupun internasional dan terkhusus pada hubungan komorbid hipertensi terhadap kematian pasien coronavirus disease 2019. Sumber rujukan adalah database Science Direct, Researchgate, PubMed, Journal of Emerging Technologies and Innovative Research (JETIR). Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipertensi meningkatkan risiko keparahan COVID-19 dan kematian terkait COVID-19, yang selalu dikaitkan dengan usia, obesitas, diabetes mellitus, penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular, dan penyakit pernapasan kronis.
Pengaruh Dengue Hemorrhagic Fever Derajat 3 Dan 4 Terhadap Kehamilan Trimester 3 (36 Minggu) I Made Agus Virdian Adinata; Febtarini Rahmawati; Budi Arief Waskito
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i1.15

Abstract

DHF (Dengue Hemmorhagic fever) merupakan penyakit yang ditandai dengan terinfeksi virus dengue yang dapat disebabkan oleh gigitan nyamuk. Virus DHF dapat ditularkan oleh nyamuk yang betina berspesies Aedes aegypti dan dapat juga ditularkan oleh spesies Aedes albopictus. Penyakit DHF ini tersebar pada daerah tropis yang dipengaruhi oleh suhu, curah hujan, dan urbanisasi. DHF (Dengue Haemorrhagic Fever) merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi dari virus dengue yang dimana tanda dan gejalanya seperti nyeri otot atau nyeri sendi yang disertai leukopenia, limfadenopati, ruam, trombositopenia, ditesis hemoragik, dan demam. DBD menyebabkan adanya pembesaran atau terjadi sebuah penumpukan cairan di rongga tubuh. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data, analisis, dan pemecahan masalah menggunakan metode systematic review. Systemic review adalah metode untuk mengidentifikasi, menilai dan menginterpretasi topik yang dimana tujuannya untuk menjawab rumusan masalah yang sudah disusun sebelumnya oleh peneliti. Dan dari hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan studi literature atau literature review jurnal, ada 18 jurnal yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengue hemorrhagic fever derajat 3 dan 4 terhadap ibu hamil trimester 3.
Studi Literatur: Pengaruh Paparan Hiperglikemia Terhadap Ekspresi Protein Perlekan Aorta Pada Model Tikus Osteoarthritis (Rattus Novegicus) Strain Wistar Giwang Kinasih; Ibrahim Njoto; Eka Nasrur
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 1 (2023): Edisi Juni 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i1.19

Abstract

Osteoartritis (OA) adalah penyakit degeneratif kronik non inflamasi yang menyerang kartilago sendi, lapisan sendi,tulang,dan ligament yang menyebabkan kekakuan dan nyeri pada sendi. Beberapa faktor dapat menyebabkan meningkatnya morbilitas Osteoartritis salah satunya adalah adanya gangguan pada perlekan. Perlekan memiliki berbagai fungsi pada kondrosit salah satunya yaitu untuk menahan adanya integritas matrix tulang rawan dan menghasilkan matrix ekstra seluler. Penelitian ini memiliki tujuan umum untuk mengetahui pengaruh paparan hiperglikemia terhadap ekspresi protein perlekan aorta pada model tikus osteoarthritis (Rattus norvegicus strain Wistar). Penelitian bersifat deskriptif dengan pengumpulan data/informasi, analisis danpemecahan masalah melalui penelusuran literatur. Dari hasil penelitian menunjukkan Penyakit osteoarthritis yang diikuti dengan penyakit diabetes mellitus akan menurunkan perlecan matriks artikular dari waktu ke waktu. Selain itu, akan diikuti dengan penurunan respon kondrosit untuk menghasilkan matriks artikular Perlekan. Tampaknya hiperglikemia memiliki kemampuan untuk mengurangi fungsi molekuler dan respon seluler.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa paparan hiperglikemia meningkatkankeparahan kerusakan kartilago artikular dengan penekanan Perlekan
Hubungan Angka Kejadian Metabolik Sindrom dengan Dislipedimia: Studi Literatur Amiril Abrori; Febtarini Rahmawati; Agusniar Furkani Listyawati
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i2.20

Abstract

Introduction: Metabolic syndrome is a composite of multiple cardiovascular disorders characterized by abdominal/central obesity, increased blood sugar, blood pressure, triglycerides, and decreased high-density lipoprotein (HDL). As a result of disorders caused by Metabolic Syndrome which causes one of the diseases       Dyslipidemia. The purpose of this        study was to determine the relationship between the incidence of Metabolic Syndrome and Dyslipidemia. Method: This study used a literature study research method which was carried out by collecting data through literature searches or electronic-based literature reviews using internet media. Result: In this literature review, the authors cite thirty journals consisting of eighteen national journals and twelve international journals. Twenty-five journals in this study showed a correlation between the relationship between the incidence of metabolic syndrome and dyslipidemia. junk food and lack of regular exercise. Conclusion: There is a relationship between the incidence of metabolic syndrome and dyslipidemia. Keywords: Incidence Rate, Metabolic Syndrome, Dyslipidemia
Tingkat Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat Akan Deteksi Kanker Serviks di Lingkungan RW 12 Pondok Wage Indah 2 Sidoarjo Pratika Hernanda; Mira Kusuma Wardhani; Febtarini Rahmawati; Harman Agusaputra
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i2.22

