cover
Contact Name
Rusdial Marta
Contact Email
edpdial@gmail.com
Phone
+6281266432727
Journal Mail Official
edpdial@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tuanku Tambusai No.23, Bangkinang, Kec. Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau 28412
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal of Exploratory Dynamic Problems
ISSN : 30321867     EISSN : 30318521     DOI : https://doi.org/10.31004/edp.v1i1
Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu kesehatan, ilmu kedokteran, pengembangan SDM, ilmu seni desain dan media. jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, yang diterbitkan dalam 4 kali dalam setahun yaitu Januari, April, Juli, dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2024)" : 14 Documents clear
Modul Argument-Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Eka Imbia Agus Diartika
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis Argument-Driven Inquiry (ADI) tentang pencemaran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang, Malang, dengan fokus meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa biologi. Dalam konteks pendidikan abad ke-21, keterampilan berpikir kritis menjadi kunci utama, namun data Program for Indonesia Student Assessment (PISA) menunjukkan rendahnya penguasaan keterampilan tersebut di Indonesia. Model ADI dipilih karena mendorong peserta didik untuk melakukan penelitian, menyajikan argumen ilmiah, dan membuat pembelajaran lebih kontekstual. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 3 kelas, yaitu kelas yang diajarkan dengan modul ADI, model ADI, dan power point. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang menggunakan modul ADI, dibandingkan dengan model ADI dan PowerPoint. Meskipun dilaksanakan secara daring, modul ADI efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan menyajikan materi pencemaran sampah dari TPA Supit Urang Malang secara kontekstual. Penerapan modul ADI dapat menjadi solusi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Multimedia Pada Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negri 012 Gunung Sahilan Rahmaniar Rahmaniar
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan proses dan hasil pembelajaran dalam kemampuan dan keterampilan membaca puisi menggunakan model pembelajaran multimedia pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di Sekolah Dasar Negri 012 Gunung Sahilan Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, penugasan, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan peningkatan dalam proses pembelajaran, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran multimedia berhasil meningkatkan proses pembelajaran (perhatian, retensi, reproduksi, dan motivasi) serta kemampuan dan keterampilan membaca puisi siswa (intonasi, lafal, volume, gestur, dan mimik) pada setiap siklus.
Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 013 Pongkai Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Sidasman Sidasman
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA siswa kelas III SD Negeri 013 Pongkai. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanak melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat siswa yang sangat aktif sebanyak 2 orang (22,22%), siswa yang aktif sebanyak 6 orang (66,66%), dan siswa yang cukup aktif sebanyak 1 orang (11,11%), sehingga dalam siklus I ini termasuk kategori aktif dengan rata-rata 59,62%. Dan pada siklus II, siswa yang sangat aktif sebanyak 6 orang (66,66%) dan siswa yang aktif sebanyak 3 orang (33,33%), sehingga dalam siklus II ini termasuk kategori sangat aktif dengan rata-rata 78,77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SD Negeri 013 Pongkai.
Peningkatan Aktivitas Belajar IPA dengan menggunakan Model Picture And Picture Siswa Sekolah Dasar Negeri 006 Setiang Zukriani Zukriani
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas II SDN 006 setiang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa. Jumlah siswa yang aktif pada pra siklus sebanyak (36,11%), pada siklus I meningkat sebanyak (44,44%) dan pada siklus II sebanyak (86,11%) telah mencapai indikator Ketuntasan penelitian. Dengan demikian berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal sudah mencapai 86%,sehingga Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil.
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 012 Sibiruang Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Erma Sapitri
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SD Negeri 012 Sibiruang menggunakan pendekatan pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran IPS.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dan langkahnya terdiri dari, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek PTK ini adalah siswa kelas III SD Negeri 012 Sibiruang dengan jumlah 10 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan pendekatan pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas III SD Negeri 012 Sibiruang. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil aktivitas siswa pada siklus I ada 4 siswa atau 40% dari seluruh siswa yang sudah tuntas dari keseluruhan aktivitas yang dinilai. Sedangkan pada siklus II ada 7 siswa atau 70% dari seluruh siswa yang sudah tuntas dari keseluruhan aktivitas yang dinilai. Hal ini berarti mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa dengan persentase yang sudah masuk kategori baik yaitu 70-79%.
