cover
Contact Name
Elan Jaelani
Contact Email
elanjaelanigroup@gmail.com
Phone
+628157000699
Journal Mail Official
elanjaelanigroup@gmail.com
Editorial Address
Jl. Parakansaat 3 No 137 Kel Cisaraten Endah Kec Arcamanik Kota Bandung
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Published by CV Widina Media Utama
ISSN : -     EISSN : 28292154     DOI : https://doi.org/10.59818/kontan.
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis (KONTAN) adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN 2829-2154 dan diterbitkan oleh Divisi Riset dan Publikasi Ilmiah CV. Wdiina Media Utama sejak tahun 2022. Jurnal KONTAN merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan temuan penelitian baru yang signifikan terkait isu dan perkembangan kontemporer terkait bidang EKONOMI, MANAJEMEN dan BISNIS, baik praktis maupun teoritis. secara umum cakupan Jurnal KONTAN meliputi: Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis dan Kewirausahaan, Marketing, Keuangan dan Perbankan, Investasi dan Pasar Modal, Perencanaan Keuangan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2022): KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis" : 5 Documents clear
SERVICE STRATEGY IN INCREASING CUSTOMERS (STUDY: BPRS BAKTIMAKMUR SURABAYA) Hersa Farida Qoriani
KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 4 (2022): KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/kontan.v1i4.498

Abstract

Sharia banking is currently viral and its name is soaring, including the Baktimakmur Indah Surabaya Rural Bank (BPRS). There are lots of products in BPRS that are of interest to the people of Surabaya. Therefore, so that customers in BPRS continue to grow and not run to other BPRS, there must be an effective strategy to increase customers. The importance of services at BPRS has an impact on increasing customers. With the strategy especially on service or service makes the customer increase. The purpose of this research is to find out and analyze the right service strategy at BPRS Baktimakmur Indah Surabaya. In this study, the research method used is a qualitative approach with a descriptive research type. Data collection techniques using observation techniques, interviews and documentation.The strategy in providing services must be further improved and provide extra services for customers who have long been members of BPRS Baktimakmur Indah Surabaya. BPRS uses strategies in carrying out services, namely the basic strategy which includes BPRS staff must be able to be friendly and communicative when serving customers, and neat appearance is a form of good service to customers and prospective customers. While the main service strategy includes excellent service, responsiveness, honesty, innovation, and credibility.
ANALISIS BISNIS MODEL CANVAS TOKO DISTRO BENIHANA CIANJUR Farhan Faturohman; Dandi Bahtiar; Pradika Sulaeman
KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 4 (2022): KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/kontan.v1i4.335

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan Business Model Canvas pada Toko Benihana yaitu toko yang menjual kebutuhan sekunder seperti baju, sepatu dan lain-lain. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektifitas metode BMC pada toko Benihana. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, dan pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung. Metode penentuan jumlah sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, dengan sampling acidential. Sampel yang berhasil dikumpulkan sebanyak 103 sampel dengan sampel kunci adalah manajer dan 2 karyawan toko Benihana. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan BMC masih kurang dalam hal Customer Relationships, yaitu keterampilan staf pemasaran masih perlu ditingkatkan dalam hal Customer Relationships. Dengan meningkatnya skill Customer Relationship staf pemasaran  maka  penjualan offline bisa lebih ditingkatkan. Temuan selanjutnya adalah pentingnya menggunakan media sosial secara masif untuk meningkatkan penjualan. Kami menilai perlu adanya bimbingan dan pendampingan untuk meningkatkan skill karyawan. Temuan ini diharapkan menjadi masukan bagi pemerintah agar pemerintah bisa memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM berupa pelatihan dan pendampingan.
PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN EFIKASI DIRI DALAM MEMBANGUN JIWA ENTERPRENEUR DI KALANGAN MAHASISWA Tiara Maharani; Fely Marzila; M. Fikri As Falah; Suci Rama Yanti; Ahmad Fauzan
KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 4 (2022): KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/kontan.v1i1.160

