cover
Contact Name
Roy Lamrun Sianturi
Contact Email
jurnalkolaborasisains@gmail.com
Phone
+6287870570931
Journal Mail Official
jurnalkolaborasisains@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bunga Sedap Malam IV No 8A, LK.VI. Kel. Sempakata, Kec. Medan Selayang, Medan, Provinsi Sumatera Utara
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan
ISSN : -     EISSN : 29645581     DOI : -
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan [JukSIT] merupakan wadah untuk publikasi ilmiah dari hasil penelitian, Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan [JukSIT] di kelola oleh CV. Utility Project Solution (UPS). Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan [JukSIT] terbuka untuk umum dan dosen peneliti. Jurnal Sains dan Ilmu Terapan secara periodik menerbitkan publikasi sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Bulan Desember. Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan [JukSIT] menerima pengajuan naskah (submission) setiap hari setiap tahun. Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan [JukSIT] fokus dalam bidang sains dan ilmu-ilmu terapan, seperti Ilmu Teknik Kimia, Ilmu Pengolahan Sawit, Ilmu Teknik Mesin dan Manufaktur, Ilmu Mikrokontroller, Ilmu Teknik Elektro, Ilmu Teknik Sipil dan Bangunan, Ilmu Konversi Energi, Ilmu Teknik Industri, dll. Aplikasi dari suatu bidang ilmu atau penelitian yang bersifat aplikatif. Setiap naskah jurnal yang diterbitkan akan di review terlebih dahulu oleh Mitra Bestari.
Articles 22 Documents
Analisis dan Eksperimental Performasi Kompresi Uap 2 Tingkat dengan Variasi 4 Siklus celvin Sianipar; Risko Ambarita
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kolaborasi dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan Air Conditioner (AC) tidak terlepas dari aspek kehidupan sehari-hari. Pendingin udara memanfaatkan prinsip termodinamika dari siklus kompresi uap. COP merupakan parameter untuk melihat performa dari mesin pendingin. Pada penelitian ini, salah satu cara untuk meningkatkan COP pada mesin Pendingin adalah dengan memodifikasi siklus 1 tahap menjadi siklus 2 tahap. Makalah ini mengulas perbandin gan model siklus kompresi uap dua tahap dengan beberapa variasi.Perbandingan ini menggunakan software ASPEN PLUS V10 untuk melihat performa masing-masing varian. Untuk fluida kerja (Refrigerant) yang digunakan adalah R-32. Dari hasil simulasi, varian no III menunjukkan nilai COP yang lebih tinggi dibandingkan varian lainnya.
Dampak Sistem Wide-Body Aircraft pada Penerbangan (Studi Kasus: Air Traffic Service Center Medan) Riska Telambanua
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kolaborasi dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran apakah ada pengaruh antara pergerakan pesawat berbadan lebar baik keberangkatan maupun kedatangan terhadap delay penerbangan sebagai ukuran kelancaran arus lalu lintas penerbangan di Makassar Air Traffic Service Center. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara pengoperasian pesawat berbadan lebar dengan delay penerbangan sebesar 0,870. Korelasi positif menunjukkan bahwa semakin banyak operasi pesawat berbadan lebar maka delay penerbangan akan semakin meningkat, yang mana jika terjadi peningkatan delay penerbangan maka kelancaran lalu lintas penerbangan akan semakin berkurang. Koefisien determinasi sebesar 75%, artinya pengaruh pengoperasian pesawat berbadan lebar terhadap delay penerbangan sebesar 75% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam bagian penelitian. Persamaan yang diperoleh dari uji regresi adalah Y = -5,679 + 1,872 X. Jadi, jika pengoperasian pesawat berbadan lebar bertambah 1 maka delay penerbangan akan bertambah sebesar 1,872 dengan konstanta -5,679.
