cover
Contact Name
Sandi Abriaman
Contact Email
admin@inkhas.ac.id
Phone
+6285624438224
Journal Mail Official
nizamulilmi@inkhas.ac.id
Editorial Address
Jl Bhayangkara No 33, Gunungpuyuh, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, 43123
Location
Kota sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26545489     EISSN : 27151042     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
NIZAMUL ILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI) is a scientific publication has the focus of Islamic Education Management including management innovations in Islamic Education; thoughts in Islamic Education Management; Leadership, planning, supervision, evaluation of education in schools, madrasah, pesantren; Planning and developing Human Resources (HR) for schools, madrasah, pesantren; Education funding; Curriculum; Facilities and Infrastructure; Public relations; Students in schools, madrasah, pesantren.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam" : 5 Documents clear
Implementasi Pendidikan Karakter: Sebuah Kajian Ilmiah dari Perspektif Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Liah Siti Syarifah
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.6

Abstract

Peran Kepala Sekolah dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah memegang peranan penting dan krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah Madarasah Ibtidaiyah Negeri 10 Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Indonesia. Responden penelitian berjumlah 19 orang yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, Guru, Staf dan Komite Sekolah. Instrumen pengambilan data menggunakan pedoman wawancara dan angket yang diolah dan dianailisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter sangat baik, dengan kecenderungan kepala sekolah yang memiliki gaya kepemimpinan transformasional. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keberhasilan pendidikan karakter sangat dipengaruihi oleh kepemimpinan kepala sekolah. Peneliti merekomendasikan kepada kepala sekolah untuk bisa mengoptimalkan pengelolaan sumber daya sekolahnya.
Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Peserta Didik Andhika Wirabhakti
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.7

Abstract

Prestasi belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan peserta didik dalam menguasai pelajaran, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari berbagai variabel yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh kecerdasan intelektual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Swasta Kota Bogor dan sampel penelitian ditentukan secara random. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebarkan angket pada peserta didik, kemudian data dianalisis dengan metode statistik diskriptif, uji validitas, uji realibilitas, dan analisa regresi ganda. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan intelektual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMA Sekota Bogor yang dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 19,371 dan kontribusi sebesar 30,8 % terhadap variabel prestasi belajar. Peneliti merekomendasikan untuk sekolah supaya memperhatikan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik juga kecerdasan intelektualnya sehingga menciptakan prestasi belajar.
Pengembangan Lembaga: Upaya Membangun Sekolah Berasrama Berkualitas untuk Mencetak Human Capital dan Social Capital Yulan Tiarni Legistia
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.8

Abstract

Lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam membangun bangsa, terutama dalam aspek peningkatan dan pembentukan kualitas SDM. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji manajemen pendidikan dalam perspektif perlunya melakukan perubahan. Metodologi dalam tulisan ini adalah kualitatif. Desain penelitian dengan analisis literatur. Analisisdata didasarkan pada analisis dari berbagai sumber menggunakan metode konten dananalisis deskriptif. Temuan kajian ini; 1) Manajemen perubahan dengan mengembangkan sekolah yang efektif pada sekolah asrama menjadi alternatif untuk proses pembiasaan moral dalam upaya untuk membangun individu integratif antara human capital dan social capital; 2) Mengoptimalkan manajemen berbasis sekolah melalui partisipasi semua elemen sekolah, masyarakat dan pemerintah; 3) Membangun sistem pendukung dalam merintis manajemen pengetahuan serta menggunakan alat yang tepat untuk mengintegrasikan proses manajemen strategis dalam menilai posisi kelembagaan dan harapannya di masa depan.
Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual bagi Guru Gilang Syahril Akbar
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.9

Abstract

Pemerintah dengan dukungan berbagai pihak terkait harus mendorong perlindungan HKI bagi guru sebagai upaya untuk mewujudkan guru yang professional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi. Tujuan kajian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya perlindungan Hak Kekayaan Intelktual bagi guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian, dilakukan pengecekan antar pustaka. Dari kajian literatur ditemukan bahwa implementasi perlindungan HKI pada guru dilakukan dengan asas unitaristik atau impersonal, asas aktif, asas manfaat, asas nirlaba, asas demokrasi, asas langsung, dan asas aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa HKI Mempunyai peran yang sangat penting sebagai motivator pengembangan ilmu pengetahuan dan pemberi reputasi internasional bahwa Sumber daya Manusia Indonesia dalam hal ini guru dapat bersaing di pasar Global.
Kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Berbasis KKNI dalam Keterserapan Lulusan pada Dunia Kerja Ulil Azmi
NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4 No 01 (2019): Manajemen Pembelajaran dan Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syamsul 'Ulum Gunung Puyuh Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.1234/nizamulilmi.v4i01.10

Abstract

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) menjadi acuan dalam penyusunan pencapaian pembelajaran dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan dan menganalisis kurikulum Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berbasis KKNI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Pengambilan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan teknik induktif, sehingga dari proses penelitian yang dilakukan didapatkan makna tentang gambaran pengembangan kurikulum Program Studi MPI berbasis KKNI. Dari penelitian ditemukan bahwa Program Studi MPI memiliki orientasi visi, misi, sasaran, dan tujuan yang diharapkan tidak hanya mampu memberikan output yang sesuai dengan standar akademik yang ditentukan, tetapi juga mampu memenuhi kualifikasi pasar kerja yang menggunakan output itu, baik di kalangan internal maupun eksternal. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lulusan Prodi Studi MPI diproyeksikan menjadi sarjana profesional di bidang Manajemen Pendidikan Islam dengan memiliki kemampuan untuk mengamati, menelaah, menganalisis dan memecahkan permasalahan-permasalahan dalam pendidikan Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 5