Abstract

Entrepreneurship education is a planned and applied effort to increase the knowledge, intentions and competence of students to develop their potential by realizing it in creative, innovative behavior and the courage to manage risks. This research aims to find out the role of entrepreneurship education on the entrepreneurial spirit, the influence of self-efficacy on the entrepreneurial spirit, the influence of entrepreneurship education and self-efficacy together on the entrepreneurial spirit. The research method used is qualitative research with a literature study approach. The results of the research explain that entrepreneurship education with the dimensions know how, know who, and know why (5W+1H) has an influence on entrepreneurship education which has an influence on students' entrepreneurial interest or entrepreneurial spirit. ABSTRAKpendidikan kewirausahaan adalah usaha terencana dan aplikatif untuk meningkatkan pengetahuan, intensi/niat dan kompetensi peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya dengan di wujudkan dalam prilaku kreatif, inovatif dan berani mengelola resiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan kewirausahaan terhadap jiwa enterprenuer, pengaruh efikasi diri terhadap jiwa enterprenuer, pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap jiwa enterpreneur.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pendidikan kewirausahaan dengan dimensi know how, know who, dan know why (5W+1H) memiliki pengaruh Pendidikan kewirausahaan yang memiliki pengaruh terhadap Minat Berwirausaha atau jiwa entrepreneur mahasiswa.
WIN-WIN INVESTMENT : STRATEGI TEROBOSAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL USAHA PENJAHIT RUMAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 Nur Rahma Wati
KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 4 (2022): KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/kontan.v1i4.373

Abstract

Win-win investment merupakan salah satu strategi terobosan yang dilakukan oleh para pengusaha terutama penjahit rumahan dalam meningkatkan hasilnya pada masa pandemik. Melihat kondisi penjahit rumahan semakin berkurang dalam pencapaian produksinya selama masa pandemik. Hal tersebut dapat diterapkan apabila para pelaku usaha berusaha dalam menjalin kerjasama kepada pemerintah daerah setempat. Oleh karena itu, agar kita bisa lebih mengetahui lebih dalam, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah win-win investment antara pemerintah kotamadya Surakarta dengan penjahit rumahan dapat dilakukan sebagai upaya meningkatkan hasil bisnis jahitan di masa pandemik; (2) Bagaimana strategi tersebut direalisasikan dalam meningkatkan hasil bisnis pada masa pandemik; (3) Kendala apa yang dihadapi penjahit rumahan dalam pengelolaan win-win investment tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menerapkan studi kasus yang ada disekitaran masyarakat. Penelitian ini ditujukan kepada para penjahit rumahan yang ada di kota Surakarta dengan mengambil lima sampel sebagai subjek dalam penelitian ini. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi di lapangan, wawancara kepada para penjahit rumahan, dan analisis data yang merujuk kepada teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan sekaligus sebagai gambaran kepada para pelaku usaha terutama home industry dalam meningkatkan hasilnya pada masa pandemik secara baik dan bijak dengan menerapkan strategi win-win investment.
METODE KEWIRAUSAHAAN DALAM PROSES PRODUKSI DAN PEMASARAN PADA DONAT KENTANG QUEEN Siti Aisyah.MD, Netty Sentia, Novita Pilcan, Putri Yani, Wulan Rahma Safira, Ramdani Bayu Putra
KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Vol 1, No 4 (2022): KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis
Publisher : KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59818/kontan.v1i1.169

Abstract

As the market is currently developing, the business of making donuts is interesting to pursue, usually donuts are made from wheat flour. Mostly to get imported wheat flour first. Even though Indonesia's resources are very abundant. This research aims to improve and introduce potatoes in advancing businesses in the field of donut production, which utilizes potatoes as the main raw material. The population in this study were all students and the community around the donut production environment. The results of this research are the product produced in the form of potato donuts with potato as the basic ingredient. Umkm has been able to produce and sell 700 potato donuts from October to December 2021. Currently the group is carrying out evaluations to improve innovation, quality and packaging of potato donut products as well as carrying out product development. ABSTRAKSeiring perkembangan pasar saat ini, usaha pembuatan donat menarik untuk ditekuni, biasanya donat terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Kebanyakan untuk memperoleh tepung terigu impor terlebih dahulu. Padahal sumber daya Indonesia sangat melimpah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperkenalkan kentang dalam memajukan usaha dalam bidang produksi donat, dimana memanfaatkan bahan baku kentang sebagai bahan baku yang utama. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dan masyarakat disekitar lingkungan produksi donat. Hasil penelitian ini adalah Produk yang dihasilkan berupa donat kentang dengan bahan dasar kentang. Umkm telah mampu memproduksi dan menjual donat kentang sebanyak 700 buah pada bulan Oktober hingga Desember 2021. Saat ini kelompok sedang melakukan evaluasi untuk memperbaiki inovasi dan kualitas serta kemasan dari produk donat kentang serta melakukan pengembangan produk.

Page 1 of 1 | Total Record : 5