Dampak Larutan Asam Sulfat (H2SO4) dan Asam Klorida (HCl) Terhadap Laju Korosi baja karbon sedang dengan perlakuan Waktu Bervariasi Ciko siburian
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kolaborasi dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan percobaan untuk menentukan laju korosi baja karbon sedang dengan larutan asam sulfat, Aquades 90,2% + H2SO4 9,8% dan larutan asam klorida, Aquades 96,8% + HCl 3,2%. Dengan menggunakan metode weight loss, jika medium carbon steel dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat maka laju korosinya lebih cepat dibandingkan dengan dicelupkan ke dalam larutan hidroklorik. Jika baja karbon sedang dicelupkan dalam waktu yang lama maka laju korosi akan melambat.
Kajian Jarak Aman Antara Arrival Traffic dan Departure Traffic Pada Unit Aerodrome Control Tower di Perum LPPNPI Kantor Cabang Medan Tresia anatasya
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kolaborasi dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bandara Internasional Supadio merupakan bandara yang melayani berbagai jenis pesawat (Boeing, Airbus, ATR, Hawk, CN259), dan tidak memiliki rapid exit taxiway, dalam pembinaannya, Perum LPPNPI Kantor Cabang Pontianak memberlakukan aturan untuk jenis Boeing dan Airbus lalu lintas kedatangan untuk backtrack di ujung runway, namun aturan ini tidak berlaku untuk pesawat jenis lain seperti ATR dan Cessna. Hal ini tentu saja menimbulkan perbedaan waktu untuk mengosongkan landasan bagi lalu lintas kedatangan jenis Airbus dan Boeing. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jarak aman antara lalu lintas kedatangan dan lalu lintas keberangkatan di Perum LPPNPI Kantor Cabang Pontianak dengan menerapkan perhitungan Perhitungan Kapasitas Runway The Brazilian Air Navigation Management Center (CGNA) dengan menyesuaikan kondisi bandara saat ini. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai jarak aman antara lalu lintas kedatangan dan lalu lintas keberangkatan dengan memperhatikan klasifikasi pesawat dapat menghasilkan jarak aman yang lebih optimal.
Analisis Perbandingan Kekuatan Bahan Komposit Dengan Variasi Susunan Acak Dan Lurus Memanjang Berbasis Serat Bambu Dan Resin Polyester Toni Manurung
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kolaborasi dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komposit adalah bahan yang dicampur dengan satu atau lebih tulangan yang berbeda dan heterogen. Bahan matriks umumnya dapat berupa polimer, keramik, dan logam. Matriks pada komposit berfungsi untuk mendistribusikan beban ke seluruh material penguat. Sifat matriks biasanya ulet. Bahan penguat pada komposit berperan menahan beban yang diterima oleh bahan komposit. Sifat bahan penguat biasanya kaku dan keras. Bahan penguat yang umum digunakan selama ini adalah serat karbon, serat gelas, keramik. Penggunaan serat alam sebagai salah satu jenis serat yang memiliki keunggulan mulai diterapkan sebagai bahan penguat pada komposit polimer. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan serat alam bambu dalam matriks resin poliester terhadap kekuatan komposit polimer dengan variasi serat acak dan lurus memanjang. Dari hasil uji tarik terlihat bahwa serat bambu dapat meningkatkan kekuatan komposit polimer berbahan resin poliester dan posisi serat longitudinal memberikan peningkatan kekuatan yang lebih signifikan dibandingkan serat acak.
Pengaruh Pemenuhan Slot Time Terhadap Target Take-Off Time di Perum LPPNPI Cabang Utama Jakarta Air Traffic Service Center Juan Parningotan Sinaga
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kolaborasi dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) mulai bulan Maret 2020 sampai Juli 2020 dengan menggunakan metode korelasi asosiatif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh pesawat yang berangkat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menggunakan berbagai landasan pacu dan taxiway serta apron. Sampel yang digunakan adalah seluruh pesawat yang berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan pelayanan navigasi yang diberikan oleh Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) pada tiga periode yaitu pada bulan November 2019 hingga Januari 2020 dan menggunakan teknik cluster (area) sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi yang berisi data pemenuhan Target Take Off Time (TTOT) dan data setiap pergerakan pesawat yang diperlukan untuk penelitian (seperti identifikasi pesawat, Estimate Off Block Time, taxitime, dll). Selanjutnya teknik analisis data menggunakan statistik disparametrik berupa uji asumsi data yang dilanjutkan dengan uji analisis hubungan.