Peningkatan Keterampilan Konstruksi Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VI SD Negeri 18 Payakumbuh Fauzia Inggriani
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi bahwa keterampilan konstruksi peserta didik masih rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan konstruksi peserta didik kelas VI SD Negeri 18 Payakumbuh. Hal ini terlihat dari peningkatan kualitas dan nilai keterampilan konstruksi yang dihasilkan peserta didik pada setiap pertemuan dalam masing-masing siklus. Peningkatan keterampilan konstruksi peserta didik berimbas pada peningkatan nilai proses dan nilai hasil karya keterampilan konstruksi. Penilaian pembelajaran keterampilan konstruksi dengan pendekatan kostruktivisme pada peserta didik kelas VI SD Negeri 18 Payakumbuh adalah penilaian proses dan hasil karya peserta didik. Penilaian proses dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan penilaian hasil karya peserta didik dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Penilaian proses dan hasil karya peserta didik meningkat secara bertahap dari siklus I hingga siklus II, dengan rata-rata nilai siswa siklus I adalah 61, 92 dan rata-rata nilai siswa siklus II adalah 88, 07.
Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas III SD Negeri 013 Pongkai Menggunakan Media Big Book Sidasman Sidasman
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah pesan atau informasi. Dengan melakukan kegiatan membaca, seseorang akan mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Membaca dapat dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat, termasuk siswa atau pelajar. Seorang siswa atau pelajar seharusnya menjadikan membaca sebagai sebuah kesenangan atau kegiatan yang mereka lakukan secara rutin. Karena dengan membaca mereka akan mendapatkan banyak ilmu yang mungkin tidak diajarkan di dalam kelas atau sekolah. Namun kenyataanya, sekarang ini siswa atau pelajar menaruh minat yang rendah pada kegiatan membaca. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 3 SD Negeri 013 Pongkai, dengan menggunakan media big book. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri 013 Pongkai Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan minat baca siswa pada setiap siklus yang telah dilaksanakan oleh peneliti di dalam kelas.
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri Pada Muatan Pembelajaran PPKn Melalui Model Project Based Learning Metode Demonstrasi di Kelas 1 SD Negeri 36 Payakumbuh Sri Hardinawati
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan membahas tentang penggunaan model Project Based Learning metode demosntrasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas 1 SD Negeri 36 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan berdasarkan langkah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa hasil tes, observasi pembelajaran, catatan lapangan, dan dokumentasi dari setiap tindakan perbaikan pembelajaran. Sumber data penelitian adalah proses kegiatan pembelajaran. Data diperoleh dari subjek terteliti, yakni guru dan peserta didik kelas I. yang berjumlah 19 orang yang dilaksanakan bulan Januari s.d Maret 2023. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model project based learning metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar peserta didik aspek pengetahuan dan keterampilan. Hasil belajar aspek pengetahuan mengalami peningkatan yakni 68,94 pada kegiatan prasiklus meningkat menjadi 78,94 di siklus I, meningkat lagi menjadi 86,31 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 17,37. Hasil belajar aspek keterampilan memperoleh rata-rata 71,05 pada prasiklus meningkat menjadi 74,73 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,26 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 14,21. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka kesimpulan dari penelitian menggunaan model Project Based Learning metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan hasil pembelajaran.
Pentingnya Penggunaan Media Terhadap Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar SDN 023 Rokan IV Koto Selvia Roza
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelas II SD merupakan anak sekolah dasar yang masih termasuk kategori anak usia dini. Kemampuan berpikir yang dimiliki siswa kelas rendah sangat mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Pendidikan pancasila merupakan salah satu mata pelajaran yang membosankan karena materi yang dijelaskan kurang menarik perhatian anak-anak di kelas rendah sehingga siswa tidak fokus belajar melainkan sibuk dengan kegiatan masing-masing. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan perkemabangan zaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi kepada rekan sejawat, siswa, dan pihak sekolah. Sehingga penelitian ini menghasilkan suatu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta mendorong motivasi siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Pentingnya Penggunaan Media Terhadap Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar SDN 005 Rokan IV Koto Wirdayati Wirdayati
Journal of Exploratory Dynamic Problems Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak sekolah dasar merupakan anak yang umurnya berada pada 7-11 tahun. Kemampuan berpikir yang dimiliki oleh siswa sekolah dasar tersebut mempengaruhi seluruh kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru. IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang membuat peserta didik mudah bosan sehingga tidak memperhatikan penjelasan guru. Salah satu hal yang dapat dimanfaatkan adalah media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media yang cocok sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi kepada guru, siswa dan pihak sekolah. Sehingga penelitian ini menghasilkan suatu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta mendorong motivasi siswa untuk meningkatkan minat belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 14