Abstract

Introduction: Cervical cancer is a malignant tumor that attacks the surface layer of the cervix, called squamous epithelial cells, which are located between the uterus and the vagina. It is important for women to know what factors can cause cervical cancer and have knowledge about preventing cervical cancer because the incidence of cervical cancer is still high in Indonesia, and there are still many women who lack knowledge. Method: A descriptive research design with a sample size of 33 people used total sampling of respondents who underwent pap smear examinations during Early Detection of Cervical Cancer event in RW 12 - Pondok Wage Indah 2 Sidoarjo. The data will be analyzed with a quantity test using SPSS software. Results: This research shows that the average age of respondents iss 48 years, as many as 47.2% of respondents have high education (minimum D3), the majority are housewives (IRT) as many as 25 people (69.4%), and the majority 23 people (63.9%) had good knowledge of cervical cancer risk factors, 9 people (25%) had sufficient/moderate knowledge and 1 person (2.8%) had poor knowledge. Conclusion: Respondents who underwent pap smear examinations mostly had a good level of knowledge about cervical cancer.
Strategi Diet untuk Mengurangi Inflamasi dan Penyakit Metabolisme: Sebuah Tinjauan Pustaka Naratif Budhi Setiawan; ernawati
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i2.23

Abstract

Introduction: Inflammation plays a pivotal role in the pathogenesis of various health conditions, ranging from chronic diseases to autoimmune disorders. This narrative review delves into the intricate relationship between nutrition and inflammation, exploring the potential of dietary interventions as an alternative in mitigating metabolic conditions. Method: The relevant articles from databases such as PubMed, Scopus, Web of Science, and Google Scholar in the recent years have been extracted using the main keywords were: metabolic, omega 3, inflammation, gut microbiota, dietary pattern, polyphenols, dietary fiber, probiotics, and anti-inflammatory diet. Result: This review discussed the molecular mechanisms underlying inflammation and how certain dietary components can either exacerbate or mitigate these processes. The role of dietary patterns, such as the mediterranean, dietary approach to stop hypertension (DASH), plant-based diet, and anti-inflammatory diets, in promoting overall health and reducing inflammation. These patterns emphasize the consumption of whole foods rich in anti-inflammatory agents while minimizing pro-inflammatory substances. The complex interaction between the gut microbiota and dietary factors, underscoring the bidirectional relationship that influences inflammatory outcomes. Conclusion: the multifaceted exploration presented herein underscores the potential of nutrition as a modifiable factor in promoting anti-inflammatory environments within the body.
Hubungan Tingkat Stres dengan Kejadian Nyeri Neuropati Diabetik pada Pasien Dm Tipe 2 Di RS Bhayangkara Watukosek Eka Wahyu Dewangga; Andiani Andiani
Calvaria Medical Journal Vol 1 No 2 (2023): Edisi Desember 2023
Publisher : Institute for Research and Community Services (LPPM) of University of Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/cmj.v1i2.24

Abstract

Introduction: Therapy for diabetic neuropathy pain has not been able to provide a significant effect for patients so that the side effects of pain complaints affect the quality of work and social life of type 2 DM patients at Bhayangkara Watukosek Hospital. The aim of this study was to determine whether stress levels can influence the incidence of diabetic neuropathy pain at Bhayangkara Watukosek Hospital. Method: The research is analytical in nature with Odds Ratio (OR) calculations to test hypotheses. The research population was 250 type 2 DM patients with a sample of 40 respondents taken at simple random. The variables consist of the incidence of diabetic neuropathy pain as the dependent variable, and stress level as the independent variable. Result: the relationship between stress levels and the incidence of NND in type 2 DM patients at Bhayangkara Watukosek Hospital produced an odds ratio of 3 (OR > 1). Conclusion: respondents who experienced stress were 3 times more likely to experience NND than respondents who were not stressed. To reduce or suppress the incidence of NND, people who suffer from type 2 DM and are aged ≥50 years should have regular check-ups at the hospital to prevent NND. For the management of Bhayangkara Watukosek Hospital, it is recommended to carry out a mentoring program for type 2 DM patients who are ≥50 years old because many respondents who suffer from NND and experience stress are ≥50 years old.

Page 1 of 2 | Total Record : 12