Implemenstasi Pemodelan Matematika, Simulasi dan Metode Optimasi untuk Peningkatkan Biogas dengan Penekanan pada Proses Berbasis Adsorpsi Pratama sianturi
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Biogas menarik lebih banyak perhatian sebagai pembawa energi yang layak dan memungkinkan untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan pesatnya peningkatan ukuran dan jumlah pembangkit biogas di seluruh dunia, teknologi terkait juga mengalami transformasi. Proses adsorpsi telah memainkan peran penting dalam pemanfaatan biogas secara luas dan kelayakan ekonomisnya. Selain kontribusi kegiatan eksperimen yang tak terbantahkan dalam kemajuan proses berbasis adsorpsi untuk peningkatan biogas, pemodelan matematika dan metode simulasi telah berevolusi untuk mendukung pertumbuhan lebih lanjut. Ini juga terkait dengan kemajuan yang cukup besar dalam kemampuan metode komputasi untuk menangani fenomena yang kompleks. Naskah ini bertujuan untuk meninjau kemajuan yang dibuat dalam implementasi pemodelan matematika, simulasi dan metode optimasi untuk peningkatan biogas dengan penekanan pada proses berbasis adsorpsi. Pertama, pentingnya peningkatan biogas dan peran metode komputasi dijelaskan. Kemudian, strategi dan metodologi untuk pengembangan model matematika dan simulasi proses berdasarkan mekanisme transportasi yang mengatur dijelaskan dengan mempertimbangkan adsorpsi ayunan tekanan dan adsorpsi ayunan tekanan vakum. Berdasarkan studi sejauh ini, proses ini telah menawarkan kemurnian dan pemulihan metana dalam kisaran yang dapat disesuaikan masing-masing 50–99% dan 75–99,4%. Selain menyoroti aplikasi metode komputasi molekuler untuk desain dan analisis berbagai adsorben, pengalaman dan manfaat yang diperoleh dari strategi hibridisasi dan intensifikasi diuraikan. Akhirnya, berbagai aspek penilaian tekno-ekonomi dari proses disajikan.
Pengaruh Pola Deteriorasi Heterogen Spasial Terhadap Kekuatan dan Daktilitas Pilar Jembatan Beton Bertulang yang Terkorosi Rendy Siagian
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh korosi pada pilar Beton Bertulang (RC) terhadap kinerja seismik jembatan secara keseluruhan. Dalam konteks ini, setelah evaluasi statistik database besar dari struktur nyata, serangkaian jembatan dan pilar yang konsisten telah dipilih sebagai perwakilan sampel dari profil jembatan tipikal, ketinggian dan penampang dermaga serta sifat material. Analisis pertama, pushover dari pilar terisolasi dengan pola dan intensitas korosi yang berbeda dilakukan untuk mengevaluasi kekuatan sisa dan daktilitas pilar yang terkorosi. Analisis kedua, seismik statik dan dinamik nonlinier dari jembatan dengan pilar yang terkorosi dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh deteriorasi pada kinerja seismik secara keseluruhan. Karena paparan kondisi lingkungan tertentu atau perkolasi air dari superstruktur, sering terjadi bahwa korosi tidak terdistribusi secara merata di atas pilar yang menghasilkan pola deteriorasi spasial yang tidak homogen. Pemodelan nonlinear dari jenis situasi ini merupakan tantangan khusus terkait dengan deskripsi pola deteriorasi dan kalibrasi sifat material. Untuk tujuan ini, pendekatan pemodelan multi-level berdasarkan elemen hingga berbasis serat telah dikembangkan dan diimplementasikan dalam perangkat lunak Open Sees Py khusus yang memungkinkan pengguna untuk secara akurat memodelkan dermaga RC yang tunduk pada pola korosi arbitrer, hingga status batas akhirnya. Dalam pekerjaan ini, studi kasus khusus dari jembatan berlubang persegi panjang RC khas yang diekstraksi dari database yang disebutkan di atas dengan intensitas dan pola korosi yang berbeda dipelajari. Secara khusus, pengaruh kerusakan akibat korosi pada kekuatan sisa dan keuletan dipelajari. Hasil menunjukkan bahwa tergantung pada intensitas dan pola, variasi yang signifikan dari kekuatan dan keuletan dapat diamati sehubungan dengan kondisi yang tidak rusak.
Eksperimental Dan Simulasi Transien Suhu Pahat Pada Pemotong Intan Selama Pemesinan Ti-6Al-4V Roy Lamrun Sianturi
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konduktivitas termal yang tinggi dan ketahanan aus dari berlian CVD memberikan potensi pemesinan Ti-6Al-4V. Dengan memprediksi beban termomekanis, simulasi dapat memberikan informasi tentang kegunaan bahan pemotongan tersebut. Namun, pembentukan chip geser yang terjadi dalam proses pemotongan menyebabkan kondisi kontak yang tidak stabil. Oleh karena itu, simulasi transien jangka panjang yang intensif secara komputasi diperlukan untuk prediksi suhu pahat yang tepat. Dalam hal ini, pengguna-subrutin telah dikembangkan, memungkinkan simulasi jangka panjang beresolusi tinggi dengan waktu komputasi yang dapat diterima. Dengan penyelidikan eksperimental dan validasi hasil simulasi, pemodelan distribusi suhu di dalam alat pemotong dapat dilakukan, memberikan informasi berharga mengenai suhu kontak.
Analisis Lanjutan Distribusi Tegangan Sisa dan Keausan Pahat Milling pada Pemesinan Keras rogantino sianturi; roy lamrun Sianturi
Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Kolaborasi Sains dan Ilmu Terapan (JuKSIT)
Publisher : CV. Utility Project Solution (UPS)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggilingan adalah teknologi yang tak tergantikan untuk menyelesaikan komponen mesin turbo yang terbuat dari paduan berbasis nikel. Tujuan peneltian yaitu untuk meningkatkan pemahaman tentang efek khusus dari perubahan yang disebabkan oleh keausan pada geometri pahat serta tegangan sisa pada distribusi tegangan pada irisan pemotongan pahat milling. Publikasi ini menyajikan metode untuk mempertimbangkan tegangan sisa pahat potong dan keausan pahat dalam model pembentukan chip FEM 2D untuk analisis terperinci fenomena kegagalan pahat tertentu dalam proses penggilingan. Untuk mewakili distribusi kedalaman tegangan sisa pada lapisan permukaan pahat yang tidak dilapisi dalam simulasi, pengukuran tegangan sisa pada pahat penggilingan dilakukan. Keausan pahat diperhitungkan dengan mengadaptasi geometri pahat potong. Perubahan geometri didasarkan pada pengukuran lebar lahan keausan sayap dan radius cutting edge. Tegangan utama dan distribusi tegangan setara von Mises dianalisis. Metode yang dijelaskan dapat meningkatkan pemahaman tentang efek lapisan permukaan pada umur pahat pahat milling. Dengan penurunan ketebalan chip, satu detik, zona tegangan tarik yang lebih terlokalisasi terbentuk di bawah permukaan rake face, yang dapat menjadi kritis dalam hal patahan. Dengan tegangan sisa tekan dan dengan peningkatan keausan sayap, tegangan tarik kritis ini berkurang atau bahkan dihilangkan.

Page 1 of 3 | Total Record : 22